Tempat Wisata di Lombok Timur

9 Tempat Wisata di Lombok Timur Recommended untuk Liburan

Posted on

Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang berada dalam wilayah Nusa Tenggara Barat.  Ada banyak Tempat wisata di Lombok Timur yang sangat terkenal, bahkan bukan hanya di kalangan wisatawan lokal saja namun juga wisatawan asing. Tak heran daerah ini mampu menyumbang pemasukan negara dari sektor pariwisatanya.

Tempat Wisata di Lombok Timur

Nah traveller, untuk Anda yang sedang berencana liburan ke NTB dan ingin menjelajahi tempat wisatanya, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Lombok Timur paling direkomendasikan yang harus banget kamu kunjungi.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Apakah Anda seorang penikmat ketinggian? Bila iya, maka tentunya kamu tau dong mengenai Gunung Rinjani? Tempat wisata Nusa Tenggara Barat yang sudah sangat mendunia dan termasuk dalam gunung tertinggi ke-2 di Indonesia. Ketinggian puncaknya mencapai 3.736 Mdpl serta berada dalam Kawasan Taman Nasiona Gunung Rinjani yang dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar.

Baca Juga: Wisata Lombok Tengah

Ada banyak pendaki yang menargetkan Rinjani sebagai tujuan pendakian, termasuk mereka yang berasal dari luar negeri. Mencapai puncak menjadi kebanggan tersendiri. Apalagi dengan adanya pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Biarpun sebelumnya Anda harus menguras keringat dengan berjalan kaki selama berjam-jam, namun hal tersebut akan segera terbayarkan saat mata kepala Anda secara langsung melihat hamparan keindahan alam.

Rinjani juga mempunyai kawah dengan lebar 10 km serta danau kawah yang dinamakan Danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 m. Dimana warna air danau tersebut adalah biru, bak sebuah anak lautan. Bahkan air yang mengalir dari danau ini pun membentuk sebuah waterfall yang indah, jatuh melewati jurang yang curam.

Wisata Lombok Timur satu ini memang tak pernah mengecewakan kalau soal nuansa alamnya.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Sebelumnya sudah disampaikan kalau tempat wisata di Lombok Timur Gunung Rinjani memiliki danau yang airnya berwarna biru yaitu Danau Segara Anak. Nah, bila Anda memang tak mampu mencapai puncak, minimal Anda bisa sampai di Danau Segara Anak dan menikmati suasana suasana di sekitarnya.

Selain udara yang menyegarkan dan pemandangan yang begitu Indah, hal lain yang membuat danau ini spesial karena lokasinya yang berada di ketinggian. Fakta tersebut membuat Segara Anak dinobatkan sebagai danau tertinggi di Indonesia.

Di Segara Anak, Anda dapat menjumpai kolam alami yang merupakan sumber air panas dengan tingkatan berbeda-beda. Kalau mau, Anda bisa berendam di kolam tersebut. Atau sekedar mencelupkan kaki setelah lelah berjalan seharian. Suku Sasak sendiri percaya kalau sumber air panas tersebut adalah obat dari berbagai macam penyakit.

Beberapa pendaki biasanya menggelar tenda untuk menginap di Segara Anak, sebelum besok paginya melanjutkan kembali pendakian menuju puncak. Jadi, jangan heran kalau danau ini cukup ramai.

Pink Beach Lombok

Pink Beach Lombok

Pantai Tangsi atau juga disebut Pink Beach, merupakan salah satu pantai Lombok Timur yang terkenal akan keunikan warna pasirnya. Kalau pantai-pantai lain memiliki pasir berwarna putih atau hitam, di sini Anda akan menjumpai pasir hingga kerang pantai berwarna pink, unik kan? Tak heran kalau Pink Beach cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Saat liburan di Pink Beach, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan. Seperti bermain pasir, berenang, hingga snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Anda juga bisa berkemah selama semalam bila ingin berlibur di pantai lebih lama lagi. Apalagi bila Anda datang bersama teman-teman, tentunya liburan di Pink Beach akan semakin seru.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berkunjung ke pantai ini, jangan kaget ya kalau nanti bertemu Komodo dragon. Salah satu reptil terbesar di dunia yang masih tersisa ini memang memiliki habitat asli di Lombok. Sehingga sangat disarankan kalau Anda menyewa seorang tour guide agar lebih aman.

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan

Tempat wisata Lombok Timur selanjutnya yang masih bertemakan alam dan cocok dijadikan sebagai pilihan tempat liburan adalah Bukit Pergasingan. Ketinggiannya mencapai 1.700 Mdpl, sehingga wisatawan harus siap menguras keringat untuk menikmati pemandangan alam di atas bukit. Untuk jalur pendakiannya terbilang aman untuk pemula dan akan dimudahkan dengan adanya ratusan anak tangga.

Namun sebelum mulai pendakian ke Bukit Pergasingan, Anda harus membayar tiket masuk dulu sebesar 15.000 rupiah. Harga sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung pihak pengelola tempat wisata. Bagi yang ingin berkemah dan menginap di puncak, Anda harus memberitahu saat membeli tiket masuk ya, demi keamanan.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit

Wisata Lombok Timur Tanjung Ringgit berlokasi di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Saat berkunjung ke sini, Anda akan dibuat jatuh cinta dengan pemandangan alam pantai yang indah. Apalagi dengan adanya tebing yang curam dan angin laut yang kencang, membuat tempat ini semakin eksotis.

Posisi Tanjung Ringgit pun dinilai istimewa sebab di sebelah selatan menghadap langsung ke Samudera Hindia dan di sebelah timur ke Pulau Sumbawa. Lokasinya pun tak jauh dari Pink Beach, jadi untuk Anda yang baru saja berlibur dari sana bisa sekalian berkunjung ke Tanjung Ringgit.

Bagi Anda yang ingin menuju tengah laut, Anda bisa menyewa perahu boat. Namun jangan lupa lakukan negosiasi harga ya, agar tidak terlalu mahal. Ini lumrah dilakukan oleh wisatawan kok.

Sedikit kilas balik mengenai sejarah masa lalu Tanjung Ringgit. Pada masa penjajahan Jepang tahun 1940, tempat ini digunakan sebagai markas pengintaian para tentara Jepang. Gimana, sejarah tersebut membuat Anda semakin tertarik untuk berkunjung ke Tanjung Ringgit tidak? Kalau iya, langsung saja rencanakan untuk liburan ke sini.

Sembalun Village

Sembalun Village

Bosan dengan wisata pantai di Lombok Timur? Bagaimana kalau berkunjung ke Sembalun Village? Sebuah desa wisata yang berlokasi di kaki Gunung RInjani, bila dari Kota Mataram jaraknya kurang lebih 110 km atau bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.

Bagi yang ingin menikmati kesegaran udara Rinjani namun tak bisa melakukan pendakian sampai puncaknya, Anda bisa datang ke Sembalun. Berbagai aktivitas menyenangkan pun bisa Anda lakukan,seperti menguji adrenaline dengan naik paralayang atau paramotor. Bila satu hari saja tak cukup untuk menikmati suasana Sembalun, Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah.

Ada pula wisata petik buah yang biasanya sangat disukai oleh anak-anak. Sembalun memang sangat terkenal akan hasil buahnya, mulai dari stroberi, jagung, apel, jambu, jeruk, pepaya, kentang, bawang, wortel dan tomat. Untuk kebun stroberi lokasinya mudah ditemukan sebab berada di sepanjang jalan desa. Namun bila ingin menikmati manisnya hasil perkebunan, tentu saja Anda harus datang saat musim panen.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Objek wisata lombok timur selanjutnya masih berada di Kawasan Sembalun Village, sangat cocok dijadikan tempat menikmati pemandangan alam yaitu Taman Wisata Pusuk Sembalun. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Rinjani yang begitu gagah. Ada Pula perbukitan hijau dengan pepohonan rindang serta kabut tipis yang menyelimuti pemandangan tersebut.

Taman Wisata Pusuk Sembalun sudah dilengkapi dengan gazebo. Sehingga wisatawan yang merasa lelah atau ingin menikmati pemandangan bisa duduk di gazebo tersebut. Namun hati-hati dengan monyet liar yang ada di sekitar situ ya, biasanya mereka sedikit jahil membawa tas-tas milik pengunjung. Anda pun berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut misal dengan cara memberikannya makan, asal tidak berlebihan, bisa dipastikan aman.

Savana Propok

Savana Propok

Ingin menikmati lereng Gunung Rinjani? Liburan ke Savana Propok yuk! Sebuah bukit yang berlokasi di Rinjani bagian Tenggara ini sangat cocok sekali dijadikan pilihan destinasi liburan selanjutnya.

Untuk bisa mencapai Bukit Savana Propok, Anda harus melewati Gawah Gong terlebih dahulu.  Lokasinya tak jauh dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga bagi yang tak sempat sampai di puncak Rinjani, alternatifnya bisa datang ke Bukit Savana.

Sebelum memasuki Kawasan wisatanya, Anda harus membayar tiket masuk 15 ribu saja. Namun bila membawa kendaraan bermotor akan dikenakan tambahan biaya 10 ribu untuk parkir dan keamanan. Cukup murah kan?

Biarpun cukup menguras keringat namun perjalanan menuju puncak tak akan terasa bosan. Sebab Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang indah serta udara menyegarkan. Biasanya, dengan berjalan santai, wisatawan akan menghabiskan waktu kurang lebih 4-5 jam untuk sampai di lembah bukit.

Saat sudah melakukan perjalanan dan sampai di pelawangan, Anda akan menemukan 3 jalur. Jalur kiri adalah menuju bukit Kondo, jalur selatan Bukit Propok, sementara bila langsung turun akan langsung menuju Kawasan perkemahan padang Savana membentang cukup luas, dipenuhi rumput dan ilalang.

Camping di Savana Propok adalah pilihan terbaik, sebab saat pagi harinya Anda akan disuguhi dengan pemandangan matahari terbit yang mulai menyinari Puncak Rinjani lalu perlahan turun menyinari Savana Propok. Kabut tipis yang menyelimuti Savana pun perlahan akan menghilang dan Anda bisa dengan jelas melihat Rinjani berdiri kokoh.

Gili Kondo Secret Island

Gili Kondo Secret Island

Bak surga tersembunyi, Lombok memang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Selain beberapa tempat wisata yang sudah disebutkan, ternyata masih ada lagi yang direkomendasikan untuk liburan.

Kali ini, Anda akan diajak menikmati liburan seru di Gili Kondo, sebuah pulau kecil yang penuh pesona. Biarpun lokasinya terpencil namun soal keindahan tak usah diragukan. Daya tarik utama dari Gili Kondo adalah pemandangan alam bawah lautnya, oleh sebab itulah para pengunjung pasti tak mau melewatkan diving atau snorkeling.

Baca Juga: Wisata Bima

Beberapa pengunjung pun biasanya sengaja menghabiskan waktu beberapa hari di Gili Kondo. Bagi para backpacker, mendirikan tenda dan camping di pantai adalah hal mewah yang menyenangkan. Namun bagi yang tak mau camping, Anda bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Oke traveller, itulah 9 tempat wisata di Lombok Timur paling direkomendasikan untuk liburan. Jadi kapan mau liburan? Jangan ditunda terus, mending bikin agenda liburan dalam waktu dekat ini yuk! Ajak teman-teman atau keluarga agar semakin menyenangkan. Kalau mau solo travelling pun nggak apa-apa kok, tapi pastikan Anda sudah mempersiapkannya dengan matang ya. Mulai dari penginapan, tour guide, akomodasi, perlengkapan yang dibutuhkan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *