Tempat Wisata di Mamberamo Tengah

5 Tempat Wisata di Mamberamo Tengah Wajib Wisatawan Kunjungi

Posted on

Mamberamo Tengah merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Papua, Indonesia. Secara sah kabupaten ini berdiri pada tanggal 4 Januari 2008. Biarpun terbilang masih baru namun Mamberamo Tengah sudah cukup populer, apalagi bila membahas mengenai tempat wisata di Mamberamo Tengah. Ada banyak yang bisa dijelajahi dan dijamin bisa membuat wisatawan terpukau.

Tempat Wisata di Mamberamo Tengah

Menelusuri tiap tempat wisata di Papua memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari yang bernuansa alam hingga wisata kebudayaan yang sangat kental dengan warisan nenek moyang. Nah, traveler kalau kebetulan kamu sedang berada di kawasan mamberamo, berikut ini adalah beberapa tempat yang paling direkomendasikan dan memiliki keunikan.

Bukit Cinta Burmeso

Bukit Cinta Burmeso

Wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Bukit Cinta Burmeso. Lokasinya berada di Kecamatan Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Kawasan dataran tinggi yang sebenarnya belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Namun bila kamu melihat di google maps, Bukit Cinta Burmeso merupakan tempat wisata yang paling dekat dengan Mamberamo Tengah. Pemandangan alam Papua bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini. Pepohonan tumbuh tanpa ada perawatan, namun biarpun begitu tetap bisa tumbuh dengan lebat.

Baca Juga: Wisata Mamberamo Raya

Bagi yang menyukai aktivitas pendakian meskipun kecil, tentu datang ke sini akan sangat menyenangkan sekali. Biarpun hanya berbentuk bukit namun bisa memberikan pengalaman berbeda saat berada di Papua, Mamberamo Tengah. So, traveler tak usah ragu lagi ya kalau ingin berkunjung ke sini.

Danau Rombebai

Danau Rombebai

Sebuah danau yang berada di kawasan Papua Indonesia yakni Danau Rombebai. Memiliki luas mencapai 13.749 hektar dan termasuk ke dalam danau terbesar kedua di Papua setelah Sentani. Ada yang pernah ke Sentani? Bila belum, kamu bisa juga loh menjadikannya tujuan wisata selanjutnya.

Lokasi danau berada tepat di sebelah kanan aliran sungai Mamberamo, dan bila dari Samudera Pasifik jaraknya sekitar 20 km saja.

Keberadaan danau ini ternyata dianggap penting sebab memiliki potensi blok gas alam yang melimpah. Salah satu pengelolanya adalah AED oil, perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang berlokasi di Australia. Mudah-mudahan penambangan yang dilakukan tak merusak alam secara berlebihan ya.

Pantai Ronggaiwa

Ronggaiwa merupakan salah satu pantai yang berada di Kawasan pelabuhan Waren. Pantai ini bisa menjadi alternative tempat liburan untuk wisatawan yang membutuhkan vitamin sea atau ingin sekedar menghilangkan penat sejenak.

Pantai Ronggaiwa sebetulnya memiliki keindahan yang amat mempesona dan membuat betah siapapun yang ingin menghabiskan waktu liburan di sini. Namun sayang, karena sudah ada banyak bangunan liar didirikan, keindahan Ronggaiwa semakin memudar.

Namun biarpun begitu, kamu masih bisa sekali kok berkunjung ke sini. Sekedar menikmati suasana pantainya serta melihat aktivitas masyarakat Papua yang sudah lebih modern.

Baca Juga: Wisata Boven Digoel

Fasilitas-fasilitas wisata sederhana pun sudah dibuat guna menunjang kenyamanan wisatawan. Cuaca yang terik terasa lebih teduh dengan adanya deretan pepohonan di sekitar pantai.

Sama dengan kebanyakan pantai di Papua, menjelang sore hari wisatawan bisa menikmati suasana senja yang lebih nyaman. Pemandangannya begitu indah, langit yang tadinya biru perlahan berubah menjadi orange hingga akhirnya gelap.

Kalau kamu memiliki cukup banyak waktu, sebaiknya tidak terburu-buru pulang. Sebab sayang sekali bila tak sempat menikmati suasana senja di sore hari. Dijamin tak akan rugi!

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih sebetulnya berlokasi di Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Namun tak terlalu jauh bila menempuhnya dari Mamberamo Tengah, jadi kita masukkan saja dalam pilihan tempat wisata Mamberamo Tengah ya.

Lokasi Pantai ini juga dekat dengan perkotaan. Sehingga wisatawan akan dimudahkan kalau soal akses jalan dan kendaraan yang akan digunakan. Bisa menggunakan motor atau mobil. Bahkan untuk kebutuhan makan dan minum pun tak usah khawatir, kamu bisa membeli saat berada di kota. Namun siap-siap saja dengan harganya yang mahal ya. Beberapa warung makan pun sudah ada di sekitar pantai.

Dinamakan Pantai Pasir Putih karena sudah jelas pasir putih terhampar luas. Akan terasa lembut dan halus ketika kita menginjaknya menggunakan kaki telanjang alias tanpa alas.

Pemerintah melibatkan masyarakat setempat untuk mengelola tempat wisata ini. Dan tentunya sudah dikelola dengan cukup baik, fasilitas-fasilitas sederhana yang ada akan semakin membuat nyaman seperti lahan parkir yang cukup luas. Kebersihannya pantainya pun terjaga sekali, relative bersih tanpa sampah.

Cuaca yang terik terasa lebih teduh karena ada pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai. Suara ombak menjadi music alam yang akan menamani selama menghabiskan waktu di sini. Warna langit dan laut yang senada begitu indah.

Berbagai aktivitas menyenangkan bisa wisatawan lakukan selama berada di sini. Mulai dari berjemur, menikmati suasana pantai, berenang, menyusuri bibir pantai, hingga berselfie untuk mengabadikan moment.

Saat berkunjung ke sini jangan lupa menggunakan sunscreen ya untuk melindungi kulit agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Kalau perlu sih pakai kacamata dan topi juga.

Taman Kaso Garden

Taman Kaso Garden

Dan tempat wisata yang terakhir adalah Taman Kaso Garden, merupakan tempat wisata yang berlokasi di Burmeso Kabupaten Mamberamo Raya. Letaknya pun tak terlalu jauh bila kamu menempuh dari pusat Kota Burmeso. Dekat pula dengan Pelabuhan Kasonweja. Dimana beberapa masyarakat kerap mencari hiburan dengan melihat kapal melintas di pelabuhan tersebut.

Taman Kaso Garden sendiri merupakan sebuah taman yang dirancang dengan suasana yang lebih modern. Bila kamu mengira bahwa wilayah Papua semuanya masih tradisional tentu salah besar. Karena beberapa daerah sudah banyak yang hidup secara modern, memanfaatkan teknologi seperti handphone, mobil, kompor gas, dan lain-lain.

Wisata di Mamberamo Tengah ini bisa jadi alternatif pilihan wisata saat kamu sedang berkunjung ke Mamberamo. Tak dijadikan wisata utama pun tak apa-apa. Minimal kamu sudah singgah, baik untuk sekedar beristirahat atau merasakan bagaimana sih suasana kota di Papua.

Di sini terdapat beberapa tempat duduk yang bisa digunakan. Atau kalau mau berpiknik dengan menggelar tikar juga pasti akan sangat menyenangkan sekali. Apalagi bila bersama keluarga, dijamin akan menjadi kegiatan family time yang tak terlupakan.

Baca Juga: Wisata Keerom

Untuk soal akses kendaraan menuju ke Taman Kaso Garden sudah terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mencari kendaraan umum seperti ojek.

Oke traveller itulah rekomendasi 5 tempat wisata di Mamberamo Tengah yang wajib wisatawan kunjungi. Bagaimana menurutmu, tempat-tempat di atas cukup menarik untuk dijadikan pilihan tempat liburan kan? Mulai dari wisata alam hingga tempat-tempat yang lebih modern bisa kamu kunjungi. Kamu tak perlu khawatir tersesat, sebab google maps akan siap membantu mengarahkan jalan secara online. So, kapan dong kamu mau liburan ke Papua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *