Tempat Wisata Di Nagekeo

7 Tempat Wisata Di Nagekeo Paling Unik Wajib Dikunjungi

Posted on

Kamu pastinya sudah tau dong dengan daerah Nusa Tenggara Timur. Salah satu daerah di Indonesia yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan, baik lokal maupun asing. Alasannya tentu saja karena ada banyak tempat wisata di Nagekeo yang memiliki keunikan. Tak heran bila daerah ini mampu meningkatkan perekonomian Indonesia dari sektor pariwisatanya.

Tempat Wisata di Nagekeo

Nagekeo sendiri merupakan kabupaten yang ada di NTT, disini pun terdapat tempat wisata bertemakan alam yang khas. Bila kamu sedang berkunjung ke NTT, sebaiknya jangan lewatkan untuk mengeksplor tempat wisata di Nagekeo berikut ini ya!

Gunung Ebulobo

Gunung Ebulobo

Tempat wisata pertama yang bisa kamu eksplor adalah Gunung Ebulobo. Bagi penikmat ketinggian saat membaca ada kata “Gunung” tentu sangat tertantang untuk bisa menaklukan puncaknya, iya tidak?

Gunung Ebulobo atau dikenal dengan nama Emburombu atau Puncak Nagekeo ini merupakan sebuah Gunung Stratovolcano yang berlokasi di selatan Kabupaten Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunungnya menjulang di atas Kecamatan Boa Wae yang berada di bawah lereng gunung tersebut.

Saat mencapai puncak Ebulobo, wisatawan akan dimanjakan dengan view Pulau Flores yang sangat epic. Ketinggiannya mencapai 2.124 Mdpl sehingga udara di atas puncak akan terasa menyegarkan.

Baca Juga: Wisata Alor

Nah, untuk bisa sampai puncak, tentu saja kamu tak bisa melewati dengan mudah. Harus trekking dan menguras keringat terlebih dahulu. So, dianjurkan sekali untuk melatih tubuh sebelum mendaki agar kondisinya tetap prima. Bila berniat untuk menginap, jangan lupa bawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan seperti tenda, alat masak, makanan dan minuman secukupnya, obat-obatan pribadi, jaket, dan lain-lain.

Rasa lelah selama perjalanan mungkin akan sedikit membuatmu mengeluh, namun tenang saja, sesampai di atas puncak rasa lelah akan segera terlupakan dan terbayarkan.

Pantai Ena Gera

Pantai Ena Gera

Selain pantai pasir putih, Nusa Tenggara Timur juga memiliki pantai pasir hitam yang berada di Nagekeo yaitu Pantai Ena Gera.

Untuk menuju Pantai Ena Gera, anda membutuhkan waktu 2 jam menggunakan kendaraan roda dua apabila berangkat dari Kota Ende.

Tempat ini tergolong unik dibandingkan dengan pantai lainnya di wilayah selatan Kabupaten Nagekeo. Dianggap unik karena dari beberapa pantai yang berada di Kecamatan Mauponggo, hanya pantai ini yang memiliki pasir, sisinya berbatu.

Menurut cerita warga sekitar, konon ada seorang pemilik tanah yang bernama Gera terjebak dalam gua kelelawar. Gera kemudian berhasil keluar dari dalam gua dibantu oleh seekor kutu yang membuat terowongan keluar. Nama ‘Gera’ kemudian digunakan sebagai nama lokasi wisata ini, sedangkan nama ‘Ena’ adalah bahasa daerah masyarakat setempat untuk menyebut pantai, sehingga Ena Gera sama dengan pantai Pantai Gera.

Di sini para wisatawan dapat menikmati kuliner masyarakat, seperti daging gurita, jagung bakar, dan pisang bakar yang dijual dengan harga terjangkau.

Pantai Kota Jogo

Pantai Kota Jogo

Memang ya tak akan ada habisnya kalau kita mau mengeksplor wisata pesisir yang ada di Nagekeo Flores, apalagi yang belum tersentuh alias masih terjaga keasliannya. Seperti Pantai Kota Jogo yang mempunyai pemandangan indah. Bila dari Kota Mbay Nagekeo, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 40 menit berkendara.

Ada pemandangan unik dari batuan karst yang melengkung sampai 8 meter, jadi kelokan yang keren dan instagramable. Ombaknya pun tak terlalu besar, sehingga aman sekali bila kamu ingin membawa anak-anak liburan ke sini. Asalkan selalu dalam pengawasan.

Bagi yang menyukai tempat wisata yang tak terlalu ramai, Pantai Kota Jogo sangat cocok untukmu sebab belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke sini. Kamu bisa menikmati suasana pantai sambil berfoto sepuasnya sebab ada banyak spot foto yang jarang kamu lihat di pantai lainnya.

Sedikit disayangkan kondisi internet di Pantai Kota Jogo sedikit kurang bagus. Jadi wisatawan akan sulit berkomunikasi menggunakan teknologi handphone. Untuk mengantisipasi terjadi apa-apa jangan lupa kabari orang terdekat sebelum kamu liburan ke Pantai Kota Jogo ya.

Puncak Kesidari

Puncak Kesidari

Selain menikmati view pantai, kamu juga bisa menikmati view dari atas ketinggian yaitu di Puncak Kesidari Kabupaten Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sebuah bukit yang jaraknya tidak terlalu jauh bila dari pusat kota, kalau berkendara kamu bisa menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit.

Dari atas ketinggian, pemandangan Nagekeo akan terlihat jelas, apalagi pemandangan  Savana Bukit Kesidari yang berada di depan mata. Hamparan sawah yang membentang luas dan didukung oleh laut Marapokot pun semakin memanjakan mata saja. Liburan bertemakan alam memang tak pernah mengecewakan.

Savana sendiri merupakan padang rumput yang lokasinya berada dekat dengan daerah Khatulistiwa. Biasanya akan ditandai dengan vegetasi yang dominan oleh rerumputan dan semak, diselingi juga oleh pepohonan sehingga membuatnya terlihat lebih menyegarkan. Saat menjelang musim hujan, savanna akan terlihat lebih hijau. Sementara itu kalau memasuki musim kemarau maka savanna akan mulai terlihat menguning.

Pokoknya saat kamu datang kesini jangan lupa membawa kamera yang sudah diisi daya sampai penuh sebab kamu harus berfoto sepuasnya!

Pantai Nagelewa

Pantai Nagelewa

Pantai Nagelawa, wisata pesisir selanjutnya yang berada di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang memiliki view indah dan eksotis. Mulai dari hamparan pasir, hamparan laut lepas hingga pemandangan alam sekitarnya.

Lokasi lebih spesifik dari Pantai Nagelewa adalah berada di Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Flores, NTT. Bila kamu berangkat dari pusat kota Mbay, kamu bisa berkendara ke sini dan membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit perjalanan, disarankan sih untuk naik motor.

Bila sudah memasuki jalan utama trans flores maka kita akan diajak untuk melewati hutan bakau yang sangat terjaga keasriannya. Biarpun sebenarnya sebagian pohon bakau ada yang sudah tumbang karena ditebang untuk dijadikan sebagai tambak ikan bandeng.

Di samping itu, pohon bakau yang sudah tumbang juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk mencari makan oleh burung bangau. Perpaduan pasir hitam dan putih pun sangat bersih dan bila diinjak akan terasa lebih halus. Letak pantai Nagelewa juga diapit oleh bukit, kalau ingin melihat pemandangan secara keseluruhan, kamu bisa naik ke atas bukit tersebut.

Air Terjun Ngabatata

Air Terjun Ngabatata

Wisata di Nagekeo selanjutnya adalah Air Terjun Ngabatata, salah satu destinasi wisata alam yang menjadi unggulan di daerah tersebut. Beragam keindahan alam menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang datang ke sini.

Lokasinya berada di Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo. Untuk bisa sampai di Air Terjun Ngabatata, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 20 km bila berkendara dari Kota Mbay sampai ke Rendu. Lalu melanjutkan ke Desa Rendu Butowe sejauh 4 km.

Bila sudah sampai di Desa, kendaraan yang wisatawan gunakan harus diparkirkan di area yang sudah disediakan, lebih tepatnya di Dusun Roga Roga. Setelah itu, melanjutkan perjalanan kembali dengan trekking sejauh 2 km sebelum benar-benar sampai di Air Terjun Ngabatata. Kondisi jalan yang dilewati pun masih berupa tanah dan tebing sehingga kamu harus menggunakan sepatu yang nyaman untuk kegiatan outdoor.

Sekarang ini pihak pengelola tempat wisata sudah membuat tali temali agar lebih memudahkan saat wisatawan akan menuruni tebing yang terjal.

Bila sudah sampai di hadapan air terjunnya, rasa lelah selama perjalanan akan segera terbayar. Mata disuguhkan keindahan alam Nagekeo yang eksotik. Ada pula pemandangan air terjun yang menyembul, membasahi dinding bebatuan, perlahan turun dari ketinggian 83 m. Air yang jatuh tertampung langsung ke dalam kolam alami yang berada di dasar tebing. Karena cukup tinggi, bagi siapapun yang ingin meloncat, harus dipikir-pikir dulu ya.

Di bagian sisi tebing kanan dan kiri, terlihat tumbuhan hijau tumbuh dengan rimbun. Ada pula sisi tebing yang warnanya terlihat lebih kuning kecoklatan. Sementara itu, kolam bagian bawahnya sendiri dikelilingi oleh batuan alam, memberikan pemandangan yang semakin memanjakan mata.

Bila ingin berkemah, wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir kolam air terjun. Namun sebaiknya jangan berkemah saat musim hujan ya, untuk mengantisipasi air kolam alami yang terus naik.

Kampung Adat Kawa Nagekeo

Kampung Adat Kawa Nagekeo

Masyarakat Nagekeo memang kebanyakan masih bertahan hidup secara tradisional, memegang erat adat dan budaya warisan nenek moyang. Sehingga tak heran bila di sini terdapat beberapa kampung adat salah satunya adalah Kampung Adat Kawa.

Berlokasi di Desa Labolewa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Bila dari kantor Desa Labolewa wisatawan harus menempuh jarak sejauh 5 km. Kamu tak bisa menggunakan mobil, sebab jalanan belum mendukung. Alternatifnya adalah berjalan kaki atau naik motor.

Kampung adat ini dihuni oleh kurang lebih 18 kepala keluarga dan warganya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani serta memelihara hewan ternak. Saat berada di sini, wisatawan akan melihat bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat, mulai dari berkebun, memelihara ternak, dan lain-lain.

Di sini teknologi belum masuk sepenuhnya. Sekedar televisi pun hampir tak ada yang memiliki, penerangan listrik pun masih menggunakan cara-cara yang sederhana. Dimana tiap rumah menggunakan lampu pelita untuk penerangan utama, ada pula warga yang memakai listrik generator tenaga surya serta generator yang diberikan pemerintah. Biarpun jauh dari teknologi, mereka tak merasa kesulitan.

Baca Juga: Wisata Manggarai Timur

Untuk jumlah rumah adat yang ada di kampung Kawa kurang lebih ada 13 rumah dengan desain tradisional. Bagian atap terbuat dari alang-alang dan membuat udara dalam rumah tetap nyaman. Sementara bagian dindingnya terbuat dari pelupuh atau bamboo lalu di ukir gambar simbol yang merupakan kebudayaan setempat. Untuk tangga masuknya menggunakan batu alam yang terlihat seperti batu cor.

Itulah 7 tempat wisata di Nagekeo paling unik dan wajib banget kamu kunjungi. Bila kamu memutuskan untuk berlibur di Nagekeo selama beberapa malam sebaiknya sebelum berangkat kamu sudah menyewa penginapan atau kendaraan bila memang diperlukan. Jangan lupa siapkan juga uang cash secukupnya karena kemungkinan kamu akan sulit menemukan mesin ATM atau menggunakan uang digital seperti saat kamu berada di perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *