Tempat Wisata Di Mamberamo Raya

6 Tempat Wisata Di Mamberamo Raya Bertema Alam & Budaya

Posted on

Papua, salah satu provinsi yang letaknya berada di ujung timur Indonesia. Papua amat sangat populer karena beberapa hal diantaranya karena keindahan alamnya, hasil alam, penduduk hingga adat dan kebudayaannya.

Begitu banyak keunikan yang melekat pada Papua. Tak heran bila hampir tiap tahun ada cukup banyak wisatawan lokal maupun asing yang sengaja menghabiskan waktu liburannya dengan menjelajahi tempat wisata Papua.

Tempat Wisata di Mamberamo Raya

Salah satu kabupaten di Papua yang menyimpan sebagian tempat wisata menakjubkan adalah Kabupaten Mamberamo Raya. Luasnya wilayahnya mencapai 23.813,91 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 22.313 jiwa. Kabupaten ini sudah terbentuk sejak tahun 2007 dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Sarmi serta Waropen.

Ada cukup banyak tempat wisata di Mamberamo Raya yang bertemakan alam, berikut adalah beberapa paling direkomendasikan. Simak yuk!

Taman Kaso Garden

Taman Kaso Garden

Taman Kaso garden adalah tempat wisata di Mamberamo Raya pertama yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Burmeso sehingga aksesnya pun terbilang lebih muda. Bahkan bila dari Pelabuhan Kasonaweja pun jaraknya tak begitu jauh. Untuk sekedar hiburan, masyarakat Mamberamo Raya biasanya sering melihat kapal-kapal yang melintas di Pelabuhan tersebut.

Lantas, apa yang bisa disaksikan saat berkunjung ke Taman Kaso Garden? Tentu saja pemandangannya yang indah. Ada pula spot foto instagramable, bagi yang menyukai fotografi tentu akan sangat dimanjakan sekali.

Danau Rombebai

Danau Rombebai

Tempat wisata Danau Romebaik, berlokasi di Burmeso Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Sebuah danau cantik nan indah yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal ini bisa kamu kunjungi saat berada di Mamberamo.

Baca Juga: Wisata Lanny Jaya

Mata akan dimanjakan dengan pemandangan air danau yang biru dan bersih. Danau ini juga ditumbuhi oleh berbagai jenis vegetasi atau tanaman seperti tebu, sagu dan ubi.

Kamu bisa berkunjung ke sini menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Burmeso. Kalau untuk kendaraan umum akan sedikit sulit. So, buat yang tak bawa kendaraan pribadi mungkin bisa menyewa selama menghabiskan waktu liburan di sini.

Jangan lupa membawa kamera ya agar kamu bisa mendokumentasikan keindahan Danau Rombebai.

Gunung Foja

Gunung Foja

Gunung Foja atau biasa disebut sebagai Pegunungan Foja. Merupakan Kawasan gunung yang berada di utara Sungai Mamberamo, Papua. Lebih tepatnya di Distrik Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya. Bagi kamu penikmat ketinggian dan pecinta alam, berkunjung ke Foja merupakan pilihan paling tepat.

Suguhan keindahan alam yang begitu elok benar-benar memanjakan mata. Udaranya pun terasa lebih bersih tanpa polusi. Pendakian yang melelahkan akan segera terbayar dengan pemandangan di atas ketinggian yang menakjubkan.

Bagi yang memang ingin mendaki, sebaiknya pastikan dulu ya bagaimana kondisi cuaca di Mamberamo Raya. Apakah mendukung untuk melakukan pendakian hingga puncak? Bila memang tak memungkinkan, sebaiknya tak usah memaksakan. Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati pemandangan Foja di kaki gunungnya.

Lembah Mamberamo

Lembah Mamberamo

Wisata Mamberamo Raya bertemakan alam lainnya yang juga direkomendasikan untuk wisatawan kunjungi adalah Lembah Mamberamo. Lagi-lagi, kamu akan dibuat takjub oleh hamparan pemandangan alam yang terlihat seperti lukisan 3D. Letak lembahnya pun berada tak jauh dari Sungai Mamberamo.

Sehingga para pengunjung dapat melihat betapa jernihnya aliran sungai Mambermo. Di samping itu, karena lembah ini dikelilingi oleh hutan, kamu yang menyukai adventure bisa menyempatkan untuk trekking. Bila takut tersesat, sebaiknya ajaklah warga setempat untuk menjadi pemandung.

Nah traveler, tertarik untuk berkunjung ke sini? Bila dari kota Burmeso lokasinya tak terlalu jauh. Bahkan masih bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi. Namun kendaraan tak bisa benar-benar sampai titik lokasi, karena kamu harus memarkirkan di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu barulah berjalan kaki hingga Lembah Mamberamo.

Hal unik yang bisa kamu temukan di sini adalah spesies flora dan fauna epidemic yang tak akan bisa kamu temukan di hutan-hutan lainnya.

Kampung Kapeso

Kampung Kapeso

Masih belum cukup dengan empat tempat wisata yang sudah direkomendasikan di atas? Oke kalau begitu, kita lanjutkan perjalanan wisatamu ke Kampung Kapeso yang lokasinya tak begitu jauh dari Sungai Mamberamo.

Jadi, bila kebetulan kamu baru saja dari sungai tersebut, kamu bisa menyempatkan untuk berkunjung ke Kampung Kapeso. Di sini, masyarakat papua asli tinggal. Mereka yang masih mengadopsi adat dan kebudayaan nenek moyang masih bisa kita temukan.

Namun di samping itu, sebenarnya Desa Kapeso terbilang sudah lebih modern. Berbeda dengan kampung adat di Papua pada umumnya. Bahkan dalam sistem pemerintahan desa pun sudah ada kepala desa khusus yang memimpin.

Biarpun begitu, berkunjung ke Kapeso akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Sebab kita akan diajak berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Papua. Sedikit tips saat kamu berkunjung ke sini, sebaiknya membawa uang cash. Berjaga-jaga bila nanti dibutuhkan saat hendak membeli sesuatu seperti makanan atau cinderamata khas Papua.

Kason Aweja

Kason Aweja

Selain Desa Kapeso, kamu juga bisa berkunjung ke Kason Aweja untuk berjumpa dengan penduduk asli Papua. Bahkan bila mau membandingkan, Kason Aweja terbilang lebih tradisional dan memegang teguh adat kebudayaan nenek moyang. Sehingga kamu bisa merasakan betapa uniknya kehidupan sehari-hari masyarakat Kason Aweja.

Di sini juga terdapat sungai yang cukup besar dan menjadi sumber air bagi masyarakat setempat. Airnya bersih dan jernih, di keliling oleh tumbuhan hijau sehingga udara sekitar pun terasa lebih menyegarkan.

Pemandangannya pun patut dibanggakan, selain pepohonan hijau ada juga tebing besar yang terkesan sangat eksotis. Menjelang sore hari, ada moment yang sebaiknya tak terlewatkan yaitu saat matahari terbenema. Langit yang tadinya biru cerah perlahan berubah menjadi warna orange, sungguh romantic.

Oke traveler, ada sedikit tips yang perlu kamu perhatikan sebelum berwisata ke Mamberamo Raya, Papua. Pertama, soal akomodasi kendaraan. Akan lebih baik kamu menyewanya, jangan mengandalkan kendaraan umum karena bisa menyulitkan dirimu sendiri. Kedua, soal penginapan. Sebelum berangkat sebaiknya tentukan dulu kemana kamu akan berwisata sehingga akan lebih mudah saat mencari penginapan sebelum hari H keberangkatan.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Yapen

Ketiga, soal keuangan. Jangan terlalu kaget bila harga di sini cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan harga barang atau makanan di daerah lain. Selain itu, pastikan kalau kamu membawa uang yang cukup. Apalagi bila ingin berkunjung ke Kawasan alam dan perkampungan. Jangan mengandalkan pembayaran digital, kemungkinan tak ada sama sekali.

Keempat, soal tata krama dan kesopanan. Masyarakat Papua pun tentu memiliki hal yang sangat sensitif misal dari cara mereka berkehidupan. Oleh sebab itu sebaiknya kita sebagai wisatawan yang baik mengetahui Batasan sampai mana bisa berbincang dengan mereka.

Itulah 6 tempat wisata di Mamberamo Raya bertemakan alam dan kebudayaan yang bisa kamu kunjungi. Serta beberapa tips wisata yang bisa perlu kamu ketahui. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Mamberamo Raya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *