19 Tempat Wisata di Madiun, Kota Pendekar Yang Populer

Posted on

Ketika Anda sedang mengunjungi Jawa Timur, maka mendatangi tempat wisata di Madiun adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati waktu dengan tenang. Kota Madiun merupakan kota yang padat aktivitas namun tetap tenang dan tidak seruwet kota besar lainnya. Di tengah kesibukannya, kota ini menyimpan banyak lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi dan menawarkan keindahan yang akan menyejukkan mata.

Saat berada di kota ini, Anda bisa memilih tempat wisata Madiun yang begitu beragam. Diantara banyaknya wisata yang ada, Anda bisa memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Krecekan Denu, Air Terjun Seweru, Air Terjun Banyulawe Dong, Air Terjun Kucur, Gunung Wilis, Gunung Kendil, Waduk Bening Widas Saradan, Waduk Kedungbrubus, Waduk Notopuro dan masih banyak lagi. Semua wisata tersebut menawarkan keindahan untuk Anda.

Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur

Jika Anda ingin mencoba mengunjungi wisata Kota Madiun, Anda bisa memilih beberapa dari daftar yang ada di bawah ini. Anda bisa mempelajari wahana apa saja yang ditawarkan di kota ini. Beragamnya pilihan tempat wisata di Madiun akan membantu Anda semakin mudah dalam menentukan wisata yang sesuai dengan selera Anda.

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu merupakan salah satu wisata di Madiun yang menawarkan keindahan alam yang menyejukkan. Wisata alam yang terletak di Desa Kepel, Kare, Madiun ini menawarkan panorama yang masih asri dan jauh dari kebisingan kota. Keadaannya yang masih asri membuat wisata ini menjadi tempat hits yang banyak dikunjungi.

Kondisi airnya masih bersih dan jernih sehingga bisa digunakan untuk Anda yang suka bermain air. Suasana di sekitar air terjun juga sangat asri karena ada pohon-pohon lebat yang rindang. Ada pula tebing-tebing curam di sekitar air terjun yang membuat pemandangan semakin membuat Anda rileks.

Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru

Tempat wisata di Madiun berikutnya adalah air terjun Seweru. Masih berada di daerah Kare, Madiun wisata ini menyediakan fasilitas kolam yang bisa dipakai oleh para pengunjung untuk menikmati kesegaran air yang ada. Berada di atas ketinggian 400 mdpl, air terjun ini merupakan salah satu sumber air yang datang dari kaki Gunung Wilis.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Lumajang

Anda akan takjub dengan pemandangan yang ada karena begitu hijau dan alami. Indahnya pepohonan yang rindang dan tebing di sekitar lokasi membuat Anda bisa melepaskan penat dengan mudah. Bahkan Anda juga bisa berenang atau sekedar bersantai di kolam yang disediakan.

Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong

Wisata Madiun dalam bentuk air terjun ini juga berada di Desa Kepel, Kare, Madiun. Suasana alam yang begitu asri dapat Anda temukan dengan mudah di tempat ini karena letaknya yang masih jauh dari jamahan manusia. Ketika Anda berada di lereng pegunungan Wilis ini, Anda akan merasakan kesejukan yang luar biasa.

Pemandangan yang indah di antara lereng gunung dan juga sejuknya udara di tempat ini akan membuat Anda betah jika berada lama-lama di tempat ini. Selain itu, di tempat wisata ini juga banyak dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air. Energi yang bisa dihasilkan oleh air terjun ini mampu menarik banyak investor dari berbagai daerah.

Air Terjun Kucur

Karena berada dekat dengan pegunungan Wilis, maka tak heran jika tempat wisata Madiun selalu membawa nuansa asri dari gunung besar ini. Air terjun yang berada di Desa Padas, Dagangan, Madiun ini menawarkan pemandangan indah dari Gunung Wilis yang tinggi. Perjalanan Anda menuju tempat ini akan terasa memuaskan dengan indahnya panorama yang ada.

Desa di daerah ini pun juga masih tertata rapi dan asri. Suasana alami akan Anda nikmati di tempat yang memiliki latar belakang perbukitan yang begitu indah. Bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan mencari tempat relaksasi, lokasi ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat menghabiskan waktu.

Gunung Wilis

Gunung Wilis

Gunung Wilis menjadi salah satu tempat wisata di Madiun Jawa Timur yang menjadi tujuan keren untuk Anda yang mencintai kegiatan pendakian. Gunung yang memiliki tinggi 2169 mdpl ini dapat Anda pilih menjadi lokasi pendakian terbaik karena lokasinya yang masih begitu asri. Untuk di gunung ini Anda bisa memilih jalur pendakian mulai dari Madiun, Nganjuk, Tulungagung dan Kediri.

Jika Anda mendaki via Madiun, maka Anda akan memakan waktu pendakian 8-11 jam berdasarkan fisik pendaki melibas puncak Gunung Wilis. Namun waktu ini juga bisa menjadi lebih lama tergantung dari kemampuan Anda. Saat Anda menuju tempat ini, Anda akan disajikan pemandangan yang begitu mempesona.

Gunung Kendil

Gunung Kendil

Berada di daerah Wungu, Madiun, Gunung Kendil menjadi salah satu wisata kota Madiun yang sangat sayang untuk dilewatkan. Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang begitu dan disebut-sebut mirip dengan Santa Monica, Los Angeles. Keindahan ini tentu akan membuat Anda seperti sedang berada di atas awan.

Pada awalnya, Gunung Kendil adalah tempat latihan untuk para militer. Meski begitu, saat ini Gunung Kendil sudah menjadi lokasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Anda akan menyukai tempat yang hadir dengan fasilitas yang begitu lengkap ini.

Waduk Bening Widas Saradan

Waduk Bening Widas Saradan

Tempat wisata di Madiun yang satu ini sudah sangat terkenal karena keindahan pemandangannya. Meski berupa waduk, Anda akan merasa seolah sedang berada di danau yang begitu besar di tempat ini. Berada di Saradan, Madiun, waduk ini menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi pegunungan. Saat menuju tempat ini, Anda akan melewati jalanan yang begitu unik dengan jembatan indah yang cocok untuk berfoto.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan sejuknya angin sepoi-sepoi yang bertiup lengkap dengan fasilitas yang ada. Anda bisa menaiki perahu dan bermain dengan fasilitas yang disediakan. Selain itu, di tempat ini juga banyak dijadikan sebagai tempat perburuan ikan dengan memancing oleh banyak orang.

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus

Waduk yang berada di Pilangkenceng, Madiun ini menjadi tempat wisata di Madiun yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tak kalah dari Waduk Widas, keberadaan waduk ini juga mampu membuat Anda menghilangkan stres yang mendera. Waduk yang membendung aliran sungai Kedungbrubus ini menawarkan debit air melimpah yang juga difungsikan sebagai irigasi warga.

Lokasinya yang strategis membuat Anda bisa menuju tempat ini dengan begitu mudah. Anda bisa menikmati pemandangan alam di tempat ini dengan memancing seru. Selain itu, di tempat ini juga banyak ditemukan fosil purbakala yang menarik.

Waduk Notopuro

Waduk Notopuro

Masih berada di daerah Pilangkenceng, Madiun, waduk ini menjadi wisata di Madiun yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan air buatan yang mempesona. Termasuk waduk tadah hujan, Waduk Notopuro menjadi sarana untuk menampung air resapan di sekitar Gunung Pandan. Meski begitu, waduk ini juga dijadikan rekreasi.

Anda bisa merasakan suasana yang begitu asri di waduk ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata memancing yang disediakan. Tempat ini banyak dijadikan sebagai tujuan memancing karena kekayaan ikan air tawar yang dimilikinya. Sehingga tempat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin bersantai.

Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan menjadi tempat wisata di Madiun yang cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan. Lokasinya yang berada di daerah Wonoasri, Madiun membuat Anda bisa menuju ke lokasi dengan akses yang mudah. Saat menuju tempat ini pun, Anda akan menikmati pemandangan alami yang begitu menyejukkan mata.

Anda bisa menikmati fasilitas rekreasi yang disediakan jika berkunjung ke waduk ini. Bahkan Anda juga bisa memancing sambil bersantai menikmati sejuknya udara yang ada. Waduk yang juga menjadi irigasi warga setempat ini akan menawarkan liburan yang begitu menenangkan hati untuk Anda.

Kali Krangkeng

Kali Krangkeng

Wisata Madiun yang satu ini menawarkan keindahan alam yang cocok bagi Anda yang menyukai wisata air. Berada di Sidorejo,Wungu, Madiun, wisata ini merupakan wisata air terjun yang biasa disebut dengan versi mini dari Air Terjun Niagara. Hal ini adalah karena debit airnya yang begitu tinggi.

Anda bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat ini dengan melihatnya di atas tebing dari air terjun. Anda pun juga akan menikmati pemandangan alam yang mengesankan melalui pohon-pohon rindang yang berada di sekelilingnya. Jika berkunjung di tempat ini, Anda harus hati-hati ketika ingin menikmati air terjun tepat di bawahnya karena debit airnya yang begitu besar.

Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

Hutan Pinus Nongko Ijo Kare merupakan tempat wisata Madiun dengan keindahan alam yang tidak kalah dengan hutan pinus di daerah lainnya. Berada di daerah Kare, Madiun hutan ini masih berada di hutan lindung petak 28 RPH (Resort Pengelolaan Hutan) milik Perhutani.

Nama hutan Nongko sendiri Ijo berasal dari kepercayaan warga yang mempercayai zaman dulu hanya ada sebuah pohon nangka hijau besar yang hidup di kawasan hutan ini. Tempat ini menyajikan pemandangan hutan yang begitu rindang dengan udara sejuk. Anda akan bertemu dengan dua mata air sungai yang bertemu menjadi satu dan juga bendungan kuno peninggalan Belanda.

Wisata Alam Pesanggrahan Madiun

Wisata Alam Pesanggrahan Madiun

Tempat wisata di Jawa Timur yang menawarkan konsep alam ini sangat cocok untuk Anda kunjungi saat sedang berada di Madiun. Berada di Desa Segulung, Dagangan, Madiun, wisata ini memiliki banyak spot menarik yang sangat cocok dipakai untuk mengambil gambar. Letaknya yang berada di lereng Gunung Wilis membuat Anda bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian rumah pohon yang disediakan.

Bahkan Anda juga bisa bersantai di gubuk jerami yang disusun dengan menarik. Pemandangan alam yang menawan bisa Anda nikmati dengan bersantai bersama keluarga atau sahabat Anda. Sensasi begitu asri dan tenang akan Anda rasakan dengan mudah di tempat ini.

Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape

Wisata Kota Madiun yang satu ini masih berada di daerah Kresek, Madiun. Lokasi wisata yang masih merupakan area kebun dan hutan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang begitu asri. Hutan jati seluar 1,5 hektar ini menawarkan suasana alam yang begitu sejuk dan rindang.

Di tempat ini, Anda akan merasakan asyiknya bermain di sungai jernih yang bersumber langsung dari mata air pegunungan Dungus. Bahkan Anda juga bisa menikmati fasilitas bermain yang disediakan. Lengkap dengan kuliner ala pedesaan yang ditawarkan, tempat ini cocok dijadikan tujuan untuk Anda yang ingin bersantai di alam.

Monumen Kresek

Monumen Kresek

Monumen Kresek merupakan tempat wisata di Madiun yang kaya akan nilai sejarah Indonesia. Berlokasi di Kresek, Madiun, monumen ini merupakan simbol dari pedihnya kekejaman PKI di Madiun yang pernah terjadi. Monumen yang dibangun pada tahun 1987 – 1991 ini berada di tengah alam yang begitu asri dan alami.

Pada zaman dahulu, banyak tentara dan penduduk Desa Kresek yang menjadi korban pembantaian PKI. Sehingga ketika Anda mengunjungi tempat ini, maka Anda akan merasakan aura yang begitu berbeda di tempat lain. Rasa merinding di tengah angin yang begitu rindang akan membuat Anda semakin tergugah akan kenangan bangsa.

Desa Wisata Brumbun (Brumbun Tubing Adventure)

Desa Wisata Brumbun

Wisata di Madiun yang mempunyai konsep wisata alam ini berada di Brumbun, Wungu, Madiun. Desa wisata yang disusun sedemikian rupa ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang masih begitu alami. Anda akan menikmati indahnya pemandangan dari persawahan yang begitu hijau nan asri.

Jika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menikmati wisata arung jeram yang disediakan. Derasnya arus sungai yang mengalir di lereng Gunung Wilis akan menemani aktivitas arung jeram Anda dengan track alam pedesaan. Sepanjang jalur, Anda akan menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona.

Situs Bersejarah Nglambangan

Situs Bersejarah Nglambangan

Situs Bersejarah Nglambangan merupakan tempat wisata Madiun yang menawarkan pengetahuan sejarah budaya. Berada di daerah Wungu, Madiun, situs ini termasuk dalam salah satu situs peninggalan dari kerajaan Majapahit. Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa belajar sejarah yang akan memperkaya wawasan Anda.

Situs ini memiliki banyak keunikan. Anda bisa menemukan beberapa benda bersejarah seperti watu dakon, lumbung selayur, punden lambing kuning hingga bangunan Pura Lembangsari yang masih terjaga keberadaannya. Selain itu, Anda juga akan menyaksikan sumur dan sendang jambangan atau tempat pemandian yang kental akan budaya kuno.

Palang Mejayan atau Situs Rumah Palang

Palang Mejayan atau Situs Rumah Palang

Satu lagi wisata Madiun yang menawarkan kekayaan sejarah, yaitu Situs Rumah Palang. Berada di daerah Caruban, Madiun tempat ini menawarkan keindahan budaya yang sangat sayang ditinggalkan. Anda akan menemukan koleksi arca peninggalan Kerajaan Jawa Kuno yang terjaga dengan baik di tempat ini.

Selain itu, Anda bisa menuju lokasi dengan mudah karena aksesnya yang dengan jalan lintas Madiun-Surabaya. Selain menikmati pemandangan yang berbeda, Anda akan belajar sejarah dengan menyenangkan di tempat ini. Sehingga tempat ini cocok untuk Anda yang ingin memperkaya wawasan budaya.

Taman Bantaran Kali Madiun

Taman Bantaran Kali Madiun

Wisata Madiun yang terwujud dalam Taman Bantaran Kali Madiun ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin mencari tempat bersantai. Lokasinya yang berada di Mangunharjo, Madiun membuat tempat ini sangat mudah untuk diakses. Bahkan letaknya juga berada di pinggir jalan raya sehingga semakin memudahkan para pengunjung untuk datang kesini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Madura

Wisata ini menawarkan fasilitas wisata yang begitu menarik seperti adanya trek wisata balap motor. Anda bisa menikmati pemandangan senja yang begitu indah di gazebo yang disediakan. Dengan sejuknya udara yang berasal dari sungai yang ada, Anda akan betah bersantai di tempat ini.

Madiun merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang menyimpan banyak keunikan. Selain itu, kekayaan alam yang dimiliki Kota Madiun masih asri dan alami. Oleh karena itu, jika memiliki kesempatan berkunjung ke Madiun Anda bisa mempertimbangkan mengunjungi salah satu lokasi rekreasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *