Tempat Wisata Di Lhokseumawe

16 Tempat Wisata Di Lhokseumawe Terpopuler

Posted on

Nama Kota Lhokseumawe tentu bukan nama asing di telinga kita. Salah satu kota di Serambi Mekah ini pun miliki tempat wisata yang begitu melimpah. Bingung mau ke mana saat jalan-jalan ke tempat wisata di Lhokseumawe kini tak ada cerita.

Tempat wisata Di Lhokseumawe

Berikut ini adalah destinasi atau tempat wisata di Lhokseumawe terpopuler dan harus masuk dalam list siapa saja yang akan berkunjung. Kota yang kental dengan nuansa islami ini miliki tempat-tempat yang oke punya.

Masjid Agung Islamic Center

Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe

Saat berada di Aceh ada begitu banyak tempat wisata religi. Pun demikian saat kamu berkunjung ke Lhokseumawe ini maka dengan mudah akan bisa menemukannya.

Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe menjadi satu tujuan yang wajib disambangi. Megahnya bangunan yang ada langsung bisa menjadi penanda.

Baca Juga: Wisata Sabang

Arsitektur atau nuansa Timur Tengah langsung terasa dan membuat siapa saja tengah berada negerinya para nabi. Kubah-kubah besar nampak dibeberapa sudut masjid membuat siapa saja ingin mengabadikannya.

Masjid Agung Islamic Center ini ada di Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Satu lokasi yang sangat strategis dan berdekatan dengan destinasi menarik lainnya.

Museum Kota Lhokseumawe

Museum Kota Lhokseumawe

Ingin melihat koleksi atau benda-benda bersejarah di kota ini pun bisa. Pastinya dengan berkunjung ke Museum Kota Lhokseumawe yang ada di jalan Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Di museum yang memiliki ciri khas berupa rumah adat ini akan ditemukan benda-benda yang telah ada sejak zaman dulu. Sebut saja alat penangkap ikan, kalung, pedang, keramik, Al Quran dan masih banyak koleksi lainnya.

Museum ini juga sangat dekat dengan Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe. Dengan demikian bisa menjadi satu paket kunjungan.

Museum Malikussaleh

Museum Malikussaleh

Tak jauh dari museum kota masih ada Museum Malikussaleh yang ada di Jalan Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Dan di tempat ini pengunjung atau wisatawan akan diajak seolah-olah kembali pada masa lampau dimana ada kejayaan zaman kerajaan dan penjajahan bangsa Eropa.

Aneka buku, kitab hingga mata uang zaman dulu akan ditemukan di museum ini. Saat ada di tempat ini jangan ragu untuk menggali informasi lebih jauh karena tersedia pemandu yang siap membantu.

Selain itu, Anda juga akan dipandu oleh pemandu wisata yang akan menerangkan setiap barang yang dipajang. Sehingga Anda tidak hanya berekreasi namun juga kaya dengan ilmu.

Lapangan Hiraq di Pusat Kota Lhokseumawe

Lapangan Hiraq di Pusat Kota Lhokseumawe

Masih di lokasi yang sama, usai berkunjung ke Masjid Agung Islamic Center dan Museum Lhokseumawe maka pilihan terbaik berikutnya adalah lapangan Hiraq. Tak perlu keluar ongkos atau biaya karena tinggal menyebrang maka tiba didestinasi berikutnya.

Lapangan Hiraq yang ada di Jalan Balai Kota, Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe ini tak ubahnya alun-alun kota dimana banyak kegiatan biasa digelar di tempat ini. Baik itu pertunjukkan musik atau hiburan hingga sosial.

Bila sedang tidak ada kegiatan maka sering digunakan warga sekitar untuk olahraga atau aktivitas lainnya. Jangan lupa untuk jajan hemat penuh nikmat di sisi lapangan.

Taman Riyadhah

Taman Riyadhah

Satu tempat di pusat kota yang banyak dipilih untuk menghabiskan waktu lenggang sudah pasti adalah Taman Riyadhah. Di taman ini juga terdapat aneka bunga yang begitu indah dan meneduhkan mata.

Selain itu masih ada aneka permainan untuk anak-anak dan pastinya aneka kuliner yang memanjakan mata. Berada di pusat kota dan menjadi paket pelengkap usai mengeksplore Kota Lhokseumawe.

Taman indah ini ada di Jalan Merdeka, Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Berada di satu lokasi yang sangat strategis pastinya.

Waduk Pusong

Waduk Pusong

Tak jauh dari Islamic Center juga terdapat waduk yang sekaligus menjadi destinasi wisata menarik. Tepatnya ada di sisi depan sehingga sangat sayang bila tidak dikunjungi.

Dan menariknya waktu terbaik berkunjung ke waduk ini kala senja atau sudah gelap. Hal ini karena ada lampu-lampu yang akan mempercantik tampilan dan pastinya view utama adalah Islamic Center itu sendiri.

Bukan hanya spot ke Islamic Center saja, saat ada di waduk ini pun kamu bisa melihat indahnya lautan dengan angin semilir. Waduk Pusong ini ada di Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang

Pantai yang sangat terkenal, khususnya bagi warga Lhokseumawe dimana pada akhir pekan menjadi tujuan untuk sesaat jauh dari rutinitas. Bila biasanya objek wisata pantai penuh ketika senja maka berbeda dengan pantai yang satu ini.

Justru kala matahari terbit pantai Ujong Blang hadirkan pemandangan dengan nuansa tersendiri. Terlebih bagi mereka pecinta fotografi bisa berburu foto kegiatan nelayan dengan latar matahari terbit.

Memiliki fasilitas yang cukup baik dan lengkap juga menjadi nilai plus. Pantai ini ada di Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Pulau Seumadu

Pulau Seumadu

Tidak jauh dari pusat kota ada satu pulau yang sangat menarik. Wajar kemudian bila banyak wisatawan ingin berkunjung ke Pulau Seumadu ini.

Miliki pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih membuat siapa saja ingin menjejakkan kaki. Terlebih saat ini akses yang ada telah cukup baik membuat siapa saja ingin melihat secara langsung.

Tak jauh dari pulau ini terdapat Pantai Rancong dan bisa menjadi paket menyenangkan saat berkunjung ke Pulau Seumadu, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Pantai Rancong

Pantai Rancong

Usai berkunjung ke Pulau Seumadu maka saatnya mampir ke Pantai Rencong. Menawarkan keindahan alam yang tiada tara dan tak pernah sepi pegunjung pastinya.

Terlebih pada akhir pekan maka pantai yang satu ini adalah pilihan terbaik. Saat berada di sini jangan lupa nikmati sajian kuliner yang ada ditemani kelapa muda menjadi pilihan terbaik.

Pantai Rencong berada di lokasi yang strategis karena berada di jalan Banda Aceh-Medan. Persisnya ada di Kawasan Wisata Rencong, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Bukit Goa Jepang

Bukit Goa Jepang

Punya nyali untuk melihat kekejaman Jepang pada zaman dulu maka datanglah ke Bukit Goa Jepang. Di goa sepanjang 60 meter dengan pintu masuk 2 kali 3 meter ini terdapat ruang pengintaian, dapur dan pastinya ruang tahanan itu sendiri.

Konon goa ini dibangun atas kerja paksa sekaligus sebagai tempat menahan mereka yang membangkang. Jadi bila memang tidak siap tidak disarankan untuk berkunjung.

Bukit Goa Jepang ini ada di Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Atau sekitar 9 kilometer dari pusat kota.

Pantai Ngieng Jioh

Pantai Ngieng Jioh

Tak jauh dari bukit Goa Jepang ada pantai yang mencuri fokus wisatawan. Pantai Ngieh Jioh demikian nama pantai tersebut.

Dari tempat ini wisatawan bisa melihat keindahan kota Lhokseumawe. Selain itu pastinya lautan lepas yang begitu luas. Dan pastinya ada Taman Ngieng Jioh yang bisa jadi bonus saat berkunjung ke tempat wisata di Lhokseumawe ini.

Fasilitas yang ada juga cukup baik, salah satunya telah ada bangku yang siap menyambut para wisatawan yang hadir. Pantai indah ini ada di jalan Bukit Goa Jepang, Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat

Tempat wisata Lhokseumawe yang satu ini tergolong baru karena termasuk salah satu wisata buatan. Selain untuk menjaga debit air akan kebutuhan pertanian juga di manfaatkan sebagai destinasi wisata.

Berhubung objek wisata buatan jangan kaget bila semua tertata dan terkonsep dengan baik. Hal ini nampak juga dari adanya aneka permainan yang ada.

Berada di lokasi dan lapar juga tidak perlu takut. Di pinggir waduk telah ada warung atau rumah makan yang siap sambut dengan aneka kuliner yang ada. Waduk ini ada di Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Bukit Paloh Batee

Bukit Paloh Batee

Masih sangat alami sehingga siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan takjub dengan keindahannya. Berupa bentang alam sehingga sejauh mata memandang hijaunya pepohonan akan mendominasi.

Di tempat ini pula biasanya mereka yang suka berburu foto dengan latar belakang alam. Dibutuhkan tenaga ekstra pastinya untuk mengeksplore Bukit Paloh Batee.

Tapi semua itu tak akan terasa lelah karena sepanjang perjalanan ditemukan view menarik. Terlebih saat tiba ditujuan dimana ganjaran setimpal di dapat. Bukit Paloh Batee ini ada di Desa Paloh Batee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Waterboom Mangat Ceria

Waterboom Mangat Ceria

Satu objek wisata Lhokseumawe yang mencerminkan kekinian dan destinasi terbaik wisata keluarga sudah pasti ada Waterboom Mangat Ceria. Dimana di tempat ini seluruh anggota keluarga bisa menikmati hiburan bersama.

Ada banyak wahana yang bisa dicoba saat berkunjung ke waterboom yang ada di Jalan Pipa Line Desa Blang Buloh Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe ini. Sebut saja seluncur air, tong air, kolam berbagai ukuran dan lain-lain.

Pantai Meuraksa

Pantai Meuraksa

Pantai yang satu ini memang agak berbeda dengan pantai pada umumnya di Aceh. Hal ini karena di pantai ini akan ditemukan bebatuan diantara pasir. Memberi kesan yang tak biasa pastinya.

Namun berbicara tentantang keindahan sudah pasti Pantai Mauraksa ini tak bisa dipandang sebelah mata. Ciri khas dari pantai ini juga terlihat dari adanya pohon ketapang dan waru. Dimana pantai pada umumnya didominias pohon kelapa dan mangrove.

Unik dan menarik bukan, sudah sewajarnya kemudian bila pantai yang ada di Jambo Mesjid, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe ini juga harus dikunjungi.

Sungai Krueng Cunda

Sungai Krueng Cunda

Meski bernama sungai ternyata Krueng Cunda adalah aliran laut yang pisahkan daratan Lhokseumawe dengan pulau Sumatra. Usut punya usut ternyata Krueng Cunda adalah sebuah selat bukan sungai.

Saat ini Krueng Cunda selain digunakan sebagai objek wisata juga digunakan untuk budidaya ikan laut. Dengan ciri khas ombak tenang dan air jernih membuat ikan air asin bisa tumbuh dengan baik.

Bila malam tiba Krueng Cunda menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Selain melihat indahnya malam, wisatawan juga bisa menyantap ikan segar di Cunda, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Baca Juga: Wisata Calang Aceh Jaya

Unik dan menarik bukan berbagai objek wisata yang ada di Kota Lhokseumawe ini dan pastikan list diatas tercatat dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewatkan karena bisa jadi akan menyesal kemudian.

Terlebih 6 tempat wisata di Lhokseumawe pertama diatas dimana lokasinya satu sama lain sangat berdekatan sehingga dalam satu waktu bisa dituntaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *