Tempat Wisata Di Nagan Raya

17 Tempat Wisata Di Nagan Raya Terbaik dan Terpopuler

Posted on

Berkunjung ke Aceh tak lengkap rasanya tanpa mengeksplore tempat wisata di Nagan Raya. Satu wilayah yang kaya akan potensi kekayaan alam ini senantiasa memaksa wisatawan yang datang untuk stay lebih lama.

Maklum saja begitu banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tak cukup bila hanya menyediakan waktu dua atau tiga hari saja.

Tempat Wisata Di Nagan Raya

Sebagai rekomendasi untuk kamu yang akan berkunjung ke berbagai tempat wisata di Nagan Raya maka pastikan deretan tempat wisata ini menjadi prioritas utama.

Masjid Gudang Buloh

Masjid Gudang Buloh

Satu masjid yang sangat iconik dan mewakili Nagan Raya sudah pasti adalah Masjid Gudang Buloh. Masjid ini juga menjadi salah satu yang paling besar ada di kota ini dan harus menjadi ‘jujugan’ pertama.

Baca Juga: Wisata Pidie

Masjid dengan nama asli Jamik Syaikhuna ini memiliki kemiripan dengan masjid-masjid pada umumnya di Aceh dimana mereka mengkombinasikan antara budaya Aceh dan budaya Timur Tengah

Masjid ini begitu mudah ditemukan, selain bangunannya mencolok lokasinya pun di tempat yang strategis dimana ada di Jalan Meulaboh-Takengon. Atau tepatnya di Desa Ujong Pasie, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Taman Ratu Balqis

Taman Ratu Balqis

Berada di pusat kota sekaligus ikon Kota Nagan Raya terdapat Taman Ratu Bilqis. Memiliki ukuran yang cukup besar dengan buah naga dibagian atas.

Beberapa fasilitas telah tersedia cukup baik dan membuat siapa saja yang datang ke Taman Ratu Bilqis betah berlama-lama. Selain ada tempat duduk yang bikin nyaman pastinya ada beberapa spot foto yang instagramable yang bikin foto makin keren.

Jangan lupa untuk menikmati ragam kuliner yang ada di sepanjang taman. Mau jajan apapun harganya ramah kantong dan taman ini ada di Jalan Poros Utama Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Sungai Krueng Isep

Sungai Krueng Isep

Bagi mereka yang suka kegiatan yang lekat dengan alam sudah pasti sungai Krueng Isep ini harus dikunjungi. Dimana air sungai yang begitu bening akan mengalir diantara bebatuan besar.

Selain bermain air satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan sudah pasti adalah memancing. Sungai yang satu ini dikenal sebagai tempat yang kaya akan jumlah ikan. Mereka yang tidak bisa memancing ditempat ini pun akan dengan mudah mendapatkan ikan.

Destinasi murah meriah ini ada di Jalan Meulaboh – Beutong Ateuh, Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Irigasi Jeuram

Irigasi Jeuram

Selanjutnya masih di kecamatan yang sama terdapat saluran air yang menjadi favorit warga untuk berhenti sesaat. Saluran irigasi yang luas dan besar sehingga mirip air terjun ini bernama irigasi Jeuram.

Mereka yang jago dalam teknik pengambilan gambar pastinya akan tertantang untuk mengambil beberapa spot. Maklum saja banyak diantara mereka yang sukses mampu menampakkan irigasi Jeuram layaknya air terjun.

Saluran sungai yang tak pernah surut ini mengairi ribuan hektare sawah di Nagan Raya. Selain itu kini pastinya menjadi destinasi wisata menarik saat ada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Alue Batee Puteh

Alue Batee Puteh

Saat di Nagan Raya terdapat objek wisata berupa danau yang begitu ciamik. Masyakat setempat menyebutnya sebagai Alue Batee Puteh atau dalam bahasa sederhana bisa dikatakan sebagai tempat indah dengan warna biru yang lembut.

Alue dalam bahasa Aceh berarti rawa atau danau, sedangkan batee puteh berarti batu putih. Dengan demikian tempat ini juga dapat dikatakan danau dengan batu putih. Faktor lain yang bikin pemandangan kian elok dengan adanya pasir batu putih.

Bebatuan yang ada di Nagan Raya ini juga miliki nilai lebih. Wajar kemudian banyak peneliti berdatangan. Kamu kalau penasaran bisa datang ke Batee Puteh, Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Pantai Seunagan

Pantai Seunagan

Buat kamu yang ingin suasana pantai maka bisa berkunjung ke Pantai Seunagan. Meski tidak memiliki pasir putih tapi tetap saja destinasi ini masih menjadi favorit.

Di pantai ini ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan salah satunya sudah pasti bermain air. Namun bila tidak memiliki keberanian dan kecakapan untuk berenang maka kegiatan ini tidak disarankan.

Yang ada kemudian cukup duduk di pinggir pantai dan melihat matahari terbenam. Satu pemandangan eksotis ini ada di Desa Kuala Trang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten, Nagan Raya.

Pantai Indah Naga Permai

Pantai Indah Naga Permai

Masih di kecamatan yang sama terdapat pantai yang menjadi favorit keluarga. Dimana seluruh anggota keluarga bisa datang dan bermain bersama.

Aneka fasilitas pun telah disiapkan pengelola mulai dari gazebo hingga wahana permainan anak. Anak-anak dipantai ini pun akan betah karena mereka bisa langsung bermain dengan alam tanpa takut akan bahaya.

Tempat yang sejuk dan bikin kangen siapa saja yang pernah datang ini ada di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

Pantai Cermai

Pantai Cermai Nagan Raya

Sepanjang pesisir Kabupaten Nagan Raya kaya akan potensi wisata pantai dan salah satunya adalah Pantai Cermai. Pantai yang mempesona bikin betah siapa saja yang berkunjung ini layak menjadi tujuan wisata keluarga.

Keindahan bahari yang langsung berhadapan dengan luasnya samudera membuat siapa saja betah berlama-lama menghabiskan waktu. Pantai ini ada di Desa Suak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya

Pantai Gampong Lhok

Pantai Gampong Lhok

Selanjutnya ada pantai yang cukup menawan bernama Pantai Gampong Lhok dimana ditempat ini akan ditemukan pepohonan yang biasa digunakan pengunjung untuk duduk berlama-lama sembari menikmati kopi Aceh.

Pantai ini masih ada di Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya. Air laut yang jernih bernama biru menjadi pemandangan tersendiri bagi para pengunjung.

Kolam Ikan Johan

Kolam Ikan Johan Nagan Raya

Tempat wisata di Nagan Raya ini coba mengkombinasikan antara pengalaman memancing dengan sensasi kuliner. Dimana pengunjung yang datang ke Kolam Ikan Johan akan ditantang untuk mendapat ikan terbaik.

Dan setelah itu hasil tangkapan bisa diolah sesuai dengan selera. Bisa dibakar atau digoreng sesuai selera.

Kalau tak mau memancing pun bisa, tinggal pilih dan serok kemudian diolah dengan bumbu khas. Kolam Ikan Johan ini ada di Desa Blang Dalam, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Danau Laut Tadu

Danau Laut Tadu

Danau Laut Tadu menjadi salah satu destinasi andalan Kabupaten Nagan Raya karena keelokan tempat ini. Banyak hal menarik bisa ditemukan di Danau Laut Tedu

View yang disuguhkan danau ini benar-benar apik dan wajar kemudian bila pemerintah setempat mengelola destinasi ini dengan baik. Selain bisa piknik bareng keluarga pastinya bisa melihat teknik budidaya ikan dengan keramba.

Danau Laut Tadu ini berada di wilayah Tadu Raya atau persisnya ada di Desa Krung Itam dan Desa Rantau Selamat, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya.

Alue Gantung

Alue Gantung

Alue bagi warga Aceh itu bisa dikatakan sebagai rawa atau danau. Namun demikian juga bisa merujuk pada muara sungai atau air yang menggenang dan menyerupai kolam.

Kolam tercipta pun pastinya akan apik karena terbentuk secara alami. Selain bening pastinya mengundang siapa saja untuk berenang.

Menjadi kolam pribadi dimana tak ada orang lain yang akan menikmati ketika berkunjung ke tempat ini. Alue Gantung ini ada di Jalan Meulaboh – Beutong Ateuh, Desa Blang Neuang, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya

Banta Tok Jong

Banta Tok Jong

Masih dari aliran sungai tercipta keindahan saat ada di Nagan Raya. Tempat ini memiliki beberapa titik atau spot foto yang bisa dicoba dan salah satunya sudah pasti berada di sisi batu besar.

Selain itu kini ada jembatan yang bisa dipilih untuk ambil foto. Berhubung banyak batu besar di sepanjang lokasi maka ada baiknya untuk lebih hati-hati.

Tempat wisata menarik ini ada dai Desa Blang Baro Rambong, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Museum Al Quran Kuno

Museum Al Quran Kuno

Penasaran pada zaman dulu Al Quran seperti apa maka datanglah ke Nagan Raya atau persisnya ada di Desa Jeruam, Kecamatan Seunagan. Di tempat ini akan ditemukan kita suci umat muslim yang telah berusia ratusan tahun.

Bahkan salah satu diantara koleksi terdapat Al Quran yang dibuat pada tahun 1800-an. Saat ada di museum yang baru di buka tahun 2015 ini pun kita bisa belajar berbagai hal menarik

Puncak Singgah Mata

Puncak Singgah Mata

Bosan dengan destinasi yang itu-itu saja maka ada baiknya untuk berkunjung ke Puncak Singgah Mata. Sesuai dengan namanya objek wisata ini kaya akan pemandangan perbukitan.

Membuat siapa saja yang datang akan melupakan masalah yang ada. Sesaat rehat sejenak dan mengembalikan pikiran agar kembali segar.

Ditempat ini juga akan ditemukan aneka burung yang terbilang langka dan dilindungi. Penasaran bukan, dan saatnya Puncak Singgah Mata yang ada di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Masjid Giok

Masjid Giok

Mungkin sebelumnya tak ada yang menyangka bila kemudian akan ditemukan giok seberat 20 ton. Dan kemudian digunakan untuk memberi kesan estetik pada beberapa titik masjid dan kawasan perkantoran.

Namun demikian adanya saat berkunjung ke Pusat Perkantoran Suka Makmue akan ditemukan hal tak biasa ini. Dimana di dalam kantor dan masjid terdapat giok yang ukurannya luar biasa.

Wajar kemudian rumah ibadah yang bernama Masjid Baitul A’la ini lebih dikenal dengan masjid giok. Masjid dengan giok besar ini ada di Kawasan Perkantoran Suka Makmue, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Makam Habib Seunagan

Makam Habib Seunagan

Di Wisata Aceh atau tepatnya Nagan Raya terdapat habib yang sangat kharismatik dan hingga kini makamnya menjadi salah satu destinasi wisata religi. Ada banyak hal menarik dari Habib Seunagan atau Abu Peuleukung yang mana salah satunya konon pernah memberikan jimat dan berhasil membeloklan pelor yang hendak ditembakkan ke Presiden Sukarno.

Pemilik nama lengkap Habib Muhammad Yeddin bin Habib Muhammad Yasin ini adalah salah satu pahlawan dari Aceh. Selain itu beliau adalah salah satu sahabat terbaik presiden pertama Indonesia tersebut.

Baca Juga: Wisata Kutacane

Makam Habib Seunagan ini berada di Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Sungguh satu wilayah yang kaya akan potensi wisata khususnya berbasis alam. Dimana dengan mudah akan ditemukan destinasi menarik untuk me-refresh pikiran.

Jangan lupa bikin agenda dalam satu hari akan ke mana saja sehingga tahu besok dan lusa akan berkunjung ke mana lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *