tempat wisata di Lombok Barat

10 Tempat Wisata di Lombok Barat Paling Populer & Menawan

Posted on

Tempat Wisata di Lombok Barat – Kalau melihat dari bentang alamnya, Lombok dan Bali memang memiliki cukup banyak kesamaan. Apalagi dua pulau ini bertetangga dan sama-sama punya banyak wisata alam menyegarkan, seperti pantai dan pegunungan. Ombaknya pun sangat sempurna untuk berselancar, tak heran bila Lombok kerap dijadikan sebagai tempat lomba selancar internasional.

Tempat Wisata di Lombok Barat

Lombok sendiri terbagi menjadi beberapa bagian salah satunya Lombok Barat. Bagi traveller yang sedang berpelesir di Lombok, sekalian saja jelajahi tempat wisata di Lombok Barat berikut ini.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Tempat wisata NTB Lombok satu ini ternyata sudah dikenal hingga dunia internasional. Tentu bukan tanpa alasan, keindahan pantai Senggigi mampu menyaingi pantai-pantai indah lain yang ada di Indonesia. Garis pantai memanjang di pesisir barat dihiasi dengan deretan pantai-pantai berpasir putih lainnya yang ada di Lombok. Jadi, kamu tak perlu heran bila saat menyusuri pantai, seolah keindahan senggigi tak ada habisnya.

Bagi para peselancar, hal pertama yang akan diburu adalah menguji adrenaline dengan ombak Senggigi. Sementara bagi yang tidak bisa berselancar, masih bisa melihat keindahan alam bawah laut dengan diving atau snorkeling.

Untuk wisatawan yang menyukai nightlife, berpesta di malam hari akan dimanjakan dengan night club dan bar di sekitar pantai.

Gili Kedis

Gili Kedis

Wisata Lombok Barat Gili Kedis berbeda dengan gili trawangan, meno atau air. Ukuran pulau ini lebih kecil namun biarpun begitu kalau soal keindahan Gili Kedis juga tak kalah dengan pulau-pulau lainnya.

Air laut yang jernih membuat wisatawan bisa menikmati pemandangan alam bawah laut dengan snorkeling. Jenis biota laut di sini pun lebih banyak bila dibandingkan dengan pulau Gili yang lain. Sebelum benar-benar sampai di Gili Kedis, biasanya wisatawan yang mengikuti paket wisata akan diajak berkunjung dulu ke Gili Sudak untuk snorkeling. Bila sudah merasa puas barulah lanjut ke Gili Kedis dengan menempuh perjalanan selama 10 menit.

Bagi yang ingin menikmati sunset pantai di sore hari sangat disarankan sih untuk mendirikan tenda alias camping minimal 1 malam saja. Namun kamu harus tau juga kalau pulau ini tak berpenghuni, jadi wisatawan harus bersiap dengan perlengkapan dan perlatan campingnya seperti makanan dan minuman secukupnya, tenda, penerangan, dan lain-lain.

Taman Narmada

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu wisata di Lombok Barat yang akan menyuguhkan jejak sejarah pulau ini. Dimana Taman Narmada sendiri sudah dibangun sejak tahun 1727 Masehi oleh seorang anak Raja Agung Ngurah Karangasem.

Penamaan taman diambil dari nama sungai suci di India yaitu Narmanadi. Sementara untuk maksud pembuatan taman adalah sebagai miniatur gunung rinjani dan danau segara anak. Konon dulu Sang Raja sudah terlalu tua untuk bisa melakukan ritual kurban atau biasa disebut pekelem, ritual biasanya dilakukan di puncak Gunung Rinjani. Oleh sebab itulah, ia memerintahkan seorang arsitek kerajaan untuk bisa membawa nuansa Rinjani ke tengah pusat kota, maka terbentuklah Taman Narmada.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan menjumpai sebuah kolam bernama Bale Petirtaan. Konon siapapun yang membasuh muka dengan air kolam tersebut maka ia akan awet muda. Sumber air kolam berasal dari Gunung Rinjani dan juga dipercaya kalau kolam tersebut merupakan tempat pertemuan 3 sumber air yaitu Narmada, Lingsar dan Suranadi.

Uniknya sebelum masuk ke dalam Kawasan kolam, para pengunjung diharuskan menggunakan selendang berwarna kuning.

Selain kolam ada pula sebuah pura bernama Pura Kelasa, berbentuk menyerupai punden berundak dan termasuk dalam salah satu pura tertua di Lombok. Desainnya juga mirip dengan kondisi Rinjani. Untuk bisa sampai di pura, wisatawan harus melewati akses jalan yang terbilang mudah dimana ada puluhan anak tangga sudah dibuat secara khusus untuk jalan menuju pura.

Desert Point Bangko-Bangko

Desert Point Bangko-Bangko

Kalau Bali punya Uluwatu sebagai tempat favorit berselancar maka pantai di Lombok Barat punya Desert Point Bangko-Bangko. Tempat ini sangatlah populer di kalangan pecinta surfing dan pernah dinobatkan sebagai tempat surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association.

Saat menginjakan kaki di Desert Point Bangko-Bangko kamu akan merasakan suasana pantai dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Air laut berwarna kebiruan serta ombaknya yang menantang. Menjadi peringkat ke-6 dunia karena kualitas ombaknya, tak heran kalau Desert Point Bangko-Bangko selalu ramai dikunjungi, khususnya oleh para pecinta surfing.

Tenang saja, untuk kamu yang tidak bisa surfing, di sini kamu masih bisa melakukan berbagai macam aktivitas pantai menyenangkan. Seperti untuk para mancing mania, bisa menyewa kapal di Ampenan atau Lembar agar bisa menuju ke tengah laut dan memancing ikan. Atau kalau hanya ingin berjemur dan menikmati suasana pantai pun bisa sekali.

Air Terjun Penimbung

Air Terjun Penimbung

Tempat wisata Lombok Barat Air Terjun Penimbung, mungkin namanya terdengar mirip dengan nama Air Terjun Penimbungan namun 2 destinasi ini ternyata berbeda loh. Kalau Penimbung berlokasi di Lombok Barat sementara Penimbungan di Lombok Timur.

Kondisi air terjun Penimbungan sebenarnya tidak terlalu tinggi, tapi punya keunikan tersendiri. Dimana air terjun kembar mengalir langsung ke kolam alami, di sisi lain ada air terjun tersembunyi lainnya yang tertutup oleh tebing dan kolam. Ada pula air terjun yang cukup besar serta menghasilkan busa putih saat terjatuh di atas batuan hitamnya.

Dan tau nggak sih, untuk bisa menikmati pesona air terjun Penimbungan kamu tidak akan dikenakan biaya alias free akses. Wah, kapan lagi kan bisa liburan gratis? Kalau lagi di Lombok Barat langsung saja rencanakan berkunjung ke sini ya.

Hutan Lindung Sesaot

Hutan Lindung Sesaot

Bermain ke alam memang akan sangat menyenangkan dan menyehatkan. Hawa yang sejuk, pemandangan yang indah, benar-benar bisa memanjakan sekali. Nah, kalau kamu sedang berada di Lombok Barat dan mencari tempat wisata alam, berkunjung ke Hutan Lindung Sesaot sangatlah direkomendasikan.

Selain tumbuhan yang tumbuh rimbun secara alami, hutan ini juga mempunyai 40 mata air yang membentuk satu aliran sungai. Ada beberapa titik yang sebaiknya bisa dikunjungi. Pertama kolam Aiq Nyet atau kolam air dingin yang terlihat seperti danau alami, airnya sangat jernih dan menyegarkan. Lalu ada Pancor enem atau enam pancuran yang memang tak pernah kering sekalipun sedang musim kemarau.

Di samping itu, pengelolaan Sesaot pun sudah sangat baik sehingga berbagai fasilitas wisata sudah bisa dinikmati para pengunjung. Seperti area khusus untuk outbound, tempat pemandian, sewa pelampung, hingga beberapa warung yang siap menyambutmu saat sudah merasa lelah berkeliling hutan.

Pantai Panggang

Pantai Panggang

Secara umum, struktur pantai di selatan Lombok mempunyai bentuk tebing bebatuan yang menjulang dan arus yang kuat. Kurang lebih mirip dengan Tanjung Benoa atau ujung selatan pulau Bali. Mulai dari Uluwatu sampai Gunung Payung, hanya daerah berteluk yang terdapat ombak tenang dan pasir putih.

Namun, ternyata tebing bebatuan tersebut memberikan pesona tersendiri pada pantai Lombok Barat satu ini yaitu Pantai Panggang. Kalau kamu menuju atas bukit di dekat Panggang, kamu akan melihat beberapa karang bak pulau berceceran. Di tengah-tengah pulau karang tersebut ada sebuah laguna yang aman dan terlindungi dari ombak yaitu Tanjung Pengeroh. Tempat yang cocok untuk bermain air saat cuaca Panggang sedang terik-teriknya.

Nah, bagi yang sedang mencari wisata alam gratis, Panggang bisa jadi pilihan tepat. Sebab untuk bisa masuk ke sini tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Teluk Belongas

Teluk Belongas

Biarpun akses jalan menuju Belongas masih terbingan belum terlalu bagus namun berkunjung ke Belongas akan memberikan pengalaman liburan menyenangkan. Pantai teluk Belongas cukup Panjang, bentuknya melengkung, warna pasir putih pun terlihat indah. Namun, hal yang tak boleh terlewatkan justru menikmati alam bawah lautnya.

Untuk wisatawan yang hobi diving, harus sekali menyelam bersama hiu di Magnet point atau titik penyelaman di lepas pantai Teluk Belongas. Namun sebelumnya kamu harus naik perahu dulu dan sayangnya tak semua orang boleh menyelam ya. Sebab lokasi ini terbilang ekstrim, hanya diver berlisensi saja yang dapat menyelam dan bermain dengan hiu martil. Objek wisata Lombok barat satu ini memang sangat menantang dan menguji adrenaline.

Pantai Nambung

Pantai Nambung

Di Indonesia memang tak banyak air terjun yang mengalir langsung ke lautan lepas. Apalagi yang mengalirkan air asin ke laut. Hal tersebut ternyata bisa kamu temui saat berkunjung ke pariwisata Lombok Barat Pantai Nambung. Tepat di sebuah tebing karang sisi laguna yang tenang, terdapat semburan air yang diikuti dengan air terjun tiap kali ada ombak datang. Air terjun tersebut biasa disebut Tanjung Jagog.

Air terjun yang ada di Pantai Nambung memang tercipta dari ombak yang menghantam karang dan dialirkan langsung ke sisi lain. Biarpun sebenarnya tak berlangsung secara terus menerus.

Pantai Mekaki

Pantai Mekaki

Dan yang terakhir adalah Pantai Mekaki, selain suasana pantai yang indah, perjalanan menuju pantai pun ternyata akan membuat wisatawan berkesan. Mekaki banyak disebut sebagai surga tersembunyi karena jarang sekali didatangi wisatawan, alasannya karena akses jalan yang terbilang sulit. Eits tapi tenang saja, kalau sekarang akses jalannya sudah mulus kok. Selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan pantai dan bukit yang indah.

Baca Juga: Wisata Lombok Utara

Garis pantai Mekaki sangat Panjang, hamparan pasir putih sejauh mata memandang sangat indah, air yang tenang dan jernih pun semakin menyempurnakan Pantai Mekaki. Soal fasilitas, belum banyak yang bisa dinikmati sebab Pantai Mekaki masih dikelola secara sederhana. Namun untuk soal kebersihan, Mekaki masih sangat dijaga dengan baik oleh pihak pengelola. So, untuk wisatawan yang datang ke sini pun harus bertanggung jawab dengan sambah yang dibawa ya.

10 tempat wisata di Lombok Barat yang sudah disebutkan memang hanya sebagian kecil saja. Sebab di Lombok masih cukup banyak tempat-tempat populer hingga free akses yang bisa kamu kunjungi. Semoga artikel ini bisa membantumu untuk menemukan tempat wisata yang cocok untuk dijadikan tempat liburan ya! Happy holiday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *