16 Tempat Wisata Di Nganjuk Terbaru Paling Ramai Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Nganjuk – Tau nggak sih kalau biasanya tiap kota di Indonesia selalu memiliki julukan yang unik, seperti Bogor kota hujan atau Bandung Kota Kembang. Lantas, bagaimana dengan Nganjuk? Diantara para pembaca ada yang tahu apa julukannya?

Ya benar! Nganjuk dijuluki sebagai kota Angin dan dulunya sangat dikenal dengan nama Anjuk Ladang. Dibalik julukan tersebut, ternyata Nganjuk menyimpan banyak potensi wisata yang tak hanya sekedar indah, tapi juga mempesona. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga, pasangan atau sahabat.

Tempat Wisata di Nganjuk

Sebagai bagian dari Kawasan Jawa Timur, Nganjuk memang seolah memberikan peran penting dalam hal menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Jawa Timur. Nah, berikut ini adalah beberapa referensi tempat wisata di Nganjuk yang akan membuat Anda ingin cepat-cepat liburan!

Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang merupakan salah satu museum yang berada di Kabupaten Nganjuk. Sebelumnya sudah dituliskan bahwa Nganjuk ini dikenal dengan Anjuk Ladangnya, sehingga tak heran bila ada museum dengan nama serupa. Lokasi museum tak jauh dari Terminal Anjuk Ladang atau lebih tepatnya sih berada di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kauman, Nganjuk.

Baca Juga: Wisata Mojokerto

Pembangunan museum sudah dilakukan sejak tahun 1996. Namun sebelum difungsikan sebagai museum, dulunya bangunan ini merupakan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk. Ada banyak sekali koleksi arca dan fosil yang dipamerkan di museum ini yang mana memiliki sejarahnya masing-masing.

Alun-Alun Nganjuk

Alun-Alun Nganjuk

Wisata Nganjuk selanjutnya yang juga banyak dikunjungi oleh orang-orang adalah Alun-Alun Nganjuk. Ruang public yang memang dibuka untuk umum dan gratis. Alun-Alun memang kerap menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya yang strategis membuat siapapun antusias untuk berkunjung, sekedar menikmati suasana kota, menjadikannya sebagai tempat beristirahat saat berada dalam perjalanan.

Saat sore hari atau akhir pekan, alun-alun akan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Pepohonan yang ditanam di Kawasan ini memberikan suasana yang lebih sejuk. Saat malam hari sebuah tulisan Alun-Alun Nganjuk yang berukuran besar akan terlihat menyala karena efek lampu sehingga terlihat lebih indah. Ada pula air mancur yang di tengahnya terdapat sebuah tugu dengan gambar 3 prajurit Indonesia.

Beberapa komunitas kerap mengadakan acara di sini, jadi jangan heran kalau tempatnya sangatlah ramai. Namun tetap nyaman kok, apalagi untuk menikmati suasana kota Nganjuk, cocok banget deh datang ke sini.

Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Selain museum yang menyimpan banyak koleksi arca serta fosil, ada pula Taman Rekreasi Anjuk Ladang yang kerap dijadikan sebagai alternatif lokasi wisata keluarga yang memiliki anak. Sebab tempat wisata Nganjuk satu ini memang di setting agar bisa nyaman dikunjungi oleh anak-anak. Mulai dari fasilitas dan suasana sangatlah mendukung.

Seperti fasilitas kolam renang yang terbilang aman. Sesekali menghabiskan waktu liburan anak dengan bermain air di sini pasti akan seru. Apalagi berbagai permainan air di sekitar kolam renang pun sangat menarik perhatian. Ada perosotan yang saat meluncur akan mendarat di air, ada patung dinosaurus yang sangat besar, jembatan yang menghubungkan antar kolam renang dan banyak lagi.

Kalau tak ingin berenang dan hanya ingin menikmati suasana saja serta berfoto bisa sekali. Beberapa patung binatang yang berada di Taman Rekreasi ini bisa menjadi pilihan untuk berfoto dengan latar belakang patung tersebut. Bagaimana, tertarik untuk datang ke sini? Yuk jangan ragu lagi ajak anak bermain di Taman Rekreasi Anjuk Ladang.

Taman Panda Wilis

Taman Panda Wilis

Selain Taman Rekreasi Wisata Anjuk Ladang, pariwisata Nganjuk selanjutnya yang juga banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat untuk liburan adalah Taman Panda Wilis.  Dibuka untuk umum selama 24 jam dan masuknya pun tak perlu bayar. Artinya, kamu dapat datang kapanpun.

Taman ini dibuat dengan nyaman, ada kolam dengan ukuran cukup besar yang cukup aman. Saat hari libur, biasanya para orang tua mengajak anak-anak untuk bermain air di kolam tersebut. Atau sekedar memberi makan ikan-ikan. Ada Pula sebuah air mancur yang ditampung dalam kolam lainnya.

Taman Panda Wilis benar-benar sangat nyaman, apalagi angin sepoi yang membuat suasana makin sejuk. Sebuah tulisan Taman Panda berukuran besar pun menjadi spot foto para pengunjung yang tak pernah terlewatkan. Berfoto di belakang tulisan tersebut tentu bisa menjadi kenangan bahwa kita pernah berkunjung ke Nganjuk.

Beberapa tempat duduk dan Gazebo pun dibuat untuk fasilitas umum. Dengan begitu bila pengunjung merasa lelah, mereka bisa duduk di tempat-tempat yang sudah disediakan. Fasilitas umum lainnya seperti toilet dan parkiran pun sudah tersedia.

Namun, biarpun masuk ke Taman Panda itu gratis bukan berarti kamu dapat sembarangan ya. Alias tak menjaga kebersihan tamannya. Semua pengunjung bertanggung jawab atas kebersihan Taman ini, khususnya sampah yang kita bawa. Jangan membuangnya sembarangan, kalau tak menemukan tempat sampah, sebaiknya bawa pulang kembali sampah Anda.

Candi Lor

Candi Lor

Wisata kota Nganjuk Candi Lor, merupakan wisata sejarah yang konon merupakan sebuah tanda kemenangan Mpu Sendok. Saat ingin memasuki bagian halaman candi, wisatawan harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Sementara untuk biayanya adalah gratis baik parkir atau biaya retribusi.

Saat sudah masuk, sekilas kita akan melihat pemandangan yang sedikit berbeda. Dimana Candi Lor tampak tak sama seperti candi lainnya. Kalau secara umum candi terbuat dari batuan andesit maka berbeda dengan Lor yang terbuat dari batu merah dengan ukuran besar-besar dan tinggi.

Pembangunan candi pun dilakukan sebagai wujud terima kasih Mpu Sendok pada masyarakat Anjuk Ladang yang sudah membantunya berperang melawan para tentara melayu. Oleh sebab itu, Candi Lor tak bisa dipisahkan dengan prasasti Anjuk Ladang.

Ada hal unik lagi, dimana selain terbuat dari batu bata merah, bangunan candi juga ditumbuhi oleh sebatang Pohon Kepun yang usianya sekitar 500 tahunan. Pohonnya tumbuh dari dalam bangunan, menjulang tinggi, dan akarnya menjalar membelit candi.

Tak jauh dari bangunan candi, Anda akan menemukan 2 makan yang dulunya adalah Abdi Kinasih Mpu Sendok, beliau merupakan Eyang Kerto dan Eyang Kerti. Dulunya mereka dipercaya untuk menjaga candi.

Karena mempunya hubungan erat dengan berdirinya Kabupaten Nganjuk, tak heran kalau tiap mendekati hari jadi Kabupaten Nganjuk selalu diperingati per tanggal 10 April dan Candi Lor ramai pengunjung.

Nah, kalau Anda tertarik untuk datang ke Candi Lor, silahkan datang diantara jam bukanya ya, pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo

Wisata alam Nganjuk, Air Terjun Sedudo juga bisa menjadi pilihan tempat liburan selanjutnya. Kawasan wisata yang menyajikan panorama alam pegunungan, terdiri dari dinding hingga tebing setinggi 105 meter. Bagian dindingnya mengalir air terjun candi dan memukau.

Larena berada di tebing yang sangat tinggi sehingga lokasi jatuh air terjun Sedudo ini berada di dasar lembah. Agar bisa mencapai telaganya saja para pengunjung harus menuruni anak tangga yang sudah disediakan. Tangganya aman sebab tersusun dari batu dan diberikan pagar pengaman.

Sembari menyusuri tangga, Anda bisa menikmati suasana alam dan pemandangan air terjun secara keseluruhan.

Setelah melalui tangga sepanjang kurang-lebih 200 meter, pengunjung akan tiba di area air terjun. Area ini sudah rapi karena disusun oleh paving block sehingga tidak ada sungai berbatu-batu atau tanah licin seperti kawasan air terjun alami pada umumnya. Telaga dan sungainya sudah diberi pembatas yang jelas agar pengunjung lebih nyaman saat bermain air.

Mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, Air Terjun Sedudo menampilkan pesona alam yang begitu menakjubkan. Airnya meluncur di permukaan dinding tebing batu kehitaman dengan debit yang tidak terlalu banyak. Diapit oleh hamparan lumut dan dikelilingi hutan liar, pemandangan air terjun ini tampak menyegarkan mata.

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari jauh atau merasakan kesejukan airnya langsung. Area bermain air dibatasi oleh pagar dengan jarak tertentu dari jatuhan air terjun. Sebelumnya pernah ada kejadian longsor batu dari puncak air terjun. Sejak saat itu, pengunjung dilarang berada terlalu dekat dengan air terjun.

Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik

Melipir basah-basahan ke lokasi selanjutnya yang berlokasi di Desa Blongko, Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Ini merupakan lokasi wisata yang airnya seakan merambat di dinding tebing. Ketinggian air terjun di sini sekitar 35 meter dengan lebar 20 meter. Karena belum ada pengelolaan yang baik, jalan menuju ke destinasi wisata satu ini cukup sulit. Melewati jalanan terjal bebatuan. Namun, suasananya sangat nyaman karena berada di lereng Gunung Wilis.

Bukit Salju Ngetos

Bukit Salju Ngetos

Tempat wisata alam kekinian berikutnya adalah Bukit Salju Ngetos yang akan memanjakan Anda dengan beberapa spot foto keren. Ada dekorasi payung yang berwarna-warni dan dilengkapi rumah pohon yang membuat foto makin menarik. Juga dengan adanya deretan pohon pinus yang rindang memberi kesejukan tersendiri.

Bukit Salju Ngetos ini ada di Blongko, Kecamatan Ngetos. Para pengunjung yang datang seringkali dengan tujuan untuk hunting fotografi karena banyaknya spot foto keren di sini.

Air Terjun Grojogan

Air Terjun Grojogan

Masih dengan tempat wisata yang menyegarkan dan bernuansa air, Grojogan Duwur ini memiliki akses lokasi yang memang tak mudah. Tetapi sangat sebanding dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan. Ada sungai purba yang terbentuk dari batuan kapur dan terlihat eksotis.

Lokasi Grojogan Duwur ini berada di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong. Anda bisa menemukan kolam renang alami dan bermain air sepuasnya.

Setum Loceret

Setum Loceret

Setum Loceret merupakan tempat wisata yang memberi Anda banyak pilihan spot foto unik. Ada vie yang indah dan mampu memperbarui laman instagram anda. Lahan terbuka bekas kompleks pabrik gula Belanda di Desa Jatirejo ini memang menawarkan nuansa liburan yang berbeda. Lokasi tepatnya berada di Desa Jatirejo, kecamatan Loceret. Ada cerobong asap kuno yang berdiri kokoh dan menyajikan pemandangan epik. Pilih pose terbaik dan dapatkan foto impian anda.

Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong menawarkan pemandangan bukit yang eksotis. Ada susunan bebatuan yang tertata rapi dan terlihat begitu asri dan unik. Lokasinya memang berada di lereng gunung wilis yang menyajikan keindahan alam mempesona. Landscape perbukitan hijau dan menyejukkan mata bisa Anda dapatkan.

Mereka yang suka fotografi pasti tak akan melewatkan tempat ini karena banyak spot foto kekinian. Namun karena memang lokasinya ada di ketinggian pastikan bahwa kendaraan yang Anda bawa aman untuk digunakan. Tepatnya berada di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan.

Bukit Lawang

Bukit Lawang

Dengan lokasinya yang ada di ketinggian, Bukit Lawang ini cocok untuk refreshing dan mendinginkan kepala. Ada pemandangan alam yang eksotis serta keberadaan batu lawang ini menjadi ikon bukit tersebut. Anda bisa mendapat view air terjun yang mengalir di pegunungan.

Nikmati waktu untuk berkemah atau mencoba jalur downhills bike dengan jauh sekitar 2 km agar bisa memicu adrenalin anda. Lokasinya ada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali juga dikenal sebagai bukit Alas Patuk. Seperti bukit yang lain tempat ini akan memberi Anda pesona alam berupa pegunungan yang menawan. Juga dengan suasana asri dan sejuk. Sementara di puncak tertinggi Anda bisa melihat bagaimana keindahan alam yang lebih luas.

Mereka yang mencari spot atau view fotografi terbaik, Bukit Goa Dali ini adalah pilihan tepat. Lokasinya ada di Desa Sumber Klampok. Tepatnya ada di Kecamatan Loceret.

Grojogan Putri Ayu

Grojogan Putri Ayu

Destinasi wisata alam berikutnya adalah Grojogan Putri Ayu. Para wisatawan bisa datang dan berenang di alam bebas dengan kondisi lingkungan yang masih begitu asri. Tidak hanya berenang tetapi Anda bisa bermain air di Grojogan Putri Ayu ini. Menjelajahi Goa juga merupakan momen seru untuk para wisatawan yang datang. Lokasi wisata alam Grojogan Putri Ayu ini berada di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso. Lokasinya masih begitu alami dan cocok untuk dijadikan tempat melepas penat.

Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning

Namanya adalah air terjun roro kuning yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Nganjuk untuk piknik. Ada suasana asri dan sejuk dengan beberapa fasilitas yang disediakan. Tidak hanya itu, ada kolam renang dan juga taman bermain, gazebo serta penangkaran rusa. Beberapa spot foto kekinian bisa melengkapi liburan Anda di tempat ini. Lokasinya ada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Liburan akan terasa makin lengkap dengan pemandangan yang terjaga alami.

Waduk Perning

Waduk Perning

Masih ingin berlibur ke tempat wisata di Nganjuk? Anda bisa memilih Waduk Perning dengan konsep kekinian yang menarik. Tempatnya juga begitu luas dengan pemandangan yang indah. Ada beberapa wahana dan fasilitas yang sudah disediakan. Anda bisa menemukan taman bunga, wahana permainan air hingga beberapa spot foto keren. Lokasinya berada di Perning, Kecamatan Jatikalen. Wisata alam ini disebut menjadi wisata andalan para wisatawan yang datang ke Nganjuk.

Baca Juga: Wisata Bojonegoro

Oke guys itulah 16 tempat wisata di Nganjuk terbaru paling banyak dikunjungi saat liburan. Bahkan beberapa tempat dibuka untuk umum secara gratis seperti alun-alun dan taman panda wilis. So, Anda tak usah merasa bingung lagi. Kalau budget terbatas, bisa banget kok memilih tempat yang free tapi tak membosankan. Jadi sekarang mending langsung saja agendakan waktu liburan Anda, ajak keluarga atau teman-teman, siapkan juga perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *