Tempat Wisata di Mataram

15 Tempat Wisata di Mataram, Kota Terbesar di Lombok

Posted on

Hingga sekarang ini, Lombok termasuk dalam salah satu daerah di Indonesia yang sektor pariwisatanya berkembang pesat, seperti Bali. Hal ini tentu didukung dengan keindahan alamnya, bahkan beberapa daerah di Lombok memiliki tempat wisata yang unik dan mendunia. Misalnya saja Mataram, kota terbesar di Lombok ini tak luput dari perhatian wisatawan. Mulai dari wisata alam hingga kekayaan budaya yang khas bisa Anda temukan di tempat wisata di Mataram.

Tempat Wisata di Mataram

Mataram sendiri lokasinya tidak terlalu jauh dari Bali, sebagian besar penduduk yaitu suku Sasak masih terpengaruh oleh adat Bali. Oleh sebab itulah, saat berada di sini Anda akan merasakan akulturasi dua kebudayaan. So, buat yang sedang berada di Lombok jangan lupa untuk menjelajahi tempat wisata di Mataram ya! Dijamin tak akan rugi. Kalau belum tau tempat mana saja yang akan dikunjungi, langsung simak saja yuk ulasan berikut ini.

Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung merupakan tempat wisata di NTB yang beralamat lengkap Jalan Penghulu Agung, Kecamatan Ampenan Selatan, Kota Mataram. Tempat ini adalah destinasi pertama yang sebaiknya Anda kunjungi. Ciri khas dari pantainya adalah pasir yang berwarna hitam dan ombaknya yang tenang. Didukung dengan suasana yang tak terlalu ramai, siapapun yang liburan ke sini seperti sedang berada di pantai pribadi saja.

Baca Juga: Wisata Sumbawa Barat

Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq

Wisata di Mataram Pantai Loang Baloq yang beralamat lengkap di Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela merupakan sebuah pantai yang unik sebab terdapat sebuah makam seorang tokoh yaitu Loang Baloq. Tak heran bila nama pantainya serupa dengan nama makam tersebut.

Saat berada di sini, selain bisa menikmati suasana pantai yang khas, wisatawan juga bisa melakukan wisata religi yaitu berkunjung ke makam Loang Baloq. Jangan lewatkan momen matahari terbenam di sore hari ya sebab Lembayung akan membuat suasana pantai lebih romantic.

Pantai Ampenan

Pantai Ampenan

Tempat Wisata di Mataram Lombok selanjutnya masih bertemakan pantai. Kali ini ada Pantai Ampenan yang berlokasi di Jalan Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Biarpun tak seeeksotis pantai lain yang ada di pulau Lombok namun Ampenan juga menawarkan keindahan pantainya tersendiri loh guys. Berbagai spot menarik kerap diburu oleh para wisatawan, seperti spot bermain pasir yang cukup luas. Menjelang sore hari biasanya wisatawan akan semakin ramai berdatangan. Hal ini tentunya karena orang-orang ingin melihat pemandangan matahari terbenam secara langsung dari Pantai Ampenan.

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Masih bertemakan wisata air, namun kali ini bukan pantai melainkan air terjun yaitu Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Lokasinya berada di Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dua air terjun wisata kota mataram ini berada pada lokasi yang sama jadi Anda bisa mengunjungi keduanya.

Kalau soal akses jalannya sendiri terbilang cukup mudah. Bila berangkat dari pusat kota, Anda biasanya harus menempuh waktu perjalanan selama 1 jam. Sementara untuk sampai ke lokasi air terjunnya, Anda harus lewat trek yang sudah disediakan, bentuknya anak tangga menurun dan mudah dilalui.

Pastinya akan sedikit lelah dan menguras keringat. Namun, kalau sudah sampai di depan air terjunnya rasa lelah akan segera terlupakan. Udara yang sejuk, tumbuhan hijau yang mengeliling air terjun, benar-benar memberikan moment liburan berbeda. Airnya pun sangat menyegarkan karena berasal dari mata air Rinjani.

Taman Narmada

Taman Narmada

Taman Narmada berlokasi di Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Bagi Anda yang belum sempat mendaki Gunung Rinjani, mungkin taman ini bisa menjadi pilihan sebagai penggantinya. Sebuah taman terbentang seluas 3 hektar, dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan.

Di bagian atas taman ada sebuah pura atau punden berundak. Ada juga Bale Petirtaan sebuah mata air yang merupakan hasil dari pertemuan langsung Gunung RInjani.

Wisata Pura Taman Air Mayura

Tempat wisata Taman Air Mayura berlokasi di Jalan Purbasari Nomor 29, Mayura, Kecamatan Mataram, Kota Mataram. Di sini Anda akan merasakan betapa kentalnya nuansa dan kultur budaya hindu yang terpengaruh dari kepercayaan orang-orang Bali.

Pembangunan pura Taman Air Mayura dilakukan pada tahun 1744, berdasarkan sejarah, taman ini adalah saksi bisu masa kejayaan Kerajaan Lombok. Sementara itu pembagian wilayah taman dibagi jadi dua yakni area pura yang masih dijadikan tempat ibadah masyarakat beragama hindu dan area taman air yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pura Meru

Pura Meru

Sebelumnya sudah sedikit disinggung kalau daerah Mataram sebagian besar terpengaruh oleh budaya dari Bali, termasuk soal kepercayaan. Sehingga tak heran kalau terdapat beberapa pura berdiri kokoh di kepulauan ini. Seperti Pura Meru, pura terbesar di Lombok yang berlokasi di Jalan Selaparang, Cakranegara Tim, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

Daya tarik destinasi puranya ada pada bagian desain pura tersebut. Dimana perpaduan seni arsitektur dan Jawa Kuno benar-benar sangat terasa. Membuat bangunan pura semakin estetik. Bagian atapnya pun dibuat bertingkat yang memiliki makna tersendiri.

Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center

Selain Pura, Mataram juga memiliki cukup banyak masjid. Bahkan kota ini dikenal sebagai kota seribu masjid. Salah satu yang paling dikenal adalah Masjid Islamic Center, berlokasi di Dasan Agung, Selaparang, Gomong, Kecamatan Selaparang, Mataram.

Masjid yang terbesar di pulau Lombok ini, memperlihatkan keunikan dari desain arsitekturnya. Di sini juga terdapat sebuah Menara yang dinamakan Menara 99 yang mana melambangkan 99 Asmaul Husna. Tidak hanya itu saja, Masjid Islamic Center pun mempunyai kubah besar yang dihiasi oleh motif batik Sasambo yaitu batik khas Nusa Tenggara Barat.

Taman Udayana

Taman Udayana

Taman Udayana berlokasi di Jalan Udayana, Pejarakan Karya, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Disini, Anda bisa rehat sejenak sambil menikmati suasana kota Mataram. Taman ini adalah ruang terbuka hijau yang cukup luas dan biasanya dijadikan alternatif liburan masyarakat sekitar saat akhir pekan.

Berbagai fasilitas taman pun sudah dikelola dengan baik, khususnya yang mendukung kegiatan outdoor. Nah, bagi yang mau wisata kuliner dengan harga lebih murah, Taman Udayana bisa jadi pilihan. Sebab terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan khas setempat.

Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong

Destinasi pantai lain yang juga tak boleh terlewatkan saat Anda berkunjung ke Lombok adalah Batu Bolong Mataram. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota sehingga terbilang mudah untuk diakses. Lebih tepatnya berada di daerah Jalan Batu Bolong, Pagutan Barat, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Penamaan pantainya sendiri terinspirasi dari sebuah batu yang memiliki lubang besar pada bagian tengahnya. Batu tersebut dapat Anda lihat saat masuk ke Kawasan pantai Batu Bolong. Keindahan alam pantai yang khas pun dapat dinikmati oleh siapapun, apalagi pemandangan menjelang sore hari dan matahari terbenam. Lembayung sangat menenangkan dan memberikan kesan lebih romantic.

The Griya

The Griya

Ingin berkunjung ke tempat wisata di Lombok yang lebih artistic? Cobalah berkunjung ke The Griya yang berlokasi di Jalan Layur Nomor 777, Ampenan Selatan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Di sini, Anda bisa mendapatkan paket wisata lengkap. Sebab The Griya merupakan galeri seni yang memajang berbagai macam produk dari daur ulang sampah. Wisatawan yang datang bisa melihat-lihat sekaligus membuatnya langsung.

Kalau sudah merasa lelah dan lapar, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner di kafe galeri tersebut. Berbagai macam makanan khas Lombok dan western bisa Anda pilih.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Kalau sebelumnya adalah galeri seni, kali ini Anda bisa berkunjung ke sebuah museum bersejarah. Namanya adalah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, berlokasi di Jalan Panji Tilar Negara Nomor 6 Taman Sari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Wisatawan akan diajak untuk kilas balik sejarah Lombok. Berbagai macam peninggalan zaman dulu dipajang dengan aman dan bisa Anda lihat tanpa disentuh.

Taman Sangkareang

Taman Sangkareang

Taman Sangkareang berlokasi di Jalan Pejanggik, Mataram Barat, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Tidak hanya difungsikan sebagai area terbuka hijau. Namun taman ini juga dibuka sebagai tempat wisata untuk umum. Lokasi yang strategis membuat Taman Sangkareang mudah sekali dijangkau.

Biasanya para pelancong akan berkunjung ke sini untuk beristirahat. Suasana yang sejuk sangat terasa sekali, menenangkan untuk siapa pun beristirahat sejenak.

Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 25, Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Sebuah daerah yang menjadi saksi bisu sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Di sepanjang jalan kota Kota, Anda dapat melihat bangunan berjejer yang merupakan peninggalan sejarah. Sehingga memiliki kesan yang unik dengan nuansa klasik. Bila difoto tentu akan sangat estetik. Untuk bisa berkeliling dan menikmati suasana kota, sebaiknya Anda menggunakan cidomo sebuah andong khas local. Atau bila ingin berjalan kaki pun bisa sekali kok.

Kampung Wisata Ala Jepang

Kampung Wisata Ala Jepang

Siapa kira ternyata di Lombok terdapat sebuah tempat wisata bertemakan Jepang? Namanya adalah Kampung Wisata Alam Jepang, berlokasi di Kebon Talo, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Semua hal yang ada di dalam kampung wisata ini dibuat semirip mungkin dengan suasana negeri Sakura Jepang. Wisatawan bisa berkeliling menikmati suasana kampung yang Jepang banget. Jangan lupa untuk berfoto sebab ada banyak sekali spot foto yang instagramable. Bila sudah puas berkeliling dan merasa lelah, Anda bisa mengisi tenaga dengan makan di café atau restoran yang ada di dalam area kampung wisata.

Baca Juga: Wisata Dompu

Saat akhir pekan, biasanya tempat ini cukup penuh oleh pengunjung local. So, bila ingin lebih luang sebaiknya datang saat hari kerja saja.

Oke traveller itulah 15 tempat wisata di Mataram. Kota terbesar di Lombok ini memang tak pernah mengecewakan kalau soal pariwisatanya. Berbagai penginapan dari harga murah sampai mahal pun bisa Anda temukan di sini. Sehingga Mataram cocok sekali untuk Anda yang berwisata ala ransel yang super ngirit atau ala koper yang lebih mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *