Tempat Wisata di Kuningan

18 Tempat Wisata di Kuningan yang Hits Cocok Untuk Liburan

Posted on

Berkeliling ke Kuningan membuat Anda harus tahu apa saja tempat wisata di Kuningan. Karena wajib tahu, Anda harus tahu apa saja pilihan yang diberikan beserta dengan informasi alamatnya. Karena jika tahu alamatnya, sesaat setelah tertarik menyimak penjelasan tempat wisata itu Anda bisa langsung menuju kesana.

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Pilihan wisata Kuningan Jawa Barat ada banyak, tinggal tentukan saja apakah Anda ingin wisata alam yang jauh dari pusat kota atau wisata buatan yang dekat-dekat saja dari pusat kota. Mayoritas memang berupa alam karena Kuningan berada di kaki Gunung Ciremai, namun tetap ada yang terletak dekat dengan pusat kota dan tidak bernuansa alam.

Mulai dari Telaga Remis, Telaga Nilem, Waduk Darma, Taman Nasional Gunung Ciremai, Lembah Cilengkrang, Hutan Pinus, The Mountain Recreation Park, Kebun Raya Kuningan, hingga Taman Cisantana, semua bisa Anda pilih dengan pilihan Tempat Wisata di Kuningan adalah sebagai berikut.

Telaga Remis

Telaga Remis

Jelas pilihan tempat wisata di Kuningan yang pertama adalah sebuah wisata alam. Wisata alam Kuningan kali ini wujudnya adalah telaga. Sesaat sampai di sana nanti, ata Anda akan benar-benar termanjakan karena yang akan Anda lihat adalah sebuah telaga yang dihias dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Garut

Warna airnya adalah hijau pekat, menandakan kedalaman dari telaga ini. apalagi apa yang menghias di sekitarnya adalah pepohonan yang juga berwarna hijau. Berada di Telaga Remis di siang hari di musim panas akan membuat Anda mendapatkan suasana menyegarkan di mata. Atau mungkin memutuskan untuk mengunjungi telaga ini di sore hari, akan ada perpaduan warna hijau dan merah jambu di langit yang akan didapatkan.

Tertarik untuk menjadikan Telaga Remis sebagai salah satu wisata Kuningan yang wajib mampir? Datang saja ke alamat Kaduela, Persawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Telaga Nilem

Telaga Nilem

Jika tak cukup puas dengan Telaga Remis atau mengunjungi telaga itu kurang memungkinkan, Anda juga bisa memilih Telaga Nilem sebagai wisata Kuningan Cirebon selanjutnya. Ternyata pemandangan yang didapat di Telaga Nilem hampir sama dengan di Telaga Remis. Sebab di sana yang akan dilihat pengunjung adalah telaga yang dihias dengan pepohonan rimbun di sekitarnya.

Meski begitu, tetap ada perbedaan tempat wisata di Kuningan ini dengan tempat wisata sebelumnya. Air di dalam telaga ini lebih jernih, sehingga Anda yang berani coba-coba pun tetap akan aman meskipun masuk ke dalamnya.

Saking jernihnya dan jika Anda beruntung, Anda bisa melihat dasar dari telaga ini. pasti tidak akan kecewa mampir ke Telaga Nilem untuk dapatkan sebuah kesegaran. Datang saja ke Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan jika tertarik. Karena berada dalam satu desa yang sama dengan Telaga Remis, sebagai wisatawan yang ingin memaksimalkan kunjungan di Kuningan, bisa mampir ke keduanya.

Situ Cicerem

Situ Cicerem

Anda harus tahu bahwa Situ Cicerem adalah salah satu tempat wisata Kuningan yang paling difavoritkan. Apa yang akan dinikmati pengunjung memang mirip-mirip dengan dua wisata di atas, namun tetap ada perbedaan antara wisata di Kuningan Jawa Barat ini dengan dua wisata sebelumnya.

Perbedaanya adalah suasananya, suasana di Situ Cicerem lebih hidup karena di dalam airnya yang jernih Anda akan dengan mudah bisa melihat ikan-ikan. Bukan sembarang ikan-ikanan, malahan ada banyak ikan cantik atau ikan hias yang mendiami danau ini. Wisatawan boleh-boleh saja menceburkan badan ke dalamnya jika mau terkena ikan-ikan yang sedang berenang. Namun jika tidak terbiasa sebaiknya jangan.

Situ Cicerem adalah wisata Kuningan Cirebon yang berada di Jalan Kaduela, Persawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Waduk Darma

Waduk Darma

Sebagai wisata dengan wujud perairan, Waduk Darma jauh lebih luas ukurannya dibanding tiga tempat wisata Kuningan di atas. Luasnya mencapai 400 hektar, sehingga wisatawan akan melihat air saja sejauh mata memandang atau cakrawala.

Karena luasnya ini, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Mulai dari bersantai dengan cara menikmati udara dan suasana sekitar perairan yang sejuk, memancing, berenang, atau camping di area yang sudah disediakan.

Seperti namanya, Waduk Darma adalah wisata Kuningan yang berada di daerah Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai

Jangan lupa untuk mampir ke Taman Gunung Ciremai jika mampir ke Kuningan. Sebagaimana yang telah dijelaskan di pembuka, bahwasannya Kabupaten Kuningan berada di kaki Gunung Ciremai. Karenanya, berkunjung ke Kuningan dalam rangka liburan akan tidak lengkap jika belum mampir ke Taman Nasional Gunung Ciremai.

Meskipun ada sebagai tempat wisata Kuningan yang luas, untuk bisa mampir ke wisata ini Anda harus datang ke Desa Babakanmulya, Kecamatan jalaksana, Babakan Mulya, Kuningan. Sebab di desa inilah pintu masuk taman nasional ini berada.

Apa yang akan Anda lihat di Taman Nasional Gunung Ciremai adalah pemandangan alam yang menakjubkan. Bukan hanya ‘bagus’ lagi, melainkan menakjubkan. Mulai dari telaga kecil yang berwarna biru muda jernih, kawasan hutan yang jelas masih asri, hingga spot untuk menyaksikan matahari terbit. Anda yang pecinta alam pasti akan suka berwisata di sini, atau mungkin Anda sengaja datang ke Kuningan untuk melakukan pendakian? Pastikan perlengkapan yang dibawa sudah lengkap.

Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang

Mengadakan pendakian ke Gunung Ciremai mungkin belum membuat Anda siap. Atau mungkin ada hambatan lain yang membuat aktivitas mendaki dirasa kurang pas. Jika demikian dan Anda sudah ingin melakukan pendakian atau sekedar menikmati alam di sekitar Gunung Ciremai, alternatifnya adalah datang ke Lembah Cilengkrang. Di lembah ini Anda bisa melakukan pendakian dengan medan yang tak terlalu berat.

Apa yang akan didapat wisatawan tentu saja berupa pemandangan pegunungan yang asri dan menyegarkan mata. Untuk bisa menikmati objek wisata di Kuningan ini Anda harus datang ke Pajambon, Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Curug Sidomba

Curug Sidomba

Wisata berupa pegunungan atau dataran tinggi boleh jadi kurang pas. Boleh jadi, tempat wisata Kuningan yang Anda cari adalah air terjun. Jika demikian, salah satu opsi Anda adalah Curug Simbadda. Ketinggian dari air terjun ini memang tidak sampai 5 meter, namun tetap saja menjadi salah satu wisata Kuningan yang direkomendasikan.

Karena berupa air terjun, pastinya Anda tidak kaget jika disuruh melakukan perjalanan sekian ratus meter dulu supaya sampai ke air terjunnya. Di sana tak menutup kemungkinan untuk bermain air. Karena selain alirannya yang tinggi, air di bawahnya juga bersifat tenang. Curug Sidomba berada di Peusing, Jalaksana, Kuningan.

Curug Putri Patulungan

Curug Putri Patulungan

Akan ada tiga air terjun yang disebutkan dalam daftar ini. Setelah Sidomba, juga ada pilihan lainnya yaitu Curug Putri Palutungan. Anda dijamin tidak akan menyesal setelah pergi ke Curug Putri Palutungan, malahan kemungkinan besar Anda akan betah berlama-lama berada di sana.

Baik bersama keluarga maupun para sahabat, rasanya harus mampir ke Curug Putri Palutungan jika ingin liburan ke Kuningan semaksimal mungkin. Curug Putri Palutungan berada di Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Apa yang akan dinikmati memang sebuah air terjun, namun aliran air yang terjun di tempat wisata Kuningan ini cukup unik dan berbeda dengan air terjun lainnya yang juga ada di Kuningan. Apa keunikannya bisa Anda ketahui sendiri nanti di sana.

Curug Landung

Curug Landung

Opsi terakhir wisata Kuningan berwujud air terjun selanjutnya adalah Curug Landung. Saat di Curug Putri Palutungan kebanyakkan adalah tebung batu yang akan dilihat pengunjung. Hal yang jauh berbeda akan ditemui pengunjung yang datang ke Curug Landung.

Aliran air yang ada di tempat wisata di Kuningan ini dihias dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang cukup rimbun. Perpaduan antara derasnya debit air yang mengalir turun dengan rimbunnya pepohonan di tebingnya jelas memberikan potret alam yang masih alami dan menyegarkan mata. Curug Landung berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Hutan Pinus

Hutan Pinus

Hutan Pinus boleh jadi tempat wisata yang bisa Anda dapatkan di daerah asal Anda. Namun tetap bisa jadi di daerah Anda tidak ada hutan pinus untuk dikunjungi. Jika Anda penasaran dengan wujud hutan pinus, maka bisa mampir saja ke hutan pinus milik Kabupaten Kuningan.

Pepohonan pinus yang ada di sana rimbun sehingga banyak dipilih untuk spot fotografi. Sebagai wisatawan pun pastinya Anda nanti juga ingin mengambil foto. Kawasan Hutan Pinus yang ada di Kuningan ini bisa Anda temukan di Desa Cibuntu di Kecamatan Pasawahan.

Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem Jalaksana adalah wisata di Kuningan Jawa Barat berupa perairan dengan space kosong di sekelilingnya yang cukup luas. Karena cukup luas dan memang apa yang ada di sana sangat menyejukkan, lokasi ini banyak dipilih untuk outbound dan kemah.

Anda yang hadir sebagai wisatawan tidak untuk bermalam tetap bisa-bisa saja mampir ke objek wisata di Kuningan ini. Udara segar pasti Anda hirup selama di sana, untuk mengunjunginya Anda hanya perlu datang ke Jalan Babakan Mulya, Babakan Mulya, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Persawahan Kadugede

Persawahan Kadugede

Sengaja datang ke Kuningan untuk tempat wisata Kuningan berupa persawahan saja? berarti Anda harus mengunjungi Persawahan Kadugede. Memang benar pasti ada kemungkinan ada persawahan di daerah asal Anda. Namun bisa dipastikan apa yang akan Anda lihat di Persawahan Kadugede jauh berbeda dengan kawasan persawahan di daerah asal Anda.

Sesuai dengan namanya, wisata Kuningan ini berada di Kecamatan Kadugede. Bisa datang kesana sore hari untuk menikmati suasana senja, juga bisa datang pagi hari untuk menyegarkan pernapasan sesekali.

Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park

Mungkin wisata alam Kuningan tidak pas untuk gaya berlibur Anda, atau ada kendala-kendala lain yang tak memungkinkan untuk berwisata alam. Tenang saja, selama Anda berada di Kuningan tetap ada alternatifnya. Coba lah untuk datang ke Sangkan Resort Aqua Park yang berada di Jalan Raya Bandorasa KM 12, Bandorasa, Cilimus, Kuningan.

Objek wisata di Kuningan ini wujudnya adalah waterpark. Cukup lengkap wahananya, coock dipilih jika Anda datang ke Kuningan bersama keluarga.

The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park

Ada juga The Mountain Recreation Park sebagai pilihan tempat wisata Jawa Barat yang berada di Kuningan. Lokasi tepatnya adalah di dalam Pesona Alam Kuningan yang berada di Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Wujudnya adalah waterpark, sehingga akan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bersama para sahabat pun juga oke karena bisa saja yang diinginkan adalah nostalgia masa kecil.

Wisata Alam Linggarjati

Wisata Alam Linggarjati

Kolam renang dengan wahana yang cukup, Wisata Alam Linggarjati adalah wisata Kuningan Jawa Barat selanjutnya yang berada di kaki Gunung Ciremai. Akan ada sensasi berbeda untuk berenang di kolam renang ini dengan di waterpark di point sebelumnya. Sebab Anda dan siapa saja yang bersama Anda akan berenang dengan hawa yang sejuk, cenderung dingin.

Pasti akan suka dengan suasananya, malahan bisa membuat rindu saat pulang dari Kuningan nanti. Pemandangannya indah karena Anda bisa melihat langsung megahnya bagian dari Gunung Ciremai. Wisata Alam Linggarjati berada di Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan

Ada juga Kebun Raya Kuningan yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Karena ada sebagai kebun raya, apa yang dinikmati wisatawan nantinya tentu saja sebuah kebun yang luas dan bisa untuk bersantai di sana. Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Beberapa waktu lalu memang sedang diadakan perbaikan, namun saat Anda mengunjunginya nanti bisa dipastikan perbaikan telah usai. Karenanya, akan ada kebun yang semakin indah saja untuk dinikmati dari sebelumnya.

Taman Cisantana

Taman Cisantana

Taman Cisantana juga tidak jauh dari pusat Kota Kuningan. Lokasinya berada di dalam Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Taman Cisantana adalah objek wisata di Kuningan berupa taman yang tak dipenuhi dengan tumbuhan.

Tetap ada tumbuh-tumbuhan sebagai penyegar udara di sana, namun bukan tumbuhan yang menjadi fokus dari wisata ini. taman Cisantana adalah taman yang dihias dengan atraksi berupa batu hias yang telah ditata sedemikian rupa. Sangat memungkinkan untuk dijadikan spot foto karena kecantikannya. Anda yang berasal dari luar Kuningan tidak boleh lupa berfoto saat berada di taman ini.

Hutan Kota Bungkirit

Hutan Kota Bungkirit

Objek wisata di Kuningan yang terakhir ini berada di Cigugur, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Karena berada di Kecamatan Kuningan, maka tentu saja terbukti bahwa tempat wisata di Kuningan ini benar-benar berada di pusat kota. Apa yang akan dijumpai wisatawan di sana adalah sebuah persawahan dengan pepohonan yang rindang.

Siapa saja akan betah berada di sana karena memang memiliki nilai lebih sebagai objek wisata. Anda bisa berfoto dengan spot berupa pemandangan alam yang masih asri namun tidak cukup alami. Sebab telah diadakan pembangunan jembatan sederhana dan penataan pepohonan di sana supaya wisatawan bisa lebih mudah dalam menghabiskan waktu di sana.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung Barat

Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam, juga bisa menikmati kuliner khas Kuningan ketika berada di sana. Juga tak menutup kemungkinan untuk menjadikan Hutan Kota Bungkirit sebagai tempat untuk makan siang. Apalagi tempatnya dekat dengan pusat kota.

Tempat wisata di Kuningan apa saja yang paling menarik bagi Anda? Semua pilihan sudah Anda ketahui beserta dengan alamatnya. Lebih mudah dan lebih bagus lagi jika Anda membuat itinerary perjalanan selama di Kuningan supaya semuanya tersistematis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *