Tempat Wisata Di Manggarai Barat

11 Tempat Wisata Di Manggarai Barat Paling Populer

Posted on

Tempat Wisata Di Manggarai Barat – Popularitas kepulauan Nusa Tenggara memang tak usah ditanyakan lagi, bentang alam hingga ada kebudayaannyalah yang membuat pulau ini terkenal. Seperti di wilayah Nusa Tenggara Timur, terdapat satu kabupaten yang memiliki surga tersembunyi yaitu Kabupaten Manggarai Barat.

Tempat Wisata di Manggarai Barat

Pulau ini memang kerap dijadikan tujuan untuk berlibur, biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu selama beberapa hari. Bahkan untuk pengunjungnya pun beragam mulai dari lokal sampai asing. Nah traveller, kalau kamu berniat liburan ke sini, sebaiknya jangan lewatkan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Manggarai Barat NTT berikut ini.

Loh Liang Pulau Komodo

Loh Liang Pulau Komodo

Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini sangat menarik perhatian banyak wisatawan, namanya adalah Loh Liang Pulau Komodo. Sebuah pintu masuk dan daerah wisata yang ada di pulau Komodo Flores.

Loh Liang juga merupakan pulau terbesar yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo, dimana terdapat lebih dari 4.000 komodo. Disini, kamu bisa melakukan pengamatan pada beberapa satwa seperti rusa, burung, babi hutan dan yang utama adalah Komodo. Di samping itu, ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti melakukan trekking mengelilingi pulau serta perbukitan atau snorkeling untuk menikmati pemandangan alam bawah laut Loh Liang Pulau Komodo.

Saat kamu berada di sini, kamu harus super hati-hati apalagi pada hewan Komodo. Jangan terlalu mengganggu sebab liur dari Komodo memiliki bakteri yang sangat mematikan. Disarankan agar wisatawan mendapat pendampingan dari pawangnya.

Pulau Padar

Pulau Padar

Wisata Manggarai Barat Pulau Padar Nusa Tenggara Timur merupakan pulau ketiga terbesar setelah Pulau Komodo dan Pulau RInca yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Di sini, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai keindahan alam yang begitu menakjubkan. Kamu akan terpesona saat melihat pemandangan pantai yang eksotis. Berbagai macam aktivitas bisa dilakukan salah satunya adalah snorkeling di pink beach. Pemandangan alam bawah laut memang sangat indah dan patut dinikmati namun jangan merusak ya.

Baca Juga: Wisata Manggarai

Bila tak mau menyelam, kamu bisa menyusuri bibir pantainya saja atau trekking mengelilingi pulau Padar. Hamparan pasir putih, birunya air laut, serta suara ombak akan menemani keberadaanmu selagi ada disini.

Gili Lawa

Gili Lawa

Next, setelah berkunjung ke Loh Liang dan Padar, selanjutnya bisa mengeksplore Gili Lawa, salah satu pulau lainnya yang berada di kepulauan Komodo. Lagi-lagi pulau ini akan menyajikan pemandangan alam yang indah, apalagi bila wisatawan melihatnya dari atas bukit. Mata terasa dimanjakan dengan keasrian alam.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memotret, liburan ke Gili Lawa adalah pilihan paling tepat. Sebab Gili Lawa mempunya spot keren sekaligus unik. Dimana terdapat sebuah selat yang diapit oleh 2 pulau sekaligus.

Di samping itu, Gili Lawa sendiri dibagi jadi 2 yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Untuk Gili Lawa Darat letaknya ada diantara Gili Lawa Laut dan Pulau Komodo. Saat kamu tiba di lokasinya, kamu akan disambut dengan hamparan pada rumput hijau yang menyegarkan.

Pink Beach

Pink Beach

Objek wisata di Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur Pink Beach merupakan sebuah wisata pesisir yang memiliki keunikan, terlihat jelas dari penamaan pantainya. Dimana kalau biasanya pasir pantai berwarna putih maka berbeda dengan pink beach, warnanya adalah merah mudah.

Lokasi pantai masih berada di Kawasan Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur. Sehingga sudah tak usah diragukan lagi kalau soal keindahan alamnya. Apalagi alam bawah laut Pink Beach, ada banyak hewan laut yang sedang berenang bebas. Untuk melihat dengan jelas kamu harus snorkeling atau diving.

Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin

Ada yang suka dengan aktivitas susur gua? Nah, saat ke manggarai Barat kamu bisa datang saja ke Gua Batu Cermin. Sebuah gua unik yang lokasinya ada di bukit batu, saat masuk ke dalam gua, kita akan melihat sinar matahari yang masuk melalui celah lubang-lubang gua. ak tirai-tirai bercahaya yang memantul ke dinding gua seolah merefleksikan area ini layaknya cermin. Inilah mengapa dinamakan Gua Batu Cermin.

Bagi traveller yang mau ke sini, kamu harus harus berkendara ke sebelah timur Pelabuhan Labuan Bajo, bila dari pusat kota berjarak 4 km. Lalu sedikit berjalan kaki melewati hutan.

Bila beruntung, mungkin kamu akan bertemu dengan beberapa penghuni hutan seperti babi hutan dan kera ekor panjang. Saat bertemu dengan hewan-hewan tersebut kamu jangan panik sebab malah akan terkesan mengganggu.

Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami

Masih bertemakan alam, kali ini kamu bisa menikmati kesegaran mata air alami yang tertampung dalam kolam alami tempat terjatuhnya air Terjun Cunca Rami. Debit airnya pun terbilang cukup besar dan memiliki ketinggian mencapai 30 meter.

Kamu bisa berenang di dalam kolam air tersebut, airnya jernih dan terasa kesegaran nya. Pemandangan sekitar pun sangat asri, banyak ditumbuhi oleh pepohonan hijau sehingga membuat Cunca Rami semakin mempesona.

Bagaimana, tertarik untuk liburan ke sini? Yuk langsung saja catat alamatnya, yaitu di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Karena berada di atas ketinggian 1.200 Mdpl jadi wisatawan harus sedikit melakukan trekking untuk bisa sampai di lokasi wisata.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang

Masih belum cukup dengan air terjun Cunca Rami? Oke, kalau begitu kamu bisa lanjut perjalanan menjelajahi Air Terjun Cunca Wulang yang berada di Kawasan Hutan Mbeliling. Bila dari Labuan Bajo jaraknya kurang lebih mencapai 30 km. Kamu harus menyiapkan kendaraan dengan kondisi yang prima agar perjalanan tak terganggu.

Letak air terjunnya sendiri berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Tak terlalu tinggi, sehingga kalau mau trekking tak terlalu melelahkan. Udara terasa menyejukkan, ditambah lagi dengan air terjun yang menyegarkan.

Ada berbagai macam spot foto instagramable yang tak terlepas dari kesan natural. So, buat yang ingin mendapatkan koleksi foto keren jangan lupa siapkan kamera ya! Satu lagi, jangan lupa membawa pakaian ganti, berjaga-jaga bila nantinya pakaianmu terkena basah saat bermain air di Cunca Wulang.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

Bentang alam Manggarai Barat memang sangat memanjakan wisatawan yang datang kabupaten ini. Ada banyak tempat wisata bertema alam yang populer karena keunikanya, termasuk Danau Sano Nggoang. Sebuah danau vulkanik yang berada di tenggara Hutan Mbeliling. Bila dari labuan bajo jaraknya kurang lebih 63 km, cukup jauh ya. Nah, bila berkendara biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu 3 jam perjalanan.

Keunikan lain dari Danau Sano Nggoang adalah letaknya yang berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Sementara untuk kedalamannya mencapai 600 meter di atas permukaan laut. Kadar belerang yang ada di dalam air pun cukup tinggi. Saat berada di sekitar danau, kamu harus berhati-hati dan sebaiknya membawa masker untuk menutupi hidung.

Di sini, kamu bisa berkeliling sembari menikmati suasana alam sekitar. Bisa dengan berjalan kaki atau pun menunggangi kuda yang disewakan.

Pulau Kelor

Pulau Kelor

Saat berkunjung ke Labuan Bajo, kamu akan menemukan beberapa pulau yang memiliki keindahan dan keunikan masing-masing, seperti Pulau Kelor. Berlokasi di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan pulaunya sangat eksotis, suasananya pun terasa lebih hening bilang dibandingkan beberapa pulau lain yang ada di Labuan Bajo. Warna pasir pulau ini adalah putih dan bersih, ada pula beberapa pohon rindah yang memberikan kesan lebih menyejukkan. Ditambah batu-batu yang berjejer di bibir pantai, semakin menambah kesan untuk tempat wisata satu ini.

Ombak di pulau Kelor juga terbilang lebih tenang dan aman, sehingga cocok sekali kalau pulau ini dijadikan sebagai tujuan tempat liburan. Pemandangan menjelang sore hari pun tak kalah indah, lembayung senja tanda matahari akan segera terbenam membuat suasana makin romantic.

Manta Point

Manta Point

Manta Point merupakan destinasi wisata di Manggarai Barat yang difavoritkan oleh para penyelam. Ada cukup banyak wisatawan lokal dan asing yang sengaja datang ke Manta Point hanya untuk melihat keindahan alam bawah lautnya saja. Di sini, kamu dapat melihat berbagai macam jenis ikan yang berenang di laut lepas, ada pulau aneka ragam terumbu karang yang biasa dijadikan sebagai tempat tinggal ikan-ikan kecil.

Ada hal lain yang menjadi Manta Point populer yakni di sini kamu bisa melihat secara langsung ikan pari manta atau yang biasa disebut sebagai Pari Raksasa. Ukurannya yang besar namun tak terlalu membahayakan selagi kita tak mengganggu. Kamu bisa merasakan pengalaman menyelam berbeda karena ditemani oleh puluhan ikan manta.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Labuan Bajo memang sangat populer akan pulau-pulaunya yang indah, seperti Pulau Kanawa satu ini. Pulau yang memiliki perairan jernih dengan warna air laut biru kehijauan semakin menambah kesan eksotis pada pantai Kanawa. Dari permukaan air, kamu dapat melihat banyak ikan berenang bebas, serta beberapa terumbu karang. Tak heran bila tempat ini dijadikan sebagai spot favorit entah melakukan snorkeling atau diving.

Baca Juga: Wisata Rote Ndao

Namun, bila tak ingin menyelam, kamu bisa menikmati suasana Pulau Kenawa di daratan. Menggelar tikar, berjemur sembari mendengar suara ombak yang tak terlalu berisik.

Ada sedikit tips saat kamu berkunjung ke Manggarai Barat. Karena kebanyakan tempat wisata di sini adalah wisata pesisir maka sebaiknya kamu membawa beberapa barang berikut; Sunblock yaitu cream untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Topi untuk melindungi kepala agar tidak kepanasan. Kacamata, untuk melindungi mata agar tidak terlalu mendapat sorotan dari sinar matahari. Pakaian dengan bahan mudah menyerap keringat, sandal dan yang paling wajib adalah uang cash secukupnya.

Itulah beberapa daftar tempat wisata di Manggarai Barat yang bernuansa alam paling populer bisa kamu kunjungi untuk liburan atau berbulan madu. Mengeksplor wisata di Nusa Tenggara memang tak akan ada habisnya. Tiap daerah selalu saja menawarkan pesona yang berbeda dan menarik untuk dijelajahi. So, bagaimana dengan kamu? Sudah memutuskan untuk menjelajahi destinasi wisata mana dulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *