12 Tempat Wisata Di Meulaboh Aceh Barat Paling Terkenal

Posted on

Berlibur atau berkunjung ke tempat wisata di Meulaboh Aceh Barat kita akan mendapati berbagai objek wisata alam nan menakjubkan. Kota dengan julukan Serambi Mekkah ini hadirkan deretan objek wisata alam yang bisa membuat siapa saja enggan beranjak.

Lokasi ini berada di sisi paling barat dan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Dan Kota Meulaboh menjadi ibu kota dari Kabupaten Aceh Barat.

Kota ini juga menjadi saksi dahsyatnya tsunami yang terjadi pada 2004 silam. Dimana hampir semua wilayah luluhlantak. Namun kini lihatlah mereka telah berbenah dan berubah 180 derajat.

Sebelum dikenal saat ini sebagai Meulaboh, daerah ini lebih dikenal masyarakat luas sebagai Negeri Pasir Karam. Satu kota yang telah ada sejak abad 15 di masa pemerintahan Sultan Sultan Saidil Mukamil (1588-1604).

Dari beberapa sumber yang ada perubahan nama ini erat kaitan dengan kedatangan orang Minangkabau. Dimana mereka berlabuh atau dalam bahasa sehari-hari kala itu biasa dikenal dengan “Meulaboh.”

Tempat Wisata Di Meulaboh Aceh Barat

Di tempat ini ada puluhan tempat wisata di Aceh Barat yang bisa dikunjungi. Bukan hanya destinasi pantai Meulaboh saja tapi pilihannya pun ada sangat banyak. Di sekitar Aceh Barat ini terdapat berbagai destinasi dan aktivitas unik mulai dari susur gua, persawahaan hingga danau dan masih banyak lagi.

Dan berikut referensi terbaik yang harus masuk dalam list unggulan saat berada di tempat wisata Meulaboh, Aceh Barat.

Pantai Batee Puteh

Pantai Batee Puteh

Satu objek wisata pantai meulaboh yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota pastinya adalah Pantai Batee Puteeh. Jaraknya hanya lebih kurang 3 kilometer dari Kota Meulaboh.

Dan cara yang paling asik untuk ke pantai ini tentu saja dengan naik becak. Mengingat jarak yang dekat maka tidak perlu menggunakan kendaraan bermesin semisal mobil.

Baca Juga: Wisata Kota Jantho

Sepanjang jalan jangan lupa sesapi senyum dan keramahan masyarakat setempat. Saat tiba di Ujung Batee Puteh, Beureunut, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar maka ekspresikan emosimu.

Nikmati sepanjang waktu sembari bercengkrama dengan yang lain. Sebisa mungkin manjakan diri untuk lebih dekat dengan alam beserta keindahannya di tempat ini. Satu tempat dengan hamparan pasir putih dan langit biru yang mempesona.

Pantai Lhok Geudong

Pantai Lhok Geudong

Satu objek wisata pantai Meulaboh di Aceh Barat yang sudah pasti terkenal adalah Pantai Lhok Geudong. Lokasinya ada di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan dan pantai ini menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi.

Kelebihan lain kenapa pantai ini harus dikunjungi sudah pasti langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Saat berada di tempat ini sejauh mata memandang akan ada lautan biru yang begitu indah.

Angin semilir, deburan ombak, pasir putih kian lengkap. Membuat siapa saja yang berada di tempat ini betah berlama-lama. Melihat ciptaan Tuhan dengan segala keindahannya.

Dan waktu paling tepat sudah pasti kala pagi atau senja dimana matahari belum begitu terik. Namun kalaupun pada siang bolong berkunjung pun tak akan mengurangi keindahan pantai yang satu ini.

Pantai Lanaga

Pantai Lanaga

Aceh masih menyimpan keindahan yang begitu luar biasa. Salah satunya terlihat dengan banyaknya pantai yang masih alami.

Satu yang banyak dicari tentu saja Pantai Lanaga. Pantai ini jaraknya cukup dekat dari pusat kota Meulaboh karena bisa dijangkau dalam beberapa menit saja. Persisnya ada di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo.

Selain untuk melihat keindahan pantai mereka yang datang pastinya juga ingin mencoba olahraga air semisal selancar, jet langit, banana boat dan lain-lain. Maklum saja ombak yang ada dirasa cukup pas untuk kegiatan memacu adrenalin ini.

Meski telah tersedia aneka wahana kekinian tetap saja satu yang paling khas dari Pantai Lanaga adalah keindahan alam yang tiada terkira. Pantai yang masih bersih tanpa banyak sentuhan modernisasi masih terlihat begitu kentara.

Pulau Gosong

Pulau Gosong

Nama yang unik pastinya dan ternyata proses tercipta pulau ini pun demikian. Dimana pulau ini terbentuk akibat adanya tumpukan pasir yang terbawa arus dan tertimbun kemudian menempel di karang.

Luasnya pun tidak begitu besar karena hanya seluas lapangan bola saja. Tapi jangan tanyakan sensasi berada di pulau yang satu ini. Pastinya akan sangat berkesan karena tidak setiap orang bisa berkunjung ke objek wisata pantai Meulaboh yang satu ini.

Untuk menuju Pulau Gosong pengunjung bisa memanfaatkan perahu nelayan atau menyewa boat yang ada di dekat lokasi. Selama perjalanan bisa saja akan ketemu ombak yang lumayan besar dan membuat pengalaman semakin tak terlupakan.

Semua itu akan terbayar lunas saat tiba di lokasi wisata. Meski sesaat silakan berjemur di bawah terik matahari hingga gosong dalam arti yang sebenarnya.

Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

Masih dari deretan pantai Meulaboh nan indah ada Pantai Lhok Bubon yang sangat menawan. Kualitas air pantai masih sangat istimewa karena begitu jernihnya.

Selain itu masih ada pasir pantai di sepanjang bibir pantai yang seolah tak bertepi. Membuat siapa saja yang berkunjung akan merasa nyaman dengan pemandangan yang ada.

Bukan hanya itu saja tapi ada juga menu kuliner yang tiada terkira lezatnya. Dimana menu dimasak masyarakat setempat dengan citarasa dan bumbu rempah khas Aceh.

Jaraknya dari pusat kota pun tidak begitu jauh karena hanya berjarak lebih kurang 8 kilometer. Lokasi Pantai Lhok Bubon ini ada di Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Krueng Tutut

Krueng Tutut

Satu nama yang unik dan khas membuat siapa saja ingin berkunjung ke tempat ini. Maklum saja ada rasa penasaran yang memaksa setiap orang untuk tahu ada apa di sana.

Dan benar saja pengunjung objek wisata yang satu ini bukan hanya warga lokal. Melainkan datang dari berbagai penjuru tak terkecuali wisatawan asing.

Objek wisata Krueng Tutut ini berada di Gampong Tutut, Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Saat berada di tempat ini jangan lupa hentikan waktu sejenak di atas bukit dan nikmati pemandangan air yang begitu jernih. Perpaduan yang apik antara warna air dan hijau membuat siapa saja tak ingin beranjak dan melanjutkan perjalanan.

Danau Geunang Geudong

Danau Geunang Geudong

Melihat deretan pantai Meulaboh yang ada mungkin kita tak menduga bila Aceh Barat miliki destinasi lain yang tak kalah keren berupa danau. Danau yang satu ini memiliki luas 7 hektar yang berada diantara 3 desa.

Mereka yang berkunjung ke tempat ini pastinya akan dimanjakan dengan suasana tenang dan damai. Sangat pas untuk liburan bersama keluarga khususnya mereka yang hobi memancing karena kita pun bisa menangkap ikan dengan cara konvensional ini.

Saat berkunjung ke danau ini ada baiknya juga untuk menginap barang semalam. Merasakan susana alam yang begitu khas dengan latar keindahan.

Paling mudah bila ingin ke Danau Geunang Geudong pastinya menuju wilayah Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat.

Lebok Pineu

Lebok Pineu

Tidak berhenti di situ tapi di Aceh Barat ini ada destinasi menari berupa aliran sungai yang telah di kelola dengan baik. Masyarakat setempat menyebut wisata berbasis alam ini dengan sebutan Lebok Pineu.

Mungkin masyarakat kita akan menyebut destinasi ini sebagai desa wisata. Dimana destinasi bersumber dari kreativitas warga sekitar yang melihat potensi keindahan di sekitar mereka.

Berbeda dengan air yang ada di kota besar, aliran sungai yang satu ini meski cukup deras tapi kualitas airnya benar-benar istimewa karena sangat jernih. Destinasi ini ada di Desa Tanoh Mirah, Aceh Barat yang mana lokasinya tidak jauh dengan Krueng Tutut.

Artinya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bukan. Hanya saja untuk sampai tempat ini bukanlah perkara mudah karena lokasinya masih sangat perawan sehingga tidak banyak yang mengetahuinya.

Persawahan Suak Sigadeng

Persawahan Suak Sigadeng

Masih dengan nuansa yang sama sebelumnya dengan andalan alam pedesaan maka berkunjunglah ke tempat ini. Maka sangat disarankan bagi mereka yang kurang dalam menuntaskan hasrat berburu foto kece ala pedesaan untuk berkunjung ke persawahan Suak Sigadeng.

Dimana di tempat ini akan terhampar pemandangan alam yang begitu indah. Dimana hamparan tanaman akan menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke tempat ini.

Hijaunya pohon dengan nuansa asri akan membius siapa saja untuk berfoto nuansa alam lebih banyak. Objek wisata menarik ini berada di Suak Sigadeng, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Bercengkrama dengan petani dan menikmati hasil pertanian langsung dari tempatnya pasti menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Masjid Agung Baitul Makmur

Masjid Agung Baitul Makmur

Ke Serambi Mekkah tak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke masjid dan salah satu yang legendaris tentu saja ada Masjid agung baitur makmur. Masjid ini menjadi kebanggaan warga Aceh khususnya Aceh Barat karena memiliki sejumlah keistimewaan.

Masjid megah yang berada di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh ini memiliki arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh. Membuat siapa saja ingin beribadah lebih lama dan lebih khusuk pastinya.

Menarik kemudian Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh juga termasuk dalam 100 Masjid Terindah di Indonesia. Buku ini disusun Teddy Tjokrosaputro & Aryananda pada Agustus 2011 silam

Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan

Hobi berselancar atau baru akan belajar surfing maka saat ada di Aceh Barat maka ini adalah lokasi terbaik. Dimana ombak yang hadir mampu membawa papan meluncur lebih panjang dan menantang.

Membuat siapa saja yang ingin surfing disarankan untuk datang ke pantai yang satu ini. Mereka yang di Aceh pun menyebut Pantai Pusong Sangkalan sebagai Pantai Bali karena memiliki kemiripan dalam hal keindahan dan ombak.

Pantai ini ada di Telaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa. Menjadi objek wisata unggulan bagi mereka yang pernah ke Pulau Dewata tapi enggan pergi jauh pastinya.

Gua Seumancang

Gua Seumancang

Ke pantai sudah, ke pedesaan juga sudah maka jangan lupa untuk menilik gua yang begitu indah di Aceh Barat ini. Persisnya ada di Desa Babahlung Kemukiman Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat.

Letaknya tidak jauh dari pemukiman dan hampir semua warga sekitar tahu lokasi gua yang eksotik ini. Satu yang cukup menarik dari Gua Seumancang ini karena menyimpan misteri di dalamnya.

Baca Juga: Wisata Sabang

Dimana terdapat makam atau kuburan yang memiliki panjang hingga 3,8 meter. Dan kuburan ini diyakini sebagai makam seorang ulama sekaligus pengawal Kerajaan Aceh.

Seperti gua pada umumnya dimana pada langit-langit terdapat Stalaktik dan Stalakmit yang runcing. Keindahan itu akan nampak jelas bila kita datang dengan membawa senter untuk menyusuri gua.

Gua dengan tinggi 22 meter, garis tengah 6.5 meter dan kemiringan hingga 80 derajat menjadi pengalaman tersendiri bagi siapa saja yang ada di dalamnya.

Demikian ulasan beberapa rekomendasi tempat wisata di Meulaboh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *