Tempat Wisata di Maluku Tengah

13 Tempat Wisata di Maluku Tengah Untuk Menghapus Stres

Posted on

Ada banyak pilihan tempat wisata di Maluku Tengah yang saking cantiknya bisa merubah jalan pikiran siapapun. Yang tadinya banyak pikiran atau stres karena rutinitas di kota asal, bisa pulang dengan lebih fresh dan santai setelah liburan di Maluku Tengah. So, yang sedang butuh liburan kenapa ngga berkunjung ke sini saja?

Tempat Wisata di Maluku Tengah

Kebanyakkan tempat wisatanya memang bertemakan pantai seperti Pantai Ora, Pantai Lawena, Pantai Santai, Pantai Namalatu, Pantai Ambon, Kepulauan Watubela, Pulau Nusa Pombo, Benteng Amsterdam, Air Panas Hatuasa, dan masih banyak lagi pilihannya. Nah, agar tak kesulitan memilih tempat wisata, yuk simak ulasan berikut mengenai tempat wisata di Maluku Tengah.

Pantai Ora

Pantai Ora

Saat pertama kali datang ke tempat wisata Maluku ini mungkin Anda akan langsung mengira bahwa sedang berada di luar negeri. Tepatnya berada di Thailand, nuansanya memang mirip seperti di sana. Sebagaimana yang ada di gambar, pantai ini dihias dengan dermaga sederhana yang pasti kokoh dan beberapa cottage yang memberikan kuliner dan bisa digunakan untuk istirahat.

Baca Juga: Wisata Maluku Barat Daya

Airnya pun sama seperti yang ada di foto, benar-benar jernih sehingga wisatawan bisa melihat langsung kehidupan di bawah air, tumbuhan-tumbuhan lautnya apalagi. Aktivitas yang biasa dilakukan di pantai ini pun banyak, mulai dari berenang bisa, menyelam, speedboat, hingga snorkeling dengan peralatan khusus.

Pastikan mampir di pantai ini saat ke Maluku. Sebab jika tidak, pasti penyesalan datang terakhir.

Selain memiliki dermaga dengan cottage dan air yang super jernih, latar belakang pantai ini adalah pegunungan hijau yang membuat pantai ini seakan-akan pantai private. Tertarik untuk mampir kesana?

Pantai Lawena

Pantai Lawena

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang memberikan kesempatan langsung akan ketinggian supaya bisa menyelam. Pantai Lawena mirip dengan pantai pada umumnya, yakni bibir pantai dengan ombak yang sedang dan semakin menuju laut lepas semakin bertambah ketinggiannya.

Siapapun yang datang ke sini pun dijamin tak akan menyesal. Pantai ini memiliki pasir yang putih. Di samping itu, wisatawan juga akan menemukan Kawasan yang lebih teduh dimakan lebih banyak pepohonan tumbuh dengan rindang. Bila tak kuat menahan teriknya matahari, Anda bisa melipir sejenak ke Kawasan tersebut.

Wisatawan bisa dengan bebas bermain atau beraktivitas apa saja, sebab ombaknya cenderung kecil sehingga aman. Pasirnya pun juga lembut tanpa bebatuan atau kerang, bila berjalan tanpa alas kaki akan terasa lebih nyaman.

Pantai Santai

Pantai Santai

Tergolong salah satu pantai tersembunyi di Maluku bagian tengah. Ukurannya memang kecil meski di pantai ini terkadang diparkirkan kapal-kapal sederhana untuk penyeberangan.

Para pengunjung bisa bebas bermain air karena hampir tidak ada ombak yang berada di pantai ini. Terkadang memang ada, namun cenderung jarang. Airnya pun tentu saja bersih, sehingga bisa berfoto-foto ria dengan latar yang sempurna. Perjalanan menuju Pantai Santai ini mungkin akan sulit dan sedikit melelahkan, namun hasilnya dijamin tidak mengecewakan.

Pantai Namalatu

Pantai Namalatu

Pantai dengan pesisir yang sempit ini, memiliki panjang yang tidak terlalu pendek. Jadi bisa dikatakan pantai ini memanjang, bukan melebar. Pesisirnya dihias dengan pasir berwarna coklat muda yang eksotis dan banyak pohon ketapang yang menambah suasana tropiknya.

Airnya cukup tenang, jarang ada ombak. Sekalipun ada ombak, pasti ringan sampai sedang. Karena airnya yang tenang dan nuansanya yang sangat kental dengan tropik, Anda bisa menjadikan pantai ini untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Hirup udara segarnya dan dengarkan suara ombak kecil-kecilan serta burung-burung di pantai yang bersahutan, pasti pulang-pulang Anda bisa lebih bebas dari stres.

Pantai ini cenderung sepi, jadi memang cocok untuk wisatawan yang suka liburan tenang, bukan yang ramai-ramai.

Teluk Ambon

Teluk Ambon

Ada jembatan super mega dan modern di tempat wisata di Maluku Tengah ini.jangan sampai Anda tidak mencoba lewat di Jembatan Merah Putih yang berada di Teluk Ambon.

Pemandangan langit senja akan sangat cantik di jembatan ini namun bukan hanya itu saja. anda juga bisa menikmati pemandangan perkotaan Maluku yang tertata rapi dan tetap dengan keasliannya. Dibuktikan dari pepohonan yang masih ada diantaranya sehingga tampak asri.

Selain itu, di sekitar Teluk Ambon pula wisatawan bisa menyantap olahan ikan yang sudah pasti aman konsumsi. Bisa jadi agenda kuliner di tengah liburan supaya bisa dapat pengalaman lebih. Mampir ke teluk ini hanya untuk menikmati pantainya maupun untuk melewati jembatan akan sama-sama oke.

Kepulauan Watubela

Kepulauan Watubela

Setelah sampai di pulau utamanya, yakni Pulau Watubela, Anda mungkin akan tidak percaya bahwa Anda masih berada di Indonesia. Mungkin akan sulit untuk mencerna bahwa ternyata Indonesia memiliki spot secantik di Pulau Watubela. Bisa dilihat dari penampakan gambar referensi di bawah, terlihat ada tebing karst warna putih dengan pepohonan di atasnya, sangat jarang dijumpai.

Karena keunikannya ini, maka jangan sampai Anda tidak mampir ke kepulauan ini. pengalaman baru dan berbeda dari tempat wisata di Maluku lainnya akan Anda dapatkan. Berfoto-foto juga sebaiknya dilengkapi dengan mendokumentasikan dalam bentuk video, karen pasti Anda akan merindukan tempat ini saat pulang.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini cukup beragam, tergantung apa yang diinginkan dan dengan siapa Anda kesini. Namun yang pasti harus dilakukan penyeberangan terlebih dahulu untuk sampai di Pulau Watubela atau pulau lain yang masih satu kawasan dengan Kepulauan Watubela.

Pulau Nusa Pombo

Pulau Nusa Pombo

Entah kata-kata apalagi yang layak digunakan untuk mendeskripsikan keindahan objek wisata di Maluku Tengah ini. Sangat cantik seperti pantai pada umumnya, namun minim fasilitas buatan sehingga tampak sangat natural. Pasirnya berwarna putih sempurna, dengan gradasi warna air lautnya karena saking jernihnya. Gradasi warna laut yang ada di pantai ini adalah putu bening, hijau tosca, biru muda, dan diakhiri dengan biru tua yang menandakan sudah masuk teritorial laut lepas.

Anda yang jarang liburan akan merasa bahagia telah sampai di pantai ini. begitu juga dengan Anda yang terhitung sudah sering liburan, belum afdol jika pantai secantik yang ada di Pulau Nusa Pombo belum Anda kunjungi. Pastikan untuk membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup sebab besar kemungkinannya Anda ingin berlama-lama di sini.

Danau Tebing Makariki

Danau Tebing Makariki

Benar-benar jadi surga tersembunyi, pastikan Anda dan keluarga atau sahabat nantinya mampir kesini. Jangan sampai tidak karena pasti akan menyesal. Ada suatu tebing di Maluku Tengah yang cukup ikonik karena kecantikannya, namanya Tebing Makariki.

Di tengah tebing-tebing ini, ada danau yang memiliki air sangat jernih. Warnanya biru muda cerah campur dengan warna hijau, membuat Anda yang sedang berenang di sana bisa melihat langsung dasarnya. Perpaduan antara pemandangan tebing yang indah dengan perairan yang jernih, menjadikan tempat wisata Maluku Tengah ini sangat recommended, baik untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Nantinya Anda harus sewa perahu supaya bisa menjangkau bagian tengahnya.

Batu Layar

Batu Layar

Bukan hanya pantai atau wisata bahari saja yang bisa ditemukan wisatawan selama di Maluku Tengah. Ada juga sebuah keajaiban alam yang membentuk suatu batuan menjadi unik bentuknya.

Wisata seperti batu layar memang juga ada di tempat lain, seperti misalnya juga ada di Lombok. Namun Batu Layar yang ada di Maluku ini cukup unik dan berada tepat di pinggir jalan, harus mampir supaya ada dokumentasinya.

Air Panas Hatuasa

Air Panas Hatuasa

Sebuah pemandian air panas mungkin jadi wisata wajib mampir bagi Anda. Untungnya, selama di Maluku Tengah Anda tetap bisa mendapatkan wisata ini. nama tempat wisata Maluku Tengah ini adalah Pemandian Air Panas Hatuasa, siap memanjakan tubuh Anda sehingga lepas dari rasa lelah.

Bisa dijadikan tujuan wisata terakhir setelah berkeliling Maluku Utara, seba rasa lelahnya akan lebih lama sehingga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Morea Desa Wai

Morea Desa Wai

Dewa Wai merupakan salah satu desa di Maluku bagian tengah yang menjadi kawasan wisata. Dan apa yang menjadi daya tariknya adalah banyaknya kolam hewan morea yang bisa dilihat siapa saja yang datang. Termasuk juga Anda nantinya sebagai wisatawan. Boleh-boleh saja menengok kolam-kolam di desa ini untuk mengobati rasa penasaran.

Untuk Anda yang belum tahu apa itu morea, morea merupakan sebutan untuk belut berukuran raksasa. Benar-benar besar, bahkan ada yang sampai se kaki orang dewasa. Dengan deskripsinya ini, tidak mungkin jika Anda tidak penasaran untuk melihatnya langsung.

Gong Perdamaian Dunia

Gong Perdamaian Dunia

Setelah Morea Desa Wai, rekomendasi wisata Maluku Utara selanjutnya cukup unik sebab merupakan karya manusia. Sebuah gong berukuran besar yang diletakkan di kawasan umum, sehingga bisa dilihat oleh siapa saja.

 Gong Perdamaian Dunia yang ada di Maluku ini juga sangat ikonik sehingga saat berada di sini, jangan lupa untuk mendokumentasikannya.

Memang sederhana, hanya berupa kawasan ber konblok dengan miniatur gong raksasa yang dikelilingi pagar modern. Arsitekturnya secara keseluruhan modern, namun berada di tengah kawasan taman yang memiliki banyak pepohonan.

Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam

Diakhiri dengan wisata Maluku Utara yang kaya akan kisah sejarah, yaitu Benteng Amsterdam yang dulunya digunakan bangsa Portugis untuk berlindung. Bentengnya sangat megah meskipun ukurannya tidak terlalu besar.

Anda bisa membuktikan sendiri bagaimana arsitektur Portugis diterapkan untuk sebuah bangunan. Masih kokoh berdiri, bahkan tidak terlihat seperti hasil peninggalan zaman sebelum kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Wisata Buru Selatan

Terlepas dari kisah sejarahnya, benteng ini dikelilingi kawasan pepohonan yang rindang sehingga rasanya sangat membuat nyaman. Tak perlu ragu untuk berlama-lama di kawasan peninggalan sejarah ini. Terlebih lokasi benteng ini tepat di pinggir laut, membuat pemandangannya semakin tidak biasa saja.

Terbukti bahwa Anda tidak akan dikecewakan dengan banyak pilihan tempat wisata di Maluku Tengah. Masing-masing wisata di atas sudah dilengkapi dengan gambar yang bisa membuat Anda membayangkannya. Tak lagi sulit untuk membuat rencana perjalanan karena Anda sudah tahu mana saja yang bisa dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *