Tempat Wisata di Madura

18 Tempat Wisata di Madura, Pulau Sejuta Langgar Yang Indah

Posted on

Cukup dekat dengan Surabaya, ternyata pilihan tempat wisata di Madura cukup berbanding terbalik dengan pilihan wisata yang ada di Surabaya. Bukan untuk membandingkan mana yang baik dan mana yang tidak, hanya saja Anda bisa kunjungi segera Madura jika sudah puas berwisata di Surabaya, begitu juga dengan sebaliknya.

Tempat Wisata di Madura

Kebanyakkan pilihan tempat wisata Madura adalah wisata alam. Tetap ada pilihan wisata bangunan atau yang buatan manusia, namun jumlahnya tidak lebih banyak dari yang wisata alam. Mulai dari Pantai Nepa,Pantai Sambilangan, Mercusuar Sembilangan, air Terjun Toroan, Air Terjun Kokop, Gunung Jaddih, Jembatan Suramadu, Monumen Sampang, Gua Blaban, Kota Tua Kalianget, Sentra Batik Madura, Wisata Budaya Karapan Sapi, dan masih banyak lagi pilihannya. Catat apa saja pilihan destinasi wisata Madura berikut.

Pantai Nepa

Pantai Nepa

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada pembuka, kebanyakan wisata Madura adalah wisata alam. Salah satu wisata alam yang jumlahnya cukup banyak di Madura adalah wisata pantai. Pantai pertama yang akan dibahas dalam daftar wisata Pulau Madura kali ini adalah Pantai Nepa.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Madiun

Pantai Nepa akan cocok untuk wisatawan yang menyukai keindahan, bukan sesuatu yang menantang. Bibir pantai ini sangat luas, memungkinkan untuk bersantai dengan maksimal. Selain luas, ombaknya juga cenderung selalu tenang. Duduk di tepiannya sambil mengamati ombak akan menyenangkan rasanya. Pantai yang hamparan pasirnya berwarna coklat kekuningan ini hanya membebankan 15 ribu rupiah pada wisatawan untuk tiket masuknya.

Pantai Sembilangan

Pantai Sembilangan

Setelah Pantai Nepa, masih ada lagi objek wisata di Madura yang wujudnya pantai. Pantai Sambilangan jawabannya. Letaknya juga di Desa Sembilangan, Kecamatan Bangkalan, Madura. Karenanya wajar jika nama dari objek wisata di Madura ini adalah Sambilangan.

Karena berada di Kecamatan Bangkalan, Anda hanya butuh perjalanan sejauh 7 kilometer saja dari pusat Kecamatan Bangkalan untuk sampai di pantai ini. Memang cukup dekat, mudah diakses, dan punya kelebihan. Pantai Sambilangan dekat dengan pariwisata Madura lain yang juga akan disebutkan dalam daftar ini.

Untuk diketahui, ombak di Pantai Sambilangan lebih tenang daripada ombak di Pantai Nepa. Malahan, saat Anda berada di bibir pantai, akan merasa seperti tidak ada ombak sama sekali, kesannya seperti rawa-rawa. Tiket masuknya hanya 3 ribu saja, sangat murah.

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Dua pantai di atas memiliki pasir coklat kekuningan, Pantai Siring Kemuning memiliki pasir pantai dengan warna putih. Teksturnya lembut dan bisa digunakan untuk bermain, cocok bila anak-anak diajak ke destinasi wisata Madura ini.

Banyak mereka yang mencari liburan romantis di Madura memutuskan untuk singgah di pantai ini. Memang bagus suasananya, ombaknya pun cukup tenang sehingga bisa dilakukan aktivitas pantai dengan aman.

Pantai Siring Kemuning juga terletak di Bangkalan, Anda yang sedang berlibur di Bangkalan jangan sampai tidak mampir ke tempat wisata Madura ini.

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang jauh berbeda dengan tiga pantai yang telah disebutkan namanya. Wisata Pulau Madura ini tidak memiliki bibir pantai yang luas. Cenderung sempit karena banyaknya bebatuan dengan ukuran besar di tepiannya. Bukan sekedar tebing sehingga membuat terkesan gersang, tebing-tebing yang ada di sekitar Pantai Rongkang telah dihias dengan tumbuh-tumbuhan.

Ombaknya cukup besar, tidak seperti pantai-pantai sebelumnya. Juga bisa disebut sebagai wisata Madura dekat Suramadu, karena berada di tepi pantai ini membuat Anda bisa memandang Jembatan Suramadu.

Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Pilihan terakhir Madura wisata pantai adalah Pantai Jumiang. Ada kelebihan dari pantai ini yang tidak dimiliki empat pantai di atas. Keunikannya adalah mampu berikan spot terbaik pada wisatawan yang datang untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbenam.

Selain nuansa sunset yang cantik dengan gradasi warna di langit, pantai Jumiang ini berada di sebelah tenggara Kota Pamekasan. Perjalanan yang dibutuhkan dari pusat Kota Pamekasan ke pantai ini adalah 12 kilometer saja.

Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean

Wujudnya adalah kepulauan, diketahui jumlah pulau yang ada di deretan Kepulauan Kangean adalah sekitar 60 pulau. Pulau terbesar menjamin sebuah pemandangan eksotis sekaligus nuansa tropis. Membuat pulau-pulau yang ada di Kepulauan Kangean menjadi destinasi wisata Madura yang direkomendasikan.

Apa yang bisa dilakukan antara lain untuk bersantai di tepi pantainya, untuk menikmati pemandangan bahari di bawah perairan, snorkeling, dan lainnya.

Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Masuklah ke dalam daftar wisata di Madura dengan wujud air terjun. Akan ada dua air terjun dalam daftar ini, salah satunya adalah Air Terjun Toroan. Biasanya sebuah air terjun akan memiliki area kolam di bawahnya untuk menampung air yang jatuh.

Cukup sama dengan apa yang dimiliki Air Terjun Toroan, air yang terjun dari atas tebing akan langsung menuju laut alias air terjun ini memang dekat laut sehingga air yang terjun langsung jatuh ke lautan. Letak dari wisata Madura ini adalah di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang.

Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop

Air terjun Kokop berada di Kecamatan Bangkalan. Lebihnya bahwa air terjun ini pasti bisa berikan kesegaran pada pengunjung, sedangkan kekurangannya adalah cukup jauh dari pusat Madura. Dibutuhkan perjalanan sejauh kurang lebih 60 kilometer untuk sampai di wisata Madura ini.

Besar kemungkinannya Anda akan kagum dengan wisata yang satu ini. ada area kolam di bawahnya, bisa dicoba jika memang memungkinkan. Untuk wisata itu sendiri, pemandangannya asri karena tebingnya telah ditumbuhi banyak pohon.

Gunung Jaddih

Gunung Jaddih

Gunung Jaddih bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang merasa sudah cukup puas dengan wisata perairan. Gunung jaddih tentu hadir sebagai objek wisata di Madura yang berupa dataran tinggi.

Sebenarnya tempat wisata di Jawa Timur ini masih cukup baru. Anda mungkin belum pernah mendengar nama objek wisata ini sebelumnya. Apa yang disuguhkan oleh Gunung Jaddih pada pengunjungnya adalah pemandangan gunung yang tak biasa. Konon bekas pertambangan, wisata ini merupakan gunung kapur yang sudah terkikis di banyak sisi. Gunung Jaddih alamatnya di Desa Rabasan.

Gua Blaban

Gua Blaban

Jangan langsung menyangka Gua Blaban akan seperti gua pada umumnya yang berupa terowongan sehingga wisatawan bisa masuk ke dalamnya Gua Blaban adalah gua yang bentuknya terowongan vertikal dan masih diteliti bagaimana gua ini bisa ada dan apa tujuannya. Namun bukan sekedar lubangan berbentuk vertikal saja.

Setelah diteliti terlebih dahulu, ternyata apa yang ada di dalam lubang ini ada sebuah gua. Jika Anda mulai penasaran dengan wujudnya, maka bisa datang langsung ke Gua Blaban dengan cara datang ke Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar Pamekasan.

Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget

Mungkin wisata di Madura yang wujudnya klasik lebih menarik perhatian Anda. jika memang demikian, maka yang Anda butuhkan adalah untuk mampir ke Kota Tua Kalianget. Di Kota Tua Kalianget, apa yang bisa dilihat adalah sebuah perkumpulan bangunan yang kental historisnya.

Dulunya, bangunan-bangunan di Kota Tua Kalianget digunakan untuk para penjajah dalam menghuni, terutama pada zaman VOC Belanda. Untuk bisa menikmati wisata ini, Anda tidak akan dibebankan biaya apa-apa alias gratis. Kota Tua Kalianget ini letaknya di sebelah timur Sumenep.

Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan

Memang namanya seperti telah Anda siak di poin yang sebelumnya. Mercusuar Sembilangan adalah mercusuar yang berada di kawasan Pantai Sambilangan. Anda bisa datang ke Pantai Sembilangan dengan berbekal info alamat di atas untuk bisa sampai kesana.

Setelah sampai di Pantai Sambilangan, Anda bisa langsung saja menuju ke mercusuarnya yang biasa disebut dengan Mercusuar Sembilangan. Sekilas memang tak ada yang unik dari mercusuar ini, namun perlu diketahui bahwa Mercusuar Sembilangan adalah bangunan mercusuar yang sudah lama dibangun.

Berada di bawah atau di sekitar mercusuar ini akan memberikan Anda nuansa pantai yang kental sehingga tak akan membuat kecewa saja. Cocok untuk wisatawan yang memang sedang mencari destinasi wisata Madura yang sifatnya tenang.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Bukan wisata Madura dekat Suramadu lagi karena kini Anda sedang berada di Suramadu jika memang tertarik untuk mengunjunginya. Anda yang sebelumnya terlalu sibuk dengan rutinitas padat, pasti akan kagum dengan jembatan penghantar Surabaya dengan Madura ini.

Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat sisi kanan maupun kiri jembatan yang berupa lautan bebas. Akan menyenangkan melewati jembatan ini dengan kendaraan apa saja. baik itu dengan kecepatan tinggi maupun dengan kecepatan rendah.

Bolak-balik dari Surabaya menuju Madura atau Madura ke Surabaya juga akan oke-oke saja, karena tak sedikit pula orang yang merasa senang telah melalui jembatan ini. pemandangannya bisa didapatkan, hanya saja perlu ekstra hati-hati melintas di jembatan ini ketika hujan datang disertai angin. Apalagi jika ada badai, sangat harus berhati-hati supaya tidak tergelincir.

Monumen Sampang

Monumen Sampang

Ketika Anda sedang di Madura, tepatnya di Kabupaten Sampang, pastikan untuk mampir ke objek wisata di Madura berupa Monumen Sampang. Bukan hanya sekedar monumen, Monumen Sampang adalah tanda letak posisi 0 kilometer dari Kabupaten Sampang.

Juga tidak dibangun berwujud bangunan vertikal memanjang saja, sebab monumen ini memiliki area yang cukup luas. Apa yang ada di sekitar monumen ini bisa dijadikan tempat berwisata untuk mereka yang dari luar Madura. Termasuk juga Anda, bisa memutuskan untuk datang ke pariwisata Madura ini dan menikmati keindahan pusat Kota Sampang di sekitar monumen ini.

Monumen Sampang juga bisa dijadikan alternatif untuk beristirahat di sela itinerary liburan alam di sana.

Wisata Budaya Karapan Sapi

Wisata Budaya Karapan Sapi

Kapan lagi bisa melihat langsung karapan sapi khas asli dari Madura? Siapa saja yang bukan asli Madura patsi akan terkesima dengan salha stau kebudayaan yang dimiliki Madura ini.

Akan ada seseorang yang menaiki sekaligus mengontrol sapi, sapi akan berlari dengan sangat kencang, jadilah sebuah kompetisi yang justru menjadi hiburan untuk warga sekitar. Tidak menutup kemungkinan akan menghibur siapa saja yang berasal dari luar Madura, termasuk Anda. karenanya, saat sampai di Madura nanti pastikan Anda mengetahui kapan jadwal karapan sapi dilakukan, mendatanginya, dan menikmati bagaimana nuansa budaya karapan sapi dilakukan di tempat asalnya.

Sentra Batik Madura

Sentra Batik Madura

Sentra Batik Madura ada di Bangkalan, jadi sebelum Anda pergi meninggalkan Madua bisa langsung mampir dulu ke Sentra Batik Madura. Sangat pas dikunjungi oleh siapa saja yang datang ke Madura, sebab memang batik khas Madura adalah salah satu opsi oleh-oleh yang tepat untuk orang tersayang di rumah.

Batik yang ada di Sentra Batik Madura pilihannya banyak, dan dijual dengan harga cukup terjangkau. Siapa saja bisa borong batik sebanyak-banyaknya karena kecantikannya juga karena harganya yang terjangkau.

Dari pusat Madura, dibutuhkan perjalanan sekitar 1 jam untuk bisa sampai di Sentra Batik Madura. Durasi ini berlaku jika yang Anda gunakan adalah kendaraan roda dua. Namun jika Anda bingung atau tak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi, bisa saja dengan memilih transportasi umum.

Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam

Anda harus mampir ke Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan untuk bisa menikmati wisata Madura yang super unik ini. Tidak ada unsur magis pada wisata ini, namun benar adanya bahwa di sana ada kobaran api yang tak kunjung padam. Jangan langsung berharap kabarnya akan sangat besar dan membuat sekitarnya panas, sebab kobaran apinya hanya berukuran sederhana dan tidak terlalu membuat panas di sekitarnya.

Dalam keadaan apapun dan dengan cuaca apa saja, api yang ada di wisata ini tak akan padam. Sangat layak bila diberi nama ‘Api Tak Kunjung Padam’. Pasti Anda sudah penasaran dengan bagaimana wujudnya. Maka dari itu, sebaiknya langsung mampir saja supaya Anda pun bisa lihat langsung bagaimana bisa sebuah api tetap berkobar apapun keadaan dan cuacanya.

Tirta Sumekar Indah

Tirta Sumekar Indah

Anda mungkin menginginkan tempat wisata Madura yang wujudnya adalah wisata buatan manusia. Kalau begitu, coba saja untuk datang ke Tirta Sumekar Indah. Tirta Sumekar Indah adalah tempat wisata berwujud kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk melepas penat setelah jalan-jalan di wisata-wisata alam. Lokasinya berada di Jalan Lenteng Kilometer 4, Torbang, Sumenep, Madura. Wahana air yang diberikan terbilang cukup, untuk kebutuhan renang jasa, Tirta Sumekar Indah tidak akan mengecewakan pengunjung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Surabaya

Sarannya adalah untuk menjadikan Tirta Sumekar Indah sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa membuat Anda lebih terhibur. Mungkin saja Anda berasal dari kota besar yang memiliki kesibukan padat. Kesegaran kembali bisa didapatkan hanya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan berenang, berenang dengan baik bisa dilakukan di Tirta Sumekar Indah. Inilah mengapa Tirta Sumekar Indah juga direkomendasikan atau disebutkan dalam dafar tempat wisata di Madura kali ini.

Tak perlu bingung-bingung lagi setelah melintasi Jembatan Suramadu untuk sampai di Madura. Selain ada wisata Madura dekat Suramadu, ada juga yang terletak di tepi pulau, hingga ada yang di pusat kota. Semoga saja, agenda berlibur Anda kali ini di Madura adalah agenda berlibur terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *