Tempat Wisata di Kupang

11 Tempat Wisata di Kupang Paling Terkenal & Recommended

Posted on

Kupang merupakan salah satu Kabupaten, Kotamadya sekaligus Ibu Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berada di sisi barat Timor atau berdekatan dengan pulau Rote. Tak kalah dengan beberapa pulau lain di NTT, ada banyak tempat wisata di Kupang yang menarik perhatian wisatawan mancanegara dan asing.

Nah guys, kalau kamu ada rencana liburan ke NTT sebaiknya jangan lewatkan untuk datang ke Kupang dan mengeksplor tempat wisatanya ya.

Tempat Wisata di Kupang

Penasaran dengan tempat wisata di Kupang mana saja yang paling direkomendasikan? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Goa Kristal

Goa Kristal

Pada umumnya sebuah goa berlokasi jauh dari area perkotaan namun berbeda dengan Goa Kristal. Jarak dari pusat kota Kupang tak terlalu jauh dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Bahkan letaknya ada di area perumahan.

Saat melihat dari luar, bagian bibir goa terlihat seperti lubang kecil. Namun saat masuk ke dalam, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan kolam air tawar yang bening seperti kristal. Inilah mengapa goanya disebut Goa Kristal.

Baca Juga: Wisata Flores Timur

Dan untuk bisa masuk goa ini kamu tak akan dikenakan biaya alias gratis. Kamu hanya perlu berhati-hati saja, apalagi saat memasuki goa sebab batuannya sedikit licin karena di dalam cukup lembab.

Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

Kupang merupakan kota yang lokasinya dekat dengan Kawasan perairan. Sehingga tak heran bila terdapat beberapa tempat wisata NTT Kupang yang bertemakan alam pesisir. Salah satunya adalah Pantai Lansia, bila dari pusat kota bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dengan lama waktu perjalanan kisaran 15 menit.

Keindahan pantai ini bukan hanya dari hamparan pasir putih serta air lautnya yang jernih. Namun juga dari deretan pohon-pohon lontar tua yang terlihat sangat instagramable kalau difoto.

Harga tiket masuk ke Pantai Lasiana juga tak mahal, hanya 2 ribu rupiah saja per orang. Fasilitas umum yang disediakan cukup lengkap, seperti parkiran dan toilet. Sementara untuk yang mau menginap, kamu bisa sewa homestay di sekitar pantai dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Oesapa

Pantai Oesapa

Tak jauh dari tempat wisata Pantai Lasiana, terdapat pantai lain yang terbilang lebih ramai yaitu Pantai Oesapa. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai kuliner khas local. Uniknya, area pantai Oesapa dibuat lebih cozy untuk nongkrong oleh pihak pengelola. Seperti dibuatkannya gazebo dan beberapa kursi warna-warni. Jadi, kamu bisa kulineran sembari menikmati suasana pantai.

Alunan music jalanan dan aroma jajanan pada pedagang kaki lima di Oesapa dijamin akan membuat betah. Kebanyakan para pengunjung biasanya adalah anak muda Kupa sebab suasana pantainya memang cocok sekali untuk mereka. Menjelang sore akan semakin ramai oleh pengunjung yang menantikan momen matahari terbenam.

Pantai Tablolong

Pantai Tablolong

Pantai Tablolong merupakan wisata Kupang NTT yang terkenal akan penghasil rumput lautnya, bahkan yang terbesar di kepulauan ini. Kondisi pantai masih perawan dan belum banyak pengunjung. Sehingga pas sekali untuk kamu yang butuh vitamin sea dengan suasana lebih tenang.

Fasilitas Gazebo pun menjadi salah satu yang difavoritkan pengunjung, sembari duduk mereka dapat menikmati suasana pantai. Ditemani angin sepoi dan suara ombak di lautan. Lokasi pantai yang berada di seberang Pulau Semau, membuat pantai ini dijadikan sebagai tempat berlindung ikan, apalagi saat terjadi badai. Tak heran kalau ada banyak pemancing di sini.

Keindahan alam bawah laut Tablolong juga bisa kamu nikmati, cobalah untuk diving atau snorkeling agar bisa melihat lebih dekat dan jelas.

Nah, untuk bisa sampai di tempat wisata ini pun akses jalannya sudah beraspal sehingga lebih memudahkan. Namun kamu tak bisa berjalan kaki ya melainkan harus naik kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa ojek. Waktu yang dihabiskan selama perjalanan kurang lebih 1-1.5 jam bila dari pusat kota Kupang.

Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu

Tempat wisata Kupang selanjutnya masih berkaitan dengan wisata air namun kali ini bukan pantai melainkan air terjun. Kota Kupang yang memiliki udara cukup panas dan kering ini seolah terasa lebih segar dengan adanya Air Terjun Oenesu.

Datang ke sini, wisatawan akan diajak untuk melihat sisi lain kota Kupang. Bila kamu berangkat dari pusat kota, biasanya akan menghabiskan waktu 30 menit perjalanan. Sesampainya di Oenesu, kamu akan disambut oleh 4 tingkat air terjun dengan kolam alami di sela-sela tingkatannya. Sekeliling air terjun yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau pun sangat memanjakan mata dan terasa menyejukkan.

Bila kamu membawa pakaian ganti, tak ada salahnya untuk coba berendam di kolam alami Air Terjun Oenesu.

Bukit Cinta

Bukit Cinta

Ingin menikmati pemandangan Kupang dari atas ketinggian? Kamu bisa mendaki bukit Cinta yang lokasinya tak jauh dari Bandara El Tari. Bukit ini unik sebab terdapat kumpulan beberapa goa kecil yang merupakan peninggalan penjajah Belanda. Konon katanya, Goa ini terhubung dengan Goa Jepang yang ada di Pantai Lasiana, salah satu pantai di Kupang.

Waktu yang disarankan untuk mendaki bukit cinta adalah sore hari, yakni saat matahari tak terlalu terik dan menjelang matahari terbenam. Hamparan rumput hijau yang luas dengan beberapa pohon menjulang membuat suasana terasa lebih menyejukkan. Dari atas bukit, kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Kupang secara keseluruhan.

Gunung Fatuleu

Gunung Fatuleu

Objek wisata di Kupang selanjutnya adalah Gunung Fatuleu atau kalau dalam Bahasa lokal berarti batu keramat. Mengapa dinamakan demikian? Sebab berdasarkan cerita yang beredar bahwa banyak sekali peristiwa penting di Indonesia yang bisa diramalkan oleh batu keramat tersebut. Entah hanya mitos atau fakta, itu tergantung kepercayaan masing-masing saja.

Ketinggian puncak Fatuleu sendiri mencapai 1.111 Mdpl, tak terlalu tinggi jadi cukup aman didaki oleh para pemula. Atau kalau tak berani mendaki sendiri, kamu bisa meminta bantuan guide yang merupakan warga setempat untuk menemani sampai ke puncak.

Selama trekking tentunya kamu akan merasa lelah, namun akan segera terbayar setelah sampai di puncak Fatuleu. Pemandangan indah dan udara yang menyegarkan dapat kamu rasakan.

Taman Rekreasi Goa Monyet

Taman Rekreasi Goa Monyet

Pernah datang ke Ubud dan mengunjungi goa monyetnya? Nah, di Kupang juga ternyata ada loh tempat wisata yang dihuni oleh banyak monyet. Dulu jumlah monyet yang ada di goa bisa mencapai 300 ekor lebih dengan 4 kelompok yang berbeda dan tinggal di area taman. Namun sekarang jumlahnya semakin berkurang, biarpun begitu kamu tetap bisa datang ke sini kok.

Monyet-monyet di Goa ini jinak dan cukup ramah. Mereka jarang mengganggu para pengunjung, kecuali kalau ada pengunjung yang nakal. Kalau membawa makanan, kamu bisa coba memberi mereka makan agar bisa berinteraksi secara langsung. Biasanya monyet suka buah atau kacang-kacangan. Di samping keberadaan monyet tersebut, suasana taman rekreasi goa monyet ini juga sangat menyejukkan sebab dikelilingi oleh pepohonan.

Pantai Namosain

Pantai Namosain

Biasanya padang savana itu terletak di area perbukitan, iya nggak? Namun berbeda dengan savanna satu ini, sebab lokasinya berada di Pantai Namosain Kupang. Padang Savana yang luas dan indah menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Dipadukan dengan suasana pantai yang khas membuat pantai ini semakin unik.

Apalagi saat memasuki sore hari dan moment senja, suasana padang savana akan terasa lebih syahdu. Kamu akan merasa betah dan tak ingin pulang. Bila ingin menginap dan mendirikan tenda, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu ya pada pihak pengelola tempat wisata tersebut.

Pantai Batu Nona (Pantai Nunsui)

Pantai Batu Nona (Pantai Nunsui)

Sebuah pantai yang dipenuhi oleh batu karang di bibir pantainya memang sudah cukup banyak bisa kita temui. Namun, bagaimana bila ternyata batu karang tersebut bentuknya menyerupai seorang Nona? Nah, pantai dengan batu karang unik ini bisa kamu temui saat liburan ke Kupang lebih tepatnya ke Pantai Batu Nona atau Nunsui. Lokasi wisata ini tak terlalu jauh dari bandara sehingga beberapa wisatawan yang mau ke Pulau Alor biasanya ada saja yang menyempatkan datang ke sini dulu.

Batu karang unik di Pantai Nunsui ternyata memiliki cerita. Konon, dulu hidup seorang nona yang patah hati. Lalu ia bunuh diri dengan cara terjun dari atas tebing. Jasad nona tersebut ditemukan, namun secara tiba-tiba muncul sebuah batu karang yang berdiri bak seorang nona. Sebenarnya batu aslinya ini sudah terkikis, jadi pihak pengelola mengganti dengan patung nona.

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Dan wisata kota Kupang terakhir yang paling direkomendasikan adalah Pantai Kolbano. Pantai yang memiliki keunikan dan sudah cukup mendunia. Bahkan beberapa media internasional seperti National Geographic pernah memberikan ulasan mengenai keunikan dari pantai ini.

Lantas, apa sih yang membuat Kolbano unik? Bila pada umumnya pantai itu memiliki pasir putih atau hitam maka berbeda dengan pantai satu ini yang tak memiliki pasir melainkan kerikil warna-warni. Air pantainya pun tak berwarna biru jernih melainkan lebih terlihat biru susu. Suasana pantainya pun sangat eksotis dan bisa kamu nikmati secara gratis alias tidak usah bayar sepeserpun.

Dari kejauhan kamu dapat melihat aktivitas para nelayan tradisional yang hendak menangkap ikan, kalau mau kamu bisa membeli hasil tangkapannya. Sungguh sebuah pemandangan yang memanjakan mata dan tak akan bisa kamu lupakan dari kepulauan Indonesia bagian timur ini.

Namun untuk perjalanan menuju Kolbano terbilang cukup memakan banyak waktu, 3-4 jam bila dari pusat kota. Kamu juga harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Biarpun begitu, datang ke Kolbano tak akan membuatmu merasa rugi. Apalagi tiket masuknya gratis.

Baca Juga: Wisata Sumba Barat

Saat berkunjung ke salah satu tempat wisata di Kupang, sebaiknya bawa uang cash yang cukup ya baik untuk membeli makanan, membayar tiket masuk, transportasi atau penginapan. Jangan bergantung pada mesin ATM atau uang digital sebab di sini kamu mungkin akan sulit menemukannya.

Itulah 11 tempat wisata di Kupang yang paling direkomendasikan khususnya untuk para pecinta alam. Sebab tempat-tempat yang sudah diulas memang semuanya bertemakan alam mulai dari pantai, pegunungan, hingga air terjun. So, happy travelling ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *