Tempat Wisata di Lombok Tengah

10 Tempat Wisata di Lombok Tengah yang Paling Indah

Posted on

Kalau berbicara mengenai tempat wisata di Lombok Tengah, sudah jelas pesona alam yang khas lah akan menjadi sorotan. Mulai dari pantai, air terjun, perbukitan hingga desa wisata yang dilestarikan dengan baik. So, bagi siapapun yang berpelesir di Lombok sudah dipastikan akan sangat dimanjakan dengan banyaknya destinasi wisata.

Tempat Wisata di Lombok Tengah

Oke traveller tanpa berlama-lama simak yuk, inilah 10 tempat wisata di Lombok Tengah yang paling indah bisa kamu kunjungi!

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Bila mendengar nama Pantai Kota mungkin beberapa orang akan mengira bahwa lokasinya berada di Bali. Memang tak salah sih, sebab Kuta Bali merupakan tempat terkenal yang biasa dijadikan pusat turis asing untuk berjemur. Namun tahukah kamu, ternyata tempat wisata nusa tenggara Lombok juga punya Pantai Kutanya sendiri loh.

Lokasinya berada di Desa Kuta, berjarak 1.5 sampai 2 jam perjalanan bila ditempuh dari Kota Mataram. Biarpun tak seluas yang ada di Bali, Kuta Lombok tetap memiliki pesonanya sendiri yaitu hamparan pasir putih bersih, air laut jernih serta suasana pantai yang nyaman. Warga setempat biasa menyebut pantai ini sebagai Pantai Seneq.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Lombok Barat

Saat masa pandemi wisatawan Pantai Kuta Lombok tidak terlalu ramai, ini bisa dimaklumi karena kondisi pendemo memang menyarankan siapapun untuk tidak berwisata sementara waktu. Namun pada hari-hari normal Kuta Lombok tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun asing. Kuta sangat cocok untuk pecinta surfing dan diving karena ombak dan keindahan alam bawah laut sangatlah indah, kaya akan biota lautnya.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan wisata Lombok Tengah yang lokasinya berada di Desa Kuta, satu daerah dengan Pantai Kuta Lombok. Hal unik yang bisa kamu temukan saat berada disini adalah 2 jenis pasir yang berbeda, dimana pada satu sisi terdapat butiran halus berwarna putih sementara sisi lainnya butiran kasar mirip seperti merica. Tak heran bila beberapa wisatawan dan warga setempat menyebutnya sebagai Pantai Merica.

Garis pantai Tanjung Aan termasuk yang terpanjang di Lombok. Bahkan saking panjangnya, masyarakat setempat membaginya jadi 3 bagian dengan nama berbeda yaitu Pantai Cemara, Pantai Orong Pandang dan Pantai Batu Kota. Kebanyakan pengunjung yang datang ke wisata Lombok Tengah ini menghabiskan waktu untuk berjemur atau bermain air di bibir pantai.

Pantai Mawun

Pantai Mawun

Sedang mencari tempat wisata di Lombok Tengah yang tidak terlalu ramai? Cobalah datang ke Pantai Mawun yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Selong Belanak. Kurang lebih bila berkendara akan menempuh waktu perjalanan selama 10 menit.

Hamparan pasir pantai mawun yang berwarna putih, biru dan jernihnya air laut bisa kamu lihat sejauh mata memandang. Ada yang harus diwaspadai, karena arah lautnya menghadap ke Samudra Hindia membuat para pengunjung yang ingin berenang harus berhati-hati, apalagi kalau ada ombak besar. Bila dibandingkan dengan pantai Selong Belanak, Mawun terbilang lebih sepi sehingga cocok sekali untuk wisatawan yang tak menyukai keramaian.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Masih bertemakan pantai, wisata di Lombok Tengah selanjutnya adalah Pantai Selong Belanak. Kalau soal popularitas, pantai ini cukup hits di kalangan penikmat pantai. Garis pantang memanjang serta pemandangan bukit di kanan dan kiri merupakan daya tarik dari Selong Belanak.

Pemandangan alam bawah lautnya pun sangat indah, rugi sekali bila tak kamu nikmati. So, bila ada kesempatan sebaiknya sempatkan untuk snorkeling ya. Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah letak pantai yang menghadap langsung Samudra Hindia, sehingga bagi yang mau melakukan surfing harus berhati-hati ya.

Sade Village

Sade Village

Selain Pantai Lombok Tengah yang menjadi sorotan tempat wisata di Lombok, ada pula tempat wisata desa yang patut kamu kunjungi. Namanya Sade Traditional Weaving Village atau masyarakat lokal biasa menyebutnya Desa Sade. Merupakan sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Lombok yakni suku Sasak. Lokasinya berada di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Nah, tau nggak sih ternyata Sade Village sudah terkenal hingga mancanegara. Jadi, kalau turis asing saja sengaja datang ke Lombok untuk berkunjung, masa kamu tidak sih?

Saat berkunjung ke sebuah desa adat pasti yang akan ditemui adalah rumah adat khas setempat. Begitupula di Desa Sade, wisatawan akan melihat rumah beratap ijuk atau ilalang kering, tembok terbuat dari anyaman bambu sementara untuk lantai dibiarkan beralas tanah.

Di bagian dalam rumah biasanya terdapat 3 petak ruangan; bagian depan untuk kamar anak laki-laki dan orang tua, lalu bagian dapur yang juga digunakan sebagai umbun serta tempat tidur anak perempuan, terakhir adalah ruangan kecil yang biasa dipakai untuk melahirkan.

Selain rumah adat, wisatawan juga bisa melihat banyak sekali masyarakat yang memproduksi kain tenun secara tradisional. Di sini, wisatawan bisa belajar menenun secara langsung atau membeli hasil tenunnya. Untuk para penenun sendiri rata-rata adalah wanita mulai dari usia muda hingga tua.

Untuk soal fasilitas, jangan berharap kalau bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap dan modern ya. Sebab Sade Village masih dikelola layaknya desa secara umum dan penuh kesederhanaan. Kalau kamu ingin menginap, kamu bisa menyewa penginapan yang ada disepanjang jalan utama.

Benang Stokel dan Benang Kelambu

Benang Stokel dan Benang Kelambu

Benang Stokel dan Benang Kelambu merupakan 2 air terjun yang berada di dalam satu Kawasan dan merupakan tempat wisata Lombok tengah populer. Lokasinya berada tepat di kaki gunung Rinjani, sehingga suasananya pun terbilang sangat nyaman, asri dan air yang jatuh ke kolam alami pun sangat menyegarkan. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat rehat dan merelaksasikan pikiran sejenak.

Wisatawan yang ingin datang ke sini harus menyiapkan stamina yang fit. Sebab sebelum benar-benar menikmati kesegaran air terjun Benang Stokel dan Kelambu, wisatawan harus trekking melalui jalanan tanah, anak tangga dan melewati hutan. Bisa dipastikan perjalanan akan sangat lelah dan menguras keringat. Namun hal tersebut akan segera terbayar saat kamu melihat air terjun tumpah dari sela rerimbunan semak, dari kejauhan tampak seperti kelambu.

Sedikit tips bagi kamu yang ingin datang ke sini, jangan lupa membawa pakaian ganti ya untuk berjaga-jaga kalau pakaian yang kamu kenakan nantinya basah karena bermain air. Gunakan juga sepatu yang nyaman untuk trekking, khususnya saat musim hujan jalanan akan sangat licin maka carilah sepatu yang mendukung. Terakhir, jangan tinggalkan sampah apapun dan mengotori Kawasan wisata alam ini. Jagalah kebersihan dan keasliannya, jadilah wisatawan yang baik dan cerdas.

Bukit Merese

Bukit Merese

Pariwisata Lombok Tengah Bukit Merese merupakan salah satu destinasi andalan Lombok yang ada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Wisatawan biasanya menyebut bukit ini sebagai bukit cinta sebab panorama alamnya begitu indah dan bisa membuat siapapun terpana alias langsung jatuh cinta.

Untuk bisa sampai ke atas bukit, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 10 sampai 15 menit. Saat benar-benar sudah berada di Bukit sejauh mata memandang kamu akan terpukau dengan pemandangannya. Bentang laut, suasana yang hijau dan hamparan pasir terlihat sangat jelas. Angin sepoi-sepoi pun membuat suasananya lebih sejuk.

Salah satu momen yang sebaiknya tak terlewatkan adalah melihat pemandangan sunset dan sunrise. Tak heran untuk berburu moment tersebut, beberapa wisatawan kerap memutuskan mendirikan tenda dan menginap minimal 1 malam.  Selagi berada di Lombok Tengah, yuk sempatkan datang ke Bukit Merese!

Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk

Gerupuk merupakan pantai di Lombok tengah yang juga terkenal akan ombaknya yang menantang dan cocok dijadikan sebagai tempat surfing. Ombak Gerupuk terbilang cukup tinggi dan kuat, sehingga tak heran bila beberapa peselancar pun menjadi Gerupuk sebagai alternatif untuk menikmati hobinya di sini.

Sementara bagi wisatawan yang tak bisa berselancar masih bisa melakukan kegiatan di pantai lainnya seperti berjemur, menyusuri garis pantai atau berjalan-jalan ke desa terdekat hingga berbelanja souvenir khas Lombok. Beberapa warga pun ada yang mengubah rumahnya sebagai homestay untuk wisatawan. Jadi, kalau ingin berlama-lama liburan di Gerupuk, kamu bisa menyewa homestay dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan hotel berbintang.

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Berwisata ke Desa, kenapa engga? Apalagi kalau desanya adalah desa wisata seperti Desa Sukarara Lombok Tengah. Sebuah desa yang masih melestarikan warisan sejarah dan budaya daerah Lombok, seperti rumah tradisional dan aktivitas menenun.

Rata-rata para wanita di Desa Sukarara memang masih melakukan aktivitas tenun tradisional. Hasil tenunnya tentu akan berbeda. Kalau mau, saat berkunjung ke sini kamu bisa belajar secara langsung bagaimana proses menenun dari awal hingga akhir. Tak perlu malu, sebab masyarakat setempat akan dengan senang hati memperlihatkan bagaimana caranya. Atau kalau tak mau menenun dan hanya ingin membeli hasilnya saja juga bisa saja.

Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung

Wisata Pantai Batu Payung Lombok termasuk dalam tempat wisata yang unik sebab di sini wisatawan akan menjumpai sebuah batu dengan bentuk unik yang disebut sebagai batu payung seperti nama pantainya. Lokasi batu tersebut ada di tepi pantai, sehingga sangat pas untuk jadikan spot foto instagramable. Kamu bisa berfoto sambil berdiri di samping batu dengan berlatar belakang laut.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Mataram

Pantai Batu Payung juga terbilang masing sangat alami sebab belum banyak wisatawan yang datang berkunjung. Sebenarnya akan sangat cocok untuk kamu yang tak suka dengan suasana pantai yang ramai karena di sini cukup sepi dan menenangkan. Di samping itu, karena pengelolaan tempat wisatanya masih dilakukan secara sederhana, sehingga fasilitasnya pun terbatas. Namun tentu ini tak menjadi alasanmu untuk tidak datang ke sini.

Itulah 10 tempat wisata di Lombok Tengah paling Indah yang bisa menjadi referensi destinasi wisata saat kamu berkunjung ke Lombok. Masih ada banyak tempat yang belum disebutkan, bila kamu sempat mungkin kamu menjelajahi lebih lanjut pulau Lombok ini. Jangan lupa dokumentasi perjalanan liburanmu, kalau bisa buat cerita mengenai tempat-tempat yang kamu kunjungi, lalu bagikan pengalaman liburanmu ke sosial media agar semakin banyak orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *