Tempat Wisata di Manokwari

5 Tempat Wisata di Manokwari Paling Keren!

Posted on

Traveler, setelah pandemi sudah ada rencana untuk liburan belum? Kalau belum bagaimana bila menjelajahi tempat wisata Papua Barat lebih tepatnya di Manokwari. Saat berkunjung ke daerah ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi tempat-tempat yang anti mainstream!

Tempat Wisata di Manokwari

Kalau bicara mengenai pesona Papua Barat sih pasti sudah tak usah diragukan lagi. Wisatawan dari berbagai belahan dunia pun sampai takjub dan ingin sekali datang ke sini sekedar untuk menghabiskan waktu liburannya. So, wisatawan yang berstatus masyarakat Indonesia tentu harus lebih takjub dan exited do! Minimal sekali dalam seumur hidup pernah menjelajahi tempat wisata di Manokwari Papua Barat. Biar nggak penasaran, langsung saja simak yuk, berikut adalah beberapa tempat wisata di Manokwari yang paling keren dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi!

Teluk Doreri

Teluk Doreri

Sebagian wisatawan yang berkunjung ke Papua biasanya ada yang mengincar wisata pesisirnya. Ini karena keindahan alam pesisirnya memang sangat indah. Termasuk yang ada di kawasan Teluk Doreri Manokwari.

Spot wisata yang cocok dijadikan sebagai tempat snorkeling atau diving untuk menikmati alam bawah laut papua. Selain terumbu karang dan ikan-ikan kecil, saat menyelam wisatawan akan dikejutkan dengan 20 bangkai kapal yang dulunya sempat digunakan saat masa perang dunia kedua. Seperti Kapal Mupi Wreck dan Cross Wreck. Keren kan? ternyata perairan papua memiliki sejarah yang tak terlupakan.

Panjang rata-rata kapalnya mencapai 12 sampai 22 meter. Dan bangkai-bangkai kapal tersebut sudah jelas menjadi terumbu karang tempat tinggal para ikan-ikan kecil.

Wisatawan bisa menyelam melihat-lihat kondisi kapal, namun tentunya harus dengan pemandu penyelaman yang berpengalaman agar tetap aman selama prosesnya berlangsung.

Di samping itu, Teluk Doreri juga memiliki 3 pulau cantik yang letaknya tak terlalu jauh yakni Pulau Lemon, Pulau Mansinam dan juga Pulai Raimuti. Selesai menyelam, Anda bisa mampir ke salah satu pulaunya, untuk sekedar bersantai dan menikmati kesegaran udara di pesisir Papua.

Pantai Pasir Putih Yen Babay

Pantai Pasir Putih Yen Babay

Wisata Manokwari kaya akan keindahan laut dan juga danau. Tak heran bila tempat wisata yang ditawarkan pun berkaitan dengan kedua hal tersebut. Kali ini kamu akan diajak untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Yen Bebay.

Pantai ini terletak kurang lebih 5 kilometer dari Kota Manokwari. Aksesnya pun cukup mudah, wisatawan bisa menggunakan mobil atau motor selama 15 menit berkendara. Sesampainya di sana, Anda bisa langsung menikmati suasana pantainya. Bermain pasir, atau menyusuri bibir pantai.

Hamparan pasir putih terlihat sejauh mata memandang. Saat kita berjalan menggunakan kaki telanjang, akan terasa kalau tekstur pasir tersebut cukup halus.

Bagi yang memiliki hobi menyelam; snorkeling atau diving, bisa coba melakukannya di sini. Keindahan alam bawah laut lengkap dengan terumbu karang dan biota laut khas Papua benar-benar akan memanjakanmu selama liburan.

Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Next, rekomendasi wisata di Manokwari selanjutnya adalah Pantai Bakaro. Bila berkunjung ke Manokwari belum lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke sini. Pasalnya, Bakaro merupakan salah satu surga tersembunyi di Papua Barat.

Keindahan alam pesisir di Bakaro bisa membuat siapapun merasa takjub. Hamparan pasir putih yang bersih menjadi view memanjakan mata. Tak lupa suara ombak yang tak terlalu berisik, semakin melengkapi keberadaan Anda saat berlibur ke Bakaro.

Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan tradisi unik selama berada di sini. Yakni tradisi pemanggilan ikan. Nelayan di area pantai akan melakukan pemanggilan ikan yang bertujuan untuk menarik wisatawan.

Pemanggilan tersebut dilakukan dengan cara tradisional. Dimana nelayan akan memanfaatkan kulit kerang sebagai peluit. Lalu mereka meniupnya bila sudah berada di perairan. Saat mendengar bunyi peluit biasanya ikan-ikan akan segera datang dan berkumpul. Wahh unik sekali ya!

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Bakaro? Bila iya, pantai ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 15 menit saja dari Kota Manokwari. Tak terlalu lama kan?

Pantai Amban

Pantai Amban

Masih bertemakan pantai, bagi yang menyukai wisata pesisir tentu tak akan bosan. Bahkan datang ke Manokwari malah akan serasa sedang dimanjakan saja. So, bagi yang belum puas dengan wisata pesisir yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa lanjut berkunjung ke Pantai Amban.

Wisata di pesisir Papua Barat yang dibuka untuk wisatawan baik lokal maupun mancanegara selama 24 jam. Artinya, wisatawan bebas mau datang jam berapa saja! Mau datang pagi, siang atau malam, tak ada batas waktu.

Namun biarpun begitu, Anda harus memperhatikan jam keberangkatan agar tak terlalu berbahaya apalagi kalau sudah larut malam. Bila dari Kota Manokwari sendiri jaraknya tak begitu jauh hanya 4 km jadi bisa ditempuh dalam waktu 15 menitan.

Hal unik yang bisa ditemukan di Pantai Amban adalah warna pasir hitamnya. Berbeda dengan warna pasir pantai papua secara umum yang jelas berwarna putih. Teksturnya pun halus, akan terasa saat kamu injak menggunakan kaki telanjang.

Waktu paling disarankan untuk datang ke Amban adalah saat sore hari. Dimana momen matahari terbenam akan segera terjadi. Lembayung sore sangat menangkan, langit yang berwarna jingga sungguh puitis dan romantis.

Danau Anggi

Danau Anggi

Dan tempat wisata yang terakhir paling direkomendasikan saat berkunjung ke Manokwari adalah Danau Anggi. Sebuah perairan yang memiliki luas hingga 2.000 hektar ini berlokasi di Kecamatan Anggi, Manokwari.

Sayangnya, untuk akses menuju ke Anggi akan sulit menggunakan jalur darat. Sehingga wisatawan diharuskan menggunakan pesawat terbang jenis Cessna. Pesawat akan berangkat dari kota, untuk jadwal keberangkatan kamu bisa mencari informasi lebih lengkapnya di internet.

Perjalanan Panjang yang dilalui akan terbayar saat Anda benar-benar sudah sampai di Kawasan tempat wisatanya. Danau perairan terbentang luas, tanpa ombak, sungguh menenangkan. Ada pula pemandangan perbukitan yang mengeliling danau. Mata benar-benar semakin dimanjakan dengan view yang indah.

Bila mau, Anda bisa trekking ke Bukit Kobrey yang ada di dekat Danau Anggi. Dari puncak bukit tersebut pemandangan danau secara keseluruhan akan terlihat jelas.

Sedikit tips saat berkunjung ke tempat wisata alam yang ada di Papua. Karena akan sangat minim petunjuk arah maka saat berada di kota sebaiknya Anda sudah mencari informasi mengenai tempat wisata yang akan dituju dengan lengkap. Bawa juga uang cash untuk digunakan saat hendak bertransaksi dengan warga setempat. Terakhir bawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, apalagi bila lokasi wisatanya di pedalaman, harus benar-benar diperhatikan sekali.

Oke traveler itulah pembahasan mengenai 5 tempat wisata di Manokwari paling keren yang bisa Anda jelajahi. Bagaimana, sudah tak sabar untuk menjelajahi Papua Barat? Yuk rencanakan waktu liburanmu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *