Tempat Wisata di Nabire

8 Tempat Wisata di Nabire Bertemakan Alam Paling Memukau

Posted on

Nabire adalah salah satu daerah yang merupakan bagian dari leher Papua. Dimana daerah ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran bila banyak orang menyebut Nabire sebagai surga dunia tersembunyi di Papua.

Tempat Wisata di Nabire

Bagi traveler yang memiliki jiwa petualang tinggi, menjelajahi tempat wisata di Nabire tentu akan sangat menantang dan menyenangkan. Oleh sebab itulah, kali ini republikwisata akan mengulas mengenai beberapa tempat wisata di Nabire yang bertemakan alam paling indah.

Berikut ulasannya, simak yuk!

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Tempat wisata Papua Nabire yang pertama adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Sebuah taman nasional terbesar di Indonesia yang luasnya mencapai 1453.500 hektar, luas sekali kan? Di sini juga terdapat keanekaragaman hayati yang dijamin akan membuatmu merasa takjub.

Saat berkunjung ke destinasi wisata Nabire ini, traveler dapat mengeksplorasi berbagai macam ekosistem. Mulai dari Kawasan hutan hujan tropis, hutan bakau, pantai nabire hingga keindahan alam bawah laut yang cantik karena terumbu karang serta ikan-ikan yang hidup di sana.

Baca Juga: Wisata Mimika

Taman Nasional Teluk Cenderawasih pun disebut-sebut sebagai tempat penyelaman terbaik. So, bagi traveler yang menyukai diving atau snorkeling maka disinilah tempatnya! Di samping menyelam, kamu pun bisa merasakan berenang di lautan lepas bersama dengan hiu paus yang langka. Lebih tepatnya di perairan Kwatisore.

Sangat menarik dan pastinya menyenangkan bisa berkunjung ke Taman Nasional ini?

Pantai Monalisa

Pantai Monalisa

Wisata di Nabire selanjutnya adalah Pantai Monalisa, bagi kamu penikmat pesisir, sangatlah tepat berkunjung dan menghabiskan waktu liburan di sini. Apalagi bila kamu sedang membutuhkan vitamin-sea.

Lokasi Pantai Monalisa sendiri berada di Barotei Kampung Air, Mandidi Samabusa. Mengapa dinamakan Monalisa, sebab mengikuti nama pemilik sebuah resort yang terkenal di Kawasan Nabire.

Pemandangan pantai yang khas dan terjaga benar-benar sangat memanjakan. Lautan lepas dengan airnya berwarna biru sangatlah menyatu dengan langit yang cerah. Daya tarik lain dari Pantai Monalisa adalah keberadaaan jembatan yang di tiap sisinya terdapat sebuah bale untuk bersantai dan menjadi spot terbaik saat ingin menikmati senja.

Pantai Gedo

Pantai Gedo

Masih tak cukup hanya berkunjung ke satu pantai saja? Oke kalau begitu, kamu bisa lanjutkan perjalanan liburan untuk berkunjung ke Pantai Gedo! Kawasan pesisir pantai yang indah dan mencerminkan potensi wisata alam di Papua.

Wisatawan pun tak perlu melakukan perjalanan yang terlalu lama dan terlalu jauh. Bila dari pusat kota Nabire hanya membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit saja.

Keindahan alam yang terjaga pun terpampang nyata di pandanganmu. Hamparan pasir putih yang bersih, bila diinjak menggunakan kaki telanjang akan terasa kelembutannya. Berbagai fasilitas wisata sudah dibangun oleh pemerintah guna membuat nyaman wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Pantai Gedo.

Air Terjun Bihewa

Air Terjun Bihewa

Di samping keindahan pantai, Nabire juga mempunyai destinasi wisata air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Bihewa. Aliran airnya begitu jernih dan menyegarkan melewati undakan 7 tingkatan. Udara di sekitar pun begitu bersih, apalagi pemandangannya sudah pasti indah sekali. Bagi penikmat fotografi mungkin tak akan sabar untuk mengabadikan lewat kamera.

Kalau mau, wisatawan bisa berenang di dalam kolam alami tempat terjatuhnya aliran air terjun Bihewa. Sekedar merelaksasikan tubuh dan merasakan bagaimana segarnya air alami tersebut. Datang ke sini benar-benar bisa memberikan efek relaksasi tersendiri.

Pantai Burate

Pantai Burate

Selain dua pantai yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada loh pantai di Nabire yang harus banget kamu kunjungi apalagi bila mengaku pecinta dan penikmat pantai. Kali ini kamu bisa berkunjung ke Pantai Burate.

Sebuah pantai yang menenangkan dengan keindahannya yang khas. Suara ombak pun samar-samar terdengar di telinga, tak terlalu keras dan tak terlalu pelan, suaranya sangat pas untuk menemanimu di sini.

Baca Juga: Wisata Jayawijaya

Bagi yang ingin menenangkan pikiran, berkunjung ke Burate menjadi pilihan tepat sebab di sini tak terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kamu akan merasa lebih nyaman dan lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berjemur, menyusuri bibir pantai, atau pun berenang.

Pantai Yamari

Pantai Yamari

Dan lagi-lagi masih bertemakan pantai loh traveler. Papua memang kaya sekali ya akan potensi wisata pesisirnya! Selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Pantai Yamari, sebuah pantai yang cocok dijadikan pilihan destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga. Letaknya pun dekat dengan pusat kota sehingga untuk menuju ke Yamari wisatawan bisa menjangkaunya dengan lebih mudah. Soal kendaraan pun tak perlu khawatir, bisa naik umum atau pribadi.

Keindahan pantai yang khas bisa kamu rasakan. Rimbun pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai pun memberikan suasana yang lebih teduh. Wisatawan bisa liburan dengan nyaman.

Pantai Pulau Ahe

Pantai Pulau Ahe

Satu lagi nih traveler tempat wisata di Nabire yang bertemakan pantai dan bisa menjadi pilihan tempat liburan serta menghilangkan penat yaitu Pantai Pulau Ahe. Bagi yang menyukai menyelam seperti diving atau snorkeling, berkunjung ke sini menjadi pilihan paling tepat. Keindahan alam bawah laut di Pantai Pulau Ahe tak akan mengecewakan para penyelam.

Ombak di sini tak terlalu besar, cukup tenang dan aman. Sehingga kurang pas bila kamu ingin melakukan surfing. Air lautnya sangat bersih dan jernih, berwarna hijau tosca. Bentang alam Pantai Pulau Ahe begitu menggoda.

Namun sayangnya, pantai ini terbilang cukup sepi. Ini karena lokasi Pantai Pulau Ahe yang terbilang cukup jauh dari pemukiman masyarakat dan belum ada marketing secara khusus untuk menarik perhatian wisatawan agar berkunjung ke sini. Tapi biarpun begitu, bagi yang ingin menyepi, pantai ini cocok sekali untuk kamu kunjungi.

Danau Mamae

Danau Mamae

Tempat wisata Nabire yang terakhir adalah Danau Mamae, lokasinya berada di distrik Teluk Kimi Nabire. Menjadi pilihan tempat paling direkomendasikan selanjutnya untuk wisatawan datangi.

Keindahan alam di sekitar danau, akan menemani wisatawan selama menghabiskan waktu liburan disini. Berbagai spot foto dengan nuansa natural pun sangat menarik perhatian. Berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di sini, salah satunya adalah memancing. Selain itu, tak jauh dari Danau Mame ada sebuah gunung yang bisa kamu daki. Bagi para pecinta alam, aktivitas tersebut hukumnya wajib dilakukan.

Baca Juga: Wisata Waropen

Masih di sekitar Danau Mamae, kamu juga akan menemukan beberapa objek wisata lainnya seperti Air Terjun Kura-Kura. So, kalau datang ke sini jangan lupa menjelajahi alam sekitar yang ada di Danau Mamae ya!

Oke traveler itulah 9 tempat wisata di Nabire yang bertemakan alam paling mempesona dan wajib banget kamu kunjungi. Liburan ke Papua memang bisa memberikan pengalaman berbeda dan lebih menyenangkan ya. Jadi jangan ragu lagi untuk datang ke sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *