17 Tempat Wisata Di Kutacane Aceh Tenggara

Posted on

Berkunjung ke Aceh Tenggara maka akan ditemukan aneka pesona alam dan budaya yang memukau. Bahkan untuk potensi alam terutama sungai dikenal wisatawan dunia. Menjadi penting kemudian untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Kutacane Aceh Tenggara.

Kutacane sendiri adalah ibukota Kabupaten Aceh Tenggara. Satu daerah yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Tempat Wisata Di Kutacane

Tak perlu berlama-lama berikut tempat wisata di Aceh Tenggara Kutacane yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu semua:

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Berbicara tentang Aceh tak akan lepas dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Satu daerah yang kaya akan potensi alam baik itu flora dan fauna.

Baca Juga: Wisata Idi Rayeuk

Mereka yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya untuk berwisata. Tapi lebih dari itu adalah mereka yang tengah melakukan penelitian.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser ini pada bulan Juni hingga Oktober. Harga tanda masuk untuk wisatawan lokal pun murah meriah.

Arung Jeram Sungai Alas

Arung Jeram Sungai Alas

Bukan hanya Taman Nasional Gunung Leuser yang mendunia. Di Aceh Tenggara ini pun miliki sungai dengan jeram yang menantang banyak wisatawan.

Tak jarang mereka yang berkunjung dan ingin merasakan derasnya air Sungai Alas berasal dari berbagai negara. Pemerintah daerah setempat pun telah menggarap potensi ini dengan cukup baik dimana mereka rutin menggelar even berkelas dunia.

Perlu diketahui juga bila Sungai Alas adalah sungai terpanjang di Provinsi Aceh dan melalui Gunung Leuser serta berakhir di Samudra Hindia. Dengan berbagai kelebihan tersebut maka wajar bila sungai ini begitu diminati wisatawan.

Jalur terbaik untuk melalui petualangan sudah pasti dari Jalan Blangkejeren – Kutacane, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara.

Air Terjun Gulo

Air Terjun Gulo

Ingin melihat air terjun yang mempesona di Aceh Tenggara maka berkunjunglah ke Air Terjun Gulo yang ada di Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah.

Bukan hanya air terjunnya saja yang cantik, tapi pemandangan sekitar pun demikian. Seolah sinergi satu sama lain berjalan dengan sangat baik. Hanya saja tidak mudah untuk mencapai tempat ini. Butuh perjuangan dan tekat kuat untuk tiba di lokasi.

Untuk benar-benar tiba di lokasi ada 2 cara yang bisa dipilih. Cara pertama jalur pendek tapi terjal karena hanya butuh waktu 10 menit saja. Selanjutnya ada jalur kedua dimana pengunjung harus memutar jalur dan bisa diselesaikan dalam 30 menit.

Bukit Cinta

Bukit Cinta Kutacane

Nama yang romantis bukan dan hal ini benar saja karena ditempat ini ada banyak cinta. Mereka yang tengah kasmaran dan memadu kasih sering berkunjung ke bukit yang bernama Lawe Sikap ini.

Suasana tambah romantis sembari menyesap kopi Gayo yang begitu khas Waktu akan berjalan begitu lambat karena sejauh mata memandang pun terdapat pemandangan yang memukau.

Dua view yang paling disuka sudah pasti melihat Kutacane dari ketinggian dan Sungai Alas yang mendunia. Tempat cantik ini ada di Jalan Bukit Cinta, Kecamatan Darul Hasanah.

Lawe Gurah

Lawe Gurah

Perlu diketahui bila berbicara tentang Taman Nasional Gunung Leuser tentu sangat luas. Dan diantara lokasi yang menarik ada satu kawasan yang harus dikunjungi bernama Lawe Gurah yang ada di Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe.

Panorama alam yang begitu mempesona tanpa sentuhan tangan usil membuat tempat ini begitu asri. Paket komplit pastinya bila pengunjung akan menemukan hutan, danau, air terjun, air panas hingga bisa saja menemukan flora dan fauna langka.

Untuk mengeksplore Lawe Gurah pastikan menggunakan jasa mereka yang tahu kondisi akan alam sekitar. Liburan bakal jadi petaka kalau saja tiba-tiba menemukan binatang buas dan bingung harus berbuat apa.

Pantai Goyang

Pantai Goyang

Liburan makin lengkap pastinya selain ada belantara hutan juga terdapat destinasi pantai. Satu pantai yang bisa dikunjungi saat ada di Aceh Tenggara pastinya adalah Pantai Goyang.

Dinamakan demikian unik dan jangan salah persepsi. Kata Goyang ini diambil dari suara pohon yang terdengar nyaring sehingga layak dikatakan bergoyang.

Lain dengan destinasi wisata lain yang murni alami maka tempat ini adalah buah dari kreativitas warga. Sengaja dibuat sebagai wahana liburan keluarga dan berada di Desa Mamas, Kecamatan Darul Hasanah.

Pantai Timur

Pantai Timur

Meski sama-sama bernama pantai tapi tempat ini tidak miliki air asin layaknya pantai pada umumnya. Hal ini karena pantai ini sejatinya adalah saluran irigasi yang apik sehingga menyerupai pantai.

Saluran ini memiliki kualitas air yang sangat baik. Tak sedikit kemudian wisatawan datang dan banyak diantara merek yang kemudian bermain air hingga mandi.

Kesegaran alami dari saluran sungai ini ada di Desa Lawe Kinga, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara.

Lawe Gerger

Lawe Gerger

Tempat wisata Kutacane Aceh Tenggara ini pun terdapat pemandian air panas yang begitu populer. Pemandian dengan kandungan belerang ini ada di Desa Jongar, Kecamatan Ketambe. Sementara itu kandungan air panas ini berasal dari pegunungan Lawe Gerger.

Di tempat ini pengunjung bukan hanya bisa bermain air panas. Lebih dari itu ada banyak aktivitas bisa dilakukan. Hal ini karena pengelola telah siap menyambut tamu. Selain ada kolam renang juga telah tersedia wahana permainan anak dan lahan parkir yang luas.

Pemandian Air Panas Uning Sigugur

Pemandian Air Panas Uning Sigugur

Saat di Aceh Tenggara bukan hanya ada Lawe Gerger yang terkenal dengan kolam air panasnya. Masih ada pemandian air panas Uning Sigugur yang bisa dicoba dan khusus di tempat ini ada beberapa bagian yang sangat panas karena air bisa mencapai titik 80 derajat Celcius.

Meski demikan pengelola pastinya akan melakukan tindakan preventif. Dimana pengunjung hanya akan menempati air yang memang aman untuk berendam. Pemandian alam ini berada di Desa Uning Sigugur, Kecamatan Babul Rahmah, Kabupaten Aceh Tenggara.

Waterpark Kutacane

Waterpark Kutacane

Rekomendasi terbaik untuk main air dan mandi bersama seluruh anggota keluarga pastinya ada di Waterpark Kutacane. Dimana tidak ada air panas yang perlu diperhatikan yang ada adalah berbagai wahana permainan yang siap menanti.

Datang bersama seluruh anggota keluarga adalah sebuah keharusan. Terutama mereka yang miliki anak kecil karena kolam renang ini siap beri pengalaman tak terlupakan.

Waterpark Kutacane berdiri disamping GOR Kabupaten Aceh Tenggara atau persisnya ada di Lawe Perbunga, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara.

Masjid Agung At-Taqwa

Masjid Agung At-Taqwa

Sama seperti wilayah lain di Aceh dimana mereka pastinya miliki masjid yang berdiri megah. Saat ada di Aceh Tenggara pun akan ditemukan masjid serupa dimana ada Masjid Agung At-Taqwa yang harus dikunjungi.

Masjid ini sangat ikonik karena berdiri diatas lahan yang sangat luas. Selain ada bangunan utama juga terdapat taman yang biasa digunakan untuk bersantai.

Masuk ke dalam masjid akan membuat siapa saja takjub dimana kaligrafi indah siap menyambut siapa saja. Di masjid ini pula akan ditemukan lukisan indah khas budaya suku Alas. Penasaran bukan maka pastikan ke masjid yang ada di Pulo Sanggar, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Lapangan Ahmad Yani

Lapangan Ahmad Yani Kutacane

Layaknya kota pada umumnya dimana Aceh Tenggara juga miliki taman kota yang harus dikunjungi. Lapangan Ahmad Yani ini ada di dekat Masjid Agung At-Taqwa dengan demikian bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.

Tempat ini telah disulap dengan berbagai wahana menarik sehingga bila berkunjung bukan hanya ada tanah lapang semata. Lebih dari itu ada taman, jalur track hingga aneka permainan untuk anak-anak. Tempat terbaik kumpul bersama anggota keluarga dan rekreasi tipis-tipis ditengah kota Kutacane

Ketambe

Ketambe Kutacane

Wilayah Ketambe sangat terkenal di dunia internasional karena mereka miliki alam yang begitu indah. Dari ujung ke ujung akan ditemukan keindahan khususnya pada lahan seluas 450 hektare di Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe.

Dilahan ini terdapat flora dan fauna liar yang banyak didatangi turis. Mereka bukan saja hanya ingin melihat keindahan tapi pastinya juga ingin menggali informasi lebih tentang alam.

Hewan liar yang bisa ditemukan saat pengunjung beruntung antara lain orang utan Sumatera, kukang, beruk, siamang, kedih, monyet ekor panjang dan lain-lain. Di sini pulalah terdapat sungai Alas yang terkenal itu.

Air Terjun Lawe Dua

Air Terjun Lawe Dua

Air terjun ini menjadi favorit bagi mereka yang ingin memanjakan diri. Keterbatasn yang ada justru membuat objek wisata ini tetap terjaga keasliannya.

Mereka yang bisa berkunjung hanyalah orang-orang terpilih karena memang tidak mudah untik tiba di lokasi. Tapi begitu tiba buang segala jaim yang ada dan silakan langsung nyebur ke kolam.

Tak perlu takut ada yang lain karena bisa jadi pada hari biasa hanya ada beberapa saja yang berkunjung. Tapi begitu akhir pekan bisa jadi terjadi peningkatan jumlah wisatawan.

Air terjun ini ada di Desa Lawe Dua, Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Air Terjun Lawe Sikap

Air Terjun Lawe Sikap

Objek wisata ini termasuk satu yang baru karena belum begitu populer di masyarakat. Namun demikian bagi mereka yang suka dengan tantangan pastinya tak segan akan berkunjung ke air terjun Lawe Sikap.

Lokasinya tidak jauh dari Kutacane hanya saja untuk tiba di lokasi butuh perjuangan karena harus dilalui dengan tracking. Sangat cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan memiliki antusias melihat hal baru. Terlebih lokasinya tidak begitu jauh dari Bukit Cinta sehingga bisa menjadi satu rute perjalanan.

Gua Lawe Sikap

Gua Lawe Sikap

Usai bermain ke Air Terjun Lawe Sikap maka ada baiknya untuk berkunjung ke Gua Lawe Sikap karena lokasinya memang berdekatan. Meski demikian bila ingin susur gua sangat disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup dan layak.

Jangan lupa pastikan kenakan alas kaki yang aman dan nyaman. Selain itu helm untuk pelindung kepala dan senter untuk penerangan. Meski banyak pengunjung yang datang ala kadarnya tapi hal itu pastinya tidak direkomendasikan karena di dalam bisa saja terjadi hal tak terduga.

Gua Lawe Sikap ini masih ada di Jalan Bukit Cinta, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Benteng Kuta Reh

Benteng Kuta Reh

Tempat wisata Di Aceh Tenggara terdapat benteng yang menyimpan luka dan merekam sejarah. Betapa kejamnya Belanda karena mereka menghabisi ribuan nyawa tak berdosa.

Benteng Kuta Reh demikian nama bangunan ini dan sekarang telah dibuka sebagai destinasi wisata sejarah. Kamu yang datang ke tempat ini akan melihat lebih dekat perjuangan masyarakat Aceh melawan penjajah.

Baca Juga: Wisata Gayo Lues

Benteng penuh sejarah ini ada di Desa Kutarih, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Belasan destinasi wisata di Aceh Tenggara tersebut pastinya recomended banget untuk dikunjungi. Khususnya mereka yang berjiwa muda dan ingin tantangan. Liburan bukan tentang kemewahan tapi satu cara untuk lebih dekat dengan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *