Tempat Wisata di Kulon Progo

12 Tempat Wisata di Kulon Progo Jogja yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Jogja memang tidak pernah mengecewakan, apalagi yang bertema nuansa alam. Di setiap daerahnya ada saja tempat yang wajib dikunjungi. Sama hal nya dengan Kulon Progo, salah satu Kabupaten yang ada di Jogja. Ada banyak tempat wisata di Kulon Progo, sehingga sangat rugi bila kamu melewatkan berkunjung ke salah satunya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kulon Progo yang wajib kamu kunjungi. Simak yuk!

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Kulon Progo air terjun Kedung Pedut, menawarkan pesona alam yang indah serta sumber mata air yang murni dari dalam bumi dan tak pernah habis. Tidak heran kalau masyarakat setempat menyebut Kulon Progo sebagai surganya air, karena biarpun musim kemarau air nya tidak pernah surut.

Wisatawan juga akan bisa merasakan segarnya udara di sekitar tempat wisata. Ini karena air terjun tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang indah. Ada juga pemandian alami yang dapat digunakan oleh anak-anak.

Nah, bagi kamu yang mengincar spot foto instagramable, kamu tidak perlu khawatir ya. Karena pihak pengelola tempat wisata sudah menyediakan berbagai spot foto menarik. Ada helikopter yang terparkir di tepian kolam, ada pemandian ada juga hammock. Spot foto unik ini tentu hanya akan bisa kamu temukan di Kedung Pedut, jadi sangat dianjurkan untuk kamu membawa kamera agar bisa mendokumentasikannya.

Sementara itu, bagi kamu yang sangat ingin memacu adrenaline, kamu bisa naik flying fox yang memiliki Panjang sekitar 40 meter.

Bagi kamu yang penyuka kegiatan memacu adrenalin, Air Terjun Kedung Pedut juga bisa menjadi rekomendasinya. Kamu akan diajak meluncur melewati kolam pemandian. Tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Kedung Pedut? Yuk, langsung saja rencanakan kapan waktu liburanmu bersama keluarga atau teman.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam Kulon Progo Kalibiru, berlokasi di Desa Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Letaknya berada di Kawasan perbukitan, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa Kalibiru memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Orang-orang kerap menyebut Kalibiru sebagai kayangan di Surga. Itu hanyalah gambaran untuk keindahan alamnya saja ya. Di Kalibiru, terdapat sebuah hutan Pinus Kulon Progo yang menjulang dan berada tepat di tepi jurang. Oleh pihak pengelola, pohon tersebut dibuat menjadi sebuah Menara pandang. Wisatawan bisa naik ke Menara tersebut dan melihat keindahan alamnya dari kejauhan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Gunung Kidul

Ada pemandangan bukit Menoreh yang terlihat hijau alami. Waduk sermo yang ada di kaki bukit pun tampak terlihat biru. Kamu bisa menikmati udara yang bersih dan segar. Bila kamu ingin melihat pemandangan alam sambil meluncur, kamu bisa naik flying fox yang cukup menguji adrenaline.

Untuk bisa masuk ke Kawasan wisata ini, akan dikenakan tarif 10 ribu rupiah per orang. Fasilitas yang disediakan pun lengkap, ada toilet, mushola, area parkir dan tentunya warung makan.

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan sebuah bendungan irigasi yang dijadikan sebagai Objek Wisata di Kulon Progo. Waduk ini membendung kali ngrancah yang sudah diresmikan sejak tahun 1966 oleh Bapak Presiden Soeharto. Sermo juga merupakan sumber air bersih untuk PDAM serta difungsikan untuk air irigasi persawahan yang ada di daerah Wates dan sekitarnya. Selain itu, waduk Sermo juga kerap kali jadikan sebagai tempat Latihan plus lomba dayung.

Tidak heran bila pemerintah setempat menjadikan Waduk Sermo sebagai wisata alam edukasi di Kulon Progo. Apalagi dengan adanya bukit yang mengelilingi waduk, membuat suasana alamnya semakin terasa. Waduk ini memiliki luas sekitar 157 hektar dan dulunya tempat ini merupakan pemukiman warga. Kurang lebih 100 kepala keluarga bertransmigrasi ke Bengkulu dan 7 kepala keluarga pergi ke Riau agar terciptanya waduk ini.

Pemandangan waduk yang terhampar harus kamu abadikan dan kamu bagikan melalui media sosial ya. Agar memperkenalkan keberadaan Waduk Sermo, dengan begitu perekonomian masyarakat setempat pun akan ikut maju.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Tempat wisata Kulon Progo Kebun Teh Nglinggo, di sini kamu bisa melihat hijaunya hamparan kebun teh. Udaranya pun sangatlah menyejukkan. Tempat ini merupakan satu-satunya kebun teh yang ada di Bukit Menoreh atau berada tepat di Kawasan Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja.

Kamu bisa hiking sembari menikmati pemandangan hijau yang tampak di depan mata. Udara yang segar pun tentu akan sangat menyehatkan saat dihirup. Bila sudah sampai di puncak Kawasan Kebun Teh, kamu dapat melihat pemandangan pemandangan desa Jogja dan Magelang.

Ada beberapa bukit yang bisa kamu daki, untuk puncak bukit sebelah barat kamu akan melihat pemandangan kebun teh dengan sangat jelas. Sementara di bagian puncak sebelah selatannya, akan terlihat panorama 8 gunung yang ada di Jogja yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. Kalau merasa lapar dan ingin beristirahat, kamu bisa melipir ke warung yang ada di sekitar kebun teh.

Tertarik, untuk berkunjung ke sini? Kamu bisa berkendara dari kota Jogja selama 1,5 jam. Sementara untuk tiket masuknya, kamu harus menyiapkan uang 5 ribu rupiah saja. Jam bukanya setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

Wisata Kulon Progo Jogja Taman Sungai mudal, sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan. Di sini kamu bisa menikmati sensasi kesegaran air sungai dan suasana alam yang masih terjaga. Kamu dapat berenang di kolam alami dan bermain river tubing. Bahkan kalau mau, kamu juga bisa camping di Kawasan Sungai Mudah.

Untuk lokasinya sendiri, berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja.

Saat berada di Taman Sungai Mudal, kamu akan menemui 1 air terjun kecil yang ada di kolam alami. Ada juga kolam yang lebih kecil dengan kedalaman yang terbilang masih dangkal yaitu 1,5 meter.

Selain berenang dan bermain air, kamu yang ingin menguji adrenaline bisa mencoba melakukan river tubing dan flying fox.

Sementara untuk fasilitasnya juga sudah cukup lengkap dari mulai mushola, parkir, warung makan bahkan wifi gratis. Nah, untuk menuju ke Taman Sungai Mudal, kamu harus berkendara kurang lebih 1 jam bila dari pusat kota. Kamu juga harus menyiapkan tiket masuk sebesar 6 ribu rupiah per orang.

Wisata Hutan Mangrove Wana Tirta

Wisata Hutan Mangrove Wana Tirta

Pada awalnya, hutan mangrove ini didirikan sebagai salah satu tempat konservasi dan juga pencegahan terjadinya abrasi. Hingga akhirnya tempat ini menjadi wisata kulon progo terbaru yang dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Wilayah hutannya juga berada 1 kawasan dengan Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. Sehingga setelah berkunjung ke sini, kamu juga sangat disarankan untuk berkunjung ke Pantai Glagah apalagi bila kamu ingin sekali melihat keindahan senja sore hari.

Di sini terdapat sebuah spot foto yang menarik yaitu jembatan api-api. Memang sering dijadikan sebagai tempat swafoto terfavorit para pengunjung.

Bukit Wisata Pule Payung

Bukit Wisata Pule Payung

Bukit wisata Palu Payung merupakan wisata Kulon Progo yang berada pada ketinggian 500 Mdpl. Sehingga termasuk dalam objek wisata yang tertinggi di Kawasan bukit Menoreh. Bagi kamu yang senang memburu spot foto instagramable, kamu tidak perlu khawatir. Di sini cukup banyak spot foto keren dengan tema pemandangan alamnya. Kamu juga bisa berfoto dengan background bukit menoreh yang bernuansa alam.

Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Tempat ini memiliki 1 spot unggulan yaitu Sepeda Langit. Para pengunjung rela mengantri untuk bisa naik di atas speda langit ini. Kamu bisa berfoto naik sepeda namun di atas langit. Soal keamanan tentu sudah terjamin, karena kamu akan menggunakan alat pengaman yang sudah teruji.

Bila sepeda langit kurang memacu adrenaline, kamu juga bisa naik flying fox. Sembari meluncur, kamu akan disuguhi pemandangan alam serta eksotisnya waduk sermo. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Bila iya, kamu harus menyiapkan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah saja untuk hari biasa, kalau har libur 10 ribu rupiah. Harga tiket bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata.

Untuk fasilitas pun sudah cukup lengkap. Ada area parkir yang memadai, ada homestay yang disewakan oleh warga setempat, ada pendopo untuk dijadikan sebagai tempat pertemuan dan tentunya ada warung makan untuk beristirahat. Kalau ingin camping, sudah disediakan juga camping ground.

Curug Kembang Soka

Curug Kembang Soka

Kulon Progo Curug Kembang Soka, merupakan sebuah curug atau air terjun. Termasuk destinasi wisata Jogja yang wajib banget kamu kunjungi, apalagi kalau sedang berada di Kulon Progo. Memang curug ini belum banyak diketahui oleh orang, namun tetap saja pesona alamnya sangat rugi sekali kalau dilewatkan dan tidak kamu nikmati sejenak.

Bila dari pusat Kota Jogja, agar bisa sampai di Curug Kembang Soka, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 30 sampai 50 menit. Tergantung kondisi jalannya. Nah, setelah berkendara, kamu harus lanjut berjalan kaki. Saat perjalanan menuju curug kamu akan disambut oleh pemandangan alam, kamu pun akan dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga. Pedesaan pun akan dilalui, masyarakatnya sangat ramah sehingga jangan segan untuk menyapa ya.

Bila sudah berada di lokasi, kamu akan dikenakan tarif atau biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk hari biasa. Sementara kalau datang saat weekend, kamu akan dikenakan tarif masuk sebesar 10 ribu rupiah. Bila sudah membeli tiket, kamu akan langsung disambut oleh ratusan anak tangga.

Curug kembang soka sendiri memiliki 2 kolam yang masih sangat alami. Kolam ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin berendam, bisa untuk anak kecil atau dewasa. Masing-masing kolam sudah disediakan pelampung, untuk berjaga-jaga bagi kamu yang tidak bisa berenang. Jadi, keamanan pun sudah diantisipasi sejak awal. Curug Kembang Soka mempunyai pesona nya tersendiri, dimana warna airnya bisa berubah. Terkadang warna hijau muda, terkadang warna biru muda.

Kalau kamu tidak membawa makan, kamu bisa membeli makanan di warung yang ada di sekitar tempat wisata. Harganya pun cukup terjangkau dengan aneka menu sederhana seperti mie rebus, mie goreng, kopi, dan yang lainnya.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan langit watu jaran merupakan tempat wisata Kulon Progo yang berlokasi di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Tempat ini diresmikan sebagai tempat wisata sejak tahun 2017 tanggal 16 Mei.

Bukan sekedar ayunan biasa seperti yang sering kamu lihat di taman kota pada umumnya. Ayunan Langit Watu Jaran ini ternyata dapat memacu adrenaline dan tentunya membuat jantungmu berdegup. Karena kamu akan bermain ayunan pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Bayangkan, sangat menakutkan namun sangat rugi kalau tidak dirasakan.

Ayunannya juga tepat berada di atas jurang dengan ketinggian 10 meter. Untuk kemanan kamu tidak perlu khawatir, karena sudah teruji dan terjamin. Ayunan sudah tersambung dengan besi dan juga disematkan tali untuk pengaman wisatawan yang naik.

Selain ayunan, kamu juga bisa menikmati udara sekitar yang segar serta keasrian alam yang terjaga. Ada juga pemandangan bukit menoreh. Beberapa spot pun sangat menarik untuk dijadikan tempat swafoto.

Sementara itu, bila kamu tertarik naik ayunan, maka kamu harus menyiapkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Biaya pun sudah termasuk tiket masuk dan juga biaya jasa ojeknya. Karena lokasi wisata ini terbilang memiliki jarang yang lumayan jauh bahkan dari tempat parkirannya.

Gunung Lanang

Gunung Lanang

Bila dalam Bahasa Indonesia, Lanang memiliki arti laki-laki jadi bisa diartikan Gung Lanang adalah Gunung Laki-laki. Puncak gunungnya berbatasan langsung dengan laut selatan. Jadi, kamu tidak usah kaget bila nanti saat berada di sekitar gunung kamu mendengar deburan ombak yang terkadang cukup keras.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bantul

Bagi kamu yang senang mendaki termasuk pendaki pemula, sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Gunung Lanang. Apalagi tempat ini terbilang baru sehingga masih belum banyak pendaki yang datang. Jadi, mungkin kamu bisa menyebarkan informasi mengenai Gunung Lanang setelah kamu berkunjung ke sini.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

Wisata Kulon Progo yang terakhir adalah Goa Kiskendo. Berlokasi di Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Goa ini mempunyai ceritanya sendiri sama halnya seperti goa pada umumnya. Saat masuk ke dalam goa, kita bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang muncul secara alami. Ada juga hiasan reliefe yang dibuat dalam rangka mengenang sejarah pada goa Kiskendo ini.

Pemandangan alam sekitar goa pun masih terbilang alami. Sehingga sangat bisa memanjakan mata oleh pemandangannya, udaranya pun cukup segar untuk dinikmati.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat wisata di Kulon Progo ini mungkin bisa dibilang sebagai salah satu tempat yang juga belum banyak diketahui seperti Gunung Lanang. Kondisi lingkungannya terbilang masih sangat asri dan perawan, karena ada banyak tumbuhan rimbun yang berada di sekitar air terjun.

Nah, itulah 12 tempat wisata di Kulon Progo yang wajib kamu kunjungi. Beberapa tempat yang belum banyak diketahui harapannya bisa kamu publikasikan sehingga semakin banyak orang tau. Dengan begitu, tempat wisata Indah yang ada di Indonesia bisa semakin viral bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Yuk, rencanakan liburan kamu dari sekarang dan tentukan tempat wisata Kulon Progo mana yang akan kamu kunjungi! Happy traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *