15 Tempat Wisata di Maluku Dengan Sensasi Romantis

Posted on

Tempat wisata di Maluku menyimpan sejuta pesona serta panorama alam yang amat menakjubkan. Pesona ini masih banyak yang tersembunyi. Jadi masih banyak orang yang tidak tahu keindahan di daerah tersebut. Terdapat banyak tempat wisata Maluku yang keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, foto foto spot, pantai, pulau, hingga air terjun. Lokasi tersebut benar-benar memanjakan mata Anda.

Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur di daerah tersebut, tak perlu meragukan tentang keindahannya. Daerah ini menawarkan pilihan objek wisata Maluku yang dapat untuk Anda kunjungi. Selanjutnya akan secara singkat diulas 15 tempat wisata di Maluku yang wajib masuk di list lokasi liburan Anda.

Rekomendasi Tempat Wisata di Maluku

Bagi pelancong yang gemar mengunjungi tempat wisata di Maluku untuk mengisi liburan, lokasi berikut tak boleh Anda lewatkan. Ada apa saja ya? Yuk, simak lebih lanjut.

Pulau Banda

Pulau Banda

Pulau Banda atau dikenal juga dengan nama Banda Naira adalah salah satu pulau yang termasuk tempat wisata di Maluku Tengah. Lokasi ini tepatnya berada di Kepulauan Banda. Pada waktu kolonial di abad ke-19, pulau ini menjadi pusat perdagangan.

Selain menjadi salah satu situs bersejarah di Indonesia, lokasi ini juga dikenal dengan pemandangan lautnya yang sangat mempesona. Keindahan alam bawah laut sangat menakjubkan dengan berbagai flora dan fauna. Ada sekitar 250 spesies biota laut yang tinggal di bawah laut Pulau Banda.

Selain bisa menikmati keindahan flora serta fauna di taman bawah laut, pelancong juga bisa melihat berbagai mamalia laut besar. Ada paus dan lumba-lumba. Turis bisa menonton paus dan lumba-lumba di atas kapal ketika Anda menjelajahi Pulau Banda. Tidak hanya keindahan laut yang ada di Pulau Banda, turis dapat mengunjungi Benteng Belgica yang berdiri dengan kuat sangat luar biasa dan memiliki nilai historis yang tinggi.

Untuk sampai ke Pulau Banda, turis dapat naik feri dari Kota Ambon. Dibutuhkan sekitar 1 malam untuk sampai ke Pulau Banda. Jika turis datang dari pulau Jawa, Anda dapat menggunakan kapal Pelni dari Tanjung Priok. Perlu Anda ingat, kapal Pelni hanya mengadakan perjalanan ke Banda Naira setiap 2 minggu. Melalui Rute Ambon ke Banda Naira.

Pantai Liang

Pantai Liang

Pantai Liang Liang adalah salah satu pantai yang diberi julukan pantai paling indah oleh UNDP – PBB pada 1990-an. Pantai ini memiliki pasir putih dan terlihat berkilauan ketika disorot oleh sinar matahari. Pengunjung dapat melakukan aktivitas di salah satu objek wisata Maluku ini, yaitu bermain air. Pantai Liang memiliki air laut yang sangat jernih dengan warna kebiruan. Berenang dan bermain air dengan menikmati keindahan pantai sangat cocok untuk digunakan untuk mengisi waktu liburan Anda.

Untuk sampai ke Pantai Liang, turis dapat menggunakan ojek dari pusat kota Ambon. Tarif ojek sebesar Rp50.000. Tetapi jika turis ingin berkunjung dengan teman-teman, turis dapat menyewa angkutan umum. Tarif sewanya jauh lebih murah. Biasanya jika turis menyewa angkutan umum Anda akan dikenakan tarif Rp200.000. Angkutan umum ini dapat memuat hingga 10 orang.

Jarak yang ditempuh untuk dapat sampai ke Pantai Liang sekitar 40 km dari pusat kota Ambon. Untuk harga tiket masuk ke Pantai Liang, Anda tidak perlu takut mahal! Karena hanya dengan Rp15.000 turis dapat menjelajahi pantai Liang ini.

Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora adalah salah satu destinasi wisata Maluku yang terletak di Pulau Seram. Tepatnya di Maluku Tengah. Pantai Ora dikenal sebagai Maldives ala Indonesia yang terkenal sebagai lokasi untuk bulan madu yang romantis dan murah. Pantai Ora mempunyai pasir putih beserta air laut yang amat jernih.

Untuk rute ke Pantai Ora jika turis berasal dari Jakarta, turis dapat menempuh perjalanan udara ke Ambon. Setelah tiba di Ambon untuk melanjutkan ke Pantai Ora, gunakan kapal feri melalui pelabuhan Hulnara. Kapal feri tersebut hanya mampu menampung 350 orang untuk perjalanan ke Pulau Seram. Anda perlu untuk mengetahui jadwal layanan untuk Pulau Seram. Biasanya dijadwalkan sebanyak 2 kali sehari dengan harga tiket sekitar Rp150.000 dan untuk VIP sekitar Rp292.000. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pulau Seram sekitar 2 jam.

Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan. Karena Pantai Ora termasuk wisata di Maluku yang cocok untuk backpacker. Pengunjung dapat menyelam maupun snorkeling. Untuk menikmati keindahan bawah laut, wisatawan tidak perlu menyelam terlalu jauh. Di kedalaman 2 meter saja keindahan bawah laut dari Pantai Ora sudah terlihat. Berbagai terumbu karang dan biota laut menarik perhatian wisatawan. Selain itu, masih ada banyak bulu babi dan bintang laut yang dapat ditemukan di sekitar Pantai Ora.

Batu Angus

Batu Angus

Letusan gunung tidak selalu meninggalkan nestapa dan kerusakan. Bekas aliran lava dari Gunung Gamalama di Ternate ini kemudian menjadi salah satu wisata Maluku. Lokasi ini dikenal sebagai Batu Angus. Batu Angus, Ternate adalah salah satu tempat wisata Maluku favorit. Letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Batu Angus merupakan hamparan bebatuan yang tampak seolah terbakar. Bentangan batu membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai. Onggokan bebatuan yang menyerupai stalagmit ini terlihat unik untuk digabungkan dengan panorama Gunung Gamalama yang hijau.

Belum lagi bentangan laut biru yang menjadi latar belakang lokasi ini. Semakin mempercantik panorama di sekeliling Batu Angus. Di Batu Angus ada situs bersejarah lokasi kematian seorang prajurit Jepang. Ia meninggal setelah parasutnya tidak terbuka normal saat terjun dari pesawat dalam Perang Dunia II.

Danau Tolire

Danau Tolire

Danau Tolire adalah salah satu objek wisata di Maluku yang utama di Pulau Ternate. Danau ini terletak sekitar 10 km dari pusat Ternate. Selain bentuknya yang unik, danau ini juga memiliki kisah legenda yang menarik. Danau Tolire terdiri dari dua danau. Terdapat danau Tolire besar serta danau Tolire kecil. Berdasarkan sejarah, secara geologi pembentukan Danau Tolire merupakan hasil letusan yang pernah terjadi di wilayah ini.

Dari dua danau ini, Danau Tolire memiliki keunikannya sendiri. Danau ini bentuknya menyerupai panci raksasa. Dari tepi atas ke permukaan air danau memiliki kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektar. Sedangkan kedalaman Danau Tolire sendiri sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Hingga sekarang tidak ada yang mengukur kedalaman danau ini. Meskipun ada beberapa peneliti mencoba mengukur kedalaman Danau Tolire.

Pulau Morotai

Pulau Morotai

Morotai terletak di utara Pulau Halmahera. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di negara kita dan merupakan ekspansi Kabupaten Halmahera Utara. Daerah ini hanya seluas 1.800 kilometer persegi, tetapi seperti banyak orang mengatakan, keindahan Pulau Morotai menggigit. Pulau Morotai memang memiliki banyak pesona. Pesona di bawah laut, pesona daratannya, serta pesona sejarahnya yang kuat.

Dengan total populasi sekitar 53.000 orang, pulau ini memiliki beberapa pantai dengan pemandangan menakjubkan disertai dengan rahasia kecantikan bawah laut yang menyimpan misteri. Morotai memiliki beberapa situs menyelam yang menarik yang mengagumkan. Morotai pernah digunakan sebagai basis pertahanan Jepang. Tepatnya selama Perang Dunia II. Setelah itu, Pulau Morotai diambil alih sekutu dan dimanfaatkan sebagai landasan pesawat untuk menyerang Filipina serta Kalimantan Timur.

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha adalah objek wisata di Maluku yang sangat jernih yang terletak di Pulau Ternate. Pantai ini dijuluki sebagai pantai kaca. Pantai kaca adalah nama yang tepat untuk pantai ini, karena pantai Sulamadaha adalah pantai dengan air laut yang sangat jernih bak kaca. Jika pengunjung melihat perahu atau kapal di atas air laut, pengunjung akan terpana melihatnya karena kapal itu terlihat seolah mengambang.

Pantai Sulamadaha memiliki nuansa yang indah, meskipun tidak memiliki pasir putih. Pantai Sulamadaha memiliki banyak spesies dan biota laut yang sangat menakjubkan. Terdapat pula terumbu karang alam yang berada di laut yang jernih, bebas dari sampah dan polusi.

Pulau Maitara

Pulau Maitara

Provinsi Maluku Utara memiliki segudang pariwisata Maluku potensial. Salah satunya adalah pulau Maitara. Pulau ini letaknya diapit Pulau Ternate & Pulau Tidore. Lebih tepatnya di Kota Tidore. Kondisi alam masih bersih dan belum tercemar, cocok untuk turis pecinta situs pariwisata laut.

Pulau Maitara memiliki daya tariknya tersendiri. Bukan hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan asing sering mengunjungi Pulau Maitara. Pulau Maitara memang tidak sebesar Tidore maupun Ternate. Namun, pulau ini memiliki karakteristik yang tidak kalah indah dengan pulau lainnya.

Pulau Maitara dikelilingi oleh pantai bersih berpasir putih. Gelombangnya tidak terlalu besar. Laut Pulau Maitara juga tidak kalah indah. Airnya tampak biru bersih. Selain itu pemandangan pantainya sangat alami dan belum terkontaminasi  sampah maupun polusi udara.

Museum Bersejarah Siwalima

Museum Bersejarah Siwalima

Salah satu wisata Maluku yang dapat dikunjungi ketika ingin mempelajari kebiasaan orang-orang daerah setempat adalah Museum Siwalima.  Museum Siwalima terletak di Taman Makmur, Desa Amahusu, Nusani, Kota Ambon. Museum ini dibangun tanggal 8 November 1973. Namun, baru diresmikan tanggal 26 Maret 1977.

Meskipun Museum Siwalima adalah lokasi benda bersejarah, tetapi bangunan museum ini berada di atas bukit yang menghadap ke teluk Ambon. Pemandangannya akan membuat pengunjung terpesona.

Kata siwa diambil dari Ulusiwa yang memiliki makna sembilan kerajaan dari wilayah selatan. Sedangkan lima diambil dari kata Patalima, yaitu lima kerajaan dari wilayah utara.

Desa Sawai

Desa Sawai

Desa Sawai, Maluku, salah satu tempat wisata di Indonesia Timur yang eksotis. Terdapat pantai mata air Belanda, hingga industri sagu lokal. Desa wisata di Pulau Seram ini tidak kalah mempesona dengan Pulau Bali atau pulau-pulau lain yang tersohor akan pantai dan lautnya.

Desa Sawai memiliki alam yang sangat eksotis. Lokasi ini memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya. Pulau-pulau ini juga menambah keindahan Laut Sawai. Lautan biru kehijauan lengkap dengan bentangan karang dan isinya, membuat lokasi ini semakin sempurna. Karena permukaan air selalu tenang, laut ini tampak seperti kolam renang raksasa yang siap memanjakan pengunjung.

Danau Rana

Danau Rana

Danau Rana merupakan danau terbesar di provinsi ini. Letaknya di pedalaman Pulau Buru. Oleh orang-orang Pulau Buru, danau ini dianggap sebagai daerah suci. Pulau Buru merupakan pulau terbesar kedua setelah pulau Seram. Danau Rana terletak di Distrik Air Buaya. Danau ini berada di ketinggian 73 km di atas permukaan laut. Suku Rana percaya bahwa leluhur mereka diyakini sebagai dewa. Leluhur mereka hidup di ‘Tanggal’ gunung serta di danau “Rana”.

Oleh sebab itu danau ini oleh penduduk setempat dianggap sebagai danau suci. Air yang tenang dan bening penuh dengan bunga teratai di atasnya melengkapi ketenangan danau ini. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau Rana. Caranya dengan naik perahu yang disewakan masyarakat sekitar Danau Rana.

Pulau Pombo

Pulau Pombo

Pariwisata Maluku yang tak kalah menarik adalah  daerah laut. Karena provinsi Maluku dibagi menjadi beberapa pulau, maka batas-batas tanah dan laut terdapat pantai. Pantai yang berada di provinsi ini kebanyakan berpasir putih. Salah satunya adalah pantai Pulau Pombo. Pulau Pombo bertempat di kecamatan Balamutu. Secara geografis berada di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. 

Luas wilayahnya tidak terlalu besar hanya 4 kilometer persegi. Tetapi jika Anda mengunjungi pulau yang indah ini, berbagai pesona alam dan ketenangan yang bisa pengunjung dapatkan. Pulau indah ini menyimpan berbagai keindahan alam baik tanah dan laut yang sangat menawan. Belum lagi pulau kecil ini masih alami dan tidak berpenghuni.

Goa Hawang

Goa Hawang

Selain dikenal karena memiliki air yang jernih, Goa Hawang juga merupakan salah satu destinasi wisata Maluku Tenggara yang terkenal. Pengunjung dapat menikmati air dingin di goa tersebut. Bahkan pengunjung diizinkan mandi di sana. Terdapat kepercayaan masyarakat lokal di sana, bagi siapa saja yang mandi di sana dapat terlihat muda. Tentu saja ini menarik minat para wisatawan. Apakah Anda penasaran? Jangan lupa untuk berkunjung ke daerah ini, ya!

Pulau Bair

Pulau Bair

Pulau Bair merupakan wisata di Maluku yang terkenal. Bahkan lokasi ini disamakan dengan Raja Ampat karena keindahannya. Pemandangan yang indah, pasir putih dan air jernih, dikelilingi pepohonan, pulau ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Berkunjung ke lokasi ini membuat turis serasa di rumah.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Daerah Tenggara terkenal dengan pantainya yang fantastis. Pantai Pasir Panjang salah satunya. Berkunjung ke lokasi ini sambil menikmati segelas kopi hitam atau secangkir teh di sore hari sangat nikmat. Apalagi ditambah menunggu matahari terbenam. Lokasi ini sangat sayang untuk pengunjung lewatkan.

Wilayah Timur negeri kita memang memiliki pesona alam dan budaya yang unik. Tidak heran daerah ini sering digunakan sebagai tujuan berlibur, baik oleh wisatawan domestik dan asing.

Saat ini, pengunjung dapat menggunakan Google Maps sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengetahui posisi lokasi tujuan sebelum berlibur. Selain itu, lokasi Bandara Amahai dan Bandara Internasional Pattimura juga terdapat di Google Maps. Hal ini tentu membuat lebih mudah bagi pengunjung untuk merencanakan perjalanan ke daerah wisata. Pelancong juga dapat memeriksa harga dan membeli tiket pesawat dari kota asal ke lokasi tujuan dan memesan tiket hotel.

Nah, itu tadi adalah beberapa tempat wisata di Maluku yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Pastikan untuk mempersiapkan semua kebutuhan liburan Anda sepenuhnya sehingga liburan nyaman. Tak lupa tetap jaga stamina Anda saat berlibur. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi ketika Anda akan berlibur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *