Tempat Wisata Di Merauke

7 Tempat Wisata Di Merauke yang Harus Banget Kamu Kunjungi

Posted on

Kamu pasti pernah dong mendengar lagu dengan lirik ‘Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau..’ sebuah lagu yang menggambarkan bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau. Salah satunya berada di Merauke, Papua, ujung timur negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Penamaan Merauke sendiri konon berasal dari sebuah pertanyaan bangsa Belanda yang mendatangi suku asli Merauke yakni Suku Marin Anim yang tinggal di Sungai Maro Ka Ehe. Nama sungai tersebutlah yang dijadikan penyebutan untuk kabupaten Merauke.

Menjadi titik terakhir negara Indonesia, Merauke memang dinilai memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya dari sektor pariwisata.

Tempat Wisata di Merauke

Bila membicarakan mengenai tempat wisata di Merauke, tentu ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. Namun bila tak bisa berkunjung ke semua tempat wisata tersebut, kamu bisa memilih yang paling populer dan direkomendasikan berikut ini.

Pantai Lampu Satu

Pantai Lampu Satu

Wisata di Merauke yang pertama adalah Pantai Lampu Satu. Berlokasi di Jalan Menara Lampu Satu, Samkai, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Penamaan tempat wisata yang cukup unik, terinspirasi dari adanya sebuah mercusuar yang mempunyai lampu sebagai alat penerangannya.

Bentangan garis Pantai Lampu Satu tergolong relatif panjang dengan deretan pohon kelapa memagarinya. Kondisi pasir di sini tak begitu putih, bahkan fasilitasnya pun masih tergolong minim. Namun hal tersebut tentu tak mengurangi daya tarik pantainya.

Baca Juga: Wisata Mamberamo Tengah

Menjelang sore hari ada banyak anak muda yang sengaja berkunjung ke sini guna menikmati suasana senja yang romantic. Selain pemandangan matahari terbenam, ada pula beberapa perahu nelayan berjajar di tepi pantai yang lambat laun akan terlihat seperti siluet lalu menghilang dari pandangan karena gelap.

Tugu Lingkaran Brawijaya

Tugu Lingkaran Brawijaya

Tugu Lingkaran Brawijaya, berlokasi di Jalan Parakomando, Kelapa Lima, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Tugu ini berdiri gagah di sebuah bundaran jalan di Merauke. Sehingga siapapun dapat melihatnya.

Bila kebetulan kamu melewati Tugu Lingkaran Brawijaya saat berada di dalam perjalanan, sebaiknya sempatkan untuk berhenti dan berfoto ya. Sebagai kenang-kenangan dan bukit bahwa kamu pernah berkunjung ke Merauke.

Saat malam hari pemandangan tugunya akan lebih indah. Sebab ada cahaya lampu yang menjadi lighting tugu tersebut. Di puncak tugunya ada sebuah jam yang menunjukan waktu. Super unik ya?

Tugu Pepera

Tugu Pepera

Wisata Merauke nomor tiga masih berkaitan dengan tugu, kali ini adalah Tugu Pepera yang berlokasi di Karang Indah, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Sebuah tugu yang menyimpan nilai historical tersendiri untuk bangsa Indonesia, khususnya saat masa kemerdekaan.

Berdasarkan sejarah, tugu ini didirikan pada tahun 1968. Dimana isi dari tugu monument ini sendiri merupakan pernyataan sikap dari masyarakat Irian Barat. Khususnya yang berlokasi di Kabupaten Merauke pada masa tersebut untuk menjadi bagian dari NKRI.

Pengesahan Tugu Pepera sendiri dilakukan oleh Bapak Soeharto pada tanggal 17 September 1969.

Pantai Payum

Pantai Payum

Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Papua namun tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kawasan pesisirnya. Nah, saat berada di Merauke kamu pun bisa menemukan sebuah pantai dengan keindahan yang begitu khas yaitu Pantai Payum. Lokasinya berada di Samkai Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Secara umum, suasana di Pantai Payum sebenarnya tak jauh beda dengan Pantai Lampu Satu. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada warna pasirnya, kalau di Payum warnanya lebih kecoklatan.

Payum muga memiliki suasana yang lebih hening dan natural. Cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati waktu liburan dengan nyaman. Pemandangan samudera luas pun sangat indah. Apalagi menjelang sore hari, saat matahari terbenam, suasana akan terasa lebih dramatis dan romantis.

Pantai Wisata Onggaya

Pantai Wisata Onggaya

Masih tak cukup hanya dengan berkunjung ke satu pantai saja? Kalau begitu mari lanjutkan ke Pantai Wisata Onggaya yang berlokasi di Onggaya, Naukenjerai, Kabupaten Merauke.

Sebuah tulisan ‘Pantai Onggaya’ dengan ukuran besar akan menyambut wisatawan begitu sampai di lokasi pantai. Hamparan pasir putih yang bersih, deretan pohon kelapa, lautan yang luas dengan warna air yang jernih dan kebiruan menjadi pemandangan yang akan memanjakanmu selama berada di Onggaya.

Untuk berkunjung ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor. Kalau menggunakan angkutan umum mungkin akan sedikit sulit, apalagi bila wisatawan berasal dari luar kota.

Lotus Garden

Lotus Garden

Ternyata di Merauke juga terdapat Lotus Garden loh traveler. Sebuah taman wisata dengan nuansa alam yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Seperti gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati suasana sekitar.

Adapula sebuah kolam buatan yang tenang. Beberapa spot foto instagramable pun sangat rugi bila kamu lewatkan. Kapan lagi bisa menikmati tempat wisata seperti ini saat berada di Papua?

Untuk lokasi tepatnya, Lotus Garden berada di Semangga, Distrik Muramsari, Kabupaten Merauke, Papua. Akses jalannya sudah terbilang bagus, bisa dilalui oleh kendaraan mobil atau motor.

Oh iya, bagi wisatawan yang ingin berenang, kamu bisa banget melakukannya di sini. Sebab sudah ada fasilitas kolam renang khusus wisatawan. Biarpun ukurannya tak terlalu besar, tapi cukuplah untuk sekedar menghilangkan perasaan ‘ingin’ berenang.

Tugu 0 Km Merauke-Sabang

Tugu 0 Km Merauke-Sabang

Dan tempat wisata di Merauke yang terakhir dan harus banget kamu kunjungi adalah Tugu 0 km Merauke-Sabang. Lokasinya berada di Sota, Merauke, Papua. Sebuah tulisan berukuran besar berisi sesuai dengan nama tempat wisatanya siap menyambut wisatawan.

Rasanya ada kebanggan tersendiri kita bisa berkunjung ke 0 km Merauke-sabang. Oleh sebab itu kalau kebetulan kamu sempat berkunjung, jangan lupa untuk berfoto ya agar bisa mengabadikan moment langka yang mungkin tak bisa datang dua kali. Namun wisatawan harus bersabar ya, sebab ada banyak orang yang ingin berfoto dengan background tugu.

Pemandangan sekeliling tugu pun dipenuhi oleh tanaman hijau. Membuat suasana terasa lebih teduh. Untuk akses jalan menuju ke sini pun terbilang sudah sangat nyaman. Sebab jalannya sudah diaspal dengan baik. Kamu bisa menggunakan motor atau mobil.

Baca Juga: Wisata Pegunungan Bintang

Bila kebetulan sedang dalam perjalanan dan melewati tugu 0 km Merauke, tak ada salahnya kan untuk berhenti sejenak?

Oke traveler itulah 7 tempat wisata di Merauke yang harus banget kamu kunjungi. Beberapa tempat mungkin bisa kamu jumpai saat berada dalam perjalanan seperti tugu Lingkaran Brawijaya atau 0 Km Merauke. Sehingga kamu akan lebih dimudahkan bila ingin berkunjung ke beberapa tempat sekaligus.

Nah, sekarang tinggal saatnya menentukan kapan akan berlibur ke Merauke. Yuk buat rencana liburanmu agar nantinya kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk mematuhi protocol kesehatan ya, apalagi liburan di tengah kondisi pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *