Tempat Wisata di Maluku Utara

16 Tempat Wisata di Maluku Utara Pesona Keindahan Luar Biasa

Posted on

Saat punya rencana liburan, biasanya kita langsung berpikir untuk berlibur ke pulau Jawa atau Bali. Tidak salah sih, karena memang ada banyak banget tempat-tempat asyik untuk liburan di sana. Tapi, tahukah kamu kalau tempat wisata di Indonesia bagian timur pun punya spot-spot yang tak kalah indah? Bahkan, karena belum banyak diketahui orang, tempat-tempat tersebut masih terjaga kealamiannya karena belum banyak terjamah tangan-tangan manusia.

Tempat Wisata di Maluku Utara

Nah, kali ini kita akan membahas 16 tempat wisata di Maluku Utara yang super cantik dan bikin kamu bakal betah mengahbiskan liburan di sana.

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Tempat wisata Maluku Utara pertama yang akan kita bahas ini adalah Pantai Sulamadaha. Pantai ini terletak di Desa Sulamadaha, sekitar 30 menit dari pusat kota Ternate. Kalau kamu mengunjungi pantai ini, kamu bisa menikmati pantai yang indah, air yang jernih, dan pemandangan yang luar biasa cantik.

Selain itu, kamu juga bisa berenang, naik perahu, snorkeling, atau sekadar santai-santai aja sambil menikmati suasana. Oh ya, nggak usah kuatir soal makanan ya, soalnya banyak warung-warung yang menyediakan makanan yang bisa kamu beli.

Batu Angus Ternate

Batu Angus Ternate

Berkunjung ke Maluku Utara belum lengkap pastinya kalau belum datang ke Batu Angus Ternate. Ini adalah sebuah wilayah yang mempunyai kontur unik bebatuan hasil lahar Gunung Gamalama.

Lahar-lahar yang dulu sempat mengalir dari puncak Gunung, sekarang sudah mengering dan menjadi bebatuan yang indah. Bahkan bebatuan hasil lahar ini pun sampai ke tepian pesisir pantai lho. Indah banget deh! Nggak salah kalau akhirnya pemerintah dan masyarakat setempat memanfaatkan lokasi ini menjadi salah satu objek wisata andalan di Maluku Utara.

Pulau Dodola

Pulau Dodola

Jangan heran kalau hampir 90 persen objek wisata di daftar ini didominasi oleh pantai. Hal ini karena Maluku Utara memang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Nah, kalau kamu mengunjungi daerah ini, salah satu tempat wisata di Maluku Utara yang harus masuk ke destination list kamu adalah pulau Dodola. Pulau yang berada di wilayah Morotai ini merupakan wilayah yang cantik dan sangat indah.

Walaupun tak berpenghuni, tapi pulau ini sering menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Hamparan pasir putih yang halus pasti juga bikin kamu betah bermain pasir, jalan-jalan tanpa alas kaki, atau sekadar duduk-duduk aja di pinggir pantai. Apalagi pemandangan laut yang jernih dan berwarna biru juga nggak kalah indah dipandang mata. Mau foto-foto? Bisa banget. Seluruh area pulau Dodola bisa jadi background selfie yang bikin hasil foto kamu tambah cantik.

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo adalah salah satu surga keindahan pantai yang belum diketahui banyak orang. Oleh karena itu nggak heran kalau kondisi di pantai ini bersih banget. Walaupun garis pantainya nggak sepanjang garis pantai lainnya, yaitu hanya 100 meter saja, tetapi keindahan alamnya bikin kamu nggak bakal bosan menghabiskan waktu seharian di sini.

Mulai dari berjemur, bersantai, berenang, sampai snorkeling atau diving bisa kamu lakukan di sini. Yang unik, saking jernihnya air, kamu bisa melihat keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut lainnya dari atas permukaan air.

Pulau Failonga

Pulau Failonga

Saat kamu liburan dan wisata di Maluku Utara, jangan lupa untuk mengunjungi pulau Failonga. Pulau kecil yang tak ada penghuninya ini bakal jadi tempat yang pas banget untuk refreshing sambil menikmati udara pantai. Letak pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Goto Tidore, dan kamu bisa menempuhnya hanya dalam waktu 10 menit saja.

Pulau Failonga tepat dipilih jadi destinasi wisata Maluku Utara karena keindahan pantai dan pasir putihnya, ditambah bebatuan yang ada di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang nggak terlalu ramai.

Agar lebih aman, kamu bisa berenang di balik bebatuan besar yang ada di sekitar pantai sambil foto-foto. Latar belakang air laut, bebatuan, dan langit biru berhiaskan awan putih pasti akan membuat foto kamu luar biasa indah seperti contoh foto di atas. Demi keselamatan, Kalau kamu ingin berenang di perairan yang terbuka, sebaiknya jangan lupa pakai jaket pelampung ya, soalnya arus ombak di pantai ini lumayan deras.

Pantai Kupa-Kupa

Pantai Kupa-Kupa

Kamu ingin berlibur ke pantai tapi juga sekalian ingin menikmati pemandangan hijau? Nah, sudah pas banget kalau kamu mengunjungi pantai kupa-kupa. Sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain yang biasa kita temui, di pantai ini banyak terdapat pepohonan hijau rindang yang menambah sejuk suasana. Pokoknya segar banget deh kelihatannya, warna laut yang biru berpadu dengan hijaunya pohon beringin.

Selain menikmati pemandangan tersebut, kamu juga juga bisa berjemur di bawah sinar matahari yang hangat sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Oh ya, kamu juga bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang tumbuh di sepanjang panti lho! Karena arusnya yang tenang, pantai kupa-kupa ini termasuk pantai yang selalu penuh dikunjungi wisatawan. Jadi, lain kali kamu berkunjung ke Maluku, jangan lupa mampir ke sini ya!

Pulau Maitara

Pulau Maitara

Apakah kamu punya selembar uang seribu rupiah? Kalau iya, coba deh perhatikan gambar sebuah pulau yang ada di sana. Nah, pulau tersebut adalah pulau Maitara, salah satu pulau cantik yang berada di Maluku Utara. Pulau yang memiliki luas 206 hektar ini terletak di antara pulau Ternate dan Tidore.

Pulau ini memang jadi favorit wisatawan, baik yang domestik maupun mancanegara. Selain karena pasir putihnya yang halus, ombaknya pun terhitung sedang alias tidak terlalu besar, sehingga kamu bisa bermain air di sini. Air lautnya jernih dan indah. Kamu pun bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitar sana.

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah kebersihan pantainya. Walaupun termasuk pulau yang banyak dikunjungi wisatawan, tapi tak tampak sampah berserakan yang biasanya jadi pemandangan biasa di pantai-pantai di Indonesia. Semuanya tampak bersih dan sama sekali belum tercemar, membuat kamu pasti betah berlama-lama berada di sana. Di sepanjang garis pantainya, kamu juga bisa menemukan perahu-perahu ketinting yang berjejer rapi.

Pantai Kastela

Pantai Kastela

Kalau kamu pecinta suasana matahari terbenam dan selalu mencari tempat yang bisa menawarkan pemandangan sunset yang indah, maka pantai Kastela-lah jawabannya. Pantai yang terletak di kota Ternate ini benar-benar bisa memuaskan mata siapapun yang menyukai keindahan suasana sunset. Sambil berjalan-jalan sore menunggu saat-saat matahari terbenam, kamu bisa sekalian menikmati berbagai jajanan khas Ternate, seperti kopi dengan aroma kayu manis atau cinnamon, dan pisang mulubebe. Wah, nikmatnya pasti berkali lipat deh!

Selain itu, bagi kamu pecinta fotografi, pasti nggak tahan deh kalau nggak mengabadikan momen sunset di pantai Kastela. Kamu bisa lihat contohnya di foto di atas, indah sekali bukan?

Tanjung Gorango

Tanjung Gorango

Salah satu objek wisata Maluku Utara lainnya yang wajib banget masuk ke daftar to-go-list kamu adalah Tanjung Gorango. Tempat ini terletak sekitar 90 kilometer dari ibu kota Kabupaten Pulau Morotai, yaitu Daruba. Walaupun butuh perjalanan kurang lebih 2-3 jam, tapi kamu nggak bakal bosan karena sepanjang perjalanan kamu bakal disuguhi pemandangan yang luar biasa cantik.

Suara deru ombak, angin semilir, kicauan burung-burung, pepohonan hijau, semuanya itu membuat perjalanan tak terasa melelahkan. Setelah sampai di pantai, kamu pasti akan terkesima dengan pemandangan yang ada di hadapan kamu. Cobalah jalan-jalan di sepanjang bibir pantai sambil bertelanjang kaki. Walaupun butiran pasirnya tidak sehalus di tempat lain, tapi tetap nyaman kok untuk diinjak.

Kalau kamu berniat menghabiskan waktu yang cukup lama di sini, jangan lupa membawa perbekalan makanan ya, karena belum tergarapnya secara serius menjadi tempat wisata, jadi belum ada warung-warung yang menjual makanan di sini.

Tanjung Sopi

Tanjung Sopi

Kamu ingin berlibur di tempat yang tenang dan tak mau berdesak-desakkan dengan banyak orang? Hmmm…kalau gitu kamu wajib berkunjung ke Tanjung Sopi. Terletak di pulau Morotai, Tanjung Sopi ini bakal bikin mata, otak, dan jiwa kamu bebas stres dan merasa damai.

Pemandangan yang ditawarkan benar-benar menakjubkan deh. Kalau kamu ambil foto di tempat yang agak tinggi seperti foto di atas, kamu bisa mengambil sudut yang memperlihatkan garis pantai yang panjang dan keindahan lautan birunya.

Tanjung Sopi ini berada di bagian paling utara Pulau Morotai, dan pantainya langsung menghadap ke Samudra Pasifik. Jadi, nggak heran kalau selain pemandangannya indah, ombaknya pun besar dan cocok banget buat kamu yang hobi surfing. Tapi kalau kamu memang nggak berniat surfing, kamu masih bisa kok bersenang-senang di pantai ini, misalnya saja berenang di pinggir pantai yang perairannya masih dangkal, atau bermain pasir putih.

Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya

Ada lagi nih, satu pulau indah yang berada di Maluku Utara, yaitu Pulau Tagalaya, tepatnya ada di Tobelo, Halmahera. Pulau Tagalaya memiliki arus laut yang tenang dan air laut yang jernihnya luar biasa ditambah pasir putih yang terhampar luas, bikin kita makin betah bersantai di sini.

Nggak cuma itu, di pulau ini juga banyak terdapat bebatuan karang yang terlihat sangat kokoh dan indah. Cocok deh buat latar belakang sesi foto-foto kamu. Kamu juga dapat melihat panorama gunung Dukono dari kejauhan sambil menikmati suasana sunset seperti yang bisa terlihat dari foto di atas.

Kalau kamu suka menyelam, kamu bisa melihat aneka terumbu karang dan ekosistem bawah laut yang memesona. Nggak suka diving? Nggak masalah kok, kamu masih tetap bisa melihat ikan-ikan berenang kesana kemari, karena air lautnya yang jernih.

Selain suasana lautnya, di sini juga terdapat hutan bakau dan pepohonan yang memberikan sentuhan kesegaran alami. Ada juga danau air tawar yang bisa kamu kunjungi. Pokoknya, Pulau Tagalaya benar-benar menawarkan berbagai pesona bagi siapa saja yang menginginkan kedamaian saat berlibur.

Teluk Jailolo

Teluk Jailolo

Kamu mungkin sering mendengar nama Teluk Jailolo, tapi sampai sekarang belum pernah mengunjunginya. Nah, kalau dalam waktu dekat kamu akan bepergian ke Maluku Utara, jangan lupa untuk berkunjung ke teluk ini ya, apalagi kalau kamu datang di sekitar bulan Mei atau Juni, karena ada Festival Teluk Jailolo yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, yang bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Teluk Jailolo.

Teluk Jailolo juga menawarkan keindahan ekosistem bawah laut yang benar-benar cantik dan menawan, mulai dari terumbu karangnya, hingga berbagai binatang laut yang cantik bisa kita temui di sana.

Pantai Cobo

Pantai Cobo

Tempat lainnya di mana kamu bisa menikmati suasana pantai yang damai adalah Pantai Cobo. Tidak seperti pantai lain yang memiliki pasir putih, di sini warna pasirnya lebih gelap, benar-benar terkesan eksotis dan indah deh.

Garis pantainya juga cukup panjang. Walaupun belum banyak fasilitas yang tersedia untuk wisatawan, kamu masih tetap menikmati suasana dan udara pantai yang segar, sambil melakukan aktivitas favorit kamu. Tidak harus berhubungan dengan air saja lho, kamu bisa juga membaca novel kesayangan kamu, bermain gitar, atau melukis di pinggir pantai.

Danau Ngade

Danau Ngade

Ada lagi nih, satu tempat wisata di Maluku Utara yang wajib banget kamu kunjungi, yaitu Danau Ngade atau yang sering pula disebut Danau Laguna. Lokasi danau ini berdekatan dengan laut, sehingga menyuguhkan panorama alam yang luar biasa cantik. Jadi nggak heran kalau oleh wisatawan yang datang, lokasi ini sering dijadikan latar belakang foto-foto mereka karena tempatnya yang instagramable banget.

Danau Ngade juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat yang memiliki budidaya ikan air tawar seperti nila maupun gurame, dan memiliki peranan penting bagi sistem pengairan di perkebunan milik masyarakat di sekitar danau ini. Jadi, selain indah, ternyata danau Ngade ini banyak sekali manfaatnya bagi penduduk di sekitarnya ya!

Yang lebih uniknya lagi, walaupun berdekatan dengan laut, tapi air danau ini tetap tawar dan tidak asin, juga warna hijaunya yang kontras dengan warna biru laut. Coba deh kamu perhatikan di foto di atas. Kontras sekali bukan perbedaan warnanya walaupun letaknya berdekatan?

Pantai Rappa Pelangi

Pantai Rappa Pelangi

“Wah, indah sekali!”

Pasti itu deh reaksi kamu saat melihat foto pantai Rappa Pelangi di atas. Iya, nggak salah memang kalau kagum dengan pemandangan di sana, karena Tanjung Rappa Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sangat terkenal di Halmahera Barat, Maluku Utara. Selain itu, lokasi wisata yang berada di Desa Wisata Bobanehena, itu pun punya deretan pohon bakau yang bisa jadi spot keren buat berfoto-foto.

Apalagi kalau kamu berkunjung saat sunrise atau sunset. Hmm…bisa dipastikan kamu akan sibuk mendokumentasikan momen-momen tersebut sambil mengucap kebesaran nama Tuhan yang telah menciptakan pemandangan seindah ini.

Tanjung Bongo

Tanjung Bongo

Keindahan terumbu karang di perairan Indonesia memang sudah tak diragukan lagi. Salah satunya berada di Tanjung Bongo, Maluku Utara. Pemandangan terumbu karang di sini bisa kamu nikmati dari atas permukaan air, karena air di sana memang sangat jernih.

Tanjung Bongo terletak di Galela. Untuk menuju tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan jalur laut maupun udara. Buat kamu yang suka ber-swa foto alias selfie, ada banyak titik-titik yang bisa dijadikan background saat mengambil gambar. Semuanya betul-betul indah!

Nah, itu tadi pesona 16 tempat wisata di Maluku Utara yang wajib kamu kunjungi bila berlibur ke daerah itu. Semoga COVID-19 cepat berlalu, agar kita bisa kembali berkeliling nusantara sambil menikmati keindahan alam Indonesia yang tiada bandingan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *