Tempat Wisata di Majalengka

19 Tempat Wisata di Majalengka Keren Edukatif Untuk Keluarga

Posted on

Wajib hukumnya untuk tahu apa saja pilihan tempat wisata di Majalengka supaya Anda tahu mana yang harus dituju ketika sampai di Majalengka. Pastikan dulu apakah Anda akan berlibur ke Majalengka sebagai solo traveller, bersama keluarga, atau bersama para sahabat. Dengan siapa ata seperti apa gaya berlibur Anda menentukan objek wisata di Majalengka mana yang sebaiknya dituju.

Tempat Wisata di Majalengka

Wisata di Majalengka boleh dibilang kebanyakan berwujud alam. Wajar saja, karena memang semuanya yang datang ke Majalengka pastilah mencari wisata nuansa alam. Tidak hanya Gunung Ciremai saja tentunya, di sana Anda juga bisa mengunjungi Gunung Batu Tilu, Curug Tonjong, Curug Sempong, Bukit Alam Hejo, wisata paralayang, Kebun Teh Cipasung, Telaga Sangiang, Jembar Waterpark, hingga Lemah Putih, semua ada. Masih ada lagi pilihannya, berikut 19 wisata Majalengka Jawa Barat.

Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali

Pilihan tempat wisata di Jawa Barat yang pertama adalah Air Terjun Cibali. Air terjun di posisi pertama ini berada di Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Spesialnya air terjun yang satu ini adalah memiliki view yang masih benar-benar alami. Anda akan menemukan surga tersembunyi ketika sampai di air terjun ini, terlebih jika Anda datang di saat debit airnya deras, pasti akan semakin sempurna saja pemandangannya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kuningan

Udara yang ada di sana masih segar sehingga cocok untuk wisatawan yang datang dari kota besar dengan kesibukkan yang tinggi. selain udara yang menyegarkan sistem pernapasan, tempat wisata Majalengka Jawa Barat ini juga menawarkan area yang sangat bersih, tidak ada sampah maupun kotoran. Jika Anda tertarik untuk menikmati wisata ini, maka siap-siap saja mengeluarkan tenaga untuk berjalan dari tempat parkir ke air terjunnya.

Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung

Di Air Terjun Cilutung hampir setiap saat aliran airnya deras. Airnya psti bersih dan jernih, tidak tercampur oleh limbah atau zat berbahaya. Karenanya, siapa pun yang mengunjungi wisata Majalengka ini dan ingin menceburkan diri bisa langsung saja.

Namun, karena aliran airnya yang selalu deras wisatawan tetap diharapkan berhati-hati supaya tidak ada hal buruk terjadi. Untuk membuktikan keindahan air terjun di Majalengka ini, Anda bisa datang ke Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Masih berupa air terjun, hanya saja sebutan untuk objek wisata di Majalengka ini menggunakan ‘curug’. Meskipun Curug Muara Jaya sama-sama berwujud air terjun seperti dua wisata Majalengka terbaru di atas, pemandangan yang akan didapat pengunjung jauh berbeda.

Air terjun Cilutung dan Air Terjun Cibali adalah air terjun yang mengalir di tengah antara tebing. Sedangkan Curug Muara Jaya adalah air terjun yang melalui tebing dengan rimbunnya pepohonan. Perpaduan antara hijaunya daun dengan warna putih bening air bisa menyegarkan mata. Sudah dibangun jembatan sederhana untuk memudahkan wisatawan yang ingin lebih dekat dengan aliran air di sana. Jangan lupa membawa kamera, alamat objek wisata Majalengka ini berada di Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Curug Tonjong

Curug Tonjong

Curug Tonjong memang memiliki air terjun yang ketinggiannya hanya 4 meter saja, namun apa yang akan didapat wisatawan di sana adalah sebuah kesenangan dan keseruan. Pasti bahagia setelah bermain air di sana sehingga Curug Tonjong bisa disebut sebagai salah satu tempat rekreasi di Majalengka.

Air terjunnya yang pendek diakhiri dengan perairan yang tidak terlalu tinggi sehingga memungkinkan digunakan untuk bermain. Akses untuk dekat-dekat dengan terjunan air mudah karena sudah diberikan jembatan sederhana. Pemandangannya pun pasti oke, karena selain air yang masih sangat jernih, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan. Curug Tonjong terletak di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Curug Sempong

Curug Sempong

Masih berupa air terjun namun disebut sebagai ‘curug’. Curug Sempong berada di Desa Sempong, Kecamatan Majalengka. Jaraknya hanya sekitar 9 kilometer saja dari Alun Alun Kota Majalengka. Apalagi jika sebelumnya Anda pergi ke wisata Majalengka Gunung Panten, hanya butuh perjalanan sejauh 2 kilometer saja.

Anda akan berada di tebing-tebingan untuk bisa dekat dengan airnya yang berwarna putih jernih. Minim pepohonan, aliran airnya akan terjun di antara tebing-tebing berwarna coklat. Siapa saja bisa bermain di air terjun ini karena memang memungkinkan dan aman. Pasti menyegarkan, menjawab energi yang terbuang karena jalan kaki dari tempat parkir ke air terjun ini.

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Tentu saja, Anda juga harus mampir ke taman Gunung Ciremai. Tak harus mengagendakan pendakian untuk bisa menikmati wisata ini, karena di kaki gunungnya pun banyak spot-spot alam yang menarik untuk dinikmati.

Sangat memanjakan mata, pernapasan bisa kembali segar dan ringan karena bersihnya udara di sana. Untuk Anda yang mantap menikmati spot-spot alam di sekitar kaki Gunung Ciremai, bisa datang langsung ke Desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Gunung Ciremai memang bisa diakses dari kabupaten lain di Jawa Barat, yaitu di Kuningan. Namun akan ada pengalaman wisata berbeda jika Anda mengakses gunung ini dari Majalengka. Itulah mengapa Gunung Ciremai disebut dalam daftar tempat wisata di Majalengka kali ini.

Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu

Jika dari Gunung Ciremai saja masih dianggap kurang atau Anda sendiri memang merasa kurang puas, ada wisata di Kuningan lainnya yang hampir serupa. Anda bisa datang ke Gunung Batu Tilu untuk kembali mendapatkan suasana dataran tinggi, entah itu untuk bersantai, menikmati pemandangan dari ketinggian, atau mendapatkan udara segar.

Lebih pas disebut sebagai kawasan wisata Gunung Batu Tilu, sebab di sana nanti pengunjung bisa menikmati banyak hal yang ada di sana. Mulai dari adanya tiga bukit menjulang tak terlalu tinggi dan berupa sebuah batuan, dua sungai besar yang melintas di dekatnya, dan kawasan hutan yang tak jauh dari tiga bukit tadi.

Gunung Batu Tilu sangat pas dikunjungi wisatawan yang mencari pemandangan segar dan udara sejuk untuk berwisata. Untung saja ada objek wisata Kabupaten Majalengka ini yang bisa penuhi. Gunung Batu Tilu berada di Desa Girimukti, Kecamatan Kasokandel, Majalengka, Jawa Barat.

Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten

Terletak di kawasan Gunung Panten, wisatawan dari luar Majalengka bisa merasakan serunya paralayang. Mereka yang sudah sering melakukan paralayang pasti cukup kenal dengan objek wisata di Majalengka ini. Namun bukan berarti Anda yang belum pernah melakukannya tak bisa mencobanya.

Kawasan yang ada di Gunung Panten ini sering dijadikan lokasi kompetisi ajang olahraga paralayang. Sebab memang tempatnya sangat memungkinkan untuk dipilih. Anda yang ingin mencoba rasanya paralayang bisa siapkan budget sekitar 450 ribuan rupiah saja untuk keamanan, peralatan, dan jaminan.

Wisata Paralayang Gunung Panten berada di Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Majalengka, Jawa Barat.

Bukit Panyaweuyan Argapura

Bukit Panyaweuyan Argapura

Bisa berwisata tema alam, juga bisa mendapatkan spot-spot bagus untuk berfotografi, ini semua akan Anda dapatkan jika datang ke Bukit Panyaweuyan Argapura. Pemandangan di sana memang tak ada duanya, tak ada duanya di daerah asal Anda maupun di sesama Majalengka.

Aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung adalah dengan datang di pagi hari supaya bisa menikmati matahari terbit. Jangan kaget bila nanti Anda masih melihat tebalnya kabut di sana, karena bukit ini jelas berada di dataran tinggi. Bukit Panyaweuyan Argapura berada di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Majalengka, Jawa Barat.

Bukit Alam Hejo

Bukit Alam Hejo

Setelah Bukit Panyaweuyan Argapura, Anda akan kembali diberi opsi wisata Majalengka Jawa Barat berupa bukit. Ada beberapa permainan dan aktivitas yang bisa dilakukan di wisata ini. Beberapa diantaranya adalah pengunjung bisa main flying fox, ATV, dan lain-lain. Banyak juga mereka yang sengaja datang ke Bukit Alam Hejo untuk makan siang atau makan sore, sebab di sana telah disediakan warung-warung makan yang menyediakan makanan khas Majalengka.

Mendapat wisata kuliner juga mendapat wisata alam, ini yang akan didapat siapa saja yang datang ke Bukit Alam Hejo. Jika Anda tertarik, bisa langsung saja datang ke Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Majalengka.

Taman Nasional Sadarehe

Taman Nasional Sadarehe

Masih berada satu kawasan dengan Gunung Ciremai, Taman Nasional Sadarehe adalah wisata Majalengka yang berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.

Mayoritas pemandangan di sana adalah perkebunan teh. Anda bisa jalan-jalan bebas atau trekking di sekitar tumbuh-tumbuhan teh yang banyak ditanam di sana. Selain itu, menikmati suasana alam di tengah kebun teh pun juga bisa-bisa saja dilakukan.

Tempat wisata Majalengka ini berada di kaki Gunung Ciremai dan ditanami banyak sekali tumbuhan teh sejauh mata memandang, dua kombinasi sempurna untuk memanjakan visual dan menjadi agenda liburan yang sempurna.

Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung

Selain Taman Nasional Sadarehe, Anda punya opsi lain jika yang diinginkan benar wisata berupa kebun teh. Opsi selanjutnya adalah Kebun Teh Cipasung, merupakan objek wisata Kabupaten Majalengka yang berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat.

Untuk bisa menikmati pemandangan kebun teh di sana, Anda hanya perlu bayar untuk tiket masuk yang sebesar 3 ribu saja. Sangat murah untuk mendapat kesempatan menikmati indahnya perkebunan teh yang lengkap dengan udara sejuknya. Bisa sekedar bersantai di sana, berjalan di antara tumbuhan teh, makan siang, hingga fotografi.

Telaga Nila

Telaga Nila

Kini masuk dalam deretan objek wisata Kabupaten Majalengka berupa perairan. Pilihan pertama wisata perairan masih dengan nuansa alam adalah Telaga Nila. Telaga Nila berada di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Jika Anda datang k etelaga ini di siang hari yang cerah, maka Anda akan dapatkan pemandangan hasil tiga perpaduan warna. Tiga perpaduan warna yang dimaksud ini adalah natara hijau daun, biru tosca dari air, dan biru muda dari langit. Sangat cantik dan memanjakan mata, pasti betah berlama-lama di telaga ini.

Telaga Sangiang

Telaga Sangiang

Setelah ke Telaga Nila, supaya agenda liburan ke Majalengka lebih maksimal Anda juga bisa mampir ke Telaga Sangiang. Telaga Sangiang berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Majalengka. Menjadi pilihan wisata telaga selanjutnya setelah Telaga Nila.

Benar-benar asri dan bisa jadi jaminan. Air di sana cenderung berwarna hijau, sehijau pepohonan yang ada di tepiannya. Pemandangan yang serba hijau ini akan memanjakan mata dan fotografer mana saja yang mencari spot foto bertema alam. Telaga Sangiang juga sering dituju mereka yang berziarah ke Makam Keramat Pucuk Ulum, sebab dua destinasi ini berdekatan.

Bendungan Raksasa Rentang

Bendungan Raksasa Rentang

Mungkin dua wisata perairan di atas tak memungkinkan untuk dikunjungi karena cukup jauh dengan pusat kota. Jika benar demikian, maka Anda bisa jadikan Bendungan Raksasa Rentang sebagai alternatifnya. Di sana apa yang dinikmati adalah pemandangan bendungan yang deras alirannya.

Bisa untuk bersantai saja, juga bisa memesan makanan khas Majalengka di sekitarnya. Bendungan Raksasa Rentang berada di Jatitujuh, Pilangsari, Panogan, Majalengka.

Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja

Diberi nama Kolam Renang Balong Sang Raja karena tempat wisata Majalengka ini punya asal-usul. Asal-usulnya adalah dulunya kolam renang ini digunakan untuk pemandian para penjajah dari Belanda saja. meskipun sudah ditinggalkan dalam waktu yang lama, kolam di wisata ini masih berisi air.

Cocok dikunjungi untuk Anda yang mencari wisata klasik karena wisata ini masih terlihat kekunoannya. Ditambah lagi ada pepohonan rimbun di sekitarnya yang semakin memaksimalkan pemandangannya. Kolam Renang Balong Sang Raja berada di Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Jembar Waterpark

Jembar Waterpark

Kata siapa di Majalengka tidak ada wisata berupa waterpark? Jika benar yang dicari adalah wisata taman rekreasi air, maka datang saja ke Jembar Waterpark. Wahana yang diberikan di objek wisata di Majalengka ini sudah cukup memuaskan dan memberikan kepuasan untuk pengunjungnya.

Apalagi jika Anda berlibur ke Majalengka bersama anak-anak, pasti akan bahagia mereka karena di sana pengunjung tidak hanya bisa bermain air dan memainkan wahana air saja. ada juga patung-patung karakter yang bisa dijadikan spot foto untuk anak-anak. Jembar Waterpark berada di Desa Ranji Wetan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Harga tiket masuknya murah, mulai dari 20 sampai 25 ribuan saja.

Cadas Gantung

Cadas Gantung

Lagi-lagi ada tempat wisata di Majalengka yang bernuansa alam. Tidak mengejutkan karena memang tujuan datang ke Majalengka adalah untuk wisata alam. Dibutuhkan energi yang cukup untuk berlibur ke Cadas Gantung. Sebab tempat wisata ini akan membuat pengunjungnya harus naik-baik dengan medan yang tak biasa untuk sampai di pusat wisatanya.

Pusat wisata yang dimaksud adalah space atau area yang memberikan pemandangan paling maksimal dari wisata ini.

Lemah Putih

Lemah Putih

Terakhir ada wisata di Majalengka yang bernama Lemah Putih. Ikoniknya Lemah Putih adalah sebuah patung dinosaurus besar yang menyambut pengunjungnya. Apa yang bisa didapatkan wisatawan di Lemah Putih?

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cianjur

Tentunya masih saja pemandangan alam. Udara yang dihirup nanti benar-benar menyegarkan. Kesannya memang mirip seperti wisata yang sudah-sudah, namun ada kelebihan yang dimiliki Lemah Putih sehingga direkomendasikan. Lemah Putih adalah pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam atau momen sunset.

Langsung saja datang ke Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat jika hari sudah mulai sore untuk dapatkan pemandangan sunset cantik di sana.

Sembilan belas pilihan tempat wisata di Majalengka di atas sudah cukup untuk menjadikan agenda berlibur ke Majalengka lebih tertata. Kini Anda sudah tahu mana saja yang harus dituju saat sampai Majalengka, Jawa Barat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *