21 Tempat Wisata di Malang, Kota Apel yang Sejuk

Posted on

Tempat wisata di Malang sebagai kota wisata memang sangat banyak. Apalagi, daerah Malang raya memang memiliki luas wilayah yang sangat besar dengan kondisi geologis yang unik. Di ujung barat dan utara Malang, terdapat pegunungan yang memiliki banyak objek wisata alam seperti air terjun, kebun teh, hingga paralayang.

Di sisi lain, pada bagian selatan Malang terdapat tempat wisata alam seperti pantai. Selain objek wisata Malang yang bersifat alami, ada juga destinasi yang memang dibuat untuk hiburan dan sarana edukasi. Mulai dari taman, playground, spot fotografi, hingga museum. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih.

Tempat Wisata di Malang Alami dan Buatan

Tempat wisata di Malang yang alami meliputi pantai, air terjun, bukit, dan gunung. Agar tak penasaran, maka inilah beberapa list nama-nama objek wisata tersebut.

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Kebun teh Wonosari terletak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Destinasi wisata di Malang ini merupakan kebun teh yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selain bisa menikmati indahnya tea garden yang luas, Anda juga akan bisa bersantai di café ala Belanda, melihat pabrik teh, dan menginap di villa dengan bentuk arsitektur ala Belanda yang khas.

Baca Juga: Wisata Magetan

Fasilitas yang terdapat di objek wisata tersebut antara lain kolam renang, flying fox, dan kuda untuk dinaiki. Anda juga dapat menyewa kendaraan khusus untuk menjelajah area sekitar tanaman teh dan melihat langsung aktivitas petik teh saat musim panen tiba.

Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan sebuah tempat liburan di Malang alami yang merupakan air terjun dengan titian panjang menuju sumbernya. Ada lebih dari satu air terjun di sana, dan inilah salah satu hal yang menarik dari spot fotografi alami tersebut.

Sesuai dengan namanya, Anda akan dapat melihat pelangi yang muncul di depan air terjun ketika siang hari. Fenomena ini terjadi karena air terjun terus menerus jatuh saat matahari menyinari area sekitarnya. Jadi, spektrum warna tersebut akhirnya tampak dalam pelangi yang sangat indah dan menyebabkan nama dari destinasi ini adalah Coban Pelangi.

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul

Beralih ke bagian barat Malang, terdapat objek wisata yaitu Desa Wisata Pujon Kidul yang dikenal sebagai one stop entertainment. Bagaimana tidak, tempat wisata Malang ini memang unik dan sangat alami. Anda akan dapat menikmati kesejukan khas daerah pegunungan dengan suasana desa yang nyaman.

Boonpring Andeman

Boonpring Andeman

Di Malang wisatanya memang sangat berkesan, dan konsepnya pun sangat menarik. Anda akan melihat banyak hutan bambu yang unik dan sudah tertata jalannya. Konsep ini banyak ditemukan di tempat-tempat wisata Jepang. Namun, tanpa harus membayar mahal Anda dapat mendatangi Boonpring Andeman untuk menyaksikan keindahannya di tempat sejuk.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Seperti namanya, tempat liburan di Malang ini memang sangat alami dan mempunyai banyak keunggulan. Pasir putih  nan eksotis dan deburan ombak membuat suasana sangat nyaman untuk dilewati bersama keluarga. Apalagi, Anda akan dapat menemukan kerang, ikan dan beberapa biola laut lainnya di sana.

Bukan hanya di pantainya, beberapa meter sekitar objek wisata ini juga ada bukit yang cocok untuk berfoto. Bagi Anda pecinta selfie, jangan lewatkan destinasi yang sangat memorable didatangi bersama orang terdekat tersebut.

Bukit Nirwana Pujon

Bukit Nirwana Pujon

Kecamatan Pujon memang istimewa, karena memiliki banyak destinasi wisata Malang terbaru yang unik. Salah satunya yaitu Bukit Nirwana Pujon. Berlokasi di Desa Tulungrejo, bukit ini dikelilingi oleh beberapa gunung yang membuat pemandangan sunrise maupun sunsetnya sangat istimewa. Bahkan, udaranya pun sejuk dan menenangkan.

Ada banyak keunggulan di lokasi ini. Misalnya spot fotografi dengan bentuk perahu, area pagar bambu, dan kawasan Gardu Pandang Bintang. Sesuai dengan namanya, Anda akan dapat menciptakan momen berharga dengan orang terdekat sambil melihat keindahan bintang pada malam hari.

Coban Rais

Coban Rais

Bukan sembarang air terjun, di Coban Rais Anda tidak akan hanya melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Tapi, terdapat pula wahana unik seperti sepeda gantung yang memungkinkan Anda mengendarainya tanpa menginjak tanah.

Lokasi objek wisata ini adalah di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Coban Rais cukup mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda 4 maupun 2. Medannya pun mudah dan jalanan menuju ke sana tidak terjal. Apalagi, di sekitar destinasi wisata Malang ini memang terdapat banyak penginapan yang cocok untuk keluarga.

Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko

Suka berpetualang dengan medan terjal yang sulit ditaklukkan? Jika ya, maka Anda tentu akan cocok untuk mengunjungi Pantai Jonggring Saloko. Keindahan pantai “perawan” yang masih minim fasilitas ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berpetualang.

Selain masih alami, objek wisata Malang ini juga menantang, karena terletak di pantai selatan yang terkenal memiliki ombak cukup tinggi. Namun, Anda perlu memastikan untuk mengunjunginya saat arah angin dan musimnya mendukung, agar tidak beresiko terkena gelombang pasang maupun tanah longsor.

Pulau Sempu

Pulau Sempu

Bagi Anda yang belum pernah ke Malang, tak ada salahnya untuk mengunjungi Pulau Sempu yang terletak di bagian selatan Kabupaten. Pulau ini memang terpisah dari Kota Malang tetapi masih bagian dari daerah Malang Raya. Jadi, Anda bisa menyeberang dengan menggunakan perahu kecil untuk sampai ke sana.

Saat musim kemarau tiba, maka suasananya akan sangat menyenangkan. Anda dapat mengambil foto di beberapa spot yang sangat instagramable. Bahkan, tempat wisata terbaru di Malang ini juga semakin banyak memiliki hal-hal menarik seperti akses mudah, pelayanan di sekitar yang ramah dan ada juga spot kuliner serta souvenir di sekitarnya.

Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang

Wisata Kota Malang tak lengkap tanpa mengunjungi landmarknya, yaitu alun-alun. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang merupakan pusat kota sejak zaman penjajahan Belanda. Di sekelilingnya, terdapat beberapa spot yang unik seperti gereja yang bersebelahan dengan masjid, kantor pos dengan tatanan antik, dan juga pusat perbelanjaan.

Dengan demikian, bisa dikatakan jika Anda berwisata ke alun-alun maka pasti ada banyak tempat dapat dikunjungi. Di dalam taman ini terdapat area bermain anak-anak, air mancur, dan tempat piknik yang seru. Selain itu, tempat parkir dan tempat duduk di sepanjang pinggiran lokasi juga sangat teratur dan nyaman untuk melepas penat bersama keluarga.

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke sebuah kota tanpa belajar tentang sejarahnya. Jika Anda adalah penyuka sejarah atau hobi berfoto gaya klasik, maka tentu vibes Museum Brawijaya sangat cocok untuk dicoba. Destinasi wisata di Malang Kota ini tidak hanya keren, tetapi juga antik dan memiliki gaya klasik dalam setiap koleksinya.

Terdapat beberapa jenis tank, senjata api laras pendek dan panjang, serta gerbong “maut” yang pernah membawa penumpang dalam jumlah banyak sehingga tidak banyak yang selamat. Di bagian belakang pada malam hari, Anda dapat menikmati keindahan bangunan antik tersebut sambil ngopi dan lesehan. Tentunya, pengalaman ini akan sangat mengena dan unik bagi siapa saja yang suka sejarah.

Kampung Warna Warni

Kampung Warna Warni

Berlokasi di Kelurahan Jodipan, kampung ini menjadi sangat terkenal karena murah, unik dan cocok untuk area fotografi. Luas areanya yang cukup mendukung membuat wisata lebih nyaman dan tidak berdesakan. Apalagi, konsep rumah warga yang berwarna warni serta di beberapa titik terdapat lukisan memang sangat menarik.

Anda akan bisa mengunjunginya mulai pagi hingga malam hari. Di tempat wisata Malang kota ini terdapat pula topeng dan payung yang digantung sebagai latar belakang fotografi nan indah. Bagi Anda yang suka membeli souvenir, maka pastikan untuk mencari aneka barang-barang unik dengan vibes warna-warni di lokasi tersebut.

Kampung Tridi

Kampung Tridi

Lokasi dari Kampung Tridi hanya dipisahkan oleh jembatan kaca dari Kampung Warna-warni. Faktanya, jika Anda pergi ke Kampung Warna-warni, maka secara otomatis Anda juga lebih mudah mencapai Kampung Tridi.

Keunikan dari destinasi wisata Malang kota ini antara lain lukisan yang bersifat tiga dimensi. Karena keunikan tersebut, maka tak jarang ada orang yang berfoto di sana dan mengabadikan momen bersama orang terdekat. Apalagi, dengan jembatan kaca yang anti mainstream, Anda akan seperti sedang jalan-jalan ke jembatan kaca China yang terkenal itu.

Perpustakaan Kota Malang

Perpustakaan Kota Malang

Berwisata tidak melulu soal hiburan, tetapi juga edukasi yang mendukung pembelajaran. Malang adalah kota tempat 3 universitas negeri yang peringkatnya tergolong amat baik di Indonesia. Karena itulah, tidak heran jika banyak orang melakukan studi wisata ke kota ini.

Salah satu objek wisata di Malang kota yang terkenal sebagai pusat pembelajaran adalah perpustakaan. Di sana, ada beragam buku baik dari dalam maupun luar negeri. Anda yang mengajak anak-anak ke sana juga akan menemukan pusat baca untuk balita hingga remaja. Bahkan, terdapat pula ruang baca dengan buku bertulisan huruf Braille yang memudahkan penyandang tunanetra untuk mengaksesnya.

Kampung Keramik Dinoyo

Kampung Keramik Dinoyo

Pernahkah Anda membayangkan untuk berwisata melihat bagaimana pembuatan tembikar dan bahan-bahan keramik? Jika belum, maka saatnya untuk mencoba berwisata ke kampung keramik Dinoyo, yang terletak tidak jauh dari universitas negeri di Kota Malang.

Tempat wisata di Malang ini merupakan sebuah perkampungan yang dekat dengan pusat pembuatan keramik. Karena itulah, banyak dari warganya yang menjadi pengrajin souvenir pernikahan, guci keramik, vas bunga dan lain sebagainya. Soal harga jangan ditanya, karena untuk produk berkualitas terjamin pun dibanderol sangat terjangkau.

Tugu Kota Malang

Tugu Kota Malang

Landmark lain dari Kota Malang adalah tugu yang dibangun tepat di depan balai kota. Selain bangunannya yang keren, di sekitar tugu juga ada alun-alun berbentuk lingkaran, yang berbeda dengan Alun-alun Malang. Alun-alun Tugu memiliki bentuk lingkaran dengan banyak bunga yang unik dan kolam teratai.

Punya agenda ke tempat wisata Malang kota memang tak dapat terlupakan. Apalagi jika sudah berfoto di depan Tugu Kota Malang. Pastinya, vibes yang akan dirasakan memang sangat kuat. Terlebih lagi, di dekat area tersebut juga ada beberapa objek wisata yang saling berdekatan.

Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling

Beralih ke Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, di sana terdapat tempat wisata yang sudah terkenal dari dulu, yaitu Taman Rekreasi Sengkaling. Sebagai destinasi yang sangat lama ada, tempat ini terus diperbaiki dan diperlengkap fasilitas dan area bermainnya.

Anak-anak bisa berenang di kolam renang yang punya banyak fasilitas bermain. Bukan hanya itu, terdapat pula wahana-wahana lain yang tak kalah seru. Jika ingin menjajal aneka kuliner khas Malang, Anda pun bisa mencoba ke Sekul atau Sengkaling Kuliner yang siap memanjakan lidah.

Masjid Tiban

Masjid Tiban

Kata “tiban” yang mengikuti nama masjid ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Karena arti dari “tiban” sendiri adalah tiba-tiba ada atau tak terduga. Faktanya, masjid yang sangat megah seperti bentuk kerajaan ini memang unik karena memiliki bangunan super klasik nan elegan.

Yang lebih mencengangkan lagi, destinasi wisata di Malang untuk kebutuhan religius ini tidak mempunyai desainer seperti pada umumnya, yaitu arsitek. Menurut pendirinya, di sana hanya kyai yang merancang desainnya, dan kemudian para santri membantu dalam penyelesaian bangunan hingga rampung. Wah, unik dan sangat aneh bukan?

Hawai Water Park

Hawai Water Park

Sebagai salah satu tempat wisata terbaru di Malang, Hawai Waterpark berlokasi di dekat terminal Arjosari sehingga mudah untuk didatangi meskipun Anda menggunakan sarana transportasi umum. Seperti namanya, destinasi tersebut memberikan kenyamanan berekreasi dengan tema air. Jadi, Anda akan bisa berenang di sana bersama dengan anak-anak.

Bentuk luncuran air yang unik ditambah kolam dengan aneka ukuran memberi ruang bagi anak-anak untuk berlari, meluncur dan bersenang-senang. Apalagi, ada juga gelombang buatan yang membuat para pengunjung merasakan seperti sedang di laut dengan ombak yang tenang. Intinya, tempat bermain air ini memang sangat recommended untuk keluarga.

Candi Singosari

Candi Singosari

Pada zaman kerajaan Hindu-Budha, Malang menjadi salah satu daerah pusat peradaban Kerajaan Singosari. Jadi, terdapat banyak peninggalan bersejarah yang menakjubkan seperti Candi Singosari. Di sana, terdapat bangunan yang menunjukkan kemegahan kerajaan di zaman dahulu.

Tidak jauh dari tempat liburan di Malang yang edukatif ini, terdapat arca besar yang menjadi salah satu tempat berfoto yang sangat memorable, karena tidak semua kota memiliki candi besar dengan arca masih utuh. Apalagi, Anda juga dapat menjajal beragam sajian kuliner khas Malang di area tersebut yang memang terkenal sebagai sentra kuliner, seperti bakso, strudel, lapis Tugu, dan rawon.

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Suka jalan-jalan saat malam hari? Tentunya Anda bisa mengunjungi Malang Night Paradise yang akan menyajikan aneka lampion menarik dengan berbagai bentuk. Destinasi wisata Malang ini memiliki luas area yang sangat bisa mengakomodasi kebutuhan untuk berekreasi. Ditambah lagi, di sana juga ada aneka bentuk kerangka hewan, tumbuhan hingga makhluk hidup lainnya yang menyala dalam kegelapan.

Baca Juga: Wisata Banyuwangi

Mengambil foto di lokasi ini memang sangat memorable. Apalagi jika Anda sedang melewatkan waktu bersama keluarga. Dijamin, momen yang diabadikan akan sangat mengena dan acara jalan-jalannya pun akan semakin seru.

Ternyata, tempat wisata di Malang memang sangat banyak bukan? Ada yang alami dan didesain khusus untuk memanjakan diri dan berelaksasi. Bahkan, ada pula yang cocok untuk berwisata edukasi maupun hiburan keluarga. Jadi, jangan ragu untuk pergi ke kota yang akan memberikan banyak kenangan dan kerinduan tersebut. Sejuknya Malang pasti akan membuat Anda dan keluarga betah berlibur di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *