Tempat Wisata di Lumajang

18 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru, The Austria Van Java

Posted on

Sudah punya rencana berlibur di Kota Lumajang membuat Anda harus tahu apa saja opsi tempat wisata di Lumajang. Untunglah Anda tidak salah pilih kota destinasi berlibur kali ini, karena Lumajang memang bisa berikan cukup banyak pilihan wisata.

Wisata seperti apa yang paling Anda sukai? Apakah itu wisata pantai, air terjun, goa, kebun, hutan, hingga pegunungan, semuanya bisa Anda temukan di Kota Lumajang. Bahkan ada satu kawasan wisata yang sangat populer di negeri ini dan mungkin Anda sendiri sudah tak asing lagi.

Beberapa wisata Lumajang yang jadi pilihannya antara lain Pantai Dampar, Pantai Tlepuk, Air Terjun Kapas Biru,Air Terjun Watu Lapis, Air Terjun Tumpak Sewu, Danau Klakah, Ranu Kumbolo, Goa Tetes, Agrowisata Bunga, Hutan Bambu, hingga Museum Daerah Lumajang. Itu baru beberapa diantaranya saja, masih banyak pilihan wisata lain yang harus Anda ketahui.

Daftar Tempat Wisata di Lumajang

Bukan hanya nama wisata Lumajang saja, Anda juga akan mengetahui di mana lokasinya serta sedikit penjelasan tentang masing-masing wisata.

Pantai Dampar

Pantai Dampar

Bukan tidak mungkin untuk menemukan wisata alam Lumajang yang berwujud pantai. Memang jumlahnya tidak banyak, namun sulit untuk memilih mana yang paling direkomendasikan. Alasannya hampir semua pantai yang ada di Lumajang memang indah dan tidak akan membuat kecewa.

Pantai pertama sebagai pilihan wisata Lumajang terbaru adalah Pantai Dampar. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Lumajang, untuk lokasinya berada di Jalan Gondoruso, Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Wisata Lamongan

Apa yang akan Anda lihat nanti adalah pantai yang menawan yang ada di balik tebing tinggi. karenanya, saat sampai di pesisir pantainya, apa yang akan ada di belakang Anda adalah sebuah tebing yang wujudnya seperti gua. Jadi jika disederhanakan, apa yang ada di wisata ini bak pantai yang berada di balik gua. Jangan lupa untuk menyiapkan alas kaki yang pas karena Anda akan melewati jalanan licin dari tempat parkir.

Pantai Tlepuk

Pantai Tlepuk

Pilihan wisata bahari lainnya yang ada di Kota Lumajang juga menjadi destinasi wisata Lumajang yang direkomendasikan adalah Pantai Tlepuk. Apa yang akan Anda saksikan di pantai ini memang sebagaimana panorama pantai pada umumnya. Garis pantainya cukup panjang dan memiliki hamparan pasir yang terasa sangat halus.

Ombaknya sedang, namun lebih sering tinggi daripada rendah. Jika airnya sedang surut, Anda akan melihat bebatuan di bagian bawahnya dan membuat Anda harus hati-hati supaya tidak tergelincir ketika lewat di atasnya.

Lokasi dari salah satu pantai di Kota Lumajang ini adalah Dusun Krajan Dua, Desa Selok Awar Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Letaknya tidak jauh dari pantai sebelumnya, yaitu Pantai Dampar.

Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

Akan dilanjutkan dengan pilihan wisata di Lumajang yang wujudnya adalah air terjun. Akan ada tiga air terjun yang disebutkan dalam rekomendasi wisata Lumajang kali ini, dan yang pertama adalah Air Terjun Kapas Biru.

Sangat lain dari yang lain, air terjun ini benar-benar eksotis meskipun Anda datang kesana saat musim hujan yang membuatnya berkabut. Apa yang membuatnya eksotis adalah terjunan air dari tebing yang sangat tinggi dan berwarna hijau segar karena tumbuh-tumbuhan.

Areal kolam di bawahnya memungkinkan untuk digunakan bermain. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga ditumbuhi pohon-pohon bambu. Bagian inilah yang membuat kawasan wisata ini semakin unik, lain dari yang lain. Anda harus buktikan sendiri keindahannya, dengan mengunjungi Dusun Pronojiwo, Desa Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kota Lumajang.

Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis

Agaknya memang air terjun-air terjun yang ada di Kota Lumajang adalah air terjun yang tinggi, melebihi sepuluh meter atau sekitar itu. Namun justru ini menjadi salah satu ciri khas wisata air terjun yang dimiliki Kota Lumajang.

Sebagaimana air terjun pada umumnya yang memiliki areal kolam, namun sayangnya untuk air terjun ini kurang memungkinkan bagi pengunjung untuk bermain di areal kolamnya. Sebab sesaat setelah sampai di loket, wisatawan akan diberi jalan menuju air terjunnya dan sesampainya di bagian tengah-tengah, bukan ke areal kolam.

Dibutuhkan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota untuk sampai. Lokasinya ada di Desa Pasropan, Kecamatan Pasrujambe, Kota Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu adalah wisata di Lumajang Jawa Timur lainnya yang juga layak dipilih. Pengalaman berwisata di sini akan mirip dengan pengalaman di wisata sebelumnya. Jalan yang diberikan untuk wisatawan bukan menuju areal kolamnya, melainkan menuju ke bagian atas sehingga view yang didapatkan pengunjung adalah view air terjun dari atas.

Air terjunnya besar dan memiliki beberapa aliran air. Suasananya pasti sejuk karena saking banyaknya debit air yang melalui tebingnya. Membuktikan sendiri keindahan pemandangan di wisata ini adalah hal yang bagus. Karenanya kunjungi saja lokasinya yang ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Jika Anda masih mengingat ada wisata Lumajang sebelumnya yang juga berada di Kecamatan Pronojiwo dan berencana untuk mengunjunginya, maka jadikan saja Air Terjun Tumpak Sewu sebagai destinasi selanjutnya.

Ranu Pane

Ranu Pane

Nantinya Anda akan menemukan wisata yang sangat populer di Lumajang, namun sebelumnya mari kita ketahui dulu wisata yang berada dekat dengan wisata tersebut dan juga sama indahnya jika dibandingkan.

Nama wisata Lumajang kali ini adalah Ranu Pane, sebuah danau yang suasananya sangat sejuk karena berada di kawasan Gunung Semeru. Karena letaknya ini, tentu mau tidak mau Anda harus mendaki terlebih dahulu. Namun tenang saja, nantinya bukan jadi pendakian yang panjang dan melelahkan, tak perlu khawatir energi akan terkuras. Lebih tepatnya, wisata alam Lumajang ini berada di Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Siapa saja yang datang ke Lumajang pasti akan mulai berkenalan dengan wisata ini, dan tak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk berkunjung.

Danau Klakah

Danau Klakah

Setelah Ranu Pane, ada juga wisata alam Lumajang bernama Danau Klakah yang wujudnya hampir sama. Apa yang membuat danau ini unik adalah memiliki bentuk segitiga. Memang bukan segitiga rapi dengan sudutnya, melainkan sangat menyerupai.

Karena berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, wajar bila suasananya sejuk sehingga terasa dingin bila berlama-lama di sana. Letak danau ini tidak setinggi Ranu Pane, jadi Anda tak perlu mendaki terlebih dahulu.

Jarak wisata Kota Lumajang ini dengan pusat kota tidaklah terlalu jauh. Kedalaman mencapai 28 meter, luasnya sekitar 22 hektar sehingga sejauh mata memandang Anda masih bisa melihat perairan. Untuk lokasinya berada di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kota Lumajang, Jawa Timur.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Sampai lah pembahasan ini pada destinasi wisata Lumajang yang sangat terkenal, baik untuk skala nasional maupun internasional. Ranu Kumbolo biasa dijadikan destinasi utama oleh para pendaki Gunung Semeru. Mendirikan tenda di tepi danau ini akan menjadi sebuah tujuan yang bisa memberikan kepuasan pada mereka.

Pasalnya, selain memang jadi spot yang tak biasa, Ranu Kumbolo bisa menyajikan pemandangan alam yang sangat cantik. Bukan hanya saat matahari bersinar saja, pemandangannya tetap indah di malam hari karena siapa saja bisa memandang indahnya bintang-bintang di sepot wisata ini.

Untuk letaknya berada di Gunung Semeru, karenanya Anda harus mendaki dengan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke wisata alam Lumajang ini.

Goa Tetes

Goa Tetes

Untungnya juga ada opsi wisata alam Lumajang yang wujudnya goa. Menyaksikan sebuah bebatuan dengan stalagmit dan stalaktit mungkin menjadi keinginan Anda selama berlibur. Malahan bukan hanya kawasan semi-hutan dengan goa saja yang akan Anda dapatkan, melainkan sebuah air terjun yang berada di bagian luar goa ini.

Tempatnya jelas asri dan memiliki pepohonan yang rimbun sehingga terasa sejuk. Baik bersama keluarga maupun sahabat, akan pas-pas saja diajak berlibur ke goa ini. Jika benar goa ini membuat Anda tertarik, lokasinya ada di Dusun Besuk Cukit, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pemandian Selokambang

Pemandian Selokambang

Setelah goa, Anda disajikan dengan Lumajang wisata berwujud pemandian. Sumber air di pemandian ini mengalir hingga ujung Kota Lumajang dan dinilai berasal dari tiga beringin besar yang ada di kawasan wisata ini.

Selain bisa berbasah-basah ria, ada fasilitas bebek-bebek an untuk Anda yang ingin berolahraga namun tidak ingin basah. Supaya Anda bisa mencobanya, datang saja ke Dusun Purworejo, Desa Senduro, Kecamatan Pancen, Kota Lumajang, Jawa Timur.

Agrowisata Bunga

Agrowisata Bunga

Menjadi salah satu wisata Lumajang terbaru, bukan berarti bisa dinomorduakan setelah sampai di Lumajang untuk berwisata. Beragam bunga telah ditanam di wisata ini sehingga akan cantik visualnya saat Anda datang.

Butuh perjalanan sejauh 25 kilometer dari pusat kota untuk sampai di wisata alam Lumajang ini. Tidak akan menyesal, terutama untuk Anda yang suka mengabadikan momen berlibur, pasti akan suka karena telah mendapatkan background foto yang keren. Lokasinya ada di Dusun Rambaan, Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe, Kota Lumajang.

Kebun Teh Kertowono

Kebun Teh Kertowono

Kebun Teh Kertowono bisa memberikan Anda ketenangan dalam berlibur. Ya, terkadang tujuan dari berlibur adalah untuk mendapatkan kondisi mental yang lebih tenang. Mungkin saja Anda membutuhkan wisata-wisata yang seperti ini, maka destinasinya adalah Kebun Teh Kertowono.

Perkebunannya cukup luas, udaranya menyegarkan, dan bisa dijadikan tempat rekreasi. Adapun lokasinya ada di Kecamatan Gucialit, Kota Lumajang.

Hutan Bambu Sumbermujur

Hutan Bambu Sumbermujur

Jika perkebunan teh dirasa kurang oke sebagai wisata alam Lumajang, tenang saja karena masih ada opsi lainnya. Opsi lain ini adalah Hutan Bambu Sumbermujur. Kedengarannya memang sederhana, namun di sana nanti Anda akan melihat pepohonan bambu yang tertata rapi namun tetap alami. Sangat bisa dijadikan tempat andalan untuk foto-foto, lokasinya ada di Jalan Kalpataru, Dusun Sumbermujur, Desa Candipuro, Kecamatan Sumbermujur, Kabupaten Lumajang.

Hutan Damaran Burno

Hutan Damaran Burno

Wisata di Kota Lumajang selanjutnya adalah Hutan Damaran Burno. Akan pas untuk Anda dan sahabat yang menginginkan liburan ala adventure. Sebab di hutan ini, nda bisa bebas bereksplorasi di batas yang telah diatur.

Juga berlaku untuk siapa saja yang ingin berfoto-foto dengan background alam, di sini hal tersebut bisa didapatkan. Mulai saja petualangannya dengan datang ke Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kota Lumajang.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Selanjutnya adalah sebuah taman nasional yang sangat luas dan tidak boleh dilewatkan selagi Anda masih berada di Lumajang. Apa yang ditawarkan tempat wisata di Lumajang ini memang kawasan semi-hutan yang masih alami. Tidak sulit untuk menemukan kawasan wisata ini karena akan ada banyak petunjuk dari pusat kota yang mengarah ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Padang rumput yang sangat luas, aliran sungai mengalir, hingga beragam fauna asli di sana bisa disaksikan langsung. Untuk diketahui, taman nasional ini bukan hanya berada di Kota Lumajang saja. Saking luasnya, taman nasional ini juga menempati sebagian dari wilayah Kota Probolinggo dan Kota Pasuruan.

Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pura Mandara Giri Semeru Agung

Tempat wisata Lumajang kali ini tidak boleh dilewatkan. Alasannya adalah pura ini dikenal menjadi pura tertua di Nusantara. Menjadi pura yang masih sering dikunjungi oleh para Umat Hindu, apa yang ada di kawasannya adalah pemandangan alam yang cukup asri.

Karenanya, tempat beribadah ini pada akhirnya dibuka untuk wisata. Adapun lokasinya berada di Jalan Serma Dohir, Desa Sumberagung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Museum Daerah Lumajang

Museum Daerah Lumajang

Untuk Anda yang lebih menyukai wisata edukatif, tetap bisa mendapatkannya selama berada di Kota Lumajang. Di Kota Lumajang telah didirikan Museum Daerah Lumajang yang berisikan koleksi di zaman kolonial, uang kuno, replika, dan koleksi klasik khas Kota Lumajang.

Banyak wawasan bisa diserap dengan datang ke museum ini. Bahkan juga ada koleksi senjata di zaman kolonial yang dipamerkan di museum ini. Untuk Anda yang tertarik, bisa langsung datang ke Dusun Krajan, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang.

Alun Alun Lumajang

Alun Alun Lumajang

Tak ketinggalan wisata Lumajang yang berada di pusat kota juga disebutkan dalam daftar tempat wisata Lumajang ini. Alun Alun Lumajang memang dihadirkan sebagaimana alun alun pada umumnya. Namun sebagai seseorang yang tidak tinggal di Lumajang, bukankah Anda juga ingin mendapatkan pengalaman berkunjung di wisata ini?

Wisata seperti alun alun memang kemungkinan besar juga ada di kota asal Anda. Namun apa yang bisa Anda nikmati di Alun Alun Kota Lumajang ini akan berbeda. Mulai dari menikmati suasana pusat Kota Lumajang yang tidak terlalu ramai, bersepeda di sekitarnya, hingga mencicipi jajanan khas Kota Lumajang. Bukan hanya jajanan saja, Anda juga bisa memesan kuliner khas Lumajang di sekitar alun alun ini.

Baca Juga: Wisata Gresik

Pastikan Anda mampir ke tempat wisata di Lumajang ini, entah untuk beristirahat setelah berwisata atau dijadikan destinasi jalan-jalan sore. Lokasinya berada di Jalan Alun Alun Utara, Rogotrunan, Desa Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang.

Ternyata benar-benar lengkap pilihan tempat wisata di Lumajang yang diberikan. mulai dari pantai, air terjun, museum, danau, hingga wisata yang berada di pegunungan atau gunung pun ada. Pilihannya banyak sehingga Anda bisa bebas berlibur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *