Tempat Wisata di Lombok

11 Tempat Wisata di Lombok Terpopuler yang Bertemakan Alam

Posted on

Sama halnya dengan Bali, Lombok juga terkenal akan keindahan pantai serta kekayaan biota laut. Bahkan sekarang ini Lombok makin dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena banyak bermunculan tempat wisata di Lombok yang baru dan pengelolaannya pun sangatlah baik.

Tempat Wisata di Lombok

Berbagai macam destinasi di pulau dengan luas hampir 4.800 km ini memang menawarkan pemandangan alam mempesona. Oleh sebab itulah, saat kamu berpelesir di Lombok, sebaiknya sih jangan buang kesempatan untuk mendatangi 10 tempat wisata di Lombok terpopuler berikut ini.

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Lombok memiliki beberapa pulau kecil yang dikenal dengan sebutan Gili T. Dimana pulau-pulau tersebut memiliki pemandangan laut memukau sehingga mampu menarik perhatian banyak wisatawan asing. Namanya adalah Gili Trawangan atau bagian dari pulau Gili, tempat wisata NTB yang sangat terkenal.

Di sini, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas pantai seru, salah satunya adalah snorkeling untuk melihat pemandangan alam bawah laut. Matamu akan dimanjakan dengan ikan-ikan cantik hingga terumbu karang warna-warni. Tapi, kalau tak mau bermain air, kamu bisa coba aktivitas lain yaitu berbelanja di sekitar pantai atau mengepang rambut.

Untuk bisa sampai di Gili Trawangan, kamu harus naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau bisa juga menyewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Sementara untuk wisatawan yang memiliki budget terbatas alternatif lebih ekonomisnya bisa naik kapal umum.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Bagi kamu penikmat ketinggian, kalau sudah membicarakan gunung satu ini tentunya akan merasa terpanggil dan ingin menaklukan puncaknya, iya nggak? Ini karena Rinjani termasuk dalam gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Tiap tahunnya ada banyak pendaki lokal maupun asing yang berusaha untuk benar-benar bisa sampai di puncak. Apalagi pada tanggal 17 Agustus, mengibarkan bendera merah putih adalah salah satu cita-cita sebagian pendaki dan mungkin kamu salah satunya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Dompu

Rinjani memang patut dibanggakan, pemandangan alam bak di atas awan adalah yang paling difavoritkan. Nah, kalau semeru punya Ranu Kumbolo, di Rinjani kamu akan menemukan Segara Anak, danau yang akan membuatmu terkesan.

Tinggi Rinjani mencapai 3.762 Mdpl, bagi para pendaki sangat disarankan untuk siapkan fisik dan mental sebelum mulai mendaki ya. Siapkan juga perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Ingat, yang dibutuhkan saja, kalau sekiranya tidak penting dan hanya memberatkan ranselmu sebaiknya tidak dibawa karena nantinya itu malah akan menjadi beban. Minimal makanan dan minuman secukupnya, jaket, penerangan dan tenda.

Bagaimana, tertarik untuk sampai di wisata Lombok ini? Kamu bisa mencapai puncak gunung dengan memilih salah satu jalur, mau melewati jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur, tergantung dari mana nantinya kamu berangkat.

Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Sebelumnya sudah disinggung sedikit mengenai danau ini, dimana lokasi danau berada di Kawasan Gunung Rinjani. Bagi para pendaki tentunya nama Segara Anak sudah tak asing lagi.

Biasanya tempat ini digunakan oleh wisatawan untuk bermalam sebelum benar-benar mencapai puncak Rinjani. Danau vulkanik yang memiliki kedalaman sampai 230 meter ini dulunya adalah bekas kawah letusan gunung. Lama-lama tergenang air dan berubah menjadi danau indah seperti sekarang.

Air danaunya berwarna biru laut, terlihat sangat indah dipandang. Letaknya berada di ketinggian 2.000 Mdpl, sehingga untuk mencapai Segara Anak kamu harus membutuhkan usaha dan menguras keringat.

Di sekitar danau, kamu dapat melihat bentang pemandangan Gunung Barujari atau yang kerap disebut sebagai Gunung di atas Gunung. Barujari sendiri adalah anak dari Gunung Rinjani dan sampai sekarang masih aktif.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Salah satu pantai yang menjadi ikon plus magnet yang menjadi daya tarik wisata di kota Lombok adalah Pantai Senggigi. Sejauh mata memandang kamu akan melihat hamparan pasir putih sepanjang 10 km dekat dari Mataram dan membentuk sebuah teluk.

Berbagai aktivitas pantai seperti bermain pasir, berenang, snorkeling hingga menutup hari dengan melihat mata hari terbenam bisa kamu lakukan. Yang terpenting sih jangan melewatkan untuk melihat pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Kalau merasa lelah dan lapar, kamu bisa mencicipi kuliner khas Senggigi di restoran sekitar pantai.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Lombok Pantai Senggigi? Bila iya, kamu harus siapkan akomodasi kendaraan ya. Kurang lebih kamu akan menempuh perjalanan selama 4 menit dari pusat kota.

Gili Meno

Gili Meno

Wisata di Lombok Gili Meno merupakan bagian dari kepulauan Gili, lokasinya berada di Barat daya Lombok dan diantara Gili Air dan Gili Trawangan. Bila kamu dari Bali dan ingin ke Gili Meno, bisa menggunakan speedboat atau kalau dari Senggigi bisa menggunakan kapal umum.

Selain untuk liburan, Gili Meno juga kerap dipilih oleh pasangan yang baru menikah untuk menghabiskan waktu bulan madunya. Sebab Susana di pulau ini sangatlah tenang dan intim, benar-benar cocok untuk pasangan baru.

Kegiatan pantai seperti pada umumnya bisa kamu lakukan selama di Gili Meno. Seperti berjemur, berenang, hingga diving dan melihat keindahan alam bawah laut. Air yang jernih membuat wisatawan semakin mudah menemukan berbagai biota laut. Selain itu, kamu juga bisa sempatkan untuk berkunjung ke penangkarang penyu dan melihat para induk menetaskan bayi penyu atau tukik.

Gili Air

Gili Air

Daftar tempat wisata di Lombok memang tidak pernah ada habisnya untuk diulas, tiap destinasi selalu saja memiliki daya tarik. Termasuk Gili Air, pulau yang termasuk dalam jajaran kepulauan Gili ini lokasinya berada tidak terlalu jauh dari Lombok.

Untuk soal suasana, di Gili Air akan lebih sunyi bila dibandingkan Meno dan Terawangan. Sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Hamparan pasir putih semakin melengkapi pemandangan pantai, pepohonan rindang pun akan membuat Gili Air terasa sejuk. Bila kamu memutuskan untuk bermalam di sini, itu adalah pilihan paling tepat, sesekali menenangkan pikiran dari hiruk pikuk aktivitas harian tak ada salahnya kan?

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan

Kalau belum mampu untuk mencapai puncak Rinjani, setidaknya kamu bisa menikmati kemegahannya. Nah, spot terbaik untuk menikmati Rinjani dari kejauhan yaitu di Bukit Pergasingan. Lokasinya ada di sebelah timur Rinjani dan sudah sangat terkenal apalagi di kalangan pendaki.

Namun untuk bisa sampai di atas bukit Pergasingan tidaklah mudah, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari Kota Mataram. Sementara untuk jalur pendakiannya sendiri tak begitu sulit. Wisatawan sudah di fasilitasi akses jalan yang enak, ada ratusan anak tangga akan menuntun wisatawan ke atas bukit. Sedikit merasakan lelah tentu sangat wajar.

Sesampainya di Bukit kamu benar-benar akan dibuat takjub dengan pemandangan Rinjani dan bentang alam ciptaan Tuhan. Jangan lewatkan untuk berfoto ya agar bisa mengabadikan momen saat berada di Pergasingan. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat matahari terbenam loh! Senja Lombok memang yang paling dinantikan sebab sangatlah indah.

Yuk traveller langsung saja rencanakan untuk berkunjung ke obyek wisata Lombok satu ini. Dijamin tak akan rugi deh!

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti

Destinasi Lombok Air Terjun Mangku Sakti, bisa kamu temukan saat menjelajahi kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Sembalun. Air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Air mengalir di antara tebing bebatuan.

Aliran airnya merupakan bagian dari Sungai Kokoq Puteq dimana sumber airnya sendiri berasal dari Danau Segara Anak. Tepat di bawah air terjun Mangku Sakti, wisatawan bisa melihat ada kolam alami yang sangat jernih dan bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

Ya minimal kalau belum bisa sampai puncak Rinjani, kita bisa menikmati kaki gunungnya terlebih dahulu tak ada salahnya. Mungkin setelah dari Mangku Sakti, perjalanan bisa dilanjutkan ke Segara Anak atau langsung ke Puncak Rinjaninya.

Mandalika

Mandalika

Objek wisata Lombok Mandalika, berlokasi di sebelah selatan Lombok. Tempat ini sudah ditetapkan sebagai Kawasan ekonomi prioritas oleh pemerintah. Panjang garis pantainya mencapai kurang lebih 16 km. Mandalika akan menawarkan keindahan alam berupa bukit dan juga pesisir yang indah sebagaimana pantai di Lombok pada umumnya.

Bagi wistawan yang sedang berpelesir di Pulau Lombok tak ada salahnya untuk berkunjung ke Mandalika. Waktu tempuh untuk datang ke sini bila dari Mataram kurang lebih 2 jam perjalanan.

Pantai Tangsi

Nah, kalau biasanya hampara pasir di pantai adalah berwarna putih atau hitam, maka berbeda dengan Tangsi. Pantai ini memiliki warna pasir yang unik yaitu Pink, tak heran bila sering disebut sebagai Pink Beach. Warna pink tersebut muncul secara alami karena tercampur dengan serpihan karang merah muda.

Destinasi wisata di Lombok ini adalah satu dari 2 pantainya di Indonesia yang mempunyai warna pasir unik, satu pantai lainnya ada di Pulau Komodo.

Pantai Semeti

Pantai Semeti

Pariwisata di Lombok yang terakhir dibahas pada artikel ini adalah Pantai Semeti. Sebenarnya Semeti belum begitu terkenal pantai-pantai lain namun soal keindahan masihlah sama, sangat menakjubkan.

Selain bisa melihat pasir putih, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan batuan serta tebing karang dengan berbagai macam ukuran. Kalau air pasang surut ada banyak biota laut tersembunyi yang bisa terlihat di antara batuan dan tebing karang tersebut. Kamu bisa berfoto di atas batu karangnya, namun usahakan menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman ya karena akan sangat licin.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Lombok Timur

Dengan beragam tempat wisata di Lombok yang populer dan bertemakan alam tentu Lombok harus menjadi pilihan berlibur kamu selanjutnya. Bila ingin honeymoon, sebaiknya ikut paket liburan tertentu agar lebih nyaman.

Tunggu apalagi? Yuk segera atur waktu liburanmu, jangan lama-lama langsung saja pesan tiket pesawat dan penginapan, buatlah itenary, siapkan kamera untuk dokumentasi dan kemasi barang bawaan! Jangan lupa ajak teman-teman agar liburan semakin seru dan menyenangkan ya. Happy holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *