Tempat Wisata Di Nduga

5 Tempat Wisata Di Nduga Bertemakan Alam Paling Indah!

Posted on

Traveler, apakah kamu pernah mendengar nama daerah Nduga? Sebuah kabupaten yang terletak di ujung Timur Indonesia yaitu Papua. Nduga memang tidak sepopuler kabupaten lain yang ada di Indonesia, namun jangan salah saat berkunjung ke sini kamu bisa menemukan keistimewaan dan keunikan yang tak bisa didapatkan di daerah lain.

Seperti yang kita tahu, Papua sendiri merupakan Provinsi yang masih sangat kental menerapkan budaya nenek moyang dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk sebagian orang yang ada di Nduga, adat istiadat sangat disiplin dilakukan. Hal tersebutlah yang menjadikan magnet wisatawan untuk berkunjung ke Papua. Disamping menjelajahi tempat wisata di Papua, wisatawan pun bisa mengenal lebih dekat betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Tempat Wisata di Nduga

Bila traveller berkunjung ke Papua, jangan lewatkan untuk menjelajahi tempat wisata di Nduga ya. Memang tak banyak tempat wisata yang sudah dikelola dan dibuka untuk umum, biarpun begitu mengunjungi beberapa tempat berikut ini bisa menjadi pilihanmu.

Puncak Trikora

Puncak Trikora

Wisata Nduga yang pertama adalah Puncak Trikora, sebuah tempat wisata bertemakan alam yang menyajikan pemandangan indah mempesona. Ketinggian puncaknya bisa mencapai 4.751 meter di atas permukaan laut, sangat tinggi ya? Tentu saja, karena Trikora memang masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia nomor tiga setelah Puncak Jaya dan Mandala yang juga sama-sama ada di Papua.

Baca Juga: Wisata Nabire

Saat melakukan pendakian ke Trikora, kamu akan melewati sebuah Kawasan hutan yang biasa disebut sebagai Hutan Montane, Dipterokarp Atas, dan Dipterokarp Bukit. Sebelumnya, pada zaman Belanda Puncak ini lebih dikenal dengan nama Wilhelmina namun setelah kemerdekaan, Bapak Presiden RI yang pertama yakni Ir Soekarno merubahnya menjadi Trikora. So, puncak ini bukan sekedar puncak biasa melainkan memiliki jejak sejarah penting untuk negara ini. Hal unik yang bisa kamu jumpai saat mendaki sampai puncak ini adalah adanya sebuah daratan yang bersalju. Sehingga sensasi menikmati puncaknya akan berbeda dengan gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Tips sebelum mendaki Puncak Trikora, karena ketinggiannya cukup ekstrim sebaiknya kamu mempersiapkan fisik terlebih dulu ya. Pastikan kalau kondisi tubuh dalam keadaan fit. Bagi para pemula, jangan nekat untuk mendaki sendirian apalagi bila kamu sama sekali belum pernah melakukan pendakian.

Batas Batu Wamena

Batas Batu Wamena

Tempat wisata di Nduga selanjutnya masih menyuguhkan pesona alam yang unik dan indah. Kali ini kamu bisa berkunjung ke Batas Batu Wamena sebuah gunung batuan yang letaknya berada di Nduga Jayawijaya. Letaknya cukup tinggi sehingga suhunya pun sangat dingin. Wisata ini sebenarnya adalah sebuah perbatasan antara Nduga dan Jayawijaya namun bisa dikunjungi oleh wisatawan umum.

Udara di Batas Batu Wamena bisa mencapai 4 sampai 5 derajat celcius. Oleh sebab itulah siapapun yang ingin datang ke sini harus menyiapkan pakaian hangat. Membawa perbekalan makanan dan minuman pun sangat dianjurkan sekali sebab di sini tak ada sama sekali masyarakat yang tinggal menetap.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan wisata Nduga Papua yang sudah sangat populer. Sebuah Kawasan alam yang berdiri di atas lahan seluas 2.4 juta hektar, tak heran bila dinobatkan sebagai taman nasional di Papua. Di dalam Kawasan wisata ini ada sebuah operasi tambang dengan skala besar yang memang sudah dilakukan sejak lama. Banyak sekali wisatawan lokal dan asing yang memburu Taman Nasional Lorentz untuk dijadikan tempat liburan. Apalagi bagi para peneliti dan pecinta alam.

Bagaimana tidak, sebab di sini ada banyak sekali flora dan fauna dengan jenisnya yang beragam. Ada juga sebuah konservasi komunal yang merupakan ide kreatif dari masyarakat asli Nduga. Wisatawan bisa menghabiskan waktu liburan dengan menyenangkan dan mendapatkan pengalaman berbeda saat berada di sini.

Fakta uniknya, ternyata nama taman nasional ini diambil dari seorang penjelajah asal Belanda yaitu Hendrikus Albertus Lorentz yang berhasil melakukan ekspedisi sebanyak 10 kali, tepatnya ekspedisi terakhir adalah pada tahun 1909. Hal yang semakin mekesankan adalah taman nasional Lorentz ternyata merupakan taman yang mempunyai ekosistem terlengkap se-Asia Pasifik. Terdapat kurang lebih 34 tipe vegetasi, ada pula 123 jenis mamalia, 630 jenis burung dan flora.

Pantai Ipaya

Pantai Ipaya

Bagi yang ingin menikmati vitamin sea, saat berkunjung ke Nduga kamu juga bisa menjumpai wisata pesisirnya yaitu Pantai Ipaya. Pemandangan alam di Ipaya sangat alami dan masih terjaga. Garis pantai yang panjang nampak begitu indah, dipadukan dengan hamparan pasir yang bersih. Nah, untuk garis pantainya sendiri ternyata menghubungkan antara 3 perkampungan sekaligus loh traveller yakni Ipiri, Paripi dan Yaraya. So, selain berwisata kamu juga bisa banget menyempatkan untuk berkunjung ke 3 desa tersebut.

Untuk bisa sampai di Pantai Ipaya, wisatawan harus menempuh perjalanan laut dulu kurang lebih selama 2 jam. Lama perjalanan akan segera terbayar saat kamu sudah benar-benar sampai di lokasi. Suasana pantai yang tak terlalu ramai, cocok sekali untuk merelaksasikan pikiran sejenak.

Danau Habema

Danau Habema

Dan tempat wisata Nduga Papua yang terakhir adalah Danau Habema yang letaknya tidak terlalu jauh dari Wamena. Agar bisa sampai di Kawasan wisata satu ini wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, akses jalannya pun agak sedikit menanjak jadi pastikan kalau kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang fit.

Habema sendiri masuk dalam jajaran salah satu danau tertinggi yang ada di Indonesia. Pemandangan alam di sini nampak sangat eksotis sebab dikelilingi oleh gunung dan hamparan tanah luas. Tak sedikit wisatawan yang memuji Habema sebagai Danau di atas awan, ini karena letaknya yang berada di dataran tinggi membuat kita merasa dekat dengan awan.

Saat berkunjung Habema, wisatawan juga bisa sejenak melipir ke Batas Batu dana Taman Nasional Lorentz karena jaraknya berdekatan dan satu jalur. Jadi, daripada hanya mendatangi satu tempat saja mending langsung 3 tempat agar pengalaman liburanmu semakin menantang.

Baca Juga: Wisata Merauke

Traveler, Indonesia memang kaya sekali akan tempat wisatanya yang menarik ya, apalagi di Papua. Daerah yang berada di ujung timur Indonesia ini mampu menyuguhkan destinasi yang berbeda dibandingkan daerah lainnya. Berbagai wisata alam yang masih sangat terjaga menjadi magnet wisatawan untuk datang ke kepulauan ini.

Ada sedikit tips untuk kamu yang ingin menjelajahi tempat wisata di Nduga, sebelum hari H keberangkatan sebaiknya kamu sudah menyiapkan segala kebutuhan dengan maksimal ya. Termasuk penyewaan penginapan dan kendaraan, jangan sampai kamu kebingungan setibanya di sana. Akan lebih baik bila kamu ditemani oleh tour guide yang sudah mengenal betul bagaimana Kawasan Nduga agar bisa meminimalisir resiko tersesat atau hal buruk lainnya. Ada sebuah istilah ‘’Sedia Payung Sebelum Hujan’’ yang bermakna menyiapkan segala sesuatu sebelum hal yang tak terduga terjadi, begitu juga saat kamu akan melakukan traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *