Tempat Wisata di Lembata

10 Tempat Wisata Di Lembata Paling Unik dan Hits

Posted on

Lembata merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi NTT, Flores Timur. Sebelah utara dibatasi oleh Laut Flores, sebelah selatan Laut Sawu dan sebelah barat Selat Boleng dan Lamakera. Sementara di timur berbatasan langsung dengan Selat Alor.

Kondisi geografis yang dimiliki oleh Lembata membuat daerah ini memiliki tempat wisata yang beragam. Baik itu wisata alam maupun yang berkaitan dengan adat dan kebudayaan khas setempat. Bahkan beberapa tempat menjadi unggulan karena popularitasnya.

Tempat Wisata di Lembata

Nah guys, apakah kamu sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur? Bagaimana kalau kamu berkunjung ke Lembata dan mengeksplorasi beberapa tempat wisata yang paling hits di sana? Bila masih belum tau mana saja tempat yang sebaiknya dikunjungi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Lembata.

Pantai Lewolein

Pantai Lewolein

Wisata Lembata pertama yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat liburan adalah Pantai Lewolein, berlokasi di Jalan Trans Lembata, Dikesare, Lebatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan indah pesisir Lewolein memang menjadi unggulan tempat wisata di Desa Dikesare. Selain hamparan pasir putih sejauh mata memandang, para pengunjung pun akan dimanjakan dengan berbagai spot-spot foto unik dan instagramable. Seperti spot ayunan yang bertuliskan Lewolein, kamu bisa berfoto untuk menunjukan bahwa kamu sedang liburan di Lewolein.

Baca Juga: Wisata Kupang

Ada 2 unit ayunan gantung yang terletak di separuh titik pasang surut ombak. Jadi kalau air sedang pasang surut maka kaki kita akan basah disapu ombak. Menjelang sore hari, pantai akan semakin ramai, sebab para pengunjung ingin menikmati moment senja. Beberapa fotografer pun sengaja datang pada waktu tersebut karena ingin memotret gambar siluet yang menakjubkan. Selain ayunan, ada pulau spot bingkai cinta yang terbuat dari anyaman bahan local. Bila datang dengan pasangan, kamu bisa berfoto di bingkai tersebut.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung Lewolein? Sebenarnya di era new normal dan masih dalam kondisi pandemic ini jumlah pengunjung mulai dikurangi. Namun kamu tetap bisa datang ke sini kok hanya saja harus tetap mematuhi protocol kesehatan.

Pantai Bean

Pantai Bean

Ingin menikmati wisata bahari di kepulauan Indonesia bagian timur? Kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Lembata yaitu Pantai Bean. Berlokasi di Desa Bean, Kecamatan Buyasuri, Bean, Buyasuri, Kabupaten Lembata NTT.

Pesona pantai yang eksotis ini disebut-sebut mirip seperti wisata pantai Phuket yang ada di Thailand. Hamparan pasir putih yang mempesona bisa dilihat sejauh mata memandang.  Panjang pantai bean sendiri mencapai 5 km, jadi akan cukup melelahkan bila kamu ingin coba menyusuri garis pantai tersebut.

Pantai Bean cenderung lebih sepi bila dibandingkan Lewolein sebab tak banyak pengunjung yang datang ke sini.  Jadi sangat cocok untuk wisatawan yang lebih menyukai suasana pantai yang tenang tanpa banyak lalu-lalang orang.

Pantai Waijarang

Pantai Waijarang

Wisata Hits Lembata Pantai Waijarang merupakan destinasi wisata yang jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota. Lebih tepatnya berlokasi di Waijarang, Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Bila kamu berangkat dari pusat kota aksesnya cukup mudah, jalannya juga sudah bagus.

Panorama alam pantai yang khas bisa kamu nikmati di Waijarang, ada pula pemandangan Gunung Boleng di pulau seberang yang akan semakin memanjakan mata. Bagi kamu yang mau honeymoon atau liburan dalam waktu lama pun tak perlu khawatir, sebab di sekitar pantai sudah ada Kumah resort yang bisa disewa.

Kurang lebih terdapat 15 unit rumah penginapan dengan ukuran 15×15 meter. Material rumah tersebut terbuat dari kayu. Di samping itu, terdapat Pelabuhan darurat yang dijadikan sebagai tempat wisata, snorkeling atau berenang. Panjang Pelabuhan bisa sampai 30 meter.

Bila kamu berniat datang ke sini, sebaiknya cari tau lebih lanjut mengenai paket wisata di Pantai Waijarang ya, khususnya soal harga sewa penginapan serta fasilitas yang diberikan.

Pantai Mingar

Pantai Mingar

Masih belum cukup dengan wisata pesisir yang sudah disebutkan di atas? Kalau begitu, kamu bisa lanjut mengeksplor tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Mingar. Berlokasi di Desa Mingar, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Bila dari pusat kota Lewoleba jaraknya kurang lebih 20 km, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan.

Sesampainya di tempat wisata ini, kamu akan disambut dengan eksotisme Mingar. Ada hal unik yang rutin terjadi di sini, yaitu perubahan pasir putih selama bulan April sampai dengan Januari menjadi batu karang. Sementara di bulan Februari sampai dengan Maret keunikannya adalah sedikit pasir berwarna hitam yang ada di pantai.

Sedikit tips saat kamu berwisata ke pantai, jangan lupa menggunakan suncream ya agar kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari yang menyengat. Gunakan juga pakaian yang mudah menyerap keringat karena akan lebih nyaman digunakan. Jangan lupa juga membawa uang cash yang cukup, karena mungkin kamu akan sangat sulit menemukan mesin ATM atau pembayaran secara digital.

Tanjung Nuhanera

Tanjung Nuhanera

Tanjung Nuhanera, berlokasi di Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata. Terkenal akan pemandangan alam bawah lautnya yang indah dan mempesona. Tak heran bila banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke sini hanya untuk snorkeling, diving atau sekedar berjemur dan menikmati suasana pantai.

Lokasi wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan wisata dan bahari. Hal ini lah yang membuat Tanjung Nuhanera semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Cuaca di Nusa Tenggara Timur memang terkenal panas, sehingga tak heran bila ada wisata air terjun di sini akan menambah kesegaran tersendiri. Bila kamu ingin menikmati wisata air namun tak mau ke pantai, kamu bisa coba berkunjung ke Air Terjun Lodovavo Atawuwur yang berlokasi di Desa Atawai, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Keberadaan air terjun ini memang sang istimewa. Maklum saja, karena memang Kawasan NTT dipenuhi oleh padang savana dan pesisir. Sehingga datang ke sini bisa jadi pilihan tepat untuk berwisata. Ketinggian air terjunnya mencapai 50 meter, sangat menyegarkan, apalagi bila kita mencoba langsung dengan bermain air di kolam alami tempat terjatuhnya air terjun.

Konon katanya dulu ada sepasang ibu dan anak yang tengah bermain di Kawasan air terjun Lodovavo. Namun beberapa menit kemudian anak tersebut hilang dan tanpa jejak. Sang Ibu tak tau kemana perginya anak tersebut, warga sekitar percaya kalau si anak sudah disantap oleh belut raksasa yang ada di air terjun.

Lalu warga sekitar coba mencari belut raksasa tersebut dan ternyata ditemukan. Warga membunuhnya dan merobek badan belut, kecuali bagian kepala yang ditinggal begitu saja. Nah, kepala tersebut dipercaya tumbuh jadi pohon.

Apakah kamu percaya dengan ceritanya? Ya disamping mitos atau fakta, datang ke tempat wisata ini sangat direkomendasikan saat kamu berada di Lembata. Jangan lupa membawa pakaian ganti ya untuk mengantisipasi kalau bajumu basah terkena cipratan air terjun.

Dapur Alam Karun Watuwawer

Dapur Alam Karun Watuwawer

Dapur Alam Karun Watuwawer, tempat wisata yang lokasinya bersebelahan dengan Desa Atakore, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Salah satu daya tarik dari dapur alam adalah uap panas yang berkekuatan besar dari sumber gas bumi.

Dengan sumber panas bumi yang dihasilkan tersebutlah, masyarakat setempat membuat beberapa lubang kecil lalu memasukan beraneka ragam bahan makan seperti kacang, ubi, jagung, dan lain-lain. Dalam waktu 1 sampai 2 jam makanan yang telah dimasukan akan matang dan siap disantap. Wah, unik ya? Kalau mau mencobanya yuk datang ke Dapur Alam Karun Watuwawer.

Desa Nelayan Lamalera

Desa Nelayan Lamalera

Nusa Tenggara Timur memang tak akan pernah luput dari adat dan kebudayaan yang diwariskan nenek moyang. Oleh sebab itulah beberapa desa adat terkenal karena adat dan kebudayaan yang masih diterapkan. Seperti di Desa Nelayan Lamalera yang berlokasi di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Ada satu ritual yang sering dilakukan warga setempat yaitu penangkapan ikan paus secara tradisional. Ritual ini sudah dilakukan secara turun temurun. Kalau beruntung, kamu bisa melihat ritual tersebut secara langsung dan mengambil beberapa gambar.

Bukit Cinta Waijarang

Bukit Cinta Waijarang

Bukit Cinta merupakan tempat wisata unik lainnya yang ada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan.

Di sini kamu bisa menemukan sebuah prasasti bertuliskan “LOVE”, posisinya tepat berada di puncak bukit. Ada pula tangga beton mengelilinginya. Lalu sepasang patung tangan pun hinggap di atas huruf O dan V, jari berukuran besar tersebut membentuk gambar hati.

Tangga beton sendiri tak berhenti hanya di patung cinta, sebab tangga tersebut terus menyusuri perbukitan sampai sedikit menurun dan menuju tulisan WOLOR PASS yang menghadap ke sebuah pantai.

Nah, nama bukit Cinta ini sebenarnya adalah terjemahan dari Wolor Pass yang merupakan Bahasa Lamaholot. Pemandangan indah pun bisa kamu nikmati, di kejauhan terlihat deretan gunung seperti Gunung Bour, Gunung Ile Boleng dan juga laut Bour.

Taman Daun Lewoleba

Taman Daun Lewoleba

Mau liburan sambil belajar di alam terbuka? Bisa banget dong, kamu bisa datang saja ke Taman Daun Lewoloba yang merupakan taman baca. Sebuah tempat yang lahir karena rasa keprihatinan pada kurangnya sumber bacaan untuk masyarakat Lembata, khususnya anak-anak.

Kamu bisa menemukan beberapa buku bacaan yang dipajang dan boleh dibaca oleh siapa saja secara gratis. Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan literasi pun kerap dilakukan oleh relawan. Bila kamu mau, kamu juga bisa mengikuti program relawan entah menjadi pengajar atau tim lainnya.

Baca Juga: Wisata Sumba

Dengan dibukanya Taman Daun Lewoleba diharapkan wisatawan bisa lebih empati dengan sebagian daerah di Indonesia yang masih belum mendapatkan sorotan dari hal Pendidikan.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Lembata yang terkenal akan keunikannya. Jadi bagaimana, apakah kamu sudah ada rencana untuk liburan ke daerah ini? Yuk langsung saja jadwalkan waktu liburanmu, ajak teman-temanmu agar semakin seru dan jangan lupa persiapkan segala macam kebutuhanmu ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *