Tempat Wisata Di Lombok Utara

10 Tempat Wisata Di Lombok Utara Terpopuler & Mendunia

Posted on

Kalau ngomongin soal Lombok, apa sih yang Anda pikirkan? Pasti keindahan alamnya, Betul tidak? Lombok memang salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan tempat wisata bertema alam, bahkan beberapa diantaranya ada yang populer hingga kancah internasional. Tak heran banyak sekali orang yang mengidam-idamkan untuk liburan ke pulau satu ini khususnya Tempat Wisata Di Lombok Utara.

Tempat Wisata di Lombok Utara

Daerah Lombok sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah Lombok Utara. Nah, artikel ini secara khusus akan membahas mengenai tempat wisata di Lombok Utara yang terpopuler dan mendunia. Penasaran dengan tempat-tempatnya? Yuk simak ulasan berikut.

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan tempat wisata Nusa Tenggara Barat pertama yang sangat populer. Bukan hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik Gili Trawangan?

Daya tarik pertama sudah jelas dari pantainya yang menghadap ke arah timur dan barat. Sehingga Anda bisa dengan jelas menikmati moment sunrise atau pun sunset. Selain itu, tiap sisi pantai Gili Trawangan juga mempunyai pesona masing-masing. Sebelah barat cenderung lebih sepi, cocok untuk yang ingin menikmati suasana pantai lebih tenang. Sementara di sebelah timur terbilang lebih ramai sebab disinilah pusat aktifitas, ada banyak pedagang dan wisatawan yang lalu-lalang.

Baca Juga: Wisata Lombok Timur

Alam bawah laut Gili Trawangan yang juga menjadi daya tarik tersendir. Saat snorkeling atau diving, dijamin Anda akan sangat terpesona. Apalagi bila berhasil berinteraksi secara langsung dengan ikan-ikan di lautan tentu akan jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Saat Anda berwisata kesini, jangan lupa bawa kamera dan isi daya sampai penuh ya! Sebab ada banyak sekali spot foto menarik yang rugi banget kalau tak diabadikan.

Gili Meno

Gili Meno

Gili Meno merupakan sebuah pulau kecil yang terletak diantara 3 gili di Lombok utara. Salah satunya adalah Gili Trawangan, pulau wisata yang sebelumnya sudah dijelaskan juga.

Nah, bila Anda sedang berada di Trawangan dan bermaksud mengunjungi Meno, Anda bisa menggunakan fasilitas hopping boat. Tiap harinya hanya akan melakukan perjalanan sebanyak 2 kali keberangkatan dari pukul 9 pagi sampai 3 sore dengan biaya sekitar 40 ribu per orang. Per 1 kali perjalanan boat tersebut mampu menampung hingga 30 orang penumpang.

Wisata Lombok Utara Gili Meno cukup sepi, sangat berbeda dengan Gili Trawangan. Tak heran bila kebanyakan pasangan muda yang baru saja menikah lebih memilih Gili Meno untuk tempat honeymoon sebab suasananya lebih tenang, intim dan romantis.

Di bagian sisi barat Gili Meno, Anda akan menemukan spot paling cocok untuk snorkeling dan diving. Pemandangan alam bawah laut semakin menakjubkan dengan kemunculan kura-kura air asin yang memang menjadikan Meno Wall sebagai habitat mereka.

Gili Meno juga satu-satunya pulau yang mempunyai taman burung yaitu Gili Meno Bird Park. Lebih dari puluhan spesies burung tropis ada sini, diantaranya burung Nuri, Flamingo, dan Betet. Cukup membayar tiket seharga 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa melihat bahkan berinteraksi langsung dengan burung-burung tersebut.

Gili Air

Gili Air

Masih ada satu gili lagi yang harus banget Anda kunjungi yaitu Gili Air. Lokasinya masih berada satu Kawasan dengan Trawangan dan Meno serta termasuk dalam jajaran 3 gili yang terkenal. Jadi urutannya adalah Trawangan, Meno, Air.

Di Gili Air, Anda bisa menemukan banyak terumbu karang yang belum terjamah dan terjaga keasliannya. Sementara itu kalau soal suasana pantai, tentu lebih sepi dibandingkan Trawangan namun untuk pemandangannya masih sama-sama memukau. Hamparan pasir putih serta laut biru yang luas bisa Anda lihat sejauh mata memandang.

Tempat wisata Lombok Utara ini juga biasanya dipenuhi oleh peselancar. Ombak di Gili Air cukup menantang dan menggoda para peselancar untuk melakukannya. Aktivitas menguji adrenaline ini memang tak dapat dilakukan semua orang, apalagi bila belum memiliki kemampuan.

Jadi, mau berkunjung kemana nih? Trawangan, Meno atau Air? Mau pilih salah satu atau mau ketiganya pun boleh banget!

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Destinasi wisata di Lombok Utara yang populer dan cocok dijadikan tempat liburan selanjutnya adalah Air Terjun Tiu Kelep. Lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani, sehingga wisatawan yang datang ke sini akan disambut dengan udara bersih dan menyegarkan.

Tiu Kelep sangat terkenal di Kalangan wisatawan lokal dan asing. Bahkan banyak turis-turis yang sengaja datang ke sini hanya untuk menikmati suasana alamnya serta berendam di kolam alami tempat terjatuhnya air terjun.

Namun untuk bisa menikmati itu semua, wisatawan harus trekking terlebih dahulu. Kurang lebih selama 30 menit dari pintu masuk sampai ke Tiu Kelep. Medan yang akan dilalui tak akan mudah sebab jalannya masih tanah bebatuan menanjak. Kalau salah menggunakan sepatu pasti akan terasa licin.

Rasa lelah akan segera hilang saat Anda menyaksikan air terjun cantik dengan deburan air yang deras. Bahkan wisatawan yang masih berjarak 6 meter dari jatuhnya air terjun pun bisa terciprat buih-buihnya.

Bagi Anda yang berencana datang ke sini, akan lebih baik bawa makanan dan minuman secukupnya. Minimal bisa untuk menghilangkan rasa haus dan mengisi tenaga kembali setelah trekking.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu merupakan dataran tinggi yang berada di Kawasan Pantai Malimbu, salah satu pantai di Lombok Utara yang sangat terkenal. Bukit ini menjadi spot terfavorit wisatawan yang ingin menikmati sunset.

Lokasinya berada di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan. Ada 2 titik utama yang biasa dijadikan sebagai tempat menikmati pemandangan yaitu sisi timur dan barat jalan raya. Di bagian timur terdapat lahan seluas 24 meter persegi yang biasanya dijadikan sebagai tempat bersantai serta berfoto. Sementara untuk bagian baratnya berada di tikungan jalan dan terdapat area parkir yang terbilang cukup luas.

Selain momen sunset, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Agung di Bali yang berdiri dengan gagah serta 3 gili yang sangat terkenal yaitu Trawangan, Air dan Meno.

Lombok Wildlife Park

Lombok Wildlife Park

Sebelum dikenal dengan nama Lombok Wildlife Park, awalnya tempat wisata satu ini bernama Lombok Elephant Park. Namun seiring  bertambah jumlah satwa akhirnya pengelola tempat wisata pun mengubah nya menjadi Lombok Wildlife Park.

Disini, Anda bisa melihat berbagai koleksi hewan eksotis mulai dari primata seperti orang utan, reptil seperti buaya, hingga berbagai macam jenis burung. Bila tak cukup dengan melihat saja dan ingin berinteraksi langsung, Anda juga bisa melakukannya. Cobalah untuk memandikan gajah atau berfoto dengan orang utan, ini akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Berbagai fasilitas lengkap pun semakin membuat nyaman wisatawan yang datang ke sini. Mulai dari restoran, infinity photo service, animali gift shop, dan lain-lain.

Air Terjun Tiu Sekeper

Air Terjun Tiu Sekeper

Lombok memang sangat mendunia, mulai dari pantai, gunung dan sekarang air terjunnya. Tiu Sekeper merupakan air terjun tertinggi di Lombok dan termasuk dalam salah satu air terjun tertinggi di dunia.

Lokasi air terjunnya masih berada di dalam hutan alami dan tersembunyi. Jadi siapapun yang ingin menikmati kesegaran Tiu Sekeper tentu harus mau melakukan trekking dan menguras keringat. Selama perjalanan, Anda akan disambut dengan pepohonan yang menjulang tinggi serta udara yang menyegarkan.

Tak seperti air terjun Tiu Kelep yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, Tiu Sekeper cenderung lebih sepi. Cocok sekali untuk yang ingin menikmati keindahan alam dengan lebih tenang.

Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus

Air terjun Tiu Pupus juga bisa menjadi tujuan wisata saat Anda berada di Nusa Tenggara Barat. Keberadaan air terjun ini bukan hanya mampu mendatangkan wisatawan namun dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, khususnya yang bermata pencaharian petani. Ini karena air dari Tiu Pupus selalu digunakan untuk mengairi lahan pertanian.

Tak seperti air terjun Tiu Sekeper yang cukup tersembunyi, Tiu Pupus lebih mudah ditemukan. Ada banyak papan penunjuk arah yang akan mengantar wisatawan benar-benar sampai di depan air terjun Tiu Pupus.

Ekowisata Kerujuk

Ekowisata Kerujuk

Ekowisata Kerujuk merupakan pionir desa wisata di Lombok dan tercipta karena keterpurukan. Dimana pada tahun 2002 silam pernah terjadi tanah longsor dan banjir. Hal itulah yang membuat anak-anak muda setempat melakukan konservasi alam dan budaya agar bencana tak terulang lagi.

Situs budaya pertama yang direvitalisasi adalah beberapa situ yang tak terawat, makam kubur atas, batu lesong, dan makam loang landak. Pamugaran dilakukan termasuk konservasi, reboisasi dan penanaman pohon bamboo.

Dengan memanfaatkan lahan kurang lebih 20 hektar, Kawasan Dusun Kerujuk akhirnya dijadikan sebagai desa wisata yang kental akan suasana alamnya. Di sini, wisatawan akan disambut dengan perbukitan, perkebunan warga, hutan lindung, persawahan, pemukiman warga, hingga fasilitas umum.

Biasanya para pengunjung datang secara berkelompok. Dan Sebelum masuk ke Kawasan Dusun Kerujuk, harus membayar tiket masuk 75 ribu per orang sementara untuk pelajar atau mahasiswa 65 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk konsumsi, nantinya warga akan menyediakan jajanan dan makanan prasmanan dengan menu sederhana yang local banget.

Pantai Setangi

Pantai Setangi

Masih butuh vitamin sea? Yuk liburan ke Pantai Setangi, Pantai Lombok Utara yang akan memanjakan wisatawan dengan pemandangan alam khas pantai.

Saat berada di sini, Anda akan merasakan suasana yang teduh karena ada banyak pepohonan melindungi. Berbagai macam aktivitas pantai bisa Anda lakukan disini, mulai dari berjemur, berenang, bermain voli, hingga snorkeling. Garis pantai Setangi pun cukup Panjang, cocok sekali untuk Anda yang punya hobi menyusuri garis pantai dari ujung ke ujung.

Baca Juga: Wisata Lombok Tengah

Sedikit tips bagi yang ingin liburan ke pantai, jangan lupa membawa suncream ya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari berlebihan. Kenakan juga outfit yang nyaman digunakan selama berada di pantai.

Nah guys, itulah 10 tempat wisata di Lombok Utara yang paling populer bukan hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Lombok memang sangat mendunia! Anda tak akan merasa rugi deh kalau memutuskan untuk segera mengambil waktu liburan ke Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *