9 Tempat Wisata di Magelang Wajib Dikunjungi Pecinta Alam

Posted on

Tau nggak sih kalau Magelang termasuk dalam salah satu kota di dunia yang dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus? Yakni, gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo dan juga Menoreh. Hal ini menjadikan Magelang sebagai Kawasan di Jawa Tengah yang kaya akan potensi wisata alamnya. Hmm, sehingga nggak heran bila banyak turis yang datang hanya untuk menjelajahi tempat wisata di Magelang.

Tempat Wisata di Magelang

Nah, kalau turis asing aja berani buat datang ke Magelang, kenapa kamu enggak? Atau kamu masih bingung dengan tempat mana yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi? nggak perlu khawatir, sebab artikel kali ini akan membahas seputar wisata Magelang yang wajib banget dikunjungi oleh para pecinta alam!

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Tempat wisata di Jawa Tengah dan terletak di Kota Magelang pertama masuk dalam 7 keajaiban dunia. Pasti kamu sudah tau dong! Yaitu Candi Borobudur, candi Budha terbesar di dunia yang menyimpan banyak sejarah. Keberadaannya pun mampu menjadi magnet jutaan wisatawan untuk datang ke Magelang.

Berdasarkan sejarah yang tertulis di Prasasti Karangtengah, pembangunan Borobudur dilakukan oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan oleh putrinya yaitu Ratu Pramudawardhani pada abad ke-9. Candi ini tersusun dari 2 juta balok batuan andesit yang saling mengunci bak puzzle raksasa. Nah, untuk reliefnya sendiri kurang lebih ada sekitar 2672 yang tersusun berjajar dengan Panjang mencapai 6 km.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Karanganyar

Pembagian relief dibagi menjadi 4 kisah utama yaitu Karmawibangga, Latiwistara, Awadana, dan juga Gandawyuha. Selain terdapat kisah bagaimana perjalanan Sang Buddha, relief tersebut juga menceritakan mengenai perkembangan masyarakat Jawa pada saat itu.

Kalau kamu ingin mengikuti cerita berdasarkan relief yang terpahat, kamu harus berjalan searah dengan jarum jam, mulai dari pintu timur. Bila sudah sampai di titik awal, kamu bisa naik ke tingkat selanjutnya. Lakukan ini secara berulang sampai kamu benar-benar mencapai puncak.

Oke buat kamu yang ingin datang ke Candi Borobudur, kamu bisa datang diantara pukul 06 sampai dengan 5 sore. Sangat rekomendasikan sih datang di pagi hari, karena udaranya masih terasa segar. Kalau semakin siang akan semakin terik dan lembab. Harga tiket masuknya sendiri, kamu harus menyiapkan 50 ribu/orang untuk dewasa, 25 ribu/orang untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon juga loh 50% kalau kamu masuk dalam kategori rombongan pelajar atau mahasiswa dengan minimal jumlah 20 orang.

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Wisata Magelang selanjutnya adalah salah satu gunung api teraktif yang ada di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 2.930 Mdpl, nggak heran bila banyak penikmat ketinggian berusaha untuk menaklukan puncak Merapi agar bisa menikmati pesona alam di atas awan. Gunung ini sempat geger pada tahun 2010 silam. Dimana saat itu Merapi mengeluarkan lahar dan awan panas ke arah selatan yang lantas memakan banyak korban jiwa. Mbah Maridjan, juru kunci Merapi pun ikut turut menjadi korban si wedus gembel yang berhasil meluluhlantakkan lereng selatan Merapi.

Oleh sebab itulah, bagi para pendaki yang ingin sampai di puncak, harus memastikan dulu bawah saat itu Merapi sedang dalam kondisi aman. Bahkan kalau sudah sampai puncak pun, kita harus tetap waspada agar tidak terjadi hal diluar kendali.

Tau nggak sih, bagi masyarakat Jawa, Merapi bukan Cuma sekedar fenomena alam saja. Kebudayaan dan Kepercayaan mengenai Merapi sudah melekat dengan masyarakat. Dimana Pantai Selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi ada dalam 1 garis lurus, dihubungkan oleh sumbu imajiner. Masyarakat jawa percaya bahwa Laut Selatan tersebut melambangkan elemen air, sementara gunung Merapi elemen api dan keraton adalah penyeimbang. Atau dikenal juga dengan trinitas kosmologi.

Oke, sebelum kamu benar-benar mulai mendaki, kamu harus lapor dulu ya ke pos Barameru yang merupakan basecamp pendakian Gunung Merapi di jalur utara atau Selo. Masih ada jalur lain yaitu Deles, jalur babadan dan Kinahrejo. Namun karena pada tahun 2006 kerap terjadi erupsi akhirnya jalur tersebut nggak dipakai lagi. Sehingga untuk yang paling aman memang menggunakan jalur utara. Setelah lapor, kalau kamu ingin repacking, kamu bisa melakukannya di post tersebut. Bila merasa belum memiliki tenaga, kamu juga bisa memesan makanan atau minuman hangat.

Bagi kamu yang masih pemula, jangan mendaki sendiri ya. Usahakan pergi secara berkelompok, atau kalau mau menyewa guide dan porter kamu bisa mencarinya sebelum pendakian. Namun tentunya akan biaya tambahan yang dikeluarkan.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Sudah dijelaskan sebelumnya, kalau Magelang ini termasuk kota yang dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus. Nah, kalau kamu sudah berhasil menaklukan Merapi, kamu bisa menaklukan gunung selanjutnya yang mengelilingi Magelang yaitu Merbabu yang masih termasuk dalam gunung api aktif jenis strato. Ketinggiannya mencapai 3142 Mdpl, emm cukup tinggi sih untuk ukuran pemula. Namun bukan berarti nggak bisa ditaklukan, kalau persiapannya matang, bukan tidak mungkin pemula bisa menaklukan puncak Merbabu.

Untuk karakteristik jalur pendakiannya sih tidak terlalu ekstrim sehingga terbilang friendly bila dilalui oleh pemula. Jalur paling terkenal adalah melalui Wekas dan Selo. Saat melakukan pendakian, kamu akan melihat sebuah padang Savana yang terkenal di kalangan pendaki. Beberapa orang kerap mengabadikan momen saat berada di Savana tersebut.

Kamu juga harus tau, kalau proses pendakian tentunya akan sangat menguras keringat. Kamu bisa berjalan selama seharian penuh, mulai dari pagi hari sampai sore. Jadi, harus benar-benar memperhatikan barang bawaan! Siapkan apa yang memang dibutuhkan, kalau tidak terlalu penting jangan dibawa agar ranselmu tidak terlalu penuh dan berat.

Namun tenang saja, rasa lelah akan segera terbayarkan sesaat kamu sampai sampai di puncak. Lautan awan akan mengelilingimu, pemandangan yang nggak bisa kamu dapatkan kalau sudah sampai dibawah. Ada pula pemandangan 6 puncak gunung yang berdiri megah. Wajah, dijamin saat sampai di puncak kamu akan merasa takjub dan betah sekali deh.

Sedikit tips sebelum mendaki, sebaiknya siapkan fisik dan mental ya. Sebab perjalanan nggak akan mudah apalagi untuk pemula. Agar otot tidak terkejut dan tegang, usahakan untuk berolahraga rutin minimal H-7 sebelum pendakian dilakukan. So, selamat menaklukan puncak merbabu yang gengs!

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Hai penikmat sunrise! Saat sedang berada di Magelang sebaiknya sempatkan untuk berkunjung ke wisata di Magelang satu ini ya, yaitu Punthuk Setumbu. Sebuah bukit yang berada di gugusan bukit Menoreh. Ketinggiannya mencapai 400 Mdpl. Memang sih, nggak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan Merapi atau Merbabu. Tapi, tenang saja, pemandangan di Punthuk Setumbu masih sangat indah untuk dinikmati. Dijamin deh kamu akan takjub saat sampai di puncak.

Ketenaran Punthuk Setumbu meningkat saat wisatawan yang datang mulai mengabadikan momen saat berada di sini. Hasil foto yang epic lalu disebarkan ke sosial media semakin menarik perhatian banyak orang. Khususnya para pecinta fotografi dan menikmati sunrise.

Lalu jam berapa Punthuk Setumbu buka dan berapa biaya masuknya?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata ini merupakan surga untuk para penikmat sunrise. Sehingga jam bukanya pun mulai dari pukul 4 pagi sampai dengan 5 sore. Sementara untuk biaya masuknya, 15 ribu untuk wisatawan lokal dan 20 ribu untuk wisatawan asing.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Wisata Alam Magelang memang nggak pernah mengecewakan para pecinta alam dan penikmat ketinggian. Banyak gunung yang direkomendasikan untuk ditaklukan karena di puncak gunung tersebut akan terhampar pemandangan indah dan alami yang sangat rugi bila dilewatkan. Misalnya saja Gunung Sumbing yang tertinggi ke 3 di pulang Jawa setelah Semeru dan Slamet.

Sumbing menawarkan keindahan alam tiada duanya dengan trek pendakian menantang. Nggak heran, gunung ini menjadi salah satu yang difavoritkan oleh penikmat ketinggian. Nah, untuk jalurnya sendiri ada beberapa, namun yang paling direkomendasikan adalah Sipetung. Jalurnya masih melewati hutan yang hijau, kamu juga akan melewati 3 pos. Pos pertama ada di Bumper, dari sini pendaki akan lewat jalan petani yang kanan kirinya itu perkebunan tembakau. Namun saat musim kemarau, tanahnya akan kering dan berdebu sementara saat musim hujan akan licin.

Sebelum kamu putuskan untuk lewat jalur ini, sebaiknya harus Latihan fisik dulu ya. Minimal 1 minggu sebelum keberangkatan, Latihan fisik ringan seperti lari di pagi hari agar stamina tetap terjaga. Otot kaki pun nggak akan terkejut begitu kamu mendaki.

Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema Gereja Ayam

Destinasi wisata Magelang satu ini sudah sangat terkenal sekali di kalangan wisatawan. Namanya Bukit Rhema Gereja ayam, sebuah tempat wisata religi yang dipadukan dengan nuansa alam. Lokasinya nggak begitu jauh dari Borobudur. So, selepas dari Borobudur kalau kamu tak merasa lelah, kamu bisa lanjutkan perjalanan liburanmu ke sini.

Dan tau nggak sih, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, bukit rhema adalah tempat terbaik untuk kamu menikmati sunrise. Lebih tepatnya Bukit Rhema ada di atas perbukitan Menoreh dan dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Suroloyo dan Merapi. Nggak heran, kalau pesona alamnya pun mampu menarik perhatian wisatawan. Udaranya yang sejuk plus pemandangan yang indah, wihh kapan lagi bisa menikmati suasana tersebut di Jogja?

Bagi wisatawan yang Beragama Kristen biasanya menyempatkan untuk berdoa secara pribadi. Beberapa ruangan dibuat dengan nyaman, lokasinya ada di lantai bawah Gedung merpati. Ruangan tersebut dibuat secara khusus hanya untuk berdoa.

Nah, kalau kamu merasa lapar, nggak perlu khawatir, sebab di Bukit Rhema sudah ada kedai Rakyat W’Dank Bukit Rhema. Posisinya tepat di belakang bukit, pemandangannya pun nggak kalah indah dari pemandangan mahkota Gedung Merpati.

So traveller, nggak usah ragu lagi untuk datang ke Bukit Rhema, langsung aja susun jadwalnya dan masukan Rhema sebagai list destinasi wisata saat berada di Magelang.

Gunung Andong

Gunung Andong

Kamu masih masuk dalam kategori pendaki pemula? Tenang aja, selain gunung-gunung dengan ketinggian di atas 2000 Mdpl, di Jogja juga ada kok gunung yang tidak terlalu tinggi. Ya, meskipun sama-sama akan menguras keringat sih. Namun ketinggian 1.736 Mdpl yang dimiliki gunung Andong terbilang masih cocok untuk pendaki pemula.

Di atas puncak Andong, kamu akan disuguhi pemandangan malam Kota Magelang. Lampu yang menyala bak kunang-kunang, membuat suasana makin romantis saja. Beberapa pendaki tak jarang yang membawa keluarganya untuk sampai di puncak Andong dan bermalam. Sekedar mengisi waktu liburan dengan cara lebih dekat dengan alam tentu bisa memberikan kesan liburan yang berbeda.

Ketep Pass

Ketep Pass

Beberapa orang mungkin masih mengira kalau Ketep Pass ini termasuk dalam wisata Magelang terbaru. Padahal faktanya sudah dibangun cukup lama yaitu sejak tahun 2002 silam. Dan tau nggak sih siapa yang meresmikannya? Ia adalah presiden perempuan pertama di Indonesia yakni Ibu Megawati Soekarno Putri.

Peresmian Ketep Pass juga menandakan bahwa Jalur wisata Solo-Selo-Borobudur sudah dibuka. Nah, lewat jalur tersebut kita bisa lebih mudah untuk mengakses berbagai tempat wisata, termasuk Candi Borobudur yang tercatat dalam 7 keajaiban di dunia. Lokasi Ketep Pass sendiri lebih tepatnya berada di Kawasan Bukit Sawangan, dengan ketinggian mencapai 1.200 Mdpl. Sementara itu untuk luas kawasannya mencapai 8 ribu meter persegi.

Sesampainya di Ketep Pass, kamu benar-benar akan disuguhi oleh panorama yang sanga indah, khususnya panorama Kota Magelang dan sekitarnya. Kalau dilihat sekilas, konsep Ketep Pass kurang lebih mirip dengan tempat wisata Bukit Moko di Bandung dan juga Bukit Bintang di Jogja. Tau nggak? Kalau nggak, coba catat dua nama tempat wisata tersebut agar bisa jadi list tempat wisata selanjutnya yang harus dikunjungi hehe.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Ketep Pass juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan wahana. Seperti wahana edukasi berupa museum vulkanologi, ada pula teater yang secara rutin memutar film dokumenter mengenai Gunung Merapi. Nggak ketinggalan ada banyak pula spot foto instagramable yang akan memanjakan lensa kamera kamu.

Menjelang sore hari, sangat disarankan agar kamu nggak bergegas pergi. Tapi tinggal sebentar untuk menantikan momen matahari terbenam, langit jingga membuat suasana sore semakin romantic. Nggak hanya sunset, kamu juga bisa banget menikmati sunrise di Ketep Pass loh!

Duh kalau ngomongin Ketep Pass emang nggak akan ada habisnya. Intinya kamu harus datang langsung untuk menikmati tempat wisata ini ya!

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

Selain Andong, ada gunung lain yang ketinggiannya masih ramah untuk pendaki pemula yaitu Gunung Telomoyo. Ketinggiannya mencapai 1.894 Mdpl. Uniknya Gunung ini diapit langsung oleh 4 gunung yaitu Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing dan juga Gunung Ungaran. Jadi, nggak heran kalau suguhan pemandangan di atas puncak Telomoyo akan bisa memanjakan mata kamu.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pemalang

Nah, kalau biasanya puncak gunung harus didaki dengan berjalan kaki, berbeda dengan Telomoyo. Kamu bisa mencapai puncak dengan naik motor. Wahh, kalau kaya gini sih ada opsi lain agar kamu nggak merasa kelelahan 🙂

So, itulah 9 tempat wisata di Magelang yang wajib banget dikunjungi oleh pecinta alam dan yang ingin menikmati nuansa alam. Pokoknya kalau ngomongin kota Jogja emang gak akan ada habisnya, tiap Kawasan termasuk Magelang selalu menyimpan banyak potensi wisata yang akan menghipnotis kamu. Yuk rencanakan liburanmu ke Magelang sekarang juga, jangan lupa list tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *