Tempat Wisata Di Malaka

10 Tempat Wisata Di Malaka, Surga Tersembunyi NTT

Posted on

Bagi sebagian orang, liburan adalah kebutuhan yang harus terpenuhi, sejenak melupakan kepenatan aktivitas harian akan agar pikiran fresh kembali. Entah per satu bulan sekali atau satu tahun sekali. Nah, di tahun ini apakah kamu sudah merencanakan agenda liburan? Atau masih mencari tempat yang cocok? Bagaimana bila berkunjung ke tempat wisata Nusa Tenggara Timur khususnya yang ada di daerah Malaka.

Tempat Wisata di Malaka

Sebagai salah satu kabupaten di NTT, Malaka cukup populer apalagi soal destinasi wisatanya. Ada cukup banyak tersembunyi di daerah ini yang belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Malaka yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Loodik

Pantai Loodik

Wisata ke Malaka tak lengkap rasanya kalau kamu tak berkunjung ke Pantai Loodik. Tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu eksotis, hamparan pasir putih dan lautan berwarna biru pun menjadi pemandangan sejauh mata memandang.

Duduk bersantai sembari menikmati es kelapa muda dan melihat pemandangan pantai Loodik, benar-benar memberikan efek relaksasi tersendiri, apalagi kalau kamu memang sedang butuh vitamin sea.

Ada hal unik yang bisa kita lihat, dimana terdapat sebuah pondok yang difungsikan sebagai rumah baca bagi masyarakat sekitar dan pengunjung. Pemuda setempat memang sengaja mendirikan pondok ini guna menyebarkan semangat membaca.

Baca Juga: Wisata Lembata

Pengelolaan tempat wisata ini pun masih dilakukan oleh para pemuda karang taruna sebab belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Berbagai fasilitas dibuat dengan sederhana namun akan menambah kenyamanan lebih saat berkunjung ke sini.

Pantai Motadikin

Pantai Motadikin

Letak geografis Malaka membuat kebanyakan destinasi wisata di sini adalah wisata pesisir. Kali ini adalah Pantai Motadikin yang berlokasi di Railor Tahak, Malaka Tengah, Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini memiliki garis pantai kurang lebih 10 km, di bagian bibir pantainya dihuni oleh 220 kepala keluarga. Mereka adalah para petani, nelayan lokal dan beberapa warga luar. Sehingga di samping pemandangan pantai yang akan memanjakan mata, kamu akan diperlihatkan bagaimana kehidupan masyarakat pesisir sesungguhnya.

Ratusan perahu nelayan berjajar rapi di sepanjang garis pantai. Di sepanjang pesisir pun tumbuh pohon bakau. Ada pula delta dan muara Sungai Benanain yang sudah diisi bening udang dan bandeng. Kalau mau membawa oleh-oleh khas pesisir, kamu bisa membeli ikan air tawar atau udang di sini.

Pantai Raihenek

Pantai Raihenek

Masih selanjutnya masih bertemakan pesisir yaitu Pantai Raihenek, berlokasi di Desa Rainawe, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu wisata bahari yang kerap dipadati oleh pengunjung.

Awalnya tempat ini memang belum mendapat perhatian dari pemerintah sehingga pemuda karang taruna setempat lah yang mengelola secara sederhana destinasi wisata Pantai Raihenek. Mereka membuat lopo, panggung dan beberapa fasilitas lainnya.

Mari kita doakan agar Raihenek segera mendapatkan perhatian pemerintah ya sehingga berbagai fasilitas bisa dikelola secara maksimal. Sebab masyarakat Nusa Tenggara kerap menjadikan pantai ini sebagai alternatif tempat liburan. Kalau semakin nyaman pasti akan semakin ramai dan itupun akan berpengaruh pada ekonomi local, betul kan?

Untuk datang ke sini pun sudah sangat dimudahkan, sebab melewati jalur utama. Transportasi sangat lancar, ada angkutan desa dan ojek. Namun bagi yang mau datang ke sini, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri sendiri belum ada rumah makan.

Pantai Abudenok

Pantai Abudenok

Pantai selatan satu ini letaknya berada di teluk Abudenok, kurang lebih 80 km dari Kota Atambua. Garis pantainya pun cukup panjang, mencapai 81 km, tanpa terhalang tebing dan hanya dipisahkan oleh muara sungai.

Hal unik yang hanya bisa dilihat dari Abudenok yaitu wisatawan dapat melihat gunung dan perbukitan yang ada di Australia Utara. Kok bisa? Karena Abudenok lokasinya cukup dekat dengan perairan Australia, tak heran bila beberapa nelayan ada saja yang menangkap ikan hingga wilayah perbatasan.

Eksotisme Pantai ini semakin bisa kita rasakan menjelang sore hari. Dimana moment matahari terbenam akan terjadi, lembayung senja yang memberikan efek siluet pada beberapa objek semakin terasa romantic.

Bila kamu tertarik berwisata ke pantai ini, kamu harus mempersiapkan beberapa hal mulai dari waktu kunjungan, penginapan dan transportasi. Khusus untuk transportasi, kamu harus sewa sampan atau perahu dan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit.

Pantai Wemasa

Pantai Wemasa

Pantai Wemasa merupakan tempat wisata di Malaka NTT yang menawarkan eksotisme pesona pantai timur yang khas. Hamparan pasir putih, ombak dan biru air laut adalah beberapa hal yang sudah pasti bisa kita lihat. Ada juga beberapa masyarakat yang kerap mengajak hewan kerbau peliharaannya untuk bermain di pantai.

Jumlah pengunjung yang datang ke sini terbilang tak terlalu banyak, jadi suasananya cenderung sepi. Cocok sekali untuk wisatawan yang lebih senang menikmati alam dengan lebih tenang, tanpa ada gangguan karena banyak lalu-lalang orang.

Air Terjun Mauhalek

Air Terjun Mauhalek

Wisata Malaka NTT selanjutnya masih berkaitan dengan air namun bukan wisata pesisi melainkan air terjun yakni Air Terjun Mauhalek, berlokasi di Lasiolat, Nusa Tenggara Timur. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai Surga Tersembunyi di Batas Negeri, kok bisa? Ya tentu saja karena pemandangan menakjubkan yang bisa membuat para pengunjung terpesona.

Air terjunnya sendiri bukan satu gelontoran yang langsung jatuh dari ketinggian, tapi jatuh ke sebuah tebing bebatuan dulu. Lalu airnya pecah dan membentuk puluhan alur, terlihat seperti tirai air yang sangat cantik alami.

Namun sedikit disayangkan, tempat wisata alam yang indah ini belum dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi. Sehingga pengunjung yang mau berganti pakaian atau ingin buang air kecil mungkin akan sedikit kesulitan. Tapi hal ini tentu tak mengurangi jumlah pengunjung yang datang.

Waktu yang cocok untuk datang ke air terjun mauhalek yaitu saat musim hujan dimana debit airnya lebih besar dan akan membentuk air terjun yang lebih indah. Tapi kamu juga harus hati-hati, karena saat musim tersebut jalanan cukup licin. So, sangat disarankan untuk menggunakan sepatu outdoor yang sangat mendung trekking menuju titik lokasi air terjun.

Teluk Maubesi

Teluk Maubesi

Saat wisata ke Malaka NTT, kamu juga jangan lewatkan untuk mengeksplor Teluk Maubesi. Satu-satunya teluk yang ada di Kabupaten ini dan memiliki beberapa mitos, histori serta pemandangan alam yang indah.

Di sekitar teluk kita bisa melihat beberapa tumbuhan mangrove yang merupakan habitat kelelawar serta lebah. Oleh sebab itulah, saat siang hari wisatawan dapat melihat langsung beberapa kelelawar yang sedang tidur di dahan mangrove.

Kalau soal jumlah pengunjung, Teluk Maubesi cenderung lebih sepi dibandingkan beberapa pantai lain. Belum banyak orang juga yang tau mengenai tempat wisata ini. So, kalau datang ke sini jangan lupa dokumentasikan lokasi wisatanya, kalau bisa publikasikan juga di sosial media agar semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

Tamkesi

Tamkesi

Tamkesi? Ada yang sudah pernah mendengar nama tempat wisata ini? Bukan pantai atau air terjun, Tamkesi merupakan dusun atau bisa dibilang sebuah desa adat yang mana kampungnya berada di dalam pohon rimbun dan di tengah tanah kering.

Di sini, kamu akan merasakan betapa kentalnya adat dan kebudayaan yang dipegang teguh oleh masyarakat setempat. Sederhana, tradisional namun juga mampu menunjukan salah satu kekayaan budaya Indonesia wilayah Timur.

Masyarakat Tamkesi sendiri adalah Klan Usboko dari Suku Dawan atau istilah setempatnya adalah Atoin Meto. Etnis yang tinggal secara menyebar di wilayah Timor bagian barat. Awalnya kebiasaan masyarakat adalah nomaden atau tinggal secara berpindah, namun sekarang sudah menetap di daerah Gunung Kembar Tapenpah dan Oepuah.

Sementara untuk kehidupan masyarakatnya sendiri bersikap sosial kolektif yang lebih mengutamakan kekeluargaan dan sudah diatur oleh hukum adat secara turun temurun. Oenanam Sai Maliat merupakan sebuah ungkapan yang dipegang teguh oleh suku Dawan maknanya setiap perbuatan buruk memiliki resiko dan resiko tersebut tidak hanya didapat oleh pelanggar melainkan pada seluruh suku. Bahkan dipercaya bahwa hukuman yang diberikan langsung dari Tuhan seperti dalam bentuk bencana.

Saat kamu berkunjung ke Tamkesi, sebaiknya cari tahu dulu ya apa sih hal yang biasa mereka lakukan, bagaimana cara menyapa para penduduk, dan lain-lain. Dengan begitu kamu bisa disambut dengan baik oleh penduduk setempat. Bila sedang diadakan ritual tertentu pun sebaiknya kamu hormati ya.

Gua Maria

Gua Maria

Gua Maria merupakan sebuah tempat yang dianggap suci oleh umat kristiani. Beberapa orang yang datang ke sini kerap berdoa guna menyucikan jiwa. Nuansa alam yang kental pun sangat terasa, tumbuhan hijau dan angin sepoi semakin memberikan kekhusukan saat berdoa.

Bagi yang bukan umat kristiani pun bisa datang ke sini, sekedar melihat bagaimana bentuk gua maria dan menikmati suasana alamnya. Namun bila ada orang yang sedang berdoa, kamu tak boleh terlalu berisik sebab akan sangat mengganggu. Mari menghargai setiap perbedaan karena itu adalah salah satu sifat yang dimiliki bangsa Indonesia.

Pantai Berluli

Pantai Berluli

Dan tempat wisata yang terakhir adalah Pantai Berluli, lokasinya ada di Jalan Ki Hajar Dewantara, Umanen, Atambua Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang mempunya beragam spot kece ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh pengunjung local, apalagi saat akhir pekan.

Eksotisme pemandangan alam yang khas bisa kita rasakan. Hamparan pasir putih sejauh mata memandang, air laut dan ombaknya yang stabil. Ada juga tebing karang di bagian pinggir pantai, sungguh perpaduan alam yang sangat harmonis.

Baca Juga: Wisata Sikka Maumere

Datang ke sini sekedar bermain air atau menyusuri bibir pantai pun sudah cukup untuk menghilangkan kepenatan. Jangan lupa untuk mendatangi beberapa spot foto instagramable yang ada di sekitar pantai. Kalau bisa sih setelah mengambil gambar kamu publikasikan ke sosial media sehingga pantai satu ini bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Melaka yang sudah diulas! Bagaimana, sudah siap untuk menjelajahi surga tersembunyi yang ada di wilayah timur ini? Yuk langsung saja buat itenary, tentukan waktu dan siapkan perlengkapan atau peralatan yang kamu butuhkan. Ajak teman-temanmu juga ya agar perjalanan kamu semakin menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *