Tempat Wisata di Mimika

7 Tempat Wisata di Mimika Paling Indah dan Populer

Posted on

Mimika salah satu kota yang ada di Papua dan terkenal akan standar biaya hidupnya yang mahal. Bahkan mirip seperti kota-kota di Eropa. Wahh kok bisa? Tentu saja bisa karena di sinilah berdirinya sebuah perusahaan tambang terbesar di Indonesia yaitu PT. Freeport Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari perusahaan tambang Amerika Serikat; Freeport McMoRan Copper and Gold, Inc.

Tempat Wisata di Mimika

Di samping biaya hidup yang mahal, tempat wisata di Mimika juga harus kita soroti seba ada banyak yang memiliki keindahan serta keunikan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Ipaya

Ipaya

Ipaya merupakan sebuah Kawasan yang merupakan gabungan dari 3 kampung yakni Yaraya, Paripi dan Ipiri. Daerah ini ditargetkan bisa menjadi kota pusat pariwisata pantai sebab lokasinya yang terbilang strategis, kekayaan alamnya pun melimpah.

Untuk bisa sampai di Ipaya, bila kamu berangkat dari pusat kota Timika, Mimika Papua kurang lebih akan membutuhkan waktu selama 4 jam. Dimana dari Timika kamu harus ke Pelabuhan Pomako dulu yang jaraknya 43 km, bisa ditempuh lewat jalur darat dengan kondisi jalan yang baik. Bila sudah sampai di Pomako, lanjut perjalanan ke Desa Ipaya menggunakan jalur air selama 2 jam perjalanan, jaraknya kurang lebih 70 km.

Baca Juga: Wisata Merauke

Kalau soal keindahan pantai Ipaya, sebetulnya sama seperti kebanyakan pantai di Papua. Sangat eksotis dan indah, suasananya pun menenangkan karena tak terlalu ramai oleh pengunjung.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Potensi wisata alam Papua memang tak perlu diragukan lagi. Keindahannya bukan hanya diketahui oleh wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Oleh sebab itu, tak heran bila hampir tiap tahun ada banyak wisatawan yang datang dari luar negeri. Biarpun saat pandemic jumlahnya menurun.

Salah satu tempat yang biasa dijadikan tujuan wisatawan saat berkunjung ke Papua adalah Taman Nasional Lorentz. Kawasan alam yang terbesar se-Asia Tenggara. Wah keren kan? Ternyata Indonesia punya tempat seperti ini.

Mulai dari keindahan pantai, pegunungan hingga danau bisa kamu temukan selama berada di sini. Panorama hutan bakau yang akarnya tersusun rapi di permukaan air pun semakin menjadi penghias alami serta memanjakan sejauh mata memandang.

Ada pula pemandangan air terjun yang asri. Tak hanya menikmati dari kejauhan, wisatawan pun bisa turun langsung dan menikmati kesegaran airnya. Tak lupa pemandangan Puncak Carstensz atau Jaya Wijaya, dari kejauhan kita bisa melihat bentangan es atau gletser yang hanya satu-satunya di Indonesia.

Kekayaan taman nasional tersebut tak hanya sampai di situ saja. Terdapat 34 tipe vegetasi diantaranya hutan sagu, hutan tepi sungai, hutan rawa, hutan gambut, hutan hujan lahan datar atau lereng, hutan kerangas, hutan pegunungan, lumut kerang, dan lain-lain.

Sungai Pindah-pindah

Sungai Pindah-pindah

Sungai Pindah-pindah, namanya unik sekali kan? Sungai ini memang memiliki keunikan tersendiri. Dimana aliran airnya sering berpindah-pindah. Terkadang berada di kanan, di tengah atau pun di sisi kiri. Hem, tak heran ya kalau nama sungainya seperti itu.

Lokasi Sungai ini berada di Jalan Trans Timika-Nabire, kurang lebih 1 jam bila kamu melakukan perjalanan dari pusat kota Timika.

Baca Juga: Wisata Deiyai

Pemandangan di pinggir sungai pun sangat indah, ditumbuhi pepohonan cemara. Membuat udara pun semakin terasa lebih segar. Air nya jernih dan dingin bila dipegang. Ada bebatuan besar yang bisa wisatawan gunakan untuk duduk, sembari merendamkan kaki dan menikmati keindahan view sekeliling Sungai Pindah-Pindah.

Kawasan Outbound Mapurujaya

Kawasan Outbound Mapurujaya

Tempat wisata Mimika selanjutnya masih bertemakan alam, kali ini dilengkapi dengan perlengkapan outbound yang menantang. Nama lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Kawasan Outbound Mapurujaya.

Salah satu wahana outbound yang rugi bila tidak kamu coba adalah flying fox. Nanti kamu akan meluncur dari atas ketinggian 50 meter, waktu peluncuran antara 30 sampai 45 detik. Adrenaline akan terpacu, kamu mungkin akan berteriak saking cepatnya luncuran flying fox tersebut.

Namun bila tak berani naik wahana tersebut, kamu bisa mencoba naik jembatan gantung saja yang menghubungkan area kantor dengan perumahan. Kamu pun akan diajak untuk melewati sungai yang cukup dalam. Wah, buat yang punya jiwa petualang tinggi pasti akan sangat menyenangkan melakukan aktivitas alam di sini.

Berbagai spot foto selfie bertemakan alam pun siap menyambut para wisatawan. Kamu bisa berfoto sepuasnya!

Sungai Kyura

Sungai Kyura

Selain Sungai Pindah-pindah, ada sungai lain yang juga berlokasi di Timika, Mimika Papua yaitu Sungai Kyura. Bila berangkat dari pusat kota kurang lebih akan menghabiskan waktu perjalanan selama 2 jam.

Suasana yang sejuk dan menenangkan akan menyambutmu begitu sampai di Kyura. Belum lagi air sungainya yang bersih dan jernih. Wisatawan bisa mandi dengan aman. Di sebelah kanan sungai ada bebatuan besar, mirip seperti tebing. Untuk yang ingin berswafoto, sangat direkomendasikan agar naik ke batu tersebut sebab pemandangan Sungai Kyura akan terlihat secara keseluruhan.

Sungai Iwaka

Sungai Iwaka

Sungai Iwaka, lokasinya berada di daerah Kuala Kencana, Mimika. Masih termasuk ke dalam Kawasan PT. Freeport, bila dari pusat kota Timika wisatawan bisa menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit. Sungainya pun tak terlalu besar, namun airnya cukup jernih. Terdapat banyak spot foto bertemakan alam yang akan memanjakan lensa kameramu.

Waterboom SP3

Waterboom SP3

Dan wisata di Timika yang terakhir adalah waterboom. Wah, ternyata di Papua juga ada waterboom loh. Hayoo siapa yang mengira bahwa Papua tak semodern ini? Jangan salah, sebagian wilayah memang masih mempertahankan adat tradisionalnya namun sebagian wilayah lainnya sudah mulai hidup secara modern.

Tak heran bila di sini terdapat tempat wisata yang pengelolaanya sudah lebih modern. Sama halnya seperti waterboom yang ada di kota besar, Waterboom SP3 juga akan memanjakan wisatawan dengan berbagai wahana permainan air. Dijamin menyenangkan, apalagi untuk anak-anak.

Biarpun soalnya kalau mau membandingkan kelengkapan wahana air dengan waterboom lain, di sini belum terlalu lengkap. Namun cukup untuk melepas penat sejenak.

Timika, Mimika merupakan Kawasan di Papua yang sudah lebih modern sehingga kamu tak perlu khawatir lagi. Mulai soal penginapan, kendaraan hingga tempat makan bisa kamu temukan di sini. Tapi jangan kaget ya, bila biaya hidup di sini cenderung lebih mahal. Kamu tak bisa membandingkan dengan biaya hidup di daerah asalmu.

Baca Juga: Wisata Mamberamo Raya

So, sebelum menghabiskan liburan kesini, kamu harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan. Termasuk soal keuangannya dan kebutuhan lainnya.

Itulah 7 tempat wisata di Mimika yang bertemakan alam yang salah satunya sudah sangat mendunia. Tak usah ragu lagi bila mau liburan ke sini. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protocol kesehatan ya untuk meminimalisir resiko penyebaranan covid-19 alias corona virus disease.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *