Tempat Wisata di Magetan

19 Tempat Wisata di Magetan, Keindahan Kota Kaki Gunung

Posted on

Jika Anda sedang mencari tempat wisata Jawa Timur, Magetan merupakan kabupaten yang memiliki seribu wisata. Tidak terkecuali berbagai wisata alam yang sangat indah di dalamnya. Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Magetan yang bernuansa alam. Karenanya, sangat cocok apabila Anda membutuhkan kedamaian, sekaligus juga manakala Anda ingin menikmati indahnya alam.

Jumlah wisata Magetan boleh dikatakan cukup banyak. Relief permukaan bumi yang melingkupi Magetan memiliki keunikannya sendiri. Anda tinggal memilih seperti apa objek wisata kabupaten Magetan yang diinginkan. Bagi Anda yang hobi untuk menyelesaikan medan berat, tenang di kabupaten yang satu ini pun Anda bisa menjumpainya.

Daftar Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur

Barangkali, jika Anda merupakan warga Jawa Timur, sudah tidak asing dengan berbagai tempat wisata di Magetan. Akan tetapi, apakah Anda sudah pernah mengunjungi semuanya? Boleh dikatakan, Anda rugi apabila tidak mengunjungi objek wisata yang dimiliki daerah sendiri. Karenanya, yuk intip apa saja wisata Magetan terbaru yang harus dikunjungi.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Telaga Sarangan yang berada di Magetan. Sebab, destinasi wisata yang satu ini boleh dikatakan sangat populer dalam masyarakat. Sebagai tempat wisata di Sarangan, Telaga Sarangan mempunyai panorama view yang sangat menakjubkan.

Anda bisa menikmati indahnya alam melalui Telaga Sarangan Magetan. Di sekitarnya terdapat pohon-pohon yang tertanam secara asri. Yang mana hal tersebut semakin menambah daya pikat Telaga Sarangan. Bahkan, Anda pun bisa menjumpai berbagai kuliner khas Magetan dan wahana di dalamnya. Karenanya, setelah mengunjungi objek wisata ini pasti Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

Telaga Wahyu

Telaga Wahyu

Letak Telaga Wahyu relatif dekat dengan Telaga Sarangan. Maka dari itu, Anda bisa mengunjungi dua telaga sekaligus ketika singgah di Magetan, khususnya pada area yang dekat dengan kedua telaga ini. Area dari Telaga Wahyu ini memang cenderung tidak seluas Telaga Sarangan, tetapi pemandangan dari Telaga Wahyu juga tak kalah indahnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Lumajang

Selain pesona alam, Anda juga bisa menemui berbagai wahana yang tersedia dalam telaga ini. Salah satunya, yakni sepeda air. Anda dapat menggunakannya untuk mengelilingi sudut ke sudut dari Telaga Wahyu. Pastinya akan sangat menyenangkan. Ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi yang datang melintas. Anda menjadi bisa menikmati ketenangan alam seutuhnya. Kegiatan ini tepat sekali apabila dilaksanakan di sore hari. Sebab, cuaca sudah tidak terik.

Gunung Lawu

Gunung Lawu

Lokasi pendakian Gunung Lawu ada di beberapa kabupaten dalam Magetan. Karena bertajuk sebagai gunung, otomatis Anda harus melakukan pendakian untuk sampai ke puncak. Ketika sampai di puncak, Anda akan mendapati sebuah tugu khas, bernama Tugu Hargo.

Saat melakukan pendakian, Anda akan disuguhkan oleh berbagai panorama alam yang sangat indah. Sekeliling Gunung ini lingkungannya masih sangat asri, sehingga Anda tidak akan menyesal manakala melakukan pendakian disini. Pastinya lelah yang mungkin muncul akan terbayar lunas. Apalagi saat telah sampai di puncak, sungguh alam bisa terlihat sangat mengagumkan.

Yang tidak kalah menariknya, Anda juga bisa menemui warung pecel tertinggi di Indonesia ketika telah sampai di puncak. Tentukan makan pecel di puncak gunung akan semakin menambah keseruan. Jadi, objek wisata di kabupaten Magetan ini sangat recommended.

Gunung Bancak

Gunung Bancak

Gunung Bancak merupakan destinasi wisata yang menawarkan view yang sangat mengagumkan. Anda bisa melihat indahnya pepohonan, hamparan sawah yang luas, perbukitan, sekaligus rumah-rumah penduduk yang tertata saat sampai di puncak Gunung Bancak.

Ditambah lagi dengan suasana penuh kedamaian yang dipancarkan setelah Anda sampai di puncak. Jalur untuk sampai ke daerah Gunung Bancak ini cukup menantang. Karena itu, sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan. Anda bisa menambah keseruan dengan melalui medan berat yang ada.

Berada di lereng Gunung Lawu, Anda pasti akan memperoleh pengalaman yang berkesan setelah mengunjungi Gunung Bancak. Apalagi jika wisata dilakukan bersama keluarga. Tentunya akan semakin menambah keseruan. Akan tetapi, mengingat medannya yang berat, Anda harus senantiasa berhati-hati ya.

Taman Genilangit

Taman Genilangit

Taman Genilangit merupakan tempat wisata di Magetan yang mudah sekali untuk dijangkau. Pasalnya, letaknya tidak jauh dari pusat kota. Lebih tepatnya, Taman Genilangit ini berada di daerah kecamatan Poncol. Mungkin Anda yang tinggal di Magetan sudah sangat akrab dengan taman yang satu ini.

Karena lokasinya yang mudah dijangkau, tidak heran apabila Taman Genilangit selalu ramai, terutama saat weekend tiba. Pengunjung keluar masuk tanpa henti ketika di penghujung minggu. Hal ini tidak bisa terlepas karena keindahan alam yang ditawarkan oleh taman yang satu ini.

Bahkan, bukan hanya sekedar taman. Di dalamnya, Anda pun bisa menemui berbagai fasilitas serta wahana. Yang paling menjadi sorotan, terdapat wahana yang bertajuk sepeda angkasa. Ya, saat menaikinya, Anda akan merasakan bagaimana mengendarai sepeda di angkasa. Jika biasanya di jalan, tentu Anda menjadi bisa memperoleh pengalaman baru melalui sepeda angkasa ini. Mengenai pengaman, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah dilengkapi dengan alat pengaman yang kuat.

Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari

Berada di daerah Ngluweng, Ngancar, Plaosan, Magetan, daerah sekitar Air Terjun tirtosari masih kental dengan nuansa asri. Karena itu, Anda bisa sekali mengunjungi destinasi tempat wisata di Magetan Jawa Timur yang satu ini.

Suara gemericik air terjun yang tenang, sekaligus juga pepohonan di sekitarnya yang memunculkan sepoi-sepoi angin membuat Anda bisa menikmati suasana yang syahdu. Kesejukan tidak lagi diragukan. Jika Anda bosan dengan suasana kota yang penuh dengan keramaian, Air Terjun Tirtosari adalah jawaban yang tepat. Selain sejuk, wisata ini pun sangat instagramable untuk dijadikan sebagai spot foto.

Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo

Letaknya berada di dekat Telaga Sarangan. Karenanya, Anda bisa mengunjungi objek wisata yang jaraknya berdekatan saat berada di Magetan. Yang mana hal ini tentu akan membuat Anda dapat mempersingkat waktu. Sebab, waktu menjadi tidak habis hanya di perjalanan.

Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pundak kiwo bermakna sebagai pundak sebelah kiri. Barangkali penamaan ini memiliki makna tersendiri. Air Terjun Pundak Kiwo ini memiliki view yang sangat estetik. Wujud air terjunnya pun memanjakan mata. Sepanjang mata memandang, wisata Magetan ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Karenanya, bisa dijadikan sebagai tempat untuk relaksasi yang tepat.

Kedung Ngancar

Kedung Ngancar

Jika Anda merindukan suasana alam serta pegunungan yang sejuk, berkunjung ke Kedung Ngancar merupakan solusi yang tepat. Pasalnya, melalui Kedung Ngancar, Anda bisa menjumpai kesejukan yang mendalam. Boleh dikatakan, tiada sedikitpun gerah akan menghampiri ketika Anda berkunjung ke destinasi yang satu ini.

Selain itu, tempat wisata yang berada di daerah Tapen, Lembeyan, Magetan ini juga memiliki aliran air membentuk sebuah kolam yang sangat jernih. Pasti menjadikan Anda ingin segera menikmati kesegarannya saat berkunjung. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula bahwa kolam yang ada tergolong cukup dalam. Karenanya, Anda harus selalu berhati-hati ya.

Terowongan Lowo

Terowongan Lowo

Namanya sangat unik bukan? Lowo adalah sebutan untuk kelelawar dalam bahasa Jawa. Terowongan lowo bukan berarti terowongan yang mengantarkan Anda menemui kerumunan kelelawar, tetapi Anda akan disambut dengan kelelawar raksasa saat melewatinya. Tidak perlu khawatir, karena yang menjadi kelelawar merupakan patung buatan.

Wisata Magetan yang satu ini juga sangat diminati. Sebab, para pengunjung bisa merasakan keseruan melewati arus sungai yang tenang. Mereka pun harus melalui kelelawar sebagai terowongan. Pastinya akan sangat seru, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Tubing yang Berada di Wonomulyo

Tubing yang Berada di Wonomulyo

Tubing Wonomulyo adalah objek wisata kabupaten Magetan yang sangat tepat bagi Anda yang menyukai tantangan. Pasalnya, melalui tubing yang ada, Anda bisa melewati derasnya arus sungai yang disekelilingnya dilingkupi oleh deretan batuan.

Arus sungai yang jeram juga deras ini akan membuat liburan Anda penuh keseruan. Pastinya juga akan memberikan pengalaman yang berkesan. Akan tetapi, Anda pun tetap harus berhati-hati. Karena cenderung ekstrim, sebaiknya Anda tidak mengajak anak saat berkunjung kesini. Akan lebih baik apabila wisata Tubing Wonomulyo dilakukan bersama grup atau komunitas Anda.

Dam Jejeruk

Dam Jejeruk

Dam Jejeruk berada di daerah Candirejo. Dam Jejeruk ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang sangat mengagumkan bagi Anda yang menggemari dunia fotografi. Anda bisa berfoto secara natural untuk memperoleh hasil terbaik.

Dengan latar belakang aliran air, Anda dapat bergaya untuk menciptakan sebuah foto instagramable. Dijamin hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Apalagi jika ditunjang dengan outfit yang selaras, maka style Anda pasti akan semakin oke. Karenanya, jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini ya.

Sumber Mata Air Desa Jabung

Sumber Mata Air Desa Jabung

Sebagai sumber mata air, Sumber Mata Air yang berada di Desa Jabung ini tidak bisa terlepas dari kesegaran. Di sana, terdapat kolam air yang jernih dan segar. Anda bisa berkunjung untuk melepas penat dengan suasana penuh kedamaian.

Jika Anda mencari keindahan sekaligus kesegaran dari alam, Sumber Mata Air yang terletak di Desa Jabung ini merupakan jawaban yang tepat. Jadi, jangan sampai terlewat ya.

Bukit Sekitran

Bukit Sekitran

Dengan nuansa bukit, suguhan panorama alam yang disajikan sangat indah. Terdapat pemandangan sawah serta pegunungan yang menjulang tinggi ketika Anda berada di Bukit Sekitran. Berada di daerah yang tinggi, Anda pun bisa menjumpai suasana penuh kesejukan di dalamnya.

Kondisi tersebut tentu berbeda dengan keadaan kota yang cenderung panas. Maka dari itu, manakala Anda merasa bosan dengan suasana perkotaan, singgah untuk berwisata di Bukit Sekitran merupakan langkah yang tepat. Anda dapat merelaksasikan pikiran yang mungkin jenuh karena pekerjaan yang berat. Otak menjadi dapat direfresh kembali.

Embung Klumpit

Embung Klumpit

Embung Klumpit adalah tempat wisata di Magetan yang berisikan danau yang terhampar dengan penuh estetika. Anda bisa menjumpai pemandangan alam yang natural setelah sampai di Embung Klumpit. Yang tidak kalah menarik, kebersihan di daerah ini sangat terjangka, sehingga Anda bisa berkunjung secara nyaman.

Karena itu, Anda pun harus menjaga kebersihan yang ada. Tentunya tidak boleh ya membuang sampah sembarangan. Sebab, hal tersebut dapat menjadikan lingkungan tercemar. Supaya tetap asri, pastikan Anda membuang sampah di tempatnya ya.

Pada siang hari, air di danau Embung Klumpit terlihat dengan sangat jernih. Bahkan, memantulkan warna kehijauan yang bersih. Anda bisa menikmati indahnya alam melalui destinasi wisata Magetan yang satu ini. Selain itu, juga bisa berfoto ria dengan spot yang indah.

Puntok Geneng

Puntok Geneng

Boleh dikatakan, Puntok Geneng termasuk ke dalam wisata Magetan terbaru yang sedang hits saat ini. Di sana, Anda bisa mendapati pemandangan yang sungguh mempesona. Anda pun dapat menjadikannya sebagai spot foto yang sangat menarik.

Ditambah lagi dengan adanya jalan yang dicat warna-warni. Pastinya akan menjadikan hasil jepretan Anda semakin instagramable. Apalagi jika Anda menggunakan outfit yang pas, maka foto yang dihasilkan akan membuat siapapun takjub. Karenanya, jangan melewatkan keindahan dari Puntok Geneng ya.

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park

Senada dengan namanya, Anda akan terjun ke daerah forest park saat mengunjungi Mojosemi Forest Park. Namun, tidak perlu khawatir, karena forest park yang melingkupinya sudah dikemas dengan sangat baik. Bukan hanya forest park yang tentunya sangat instagramable untuk dijadikan sebagai spot foto, tetapi dalam Mojosemi Forest Park Anda bisa menemukan berbagai wahana outbound.

Karenanya, bagi Anda yang ingin menyelesaikan tantangan dengan keseruan, Mojosemi Forest Park ini adalah alternatif destinasi wisata yang sangat tepat. Saat berada di Jawa Timur, jangan sampai Anda tidak berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur ini ya. Dengan banyaknya wahana outbound, tepat sekali untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

Ujung Kulon

Ujung Kulon

Ujung Kulon tergolong ke dalam wisata Magetan yang tepat sekali untuk dijadikan spot foto. Lokasi tepatnya berada di daerah Janggan, kecamatan Poncol. Di sana, Anda bisa memandangi alam yang sangat asri. Pohon-pohon menjulang tinggi, udara segar melingkupi, serta angin pun tidak jarang menghampiri.

Anda juga bisa mendapati bukti hijau yang terhampar luas di sekitar Ujung Kulon. Karenanya, dapat dijadikan sebagai area untuk berfoto ria dengan sangat pas. Background yang ditampilkan sangat natural, sehingga hasil jepretan Anda pun pasti memuaskan.

Mbah Djoe Resort

Mbah Djoe Resort

Meskipun notabenenya merupakan sebuah tempat persinggahan untuk menginap, tetapi Anda bisa berkunjung untuk menikmati keindahan alam. Justru Anda menjadi dimudahkan, karena bisa berwisata untuk serta memperoleh daerah penginapan yang tepat.

Di sekelilingnya, alam masih sangat asri. Anda bisa melepas pikiran berat saat berkunjung ke Mbah Djoe Resort. Dengan kata lain, tepat sekali untuk dijadikan sebagai tempat untuk rehat.

Magetan Green Garden

Magetan Green Garden

Dalam Magetan Green Garden, Anda bisa menjumpai kebun bunga matahari yang bisa menjadikan foto semakin keren. Bunga matahari yang bermekaran akan menjadikan suasana semakin nyaman.

Bahkan, Magetan Green Garden juga menyediakan wisata edukasi, sehingga Anda bisa mengajak buah hati untuk berwisata sambil belajar. Untuk mengunjunginya, langsung saja Anda bisa menuju ke daerah Truneng Sukomoro, Magetan.

Jadi, itulah daftar 19 tempat wisata di Magetan. Sangat bervariasi bukan? Alam Magetan sangat mempesona. Anda bisa berkunjung untuk rehat sejenak melepas penat yang menghantui. Dengan demikian, Anda bisa kembali fresh untuk bekerja di esok hari.

Baca Juga: Wisata Bangkalan

Yang tidak kalah menariknya, sebagian besar objek wisata yang ada di Magetan, termasuk juga pantai daerah Magetan, tidak mematok harga tiket masuk. Artinya, Anda dan keluarga tidak perlu membayar biaya untuk memasuki wilayahnya. Hal ini berlaku terutama pada wisata alam. Cukup membayar biaya untuk parkir kendaraan, Anda bisa menikmati eloknya alam serta sejuknya udara yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *