Tempat Wisata di Ngawi

13 Tempat Wisata di Ngawi Ini Paling Cocok Untuk Liburan

Posted on

Tempat Wisata di Ngawi – Hai traveller, apakah Anda sedang berencana untuk liburan dalam waktu dekat ini ke Jawa Timur? Namun masih bingung dengan tempat wisata yang akan dikunjungi? Hemm, kalau begitu, bagaimana bila berkunjung ke Ngawi? Salah satu daerah yang berada di Jawa Timur yang menyimpan banyak sekali potensi wisata menyenangkan.

Tempat Wisata di Ngawi

Tiap daerah di Jawa Timur biasanya memiliki keunikan tersendiri, entah dari julukan kotanya, lokasi geografis, dan lain-lain. Lantas bagaimana dengan Ngawi? Kota yang berlambangkan pohon ini juga sama seperti kota-kota lain yang ada di Jawa Timur. Bahkan kalau soal wisata Ngawi, kota ini dijamin tak akan mengecewakan. Malah akan membuat Anda betah liburan berlama-lama.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Ngawi yang menyenangkan, simak sampai akhir ya!

Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin

Tempat wisata di Jawa Timur Ngawi yang pertama adalah Air Terjun Pengantin, terkenal akan keindahan alamnya sehingga tak heran bila Kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan saking populernya, Air Terjun Pengantin pernah menjadi inspirasi terciptanya sebuah film layar lebar bergenre horor, ada yang pernah menonton belum? Atau ingin datang langsung ke lokasi? Bisa sekali dong.

Baca Juga: Wisata Bondowoso

Anda tinggal berkendara saja ke Desa Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Suasana nyaman bisa Anda rasakan, sementara bagi yang sudah pernah menonton film Air Terjun Pengantin pasti akan sedikit terbawa aura mistisnya saat berada di sini.

Ada sebuah mitos yang sudah sangat melekat, konon pasangan kekasih atau suami istri yang datang ke sini bisa menjadi pasangan seumur hidupnya.

Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang

Next, wisata Ngawi berikutnya masih bernuansa alam dan bertema wisata air yaitu Air Terjun Srambang. Lokasinya berada di Kabupaten Ngawi, Desa Girimulyo, Jogorogo. Menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis, udara yang bersih dan air yang menyegarkan. Lokasinya yang dikelilingi oleh hutan pinus akan membuat siapapun merasa betah dan merasa dimanjakan oleh alam.

Air Terjun Srambang juga punya mitos loh, bahkan sudah dipercaya sekali oleh masyarakat sekitar. Konon pengunjung yang sengaja membasuh wajah dengan air di kolam alami jatuhnya air terjun Srambang maka dipercaya akan sangat bisa memanjangkan umum dan membuat awet muda.

Agrowisata Kebun Teh Jamus

Agrowisata Kebun Teh Jamus

Tempat wisata Ngawi Jawa Timur, Agrowisata Kebun Teh Jamus sangatlah cocok untuk Anda yang sedang rindu dengan suasana alam yang asri dan udara menyejukkan. Datang ke sini dijamin tak akan mengecewakan. Tempat ini juga sudah sangat populer sekali di kalangan wisatawan lokal.

Selain hamparan kebun teh yang bisa kita lihat sejauh mata memandang. Agrowisata Jamus juga dikelilingi oleh perbukitan unik yang berundak. Sehingga tak heran kalau udaranya memang sangat bersih dan segar. Masyarakat setempat kerap menyebut buitnya sebagai bukit Borobudur, sebab bentuk bukit tersebut mirip seperti candi berundak. Tak hanya itu saja, di wisata Ngawi satu ini juga terdapat fasilitas outbound yang sangat seru dan menyenangkan. Cocok sekali untuk Anda yang ingin mengajak liburan anak dan melatih kemandiriannya di alam.

Waduk Pondok

Waduk Pondok

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata ngawi terbaru dengan menyuguhkan pemandangan alam yang indah, cobalah datang ke Waduk Pondok. Di sini, Anda akan diajak untuk berwisata air dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti memancing ikan, berkeliling waduk menggunakan perahu atau jetski, berfoto dan menikmati suasana sekitar.

Ada waktu yang paling direkomendasikan saat Anda ingin liburan ke sini, yaitu pada bulan Muharram. Dimana biasanya akan ada sebuah ritual unik yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yaitu Ritual Nyadran yang kerap menyedot perhatian banyak orang.

Waterboom Tirto Nirmolo

Selain Waduk Pondok, masih ada lagi nih wisata di Ngawi yang bertemakan air yaitu Waterboom Tirto Nirmolo. Sangat cocok dikunjungi saat ingin liburan bersama keluarga. Tentunya, datang ke sini akan membuat anak-anak senang sebab ada banyak sekali fasilitas dan wahana air khusus anak dan aman dimainkan.

Misalnya saja fasilitas outbound. Area khusus dibuat untuk melakukan aktivitas outbound yang aman dilakukan oleh anak. Ada pula wahana perahu air, hingga kereta gantung. Bila sudah lelah bermain dan merasa lapar, Anda dan keluarga bisa menikmati sajian kuliner khas Ngawi di restoran yang ada di Kawasan Waterboom Tirto Nirmolo.

Soal lokasi pun sangat strategis dan mudah di jangkau. Yakni berada di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Ngawi, Jawa Timur. Yuk langsung saja rencanakan liburan bersama keluarga. Jangan sampai anak-anak stress karena terlalu lama berada di rumah aja.

Pemandian Tawun

Pemandian Tawun

Bagi Anda yang sedang mencari wisata di Ngawi Jawa Timur dengan harga yang relatif murah namun masih sangat mengesankan, Anda bisa coba berkunjung ke Pemandian Tawun Ngawi. Ada berbagai macam wahana dan fasilitas rekreasi menyenangkan, sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan tujuan liburan bersama keluarga.

Lokasinya sendiri berada di Desa Tawun. Jaraknya kurang lebih 7 km bila dari pusat kota Ngawi. Pemandian Tawun sendiri adalah objek wisata Ngawi berbentuk mata air alam yang sudah ditumbuk ke dalam kolam pemandian khusus.

Bila Anda ingin datang ke sini, ada beberapa waktu yang sangat direkomendasikan. Yaitu pada hari selasa Kliwon dimana saat hari tersebut Anda bisa melihat sebuah ritual khusus yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar yaitu ritual adat Keduk Beji Tawun atau pembersihan kolam mata air.

Trinil

Trinil

Wisata edukasi tentang sejarah evolusi manusia dan makhluk hidup di Museum Trinil Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Mengisi liburan tidak harus jauh dan memakan biaya yang terlalu mahal karena jauh hingga keluar kota. Bagi sahabat Direktori Wisata yang tinggal di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur bisa menghabiskan waktu libur bersama keluarga ke tempat wisata yang bernuansa ilmu pengetahuan dan sejarah. Salah satunya ke Museum trinil yang berlokasi di Desa Kawu, Kedunggalar Ngawi, sekitar 15 km dari pusat Kota Ngawi, Jawa Timur.

Keindahan arsitektur bangunan dari Museum Trinil terlihat unik dan mampu menarik perhatian para wisatawan tuk bertandang ke lokasi. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, terdapat tugu peringatan, dimana tugu tersebut dibangun oleh seorang Ilmuwan asal Belanda yang bernama “Eugene Dubois”.

Konon tugu tersebut dijadikan sebagai tanda ditemukannya fosil manusia kera yang berdiri tegak “Pithecanthropus Erectus” yang berupa langit tengkorak dan tulang paha, penemuan ini dikategorikan dalam genus “Homo Erectus” asal Jawa.

Alun-Alun Kabupaten Ngawi

Alun-Alun Kabupaten Ngawi

Bagi Anda ingin menikmati rehat sejenak dalam perjalanan mudik atau balik Lebaran, kala melintasi rute Jawa Tengah dan Jawa Timur, tak ada salahnya singgah di Alun-Alun Ngawi. Menikmati malam di sentra kota kabupaten itu bisa jadi merupakan pilihan tepat.

Betapa tidak? Alun-Alun Kota Ngawi dapat memberikan beragam hiburan bagi segala kalangan. Terlebih lagi, statusnya sebagai alun-alun terbesar di Jawa Timur (Jatim) dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Para penggemar kuliner dapat dimanjakan oleh pedagang kaki lima yang menjual beragam hidangan, di antaranya tahu tepo, sate, martabak, serabi, dan masih banyak lagi. Sementara itu, bagi kaum muda, di alun-alun ini juga tersedia sejumlah spot berfoto yang menyajikan pemandangan berupa taman kota, jogging track, lampu hias, bahkan juga sepeda hias.

Sedangkan, bagi kanak-kanak, terdapat pula taman bermain yang dilengkapi berbagai alat bermain dan juga persewaan sepeda motor trail mini. Sementara itu bagi orang dewasa, lokasi ini dapat dimanfaatkan untuk bersantai dan berbincang-bincang menikmati malam, sembari duduk-duduk di sejumlah kursi yang ditempatkan di sekeliling alun-alun.

Para pengunjung alun-alun pun dimanjakan pula oleh adanya jaringan Wifi yang disediakan oleh salah satu operator telekomunikasi.  Rita, salah satu pengunjung Alun-Alun Ngawi mengaku cukup puas ketika menikmati beragam hiburan di taman kota tersebut.

Benteng Pendem Van Den Bosch

Benteng Pendem Van Den Bosch

Benteng Pendem van den Bosch atau lebih dikenal dengan Benteng pendem ini terletak di daerah Ngawi Jawa Timur tepatnya berlokasi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Benteng pendem ini merupakan bangunan bersejarah di Ngawi dan pernah menjadi markas besar Belanda pada tahun 1839-1845 yang didirikan oleh naungan Belanda saat Belanda dipimpin oleh Johannes Van den Bosch.

Benteng yang memiliki luas sekitar 15 Ha ini merupakan bangunan bersejarah di Ngawi. Karena bangunan ini merupakan bangunan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena selain bangunannya yang megah dan bagus juga banyak memiliki spot foto yang sangat menarik.

Untuk masuk di kawasan wisata Benteng Pendem kita hanya perlu membayar Rp 5.000 saja dan sudah bisa mendapatkan spot foto yang bagus dan sangat instagramable dan bisa belajar sejarah juga, lo!

Bukit Kerek Indah

Bukit Kerek Indah

Bukit Kerek Indah atau dikenal sebagai jembatan selfi Desa Kerek, merupakan spot selfie terbaik di Kabupaten Ngawi. Pengunjung tempat wisata Ngawi ini dapat menyaksikan hamparan hutan tropis, berpadukan liukan sungai Bengawan Solo di belakangnya.

Tempat wisata Ngawi ini berawal pada saat pemuda Desa setempat yang bermain di atas bukit. Lalu mengabadikan pemandangan lereng dengan berselfie ria dan menguploadnya ke media sosial. Pemandangan yang tak biasa di Kota Ngawi tersebut berhasil menarik minat pengunjung, untuk mendatangi tempat wisata tersebut untuk sekedar berselfie.

Menyadari potensi yang ada, masyarakat secara gotong royong membuat spot foto. Beberapa diantaranya berupa ayunan, tulisan I love U, love, jembatan kayu, plang jalan dengan kata humor dan sebagainya.

Dengan desain karya masyarakat setempat, akhirnya tempat wisata ngawi ini memebnagun spot iconiknya. Yakni jembatan kayu. Spot ini  dengan biaya awal dari patungan yang disumbangkan masyarakat secara swadaya.

Wisata Bukit Kerek Indah juga menyediakan warung makan sederhana yang berjejer menjual makanan atau minuman. Selain itu, ada gazebo atau saung yang disediakan dapat digunakan untuk bersantai secara gratis.

Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono

Mengunjungi tempat wisata Ngawi Air terjun Suwono, pengunjung akan disajikan dengan panorama alam yang asri dengan vegetasi yang tumbuh subur. Udara yang sejuk seketika menyerbu kulit lantaran lokasi air terjun yang berada di kawasan pegunungan.

Pepohonan pinus yang tumbuh menjulang mendominasi kawasan ini. Nuansanya seperti tengah menyusuri hutan-hutan di daerah subtropis. Sementara air terjunnya sendiri menawarkan pemandangan yang tak kalah menggoda.

Di tempat wisata Ngawi ini air jatuh di antara tanaman hijau yang tumbuh merambat memenuhi tebing. Jatuhnya air pun bukan menuju kolam,  melainkan pecah di atas  struktur batuan bentukan alam dan menghasilkan percikan ke segala arah.

Dari area parkir, pengunjung tempat wisata Ngawi ini mesti berjalan sekitaran 600. Di perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah di sepanjang jalan yang dikerumuni pohon pinus dan karet ditambah suara-suara binatang yang khas.

Hutan Pinus Suwono

Hutan Pinus Suwono

Hutan pinus bukit Suwondo menyimpan sejuta kesejukan. Angin berhembus sepoi membelai dedaunan pohon pinus yang berdiri menantang langit. Ranting-ranting turut bergoyang. Ribuan pohon pinus setinggi lebih dari 10 meter tertata rapi menciptakan interior alam.

Dedaunan pepohonan yang rimbun memayungi dataran.Kicau burung bersahutan. Lirih, tetapi menghanyutkan perasaan kala mata terpejam. Tempat wisata Ngawi satu ini memang memberikan kesan mendalam.

Di tanah lapang tak jauh dari jalan masuk hutan,pengunjung banyak memanfaatkannya untuk berfoto.

Pesona hutan pinus di bawah naungan Perum Perhutani itu telah memikat hati banyak pengunjung. Keteduhan tempat wisata Ngawi ini memberikan ketenangan. Pengunjung membutuhkan pengalaman rindang di tempat ini untuk mengusir penat dan mengobati kerinduan akan rasa damai.

Menapaki jalan setapak diantara rimbunnya hutan pinus akan memberikan sensasi liburan yang berbeda. Perjalanan yang melelahkan akan segera berganti dengan decak kagum melihat keindahan air terjun nan eksotis di depan mata.

Waduk Sangiran

Waduk Sangiran

Jika dilihat secara keseluruhan, keunggulan waduk sangiran tempat wisata Ngawi ini terletak pada kesejukan kondisi alamnya. Pengunjung yang berasal dari kota besar pastilah sangat dimanjakan ketika datang kemari.

Segala kepenatan aktivitas pastilah akan hilang ketika berlibur kemari. Jika dilihat dari pinggir, waduk sangiran memang seperti kebanyakan waduk lain. Namun, keunggulan waduk sangiran terdapat pada sebuah taman di tengah waduk.

Taman di tengah waduk tempat wisata Ngawi ini dikenal dengan sebutan taman bambu air. Jika berfoto di taman apung tersebut, pastilah akan bisa menghasilkan gambar menarik. Pengunjung bisa menuju ke sana dengan menggunakan perahu.

Baca Juga: Wisata Nganjuk

Selain dengan pergi ke taman apung tersebut, seorang pengunjung juga bisa memilih untuk berkeliling di waduk tersebut. Mungkin, akan sangat menarik jika berkeliling sambil menyewa perahu.

Apabila hobi mancing, waduk tempat wisata Ngawi ini juga merupakan sebuah tempat yang akan sangat cocok. Selain terkenal karena keindahan wisatanya, waduk sangiran juga terkenal sebagai lokasi memancing. Setiap pengunjung yang pernah melepas umpan di waduk sangiran tidak pernah merasa rugi.

Nah traveller itulah 13 tempat wisata di Ngawi yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau sahabat. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, khususnya yang bertemakan alam. Beberapa tempat pun ada saja yang gratis alias free tiket masuk, jadi Anda bisa liburan lebih ekonomis sepuasnya. Yuk, langsung saja rencanakan kapan waktu liburanmu! Ajakan anak atau sahabat agar makin seru, jangan lupa dokumentasikan dan share di sosial media ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *