Tempat Wisata Di Lanny Jaya

10 Tempat Wisata Di Lanny Jaya, Surganya Para Pelancong

Posted on

Apa sih yang terlintas dalam benakmu saat membicarakan satu kepulauan di ujung timur Indonesia yaitu Papua? Kemungkinan berkaitan dengan hutan, pegunungan dan masyarakatnya yang masih tradisional. Tak ada yang salah, bahkan memang benar adanya demikian. Oleh sebab itulah adalah banyak tempat wisata di Papua yang bertemakan alam serta kampung-kampung adat dengan suku asli setempat.

Tempat Wisata di Lanny Jaya

Nah traveler, kalau bicara soal Papua, belum lengkap rasanya kalau tak menyinggung Lanny Jaya. Salah satu kabupaten di Papua yang juga menyimpan pesona wisata Merauke. So, langsung saja simak yuk berikut ulasan mengenai tempat wisata di Lanny Jaya surganya para pelancong.

Centre Point

Centre Point

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Center Point. Bila dilihat dari namanya sih, kita sudah bisa menebak sebenarnya apa itu Center Point. Sebuah bangunan yang difungsikan sebagai penanda pusat di kabupaten tersebut.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Yapen

Bentuk bangunannya unik sehingga membuat para pelancong tertarik untuk sedikit mengabadikan moment bersama Center Point. Di samping itu, pemandangan barisan pegunungan yang ada di belakangnya pun membuat suasana Lanny semakin menyegarkan.

Distrik Makki

Distrik Makki

Traveler pasti tau dong apa itu distrik? Ya, jadi distrik merupakan istilah lain untuk kecamatan. Istilah yang memang digunakan di Papua. Nah, distrik yang sebaiknya tak kamu lewatkan selagi di Lanny Jaya adalah Distrik Makki. Suasana pedesaan menenangkan lengkap dengan pemandangan alam yang indah serta udara yang menyejukkan.

Distrik Gelok Beam

Distrik Gelok Beam

Selain Distrik Makki, kamu juga bisa loh berkunjung ke Distrik lain yang ada di Lanny Jaya. Nah, kali ini kamu boleh coba berkunjung ke Gelok Beam. Distrik yang cenderung lebih sepi bila dibandingkan dengan Distrik Makki. Sebab tak terlalu banyak warga yang bermukim di sini.

View alam yang indah di Gelok Beam benar-benar bisa memanjakan mata. Sepanjang mata memandang kamu akan disuguhkan dengan pegunungan hijau yang berdiri dengan gagah.

Gereja Baptis Kuminiki

Gereja Baptis Kuminiki

Next, kamu juga bisa berkunjung ke Gereja Baptis Kuminiki. Bagi yang beragama Kristen datang ke sini bisa memberikan nilai spiritual tersendiri dan menjadi wisata religi paling berbeda.

Sama seperti gereja pada umumnya, gereja ini digunakan oleh umat Nasrani untuk beribadah. Di samping itu, letak gereja juga dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah. Udaranya pun terasa menyegarkan, ini karena lokasi gereja yang ada di dataran tinggi.

Gunung Malibaga

Gunung Malibaga

Wisata Lanny Jaya Gunung Malibaga atau sebenarnya sih terlihat lebih mirip bukit. Nah, kalau sudah mengunjungi gunung yang jelas berada di dataran tinggi. Kita sudah pasti akan menikmati pemandangan alam yang indah serta udara yang menyejukkan. Terhindari dari polusi udara asap kendaraan.

Kamu bisa trekking mendaki hingga puncak gunung Malibaga. Namun kalau tak bisa sampai puncak, kamu bisa menikmati suasana alam kaki gunung tersebut. Terdapat aliran sungai yang airnya menyegarkan. Kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Malibaga dari kejauhan.

Kampung Genena

Kampung Genena

Di Papua terdapat cukup banyak perkampungan yang masyarakatnya masih memegang teguh adat budaya warisan nenek moyang. Modernitas tidak membuat luntur identitas yang sebenarnya. Seperti masyarakat yang ada di Kampung Genena.

Sebuah perkampungan tradisional di Lanny yang diapit oleh pegunungan hijau. Sehingga sudah jelas pemandangannya bisa memanjakan mata, udara nya pun menyegarkan.

Bahkan kampung Genena cukup jauh dari pusat keramaian sehingga terbilang menenangkan. Ditambah lagi masyarakat setempat yang terkenal dengan keramahannya, semakin bisa membuat kita betah berlama-lama.

Kampung Wunime

Kampung Wunime

Traveler, kalau masih belum puas berkunjung ke satu kampung adat, kamu bisa lanjut menjelajahi Kampung berikutnya yaitu Kampung Wunime. Di sini, ada sebuah rumah yang merupakan peninggalan dari seorang misionaris.

Letak kampungnya sendiri berada di Distrik Bugukgona. Selain memiliki nilai histori yang sangat jelas, Wunime juga akan menyuguhkan pemandangan alam yang menawan. Lagi-lagi hamparan pegunungan hijau bisa memanjakan mata, udaranya pun menyegarkan, bersih dan terhindar dari polusi.

Perbukitan Tiom

Perbukitan Tiom

Perbukitan Tiom bisa dibilang merupakan salah satu ikon terbaru dari kabupaten Lanny Jaya. Di sini, kamu bisa melihat view pemandangan yang indah bahkan jauh lebih menawan bila dibandingkan dengan tempat sebelumnya.

Terlebih lagi pemandangan saat sore hari, lembayung dengan langit berwarna jingga benar-benar membuat suasana semakin romantis dan nyaman. Deretan pegunungan hijau menjadi paduan yang eksotis saat senja.

Namun sayang nya, di Tiom masih belum ada listrik yang stabil. Kerap kali padam bahkan masyarakat sekitar masih sulit mendapatkan air bersih. So, untuk yang ingin datang ke sini, kamu bisa sembari melakukan aksi kemanusiaan, mencarikan solusi untuk sumber air bersih atau bisa juga dengan menstabilkan listrik.

Pirime Bugukgona

Pirime Bugukgona

Pirime Bugukgona, kalau dari namanya apa yang terlintas dari benakmu? Ini adalah sebuah perbukitan yang ada di Distrik Bugukgoa. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, distrik merupakan sebuah istilah untuk mengganti kata kecamatan. Memang biasa digunakan oleh masyarakat Papua.

Di bukit Pirime Bugukgona kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar. Kamu juga bisa melihat beberapa barisan pegunungan hijau lain yang ada di distrik tersebut serta di luar distrik. Alam Papua memang tak akan pernah ada habisnya memanjakan kita apalagi soal panorama alam yang masih terjaga.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Dan wisata terakhir adalah Taman Nasional Lorentz. Sebuah tempat wisata yang merupakan taman nasional terbesar se-Asia Tenggara! Wahhh, ternyata Indonesia punya tempat seperti ini ya. Luas Taman Nasional ini mencapai 2.4 juta hektar.

Pemandangannya pun benar-benar luar biasa, super keren. Tak heran bila masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Berdasarkan informasi, penamaan Lorentz sendiri merupakan nama seorang penjelajah asal Belanda yaitu Hendrikus Albertus Lorentz. Ia sempat melakukan penjelajahan di sini pada tahun 1909 yang lalu. Keren kan?

Di sini, kamu dapat menikmati udara yang sangat menyejukkan. Organ pernapasan akan dimanjakan dengan udara bersih yang jauh dari polusi udara. Tak hanya sampai di situ, kamu akan semakin dibuat takjub dengan pemandangan alam sekitar.

Baca Juga: Wisata Jayawijaya

Sedikit tips saat mau berkunjung ke Taman Nasiona Lorentz. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk melakukan aktivitas outdoor. Jangan lupa membawa pakaian hangat untuk mengantisipasi udara yang dingin. Hindari menggunakan uang digital, sebaiknya bawa uang cash sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jangan menggantungkan pada mesin ATM ya.

Oke traveler itulah tempat wisata di Lanny Jaya. Bagaimana lengkap sekali kan? Ada wisata alam, wisata religi hingga wisata budaya yang disuguhkan oleh beberapa distrik di Papua. Jadi, nggak usah ragu lagi untuk melancong ke Lanny ya! Selamat menjelajahi ujung timur Indonesia! Happy traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *