Tempat Wisata di Manokwari Selatan

5 Tempat Wisata di Manokwari Selatan Bernuansa Alam

Posted on

Traveler, pandemi memang membuat sebagian orang merasa stress. Bayangkan saja selama 1 tahun lebih harus kita menjaga ketat protokol kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Nah, agar nggak semakin stress gimana kalau kita membuat rencana liburan untuk menjelajahi tempat wisata di Papua Barat? Salah satu daerah di Indonesia yang populer karena kekayaan alam dan adat istiadatnya.

Tempat Wisata di Manokwari Selatan

Menikmati suasana alam memang bisa mengurangi beban stress di kepala. Apalagi udaranya yang bersih sangat memanjakan paru-paru yang memang membutuhkan oksigen bersih. Di Papua terdapat satu kawasan yang terkenal akan pesona alam dan kesegaran udara nya yaitu Manokwari Selatan. Bila sudah memasuki new normal dan dianggap aman untuk berwisata, bagaimana kalau berkunjung ke Manokwari Selatan? Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tempat wisata di Manokwari Selatan paling keren!

Pantai Oransbari

Pantai Oransbari

Wisata pertama yang bisa dikunjungi saat berada di Manokwari Selatan adalah Pantai Oransbari. Keindahan pesisir Papua Barat memang sudah tak usah diragukan lagi. Hamparan pasir putih dan lautan luas dengan air yang jernih benar-benar bisa menjadi sumber vitamin-sea paling mantap.

Oranbari menjadi salah satu pantai cantik di Papua Barat yang sangat dianjurkan untuk Anda kunjungi. Tempat wisatanya masih cenderung sepi sebab belum banyak pengunjung yang datang ke sini. So, cocok banget nih untuk wisatawan yang ingin menenangkan pikiran pasca pandemic.

Baca Juga: Wisata Kaimana

Anda bisa bersantai menikmati suasana pantai tanpa harus merasa terganggu dengan lalu Lalang orang. Sesekali angin sepoi menyapu wajah, terasa lebih sejuk di tengah cuaca yang terik.

Ada bangunan rumah khas papua yaitu Honai yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Anda bisa masuk ke honai dan menikmati suara ombak berderu indah di dalam sana. Sejauh mata memandang, ada pemandangan bukit Bembab yang siap memanjakan matamu juga. Jadi, Anda tak perlu lagi datang ke sini ya!

Pantai Dosa

Pantai Dosa

Ada yang pernah menonton drama korea berjudul Start Up? Nah, salah satu tokohnya yang bernama Nam Dosan memiliki nama yang hampir mirip dengan wisata Manokwari Selatan satu ini yaitu Pantai Dosa.

Di sini Anda bisa akan diajak menikmati alam bawah laut yang cantik dengan kehidupan biota di dalamnya. Air laut yang berwarna jernih dan bersih pun membuat para penyelam semakin nyaman berinteraksi dengan ikan-ikan kecil.

Beberapa wisatawan juga kerap bersantai, mencari tempat-tempat yang lebih teduh agar tak terkena terik matahari. Seperti di dekat pohon mangrove yang terasa sangat asri. Ada banyak pohon mangrove yang ditanam tentu saja ada alasannya yaitu untuk pencegahan abrasi.

Kondisi alam yang masih terjaga dan kejernihan airnya membuat wisatawan akan betah berlama-lama di Pantai Dosa. Tak heran bila pantai Dosa lebih ramai bila dibandingkan pantai sebelumnya.

Pantai Syari

Pantai Syari

Selanjutnya adalah Pantai Syari, pantai lain yang berada di Manokwari Selatan dan tergolong masih baru. Tentu kalau keberadaan pantainya sih sudah ada sejak lama namun baru dibuka untuk umum belum lama ini, sekitar tahun 2018.

Baca Juga: Wisata Sorong Selatan

Suasana di sekitar Pantai Syari sungguh menenangkan, angin sepoi pun membuat udara terasa lebih sejuk. Deru ombak pantai yang tak terlalu berisik memberikan efek relaksasi tersendiri.

Pohon-pohon mangrove juga tumbuh dengan baik di sekitar pantai. Jadi, tidak heran jika kombinasi pantai serta pohon mangrove inilah yang membuat wisatawan ketagihan untuk kembali ke Pantai Syari.

Sedikit informasi mengenai penamaan pantainya. Nama pantai diberikan sesuai dengan nama kampung yang ada dekat dengan Kawasan pantai yakni Kampung Syari.

Masih berada di sekitar pantai, Anda akan menemukan tugu penanda penginjilan oleh Pendeta Van Hasselt. Tugu ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mengetahui jejak sejarah yang pernah terjadi di area sekitar Pantai Syari.

Namun uniknya, biarpun ada perkampungan, mungkin kamu tak akan menemukan warga di sana. Sebab mereka sudah pindah ke lokasi yang lebih strategis, yang sudah dibuat akses jalan memadai. Sehingga memudahkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas dan mendapat bantuan dari pemerintah.

Air Terjun Neney

Air Terjun Neney

Wisata di Manokwari selanjutnya masih berkaitan dengan air, namun kali ini bukan pantai melainkan air terjun. Karena Papua juga merupakan kepulauan yang dikeliling pegunungan sehingga tak heran ada cukup banyak air terjun dengan sumber mata air alaminya.

Air terjun yang bisa dikunjungi di Manokwari Selatan adalah Air Terjun Neney. Wisata alam yang juga difavoritkan oleh masyarakat sekitar. Lokasinya tak terlalu jauh dari Kota Ransiki. Jadi, walaupun tak ada penunjuk arah, wisatawan bisa coba bertanya pada masyarakat sekitar mengenai arah jalan ke air terjun Neney.

Tiap tempat wisata biasanya memiliki keunikan tersendiri, satu atau bahkan lebih. Nah, kalau keunikan dari Neney sendiri adalah dari tumpukan bebatuan yang tertata secara alami. Seolah air terjun mengalir dari sela-sela bebatuan tersebut.

Suara air yang jatuh pun membuat wisatawan merasa antusias ingin merasakan kesegarannya. Debit air yang terlalu besar menjadikan Neney terbilang aman.  Tidak heran jika warga sekitar suka sekali mengunjungi air terjun ini, sekedar untuk menghilangkan penat.

Taman Kota Ransiki

Taman Kota Ransiki

Traveler, belum lengkap rasanya kalau berkunjung ke Papua Barat namun tak menyempatkan untuk mempelajari bagaimana adat istiadat masyarakat di sana serta mencoba berinteraksi langsung. Oleh sebab itulah, tempat wisata yang terakhir akan mengajak Anda untuk lebih dekat dengan suasana perkotaan Manokwari, Papua Barat.

Tempat wisata yang harus dikunjungi adalah Taman Kota Ransiki. Letaknya tepat di depan Kantor bupati Manokwari Selatan. Mungkin sekilas memang tampak sederhana. Namun Anda bisa merasakan kesejukan dari sebuah taman yang tidak biasa. Taman Kota Ransiki juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh siapapun.

Biasanya warga datang ke sini untuk melakukan olahraga, piknik, bercengkrama dengan warga lainnya atau sekedar rehat setelah beribadah di Gereja Solafide Ransiki. Sebab taman ini memang dibuka untuk umum dan gratis alias tak perlu membayar untuk menikmati suasana tamannya.

Baca Juga: Wisata Tambrauw

Selama berada di taman, Anda bisa coba berinteraksi dengan masyarakat Papua yang lebih modern. Mereka terkenal ramah dan santun jadi tak perlu sungkan.

Ternyata Kota Manokwari Selatan memiliki keindahan alam tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan ya. Bahkan kondisi tempat wisata alam yang masih asri, sejuk dan nyaman menjadikan Manokwari Selatan pilihan tepat untuk liburan dan menghilangkan penat.

Traveler, itulah 5 tempat wisata di Manokwari selatan yang bertemakan alam paling keren dan wajib banget dikunjungi! Sebenarnya, masih banyak tempat-tempat yang belum terekspose. Jadi, kalau Anda punya banyak waktu, yuk jelajahi Kawasan wisata lainnya yang ada di Papua Barat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *