7 Tempat Wisata Di Manggarai Timur Paling Hits dan Nyaman

Posted on

Tempat Wisata Di Manggarai Timur – Manggarai Timur adalah salah satu kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Manggarai. Daerah yang sering dijadikan tujuan tempat liburan untuk wisatawan yang berasal dari luar pulau.

Tempat Wisata di Manggarai Timur

Alasan mengapa wisatawan memiliki Manggarai Timur tentu saja karena tempat wisata alamnya yang bisa membuat siapapun terpesona. Seperti beberapa tempat wisata di Manggarai Timur berikut ini.

Cepi Watu Beach

Cepi Watu Beach

Pesisir adalah objek wisata utama yang bisa kamu temukan di sini, salah satunya Cepi Watu Beach yang berlokasi di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur. Atau lebih tepatnya, pantai ini berada di pulau Bunga dan menghadap ke arah laut Sawu. Cepi Watu Beach dijadikan sebagai icon wisata dari Manggarai Timur.

Cepi Watu Beach membentang kurang lebih sepanjang 3 km dari barat sampai ke timur. Hamparan pasirnya berwarna coklat, terlihat jelas di sepanjang tepi pantai. Saat menikmati pemandangan sekitar, kita bisa melihat view pantai yang bersih dan asri, air laut pun terlihat biru dan jernih.

Baca Juga: Wisata Manggarai Barat

Di tepian pantai terdapat beberapa pohon besar seperti bakau, waru dan Ketapang, semuanya tumbuh subur sehingga suasana pantai pun terasa lebih sejuk. Di bagian barat pantai terdapat bebatuan dan disitu kamu bisa melihat sumber mata air tawar mengalir lewat celah-celah batu. Ada pula pemandangan gunung menjulang, benar-benar bisa semakin memanjakan mata.

Cepi Watu Beach tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat weekend atau libur nasional. Banyak wisatawan yang sengaja datang, sekedar menghabiskan waktu liburan dan rehat sejenak.

Bila kamu ingin berenang di sini, sebaiknya hati-hati ya sebab ombak pantainya cukup tinggi. Biarpun kontur pantai landau namun harus tetap waspada apalagi saat air surut sejauh 300 meter. Sebab ada beberapa titik yang memiliki palung laut agak dalam.

Biarpun pantai sudah dikelola oleh pihak pemerintah setempat namun belum terlalu banyak fasilitas yang disediakan, intinya sih masih cukup sederhana. Bila ingin mencari penjual makanan atau minuman, kamu harus sedikit berjalan kaki ke tepi jalan, jaraknya kurang lebih 500 meter.

Danau Ranamese

Danau Ranamese

Tempat wisata Nusa Tenggara Timur Danau Ranamese atau lebih tepatnya yang berada di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur semakin kesini semakin populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik asing maupun lokal. Danau ini sudah dikelola oleh Taman WIsata Alam (TWA) Ruteng Balai Besar KSDA Ruteng sejak tahun 2.000 hingga sekarang.

Luas danau Ranamese mencapai 5 hektar dengan kedalaman 43 meter dan berada di ketinggian 1.200 meter. Bila melihat dari ukuran kedalaman, wisatawan tentu harus berhati-hati sekali apalagi saat berada di pinggir danau. Di samping itu, wisatawan bisa merasa senang dengan suasana sekitar apalagi dengan udaranya yang segar.

Berdasarkan sejarah, sebelumnya danau Ranamese adalah kawah yang tertutup air sehingga terlihat bagian tepi danau sedikit curam. Danau diapit langsung oleh Gunung Mandosawu yang memiliki ketinggian 2.400 Mdpl dan merupakan puncak tertinggi yang berada di pegunungan Ruteng.

Berbagai macam aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di Ranamese dengan aman diantaranya memancing, melakukan trekking dan berkeliling danau, hingga mengamati berbagai macam jenis burung seperti iting air dan belibis.

Sementara itu untuk fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup lengkap. Seperti adanya visitor center, beberapa shelter untuk melihat keindahan alam dan ada pula jalur trekking untuk mengelilingi danau.

Beberapa wisatawan kerap menjadikan Ranamase sebagai tempat persinggahan sebelum berkunjung ke Danau Kelimutu yang ada di Kabupaten Ende. Kebanyakan wisatawan yang datang pun adalah wisatawan lokal ketimbang asing. Dengan biaya retribusi yang masih terjangkau apalagi untuk local Ranamese semakin diminati wisatawan.

Selain pemandangan danau yang ditawarkan oleh Ranamese, kamu bisa melihat pemandangan lain. Tak jauh dari danau, terdapat sebuah air terjun terjun yang memiliki ketinggian hingga 40 meter. Kalau memiliki banyak waktu, kamu bisa lanjut mengeksplor air terjun tersebut.

Bila kamu ingin tinggal lebih lama, tak perlu khawatir dengan penginapan. Sebab pihak pengelola sudah menyiapkan homestay bagi wisatawan yang memutuskan untuk menginap. Homestay tersebut memiliki 3 kamar tidur. Biaya sewanya mulai dari 200 ribu per malam atau bisa berubah sesuai kebijakan dari pihak pengelola tempat wisata.

Air Terjun Cunca Rede

Air Terjun Cunca Rede

Tak lengkap rasanya bila kamu liburan ke Manggarai Timur tapi tak berkunjung ke Air Terjun Cunca Rede, air terjun tertinggi yang ada di Manggarai Timur atau lebih tepatnya di Flores Barat. Diperkirakan air terjun ini memiliki ketinggian hingga 70 meter, jadi buat yang loncat sebaiknya dipikiran baik-baik sih resikonya.

Cunca Rede merupakan satu-satunya air terjun yang berada di Manggarai Timur, jadi rugi banget kalau kamu tak menyempatkan datang ke sini. Letaknya masih berada di Kawasan Taman Wisata Alam Ruteng (TWAR) dan dikelola langsung oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Ruteng. Selain itu, Cunca Rende juga berada di kaki gunung Ranaka sehingga bukan Cuma kesegaran airnya saja, tapi kesegaran udaranya pun bisa kamu rasakan.

Sebetulnya kalau soal akses jalan sih tak akan menyulitkan siapapun untuk bisa berkunjung ke sini. Namun sayangnya belum ada spesifik peta yang menunjukan lokasi air terjun secara detail.

Bila wisatawan berangan dari Labuan Bajo maka bisa mengarah ke timur ke arah Ruteng dan melewati persawahan Lembor. Bila sudah sampai di Ruteng, langsung arahkan saja ke jalan Trans Flores Labuan Bajo-Maumere. Dari sini, wisatawan bisa terus menuruni sejumlah perkampungan di sisi kanan dan kiri jalan Trans Flores hingga sampai di Kampung Paka lalu lanjutkan perjalanan melewati bukit dan lereng. Bila sudah sampai di Kampung Taur, silahkan bertanya pada warga sekitar atau bisa juga didampingi oleh pendamping yang merupakan warga setempat untuk diarahkan ke Air Terjun Cunca Rede.

Taman Wisata Alam Ruteng

Taman Wisata Alam Ruteng

Taman Wisata Alam Ruteng berlokasi di Golo Loni, Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata yang sudah jelas akan menyuguhkan pesona alam Manggarai serta udara yang menyejukkan. Di sini juga terdapat satu danau yang sebelumnya sudah digambarkan yaitu Danau Ranamese.

TWAR yang merupakan singkatan dari lokasi wisata ini, sangatlah cocok untuk kamu yang merindukan suasana alam yang asri atau ingin melipir sejenak dari rutinitas harian. Kamu bisa tinggal beberapa hari di Kawasan wisatanya dan tak perlu khawatir soal penginapan. Sebab sudah fasilitas penginapan dengan harga cukup terjangkau.

Namun sebelum memutuskan untuk menginap, kamu sudah booking kamar lebih dulu alias tidak mendadak. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir resiko kamar penuh.

Bukit Golo Ndolo

Bukit Golo Ndolo

Suka dengan tempat wisata yang memiliki spot foto keren dan instagramable? Kamu bisa berkunjung ke Bukit Golo Ndolo di Manggarai Timur. Salah satu spot instagramable bisa kamu dapatkan saat matahari sedang terbit di ufuk timur.

Samar-samar bayi matahari akan segera muncul di kejauhan. Sebelum terbit dengan sempurna kamu bisa mengabadikan gambar siluet yang estetik. Udara yang tadinya terasa dingin pun perlahan akan berubah menjadi hangat.

Bukit Golo Ndalo memang berada di atas ketinggian yang pas, apalagi untuk menikmati suasana alam Manggarai Timur. Wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk menginap satu malam di atas puncak agar bisa mendapatkan momen matahari terbit. Menggelar tenda dan membuat api unggun apalagi kalau Bersama teman-teman, akan semakin menyenangkan.

Sedikit tips saat berkunjung ke Golo Ndolo, jangan lupa membawa jaket sebab udara di malam hari cukup dingin. Gunakan sepatu khusus outdoor agar trekking menuju puncak lebih nyaman. Bila ingin menginap, tentu jangan lupa membawa tenda, makanan dan minuman secukupnya.

Pantai Mausui

Pantai Mausui

Jangan heran bila saat berkunjung ke kepulauan Nusa Tenggara, tempat wisata yang ditawarkan rata-rata bertemakan pesisir. Ini karena terpengaruh oleh letak geografisnya. Termasuk di Manggarai Timur, terdapat sebuah pantai bernama Mausui yang memiliki pesona eksotis.

Hamparan pasir putih, air laut jernih dan berwarna biru serta terdenga suara ombak memberikan kenyaman tersendiri. Kamu bisa menikmati suasana tersebut di pinggir pantai sembari minum kesegaran es kelapa muda. Kalau mau, kamu juga bisa menyusuri bibir pantai sembari bermain air yang menyapu kaki.

Mausui masih dikelola sederhana, namun cukup bisa menghibur wisatawan yang sedang butuh vitamin sea. Warga local biasanya memilih Mausui sebagai tempat liburan di akhir pekan atau hari libur nasional lainnya. Sehingga tak heran bila di hari-hari tertentu Mausui akan sedikit ramai.

Pantai Liang Bala

Pantai Liang Bala

Ingin merasakan suasana damai dan lebih tenang saat berada di Manggarai Timur? Kamu bisa coba datang ke Pantai Liang Bala. Objek wisata yang memang cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari aktivitas harian. Lokasi lebih tepatnya ada di perbatasan kelurahan Tanah Rata dengan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Tempatnya cenderung sepi karena belum banyak pengunjung yang datang. Sehingga kamu akan merasa sedang berada di pantai pribadi. Ombaknya pun tak terlalu berisik dan lebih tenang, sangat mendukung suasana di Pantai Liang Bala.

Baca Juga: Wisata Nagekeo

Pantai ini juga kerap dipilih untuk dikunjungi oleh pasangan yang baru menikah. Sebab suasana romantic sangatlah terasa.

Beberapa spot foto keren dan instagramable pun jangan sampai terlewatkan. Kamu harus mengabadikan melalui gambar agar tak pernah lupa betapa indahnya Pantai Liang Bala, Manggarai Timur ini.

Oke traveller, itulah 7 tempat wisata di Manggarai Timur paling hits dan tak terlepas dari nuansa alamnya. Bagi kamu yang datang ke kabupaten ini, kamu bisa coba mengeksplorasi salah satu tempat wisata di atas, atau mau semua tempat pun bisa sekali dong!

Yuk segera buat itenary wisatamu dan tentukan juga waktu kapan kamu akan berkunjung. Persiapkan juga berbagai kebutuhan selama berada di Manggarai Timur seperti uang cash yang cukup, penginapan, kendaraan yang digunakan, kamera, dan lain-lain. Ajak teman-temanmu juga ya agar semakin seru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *