Tempat Wisata Di Lhoksukon

18 Tempat Wisata Di Lhoksukon Aceh Utara

Posted on

Berkunjung ke Aceh Utara kita tidak saja akan disuguhi dengan banyak perusahaan berkelas internasional. Lebih dari itu di kabupaten ini juga akan ditemukan berbagai tempat wisata di Lhoksukon Aceh Utara yang sangat sayang untuk diabaikan.

Tempat Wisata Di Lhoksukon

Masih dengan dominasi kekayaan alam yang begitu luar biasa. Namun sedikit perbedaan dengan tempat ini dimana sedikit banyak telah ada sentuhan dari pengelola. Dan berikut tempat wisata di Aceh Utara yang harus disinggahi:

Taman Mutiara Bunga

Taman Mutiara Bunga Lhoksukon

Satu taman yang sengaja di buat untuk jawab dahaga wisatawan sudah pasti taman bunga celocia atau yang lebih dikenal dengan Taman Mutiara Bunga. Objek wisata ini berada di Gunung Salak, Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Baca Juga: Wisata Bener Meriah

Saat mekar maka taman ini akan dipenuhi wisatawan untuk mendapatkan foto terbaik. Bunga warna warni menjadi latar yang banyak dipilih saat abadikan momen. Selain itu ada juga spot-spot foto yang disediakan dengan beberapa aksesoris semisal kupu-kupu, bunga matahari, sepeda bunga dan lain-lain.

Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat

Objek wisata buatan ini tergolong baru dan wajar saja menjadi primadona karena pengelola telah melakukan sejumlah persiapan untuk sambut wisatawan. Bukan hanya melihat keindahan tempat penampungan air semata, lebih dari itu ada ragam aktivitas bisa dilakukan bersama keluarga.

Selain bisa berkeliling di pinggir waduk wisatawan juga bisa menyewa perahu atau melakukan penyebrangan. Gazebo atau balai-balai juga telah disiapkan untuk istirahat sembari santap kuliner khas Aceh. Waduk ini berada di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Aceh Utara.

Pantai Lancok

Pantai Lancok

Aceh Utara tak ubahnya kabupaten kota lain di provinsi Aceh dimana mereka miliki destinasi berupa pantai yang sangat indah terutama kala senja. Satu pantai yang selalu ramai di akhir pekan ada Pantai Lancok.

Memiliki bangunan yang sangat iconik atau sangat khas. Adanya gubuk di sepanjang tepi pantai menjadi penanda bahwa mereka sedang ada di Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Selain itu pantai ini terkenal akan kerang darah. Jangan kaget bila pemburu akan terjun ke pantai hingga ratusan meter dari bibir pantai. Satu pemandangan yang sangat menarik pastinya.

Pantai Krueng Geukuh

Pantai Krueng Geukuh

Deretan pantai berpasir putih lainnya bila ada di Aceh Utara maka tak lepas dari Pantai Krueng Geukuh. Ditambah dengan adanya air laut yang begitu jernih membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Salah satu faktor yang membuat pantai ini selalu bersih tak lepas dari kesadaran warga setempat dimana mereka peduli dan sadar akan kebersihan. Bahkan nelayan di pantai ini akan melaut menggunakan perahu dan alat tangkap tradisional.

Meski dikenal sebagai daerah penghasil ikan ternyata pantai ini cukup populer akan kelezatan mie Aceh yang wajib dicoba. Pantai Krueng Geukuh ini ada di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari Lhoksukon

Nama yang unik seunik keindahan yang diciptakan. Dimana ditempat ini terdapat air terjun yang memiliki 7 tingkatan dan karena itulah dinamakan Air Terjun 7 Bidadari. Air terjun ini juga miliki nama lain Air Terjun 7 Malaikat

Lokasinya masih ada di tengah hutan dan jangan coba-coba datang sendiri atau bakal kesulitan untuk tiba di lokasi. Sepanjang perjalanan bisa jadi akan menemukan pengalaman tak terlupakan dan sangat sayang bila tidak dikunjungi. Air terjun tak biasa ini ada di Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara.

Air terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam

Begitu banyak air terjun yang ada di Aceh Utara. Namun sayang untuk mencapai lokasi ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh tekad dan fisik yang kuat untuk melalui jalan setapak.

Air terjun Blang Kolam ini ada di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kota Makmur, Aceh Utara . Terletak diantara pepohonan dan hutan membuat air terjun ini tetap terjaga keasriannya.

Namun demikian yang cukup menarik ternyata fasilitas yang dibutuhkan telah disiapkan. Mulai dari parkir, mushola hingga toilet.

Air Terjun Rayab

Air Terjun Rayab

Lokasinya tidak begitu jauh dati Blang Kolam dan bisa menjadi satu paket liburan saat ke Aceh Utara. Persisnya ada diantara 2 kecamatan yakni Desa Aitu Panton Rayeuk Sa, Kecamatan Kuta Makmur, dan Desa Alue Papuen, Kecamatan Nisam Antara.

Objek wisata ini langsung mencuri perhatian begitu ditemukan pada tahun 2016 silam. Tak perlu waktu lama wisatawan lokal dan dari luar daerah pun berdatangan.

Krueng Saweuk

Krueng Saweuk

Destinasi buatan di Aceh Utara yang mampu mencuri fokus tentu saja Krueng Saweuk dimana justru selama pandemi ini mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Objek wisata berbasis sungai ini ada di Desa Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur.

Mereka ingin menikmati satu suasana alam yang bikin hati tenang. Terlebih saat masuk objek wisata ini tiketnya tidak begitu mahal.

Pantai Bantaya

Pantai Bantaya

Pantai yang satu ini sangat populer bagi wisatawan syariah. Seperti yang kita tahu Aceh menerapkan hukum syariah dan bisa jadi pantai Bantaya yang ada di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddin, Aceh Utara ini adalah jawabannya.

Saat ada di pantai ini jangan harap akan menemukan mereka yang mengenakan pakaian terbuka. Mereka yang berkunjung ke pantai ini haruslah berpakaian tertutup atau sopan sehingga sering di sebut pantai syariah.

Pantai ini juga telah mengalami sejumlah perbaikan untuk lebih memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Jadi saat berkunjung ke objek wisata ini sarana dan prasarananya telah cukup baik.

Pantai Sawang

Pantai Sawang

Pantai yang satu ini juga sangat identik dengan garis pantai yang panjang dan memiliki bentuk seperti mangkuk. Meski tidak memiliki pasir putih melainkan coklat tapi tetap saja keindahan begitu terlihat jelas di pantai ini.

Di pantai yang ada di Desa Sawang, Kecamatan Samudra, Aceh Utara ini ini pengunjung juga bisa melihat aktivitas nelayan yang tengah melaut. Jangan hanya melihat tapi tak ada salahnya untuk membeli tangkapan mereka sebagai buah tangan. Dijamin ikan masih segar dan harga murah meriah

Potong Rumah Tradisional Nyak Meutia

Potong Rumah Tradisional Nyak Meutia

Mereka yang pernah belajar sejarah pastinya tahu sosok pahlawan Cut Nyak Meutia. Dan ternyata pahlawan nasional ini berasal dari Aceh Utara.

Salah satu tempat yang berjasa dalam proses perjuangan itu adalah rumah yang kini di jadikan museum. Berada di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara

Rumah tradisional ini bukan hanya sebagai museum, lebih dari itu juga sebagai tempat wisata sekaligus pelajar akan sejarah. Tak heran mayoritas pengunjung adalah mereka para siswa dan siswi.

Pemandian Krueng Sawang

Pemandian Krueng Sawang

Saat ada di Desa Sawang ternyata bukan hanya ada pantai yang mempesona. Tak jauh dari objek wisata tersebut ternyata terdapat pemandian Krueng Sawah yang bisa menjadi tujuan berikutnya.

Sungai yang ada bukanlah sungai biasa melainkan sungai dengan bebatuan besar. Air mengalir dengan debit yang tidak terlalu banyak tapi sangat jernih beri pengalaman luar biasa bagi mereka yang berkunjung.

Udara dingin dan sejuk menjadi paket lengkap untuk sesaat melupakan aktivitas sehari-hari. Sangat recomended pastinya untuk melepas lelah apalagi sembari menikmati durian dimana wilayah tersebut adalah sentra durian.

Pantai Ulee Rubek

Pantai Ulee Rubek

Masih ingin bertahan di pantai dengan ciri khas pasir putih maka datanglah ke Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Di desa tersebut terdapat Pantai Ulee Rubek yang begitu indah dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Kualitas pasir yang ada di pantai ini pun terbilang istimewa dan tak jarang wisatawan yang datang membawa pulang sebagai buah tangan. Pasir yang sangat halus dan berkarakter menjadi ciri khas yang bisa jadi tidak ditemukan di tempat lain.

Gunung Salak Nisam Antara

Gunung Salak Nisam Antara

Ingin melihat kota Aceh Utara dari ketinggian maka datanglah ke Puncak Gunung Salak yang ada di Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat keindahan sejauh mata memandang.

Untuk memberi kesan lebih instagramable maka pengelola pun menambahkan payung berwarna-warni. Tinggal pilih sudut yang pas dan cekrek.

Masjid Raya Pase

Masjid Raya Pase

Tak lengkap rasanya ke Aceh tanpa berkunjung ke masjid yang sangat khas dan iconik. Saat ada di Aceh Utara pastikan untuk berkunjung ke Desa Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye. Di mana di tempat ini terdapat Masjid Raya Pase.

Masjid yang dibangun pada 1972 ini memiliki arsitektur bernilai tinggi. Masjid yang sangat indah dan oleh sebagian pengunjung juga dijadikan destinasi wisata religi.

Kompleks Royal Samudra Pasai

Seperti kita tahu di Aceh ada satu kerajaan yang sangat terkenal dan bernama kerajaan Samudra Pasai. Berdiri sejak 1267 dan hingga kini masih nampak sisa-sisa kejayaan kerajaan islam yang ada di Desa Samudera, Kecamatan Geudong, Aceh Utara ini.

Ke kompleks ini pengunjung tidak saja hanya akan belajar sejarah tapi juga lebih dekat dengan sini dan budaya. Bukti sejarah itu masih ada dan dilestarikan hingga saat ini.

Saat berkunjung jangan lupa ziarah ke Makam Mall Mallussussh yang tak lain adalah sultan pertama di tanah air. Lokasi persisnya ada di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Waduk Pusong

Waduk Pusong

Tempat wisata Di Aceh Utara ternyata waduk yang elok itu bukan hanya Jeulikat saja. Faktanya mereka juga miliki waduk Pusong yang miliki luas 60 hektare.

Memiliki pemandangan yang kompleks dimana banyak hal bisa ditemukan di tempat ini. Salah satu spot favorit wisatawan sudah pasti adalah sisi yang berhadapan langsung dengan lautan. Waduk ini berada dia Jalan Reklamasi, Kecamatan Banda Sakti, Aceh Utara.

Buket Guha Jepang

Buket Guha Jepang

Nama yang unik bukan, Buket Guha Jepang sendiri merupakan situ sejarah peninggalan Jepang. Dimana kala itu mereka membangun gua dengan cara romusha atau kerja paksa.

Hasil dari pekerjaan mereka itu masih bisa disaksikan hingga sekarang. Lokasinya sendiri ada di atas bukit dan besar kemungkinan tempat ini digunakan untuk persembunyian sekaligus pengintaian. Adapun lokasinya ada di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Baca Juga: Wisata Sabang

Cukup menarik bukan pilihan dari Republik Wisata terkait objek wisata yang ada di Aceh Utara. Jelajahi satu demi satu dan temukan keindahannya bersama sahabat atau keluarga tercinta.

Paling penting adalah lakukan persiapan yang matang. Khususnya diberbagai destinasi yang masih perawan atau belum ada sarana dan prasarana yang mencukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *