Tempat Wisata di Maybrat

5 Tempat Wisata di Maybrat, Surga Tersembunyi Tanah Papua

Posted on

Papua tidak henti-hentinya membuat Indonesia kagum. Terutama dengan keindahan pesona alamnya, betul tidak? Popularitas wisata di Papua pun sudah mampu menyaingi wisata daerah-daerah lain di Indonesia. Papua semakin maju dengan adanya pembangunan yang memudahkan warga dan wisatawan untuk mengakses lokasi tertentu. Beberapa tempat wisata di Papua Barat yang tersembunyi dan hampir tak pernah terjamah oleh tangan manusia pun mulai terekspos. Beberapa diantaranya seperti yang ada pada tempat wisata di Maybrat.

Daftar isi:

Tempat Wisata di Maybrat

Traveler, kalau berkunjung ke kepulauan ujung timur Indonesia memang harus menyediakan waktu yang panjang. 1 atau 2 hari pasti tak cukup! Ya, minimal 1 minggu agar wisatawan bisa menjelajahi daerah di sana dengan puas. Nah, belum lengkap juga rasanya bila Anda ke Papua namun belum menikmati tempat wisata di Maybrat.

Pesona alam di Maybrat tidak kalah cantiknya dengan wisata alam lainnya yang ada di Papua Barat. Beberapa diantaranya pun masih jarang bahkan belum terjamah oleh manusia. Bak surga tersembunyi, wisatawan akan dibuat takjub.

Tanpa berlama-lama, langsung saja simak yuk wisata di Maybrat berikut ini!

Danau Uter

Danau Uter

Rekomendasi wisata pertama yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Maybrat adalah Danau Uter. Lokasinya berada di daerah pegunungan dan lembah yang ada di Kumurkek, Maybrat. Danau ini terbentuk karena adanya gunung dan lembah di sekitarnya.

Baca Juga: Wisata Manokwari Selatan

Mengapa harus mengunjungi Danau Unter sebagai tempat wisata saat kita ke Papua? Tentu saja karena pesona alamnya yang mampu menghipnotis siapapun. Air di Uter juga amat jernih, saat melihat permukaannya akan terlihat pantulan bayangan di sekitar, mirip seperti cermin.

Dan, tau nggak sih? ternyata Danau Uter masih sangat alami. Belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. So, biarpun fasilitas belum memadai namun bagi pecinta alam ini tak akan menjadi masalah.

Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda bisa berangkat dari Kumurkek ataupun Sorong selama kurang lebih 4 hingga 5 jam perjalanan. Meski jalan nya cukup berliku, namun apa yang Anda dapatkan akan sepadan.

Danau Ayamaru

Danau Ayamaru

Selanjutnya ada Danau Ayamaru. Danau ini bisa dikatakan adalah destinasi wajib saat berkunjung ke Kumurkek, Maybrat. Mengapa demikian? Karena Danau Ayamaru masih sangat asri, air pun jernih hingga kita bisa melihat bagaimana keadaan di dalam air tanpa harus snorkeling.

Sama seperti tempat wisata sebelumnya, Danau Ayamaru juga masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Jadi, Anda bisa puas menikmati suasana alam di Ayamaru tanpa terganggu oleh banyak orang. Benar-benar cocok untuk menenangkan diri.

Luas danau yang mencapai 980 hektar ini ternyata peninggalan dari Suku Maybrat loh. Jika Anda menyukai sejarah tentu akan suka dengan cerita dari warga setempat. Konon Ayamaru merupakan tempat bersemayamnya nenek moyang Suku Maybrat.

Untuk itu, siapapun yang datang ke sini wajib menjaga kebersihan selama berkunjung. Selain bisa mendapatkan ketenangan, wisatawan juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu sewaan.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi surga tersembunyi Papua selanjutnya? Danau ini bisa dicapai dengan waktu sekitar 1 jam ditambah berjalan kaki selama 15 menit. So, persiapkan fisik yang prima ya agar bisa trekking tanpa hambatan.

Kolam Framu

Kolam Framu

Rekomendasi wisata alam selanjutnya adalah masih bertemakan air yaitu Kolam Framu. Letaknya bersebelahan dengan Danau Ayamaru. Airnya pun masih jernih berwarna biru kehijauan. Uniknya, kolam ini akan terlihat berbentuk seperti hati jika dilihat dari atas. Pada Kolam Framu, terdapat jalur air yang terhubung dengan Danau Ayamaru.

Apa saja yang bisa dilakukan di Kolam Framu ini? Kalau berani, Anda bisa berenang bersama ikan-ikan di kolam tersebut. Bahkan banyak anak-anak kecil yang bermain di sana.

Tentunya air dari kolam ini masih sangat segar dan memberikan kesejukan bagi Anda yang datang. Kolam Framu ini juga cocok dijadikan destinasi wisata pasangan yang baru menikah lho. Keindahan alam di Framu mampu menciptakan suasana yang lebih romantis.

Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen tiap momen langka saat berada di Framu.

Gua Alam Di Mare

Gua Alam Di Mare

Apakah Anda menyukai destinasi wisata Maybrat yang unik? Kalau begitu, cobalah berkunjung ke salah satu Gua Alam yang ada di sana yaitu Gua mare. Letaknya ada di distrik Mare, Kabupaten Maybrat.

Tak hanya melihat dari luar saja, kalau mau melakukan susur gua pun sangat diperbolehkan sekali. Di sana Anda bisa menemukan struktur gua yang indah beserta flora dan fauna yang unik dan cantik. Tak heran bila Gua Alam Mare menjadi salah satu wisata pilihan di Maybrat yang sudah sangat populer.

Ada alasan mengapa Mare menjadi daya tarik tersendiri karena merupakan tempat penghasil mineral yang cukup melimpah. Anda yang memiliki hobi ekstrim sangat cocok mengunjungi gua alam yang satu ini. Pasalnya, untuk mencapai tempat ini Anda harus membawa perlengkapan outdoor demi keselamatan karena alamnya masih liar.

Anda bisa mencapai gua ini dengan berkendara dari Kumurkek sekitar 1 jam 30 menit. Bisa liburan sekaligus merasakan pengalaman seru di alam bebas dengan pemandu berpengalaman. Untuk itu lengkapi diri Anda dengan fasilitas keselamatan yang memadai ya.

Kampung Ayata

Kampung Ayata

Menjelajahi wisata Maybrat memang sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai wisata alam unik. Di samping itu, saat berada di kawasan ini wisatawan akan diajak untuk lebih dekat dengan masyarakat setempat seperti yang berada di Kampung Ayata. Sebuah pemukiman masyarakat yang sudah maju dan terbuka untuk wisatawan.

Hal yang menjadikan Kampung Ayata unik adalah karena kehidupan masyarakat yang masih tradisional. Masih memegang teguh adat kebudayaan nenek moyang. Sentuhan modernisasi tak membuat luntur identitas asli dari masyarakat setempat.

Ada satu hal yang harus Anda coba selama berada di Kampung Ayata yakni rumah pohon. Kegiatan warga kampung ini sehari-hari adalah berkebun. Rumah pohon ini dibangun sebagai tempat perlindungan dari cuaca dan juga binatang liar selama berkebun. Nah, wisatawan bisa coba merasakan berada di rumah unik tersebut, yakni yang berada di atas pohon. Wah, bisa jadi pengalaman yang menyenangkan sekali.

Baca Juga: Wisata Sorong

Kalau berkunjung ke Kampung Ayata jangan lupa bawa uang cash ya agar Anda bisa bertransaksi dengan masyarakat setempat. Jangan berharap ada mesin ATM atau pembayaran digital karena kondisinya masih pedalaman.

Oke traveler, itulah rekomendasi 5 tempat wisata alam di Maybrat yang belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Ada banyak surga tersembunyi Papua yang masih belum terekspose, beberapa diantaranya adalah di Kumurkek, Maybrat dan sudah disebutkan di atas. So, traveler tak usah merasa ragu lagi untuk berkunjung ke sini! Kapan lagi bisa menjelajahi alam liar yang masih asri dan terjaga kalau bukan di Maybrat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *