Tempat Wisata di Maluku Barat Daya

12 Tempat Wisata di Maluku Barat Daya Paling Indah

Posted on

Mau berkunjung ke Maluku dalam rangka liburan? Pilihan yang sangat tempat! Menjelajahi tempat wisata di Maluku Barat Daya memang bisa memberikan pengalaman paling tak terlupakan. Sebab ada banyak destinasi yang menyuguhkan keunikannya tersendiri. Mulai dari yang bertemakan pantai, danau, taman nasional hingga pegunungan.

Tempat Wisata di Maluku Barat Daya

Salah satu daerah yang sebaiknya tak terlewatkan adalah Maluku Barat Daya. Berbagai wisata populer bisa Anda jumpai di sini, diantaranya Pantai Gerdaris Nyama, Pantai Lintu Kota Ambon, Pulau Naira, Kepulauan Tanimbar, Taman Laut Masbuar, Taman Nasional Manusela, Danau Tihu, Pulau Romang, Gunung Kerbau, Gunung Binaiya, hingga Gunung Api Banda.

Nah, agar tahu apa saja hal menarik dari tempat-tempat yang sudah disebutkan, simak lebih lanjut yuk ulasan berikut ini.

Pantai Gerdaris Nyama

Pantai Gerdaris Nyama

Berbicara soal obyek wisata Maluku Barat Daya memang hampir semuanya punya sebutan the hidden paradise atau surga tersembunyi. Sebab pemandangannya yang begitu indah dan sangat mempesona. Seperti Pantai Gerdaris Nyama, salah satu pantai yang berada di Maluku Barat Daya.

Daya tarik yang dimiliki pantai ini bukan hanya pemandangan indah yang masih terjaga keasliannya. Gendaris merupakan pantai dengan garis terpanjang di Pulau Moa, pulau terbatas di Maluku Barat Daya.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Aru

Panjang garis pantainya mencapai 7 kilometer. Karena panjangnya ini pula, pantai ini sering dijadikan arena pacuan kuda. Wisatawan yang berkunjung ke sini benar-benar akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan seru.

By the way, di sini ada banyak spot foto menarik loh! So jangan sampai kelewatan untuk mengabadikannya menggunakan kamera ya.

Taman Pintu Kota Ambon

Taman Pintu Kota Ambon

Wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi memiliki nama yang unik yakni Taman Pintu Kota Ambon. Bukan tanpa sebab mengapa penamaannya seperti itu melainkan ada bagian dari pantai ini yang tampak seperti pintu menuju pantai lain.

Pintu tersebut terbuat dari batu alami, sangat besar ukurannya sehingga menjadi objek foto yang menarik. Terlepas dari adanya pemandangan unik tersebut, wisatawan tetap bisa nikmati suasana pantai yang khas layaknya pantai-pantai di Indonesia bagian Timur.

Apa yang ada di dasar pantai bukan hanya pasir saja, saking jernihnya para pengunjung bisa melihat bebatuan karang yang membuat kaki sedikit linu serta tumbuhan laut yang membuatnya licin. Perlu hati-hati ketika bermain di sana supaya tidak jatuh.

Pulau Nus Eden

Pulau Nus Eden

Masih belum puas dengan pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas? Oke kalau begitu cobalah berkunjung Pulau Nus Eden. Siapapun bisa berkunjung ke sini untuk menikmati suasana pesisir yang khas.

Berbagai aktivitas pantai menyenangkan pun dapat dilakukan. Mulai dari berjemur, melihat pemandangan di bibir pantai, berenang, hingga melihat penyu bertelur. Nah, bagi yang memiliki hobi memancing, bisa banget loh melakukannya di Nus Eden.

Dan yang paling menarik, di pulau ini hanya ditumbuhi satu jenis pohon saja. Nama pohonnya adalah Pandan Hutan, akan Anda temui di seluruh penjuru pulau ini.

Satu lagi hal yang perlu diketahui dari wisata Maluku Barat Daya ini, dimana wujudnya merupakan pulau pasir. Jadi saat berjalan, wisatawan bukan berjalan di atas tanah melainkan di atas pasir, perlu berhati-hati saat melintasi spot-spot tertentu.

Pulau Naira

Pulau Naira

Bila melihat dari segi administratif, Pulau Naira ini masuk dalam Kawasan Kecamatan Naira dan masih berada di Maluku Barat Daya. Nah, sebelumnya apakah pernah mendengar nama Banda Naira atau Banda Neira? Nama tersebut ternyata berasal dari pulau ini.

Pulai Naira sangat populer, tak heran bila banyak biro traveler yang menjadi Naira sebagai wisata tujuan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alam pesisir yang eksotis akan membuat mata terpesona.

Uniknya lagi, wisatawan bisa menjumpai pemukiman yang terletak berada di tengah hutan alami. Saling bersinggungan, namun tetap terjaga. Tapi maksud hutan di sini bukan hutan belantara yang dipenuhi binatang buas ya. Melainkan hutan yang memang sudah dijadikan sebagai lahan beraktivitas. So, bagi yang mau menjelajahi hutannya pun tak perlu khawatir lagi.

Kepulauan Tanimbar

Kepulauan Tanimbar

Berkunjung ke Kepulauan Tanimbar akan memberikan paling tak terlupakan. Mulai dari awal perjalanan menuju pulau hingga sampai di pulau, mata tak henti-henti dibuat takjub. Untuk bisa sampai di sini, wisatawan harus naik perahu yang sudah disediakan.

Perlu diketahui kalau Pulau Tanimbar ini terdiri dari beberapa pulau kecil dan pulau yang terbesarnya adalah Pulau Yamdena, Pulau Larat, dan Pulau Selari.

Obyek wisata Maluku Barat Daya Pulau Wetar yang populer dan akan dibahas artikel di ini pun juga termasuk dalam Kawasan Kepulauan Tanimbar. Bila ingin menjelajahi seluruh pulau di Tanimbar, tak akan cukup hanya dalam waktu satu hari saja. So, sebaiknya sediakan waktu 1-2 minggu untuk liburan di sini ya.

Taman Laut Masbuar

Taman Laut Masbuar

Taman Laut Masbuar, wisata Maluku Barat Daya yang memiliki daya tarik karena keanekaragaman hayati alam bawah lautnya. Kawasan yang sangat bisa memanjakan para penikmat snorkeling dan diving. Sebab ada banyak spesies ikan yang akan menemani selama wisatawan menyelam.

Saat berada di Kawasan perairan ini sebaiknya jangan buru-burung pulau ya! Menjelang sore hari, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan senja yang begitu indah dan romantic. Warna langit akan berubah menjadi orange, matahari akan tenggelam, siluet pun semakin terlihat sempurna.

Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela sebenarnya merupakan Kawasan konservasi yang memiliki luas hingga 180 hektar. Namun ada beberapa area yang dibuka untuk umum. Bila melihat dari namanya saja yakni Konservasi maka sudah jelas kita bisa menjumpai berbagai macam jenis flora dan fauna.

Nuansa alam di Taman Nasional ini sangat terjaga. Udara sekitar pun terasa lebih menyejukkan.

Bukan hanya menjelajahi Kawasan hutan yang dipenuhi dengan rimbun pepohonan saja. Semakin dalam menuju hutan, wisatawan akan menjumpai sebuah danau alami lengkap dengan keanekaragaman hayatinya.

Tak hanya sampai disitu saja traveler, di taman nasional ini juga ada 2 cagar alam yang harus banget dikunjungi yakni Wae Mual dan Wae Nua. Datang ke sini memang tak ada habisnya dibuat kagum, bagi penikmat adventure tentu akan sangat dimanjakan sekali.

Danau Tihu

Danau Tihu

Danau Tihu atau disebut juga sebagai Telaga Timur merupakan danau di Maluku Barat Daya yang memiliki area cukup luas serta kaya akan aneka ragam hayati. Selain itu, Tihu juga satu-satunya danau yang berada di Pulau Wetar.

Suasana alam alami, udara yang sejuk dan air yang bening memberikan pesona tersendiri pada wisata satu ini. Para pengunjung bisa menikmati momen relaksasi sebab suasananya terbilang cukup sepi.

Pulau Romang

Pulau Romang

Pulau Romang merupakan rekomendasi pulau lain yang termasuk dalam wisata Maluku Barat Daya dan harus sekali dikunjungi. Selain menawarkan pemandangan alam yang masih asri, wisatawan akan diajak menjumpai sebuah pertambangan emas yang sampai sekarang masih aktif beroperasi.

Kondisi alam Pulau Romang masih sangat terjaga keasliannya. Ada banyak tumbuhan rimbun yang sangat meneduhkan dan memberikan suplai oksigen bersih. Di samping itu, ada beberapa pantai Pulau Romang yang belum diketahui oleh orang banyak. Bila menemukan salah satunya cobalah untuk menepi dan menjelajahinya. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang tinggi pasti merasa sangat terpanggi, betul tidak?

Gunung Kerbau

Gunung Kerbau

Apakah Anda merupakan penikmat ketinggian? Kalau iya, yuk langsung dicatat saja wisata Gunung Kerbau pada itinerary wisata. Sebuah dataran tinggi yang berada di Pulau Moa. So, bila berkunjung ke Pulau Moa sebaiknya jangan lewatkan berkunjung ke Puncak Moa ya.

Spot alami yang diberikan adalah kawasan savana atau padang rumput. Dimana saat musim kemarau kita akan menjumpai padang rumput yang gersang dengan rumput yang mengering. Sementara saat musim hujan kita akan menjumpai padang rumput yang segar lengkap dengan beberapa pepohonan.

Bukan hanya mata yang akan dimanjakan, namun paru-paru pun akan semakin sehat. Sebab suplai oksigen di Gunung Kerbau sangat cukup dan bersih. Wisatawan akan merasa nyaman, ditemani angin sepoi yang sesekali menyapu wajah.

Gunung Binaiya

Gunung Binaiya

Ada tiga gunung yang disebutkan dalam daftar tempat wisata di Maluku Barat Daya ini, namun yang tertinggi adalah Gunung Binaiya. Biasa disebut sebagai atap Maluku, gunung ini memiliki ketinggian hingga 3000 an meter dari permukaan laut. Cukup tinggi memang, namun bagi para penikmat ketinggian ini bukan masalah. Ada banyak pendaki dari berbagai daerah yang datang ke Maluku hanya untuk mendaki Gunung Binaiya.

Tak seperti gunung lainnya yang masih dihias dengan rerumputan, gunung ini sudah full bebatuan dengan sedikit pohon dan awan di bagian atasnya. Tertarik untuk coba?

Bila ingin melakukan pendakian, pastikan kondisi cuaca sedang bagus ya. Alias tidak sedang musim hujan dengan curah hujan tinggi. Sebab bisa dipastikan jalan akan lebih licin dari biasanya. Kemungkinan, para pendaki pun harus menginap minimal 1 hari 1 malam. Jadi jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai macam perlengkapan serta makanan dan minuman secukupnya.

Gunung Api Banda

Gunung Api Banda

Pilihan obyek wisata Maluku Barat Daya terakhir yang bisa dikunjungi adalah Gunung Api Banda. Nama gunung tersebut diberikan sesuai dengan letaknya yakni  berada di Laut Banda. Lebih tepatnya lagi berada di Kawasan Pulau Neira. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Neiar sebaiknya jangan terburu-buru, sebab ada puncak yang wajib didaki. Memang akan cukup melelahkan, namun segera terbayar setelah sampai di atas puncak.

Baca Juga: Wisata Pulau Seram

Ada banyak pepohonan yang tumbuh dengan rimbun memberikan suasana yang berbeda. Udara pun terasa lebih menyegarkan. Saat sampai di puncak, sudah dipastikan pemandangan yang bisa disaksikan adalah Kawasan perairan Neira yang terlihat sangat jelas. So, buat yang membawa kamera jangan lupa mengabadikan pemandangan indah tersebut ya!

Oke traveler itulah 12 tempat wisata di Maluku Barat Daya yang bisa Anda masukkan ke dalam itinerary wisata saat hendak menjelajahi Maluku. Untuk soal akomodasi penginapan atau kendaran sudah tak perlu khawatir lagi, sebab Anda bisa menyewanya sebelum hari H keberangkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *