Tempat Wisata Di Nias Selatan Terbaik Paling Hits

Tempat Wisata Di Nias Selatan

Tempat wisata di Nias Selatan sangat layak menjadi salah satu destinasi wisata bahari kelas dunia, mengingat berbagai potensi wisata bahari yang ada di Nias Selatan sangat memikat. Selain surga bagi para surfer, keindahannya dapat memanjakan mata, ada begitu banyak keunikan dari pulau yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berlibur.

Tempat Wisata Di Nias Selatan

Nias Selatan menjadi satu dari sekian banyak destinasi yang terus berkembang. Selain alamnya yang masih asri, atraksi dan budaya yang ada disini sangat menarik. Oleh sebab itu, Tempat wisata Nias selatan juga masuk dalam maps para wisatawan asing. Penasaran dengan tempat wisata di Nias Selatan, simak ulasan berikut.

Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo

Tempat wisata di Nias Selatan yang pertama yang wajib sobat kunjungi adalah Desa Bawomataluo. Salah satu desa yang berada di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara tersebut lebih dikenal dengan sebutan “Matahari Terbit”. Istilah matahari terbit itu disematkan karena desa yang terdiri dari sembilan dusun itu berada di sebuah bukit, tepatnya pada ketinggian 324 meter dari permukaan laut.

Baca Juga: Tempat Wisata Mandailing Natal

Desa Bawomataluo sangat terkenal sebagai desa budaya dan tradisi hombo batu (lompat batu). Sejak menyandang status sebagai desa budaya, Bawomataluo memiliki agenda budaya tahunan yang disebut sebagai Festival Budaya Bawomataluo.

Desa Bawomataluo memiliki banyak terdapat tradisi budaya, sebut saja relik megalitik, rumah tradisional, dan tradisi lompat batu serta memiliki tari fataele (tarian perang) untuk menyambut para tamu kehormatan saat berkunjung. Selain itu, Desa yang sudah berusia lebih dari 300 tahun ini, memiliki banyak nilai-nilai sejarah dan tradisi yang sangat unik yang sering dikunjungi para wisatawan nasional maupun mancanegara.

Teluk Rusa

Teluk Rusa

Salah satunya objek wisata yang dapat sobat kunjungi di Nias Selatan adalah Teluk Rusa. Berlokasi di Bawonifaoso, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Merupakan sebuah teluk dengan bentuk yang unik dan terdapat banyak habitat hewan rusa.

Selain itu daya tarik yang wajib sobat coba saat berkunjung ke Teluk Rusa adalah diving atau snorkeling. Untuk menikmati alam bawah lautnya sobat diharuskan untuk membawa perlengkapan sendiri Karena di tempat wisata ini belum menyediakan perlengkapan diving yang lengkap.

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri

Tempat wisata di Nias Selatan berikutnya adalah salah satu pantai indah yang dimiliki Nias, letaknya cukup terpencil namun ketenarannya sudah mendunia sebagai surga para wisatawan memacu papan selancar adalah Pantai Lagundri.

Wisata pantai Lagundri Nias Selatan berada di sebuah laguna, bersebalahan dengan Pantai Sorake. Keduanya merupakan menjadi tujuan para peselancar dunia untuk menaklukkan ombak pada setiap tahunnya.

Ombak di Pantai Lagundri bisa mencapai ketinggian 7 hingga 9 meter dengan 5 tingkatan dengan panjang daya dorong ombak hingga 200 meter, dan bisa lebih mengganas lagi saat bulan purnama. Konon, kehebatan ombak Pantai Lagundri hanya bisa dikalahkan oleh ombak yang ada di Kepulauan Hawaii.

Pantai lagundri memiliki hamparan pasir putih yang terbentang luas. Hangatnya sinar matahari, menawarkan kenikmatan tersendiri, bagi para pengunjung untuk meluangkan waktu lebih lama disini.

Pulau Tello

Pulau Tello

Pulau Tello yang berlokasi di Kawasan Nias Selatan, mungkin masih sangat asing didengar wisatawan nusantara. Padahal, spot yang satu ini terkenal banget di kalangan wisatawan Asing. Pulau kecil di gugusan kepulauan Nias Selatan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Bagi sebagian orang menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi. Tempat wisata di Nias Selatan ini belum terekspos oleh dunia luar, namun keindahanya luar biasa.

Hamparan air laut berwarna biru bercampur dengan toska menjadi landskap sehari-hari yang bisa dilihat di tepi pantai. Tanpa ada kemacetan, tanpa ada polusi dan hanya ada kesegaran udara tropis menjadikan liburan semakin nyaman.

Jika sobat ingin berkunjung kesini lebih dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang karena transportasi menuju ke sana cukup rumit. Tapi tidak akan sulit untuk sobat yang memiliki jiwa petualang.

Pulau Sibele

Pulau Sibele

Destinasi wisata Nias Selatan yang tak kalah indah adalah Pulau Sibele yang berlokasi di Baruyu Lasara, Kecamatan Pulau Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pulau Sibele merupakan salah satu objek wisata di Nias Selatan terbaru dan kekinian karena dikemas dengan sangat modern yang disatukan dengan alam.

Oleh pengelola Pulau Sibele dibangun resort yang membuat suasana liburan di pulau ini terasa nyaman dan tergolong resort dengan layanan yang mewah. Sobat wisata bisa mencoba menginap di resots sekitar pulau ini dengan biaya yang cukup terjangkau.

Pantai Merah

Pantai Merah

Salah satu tempat wisata alam Nias Selatan dengan pemandangan pasir berwarna merah yaitu Pantai Merah. Pantai Pasir Merah, atau pantai Afulu sebutan penduduk sekitar, di Kec. Fanayama, memiliki keunikan pada warna pasirnya yang berwarna merah seperti warna tanah liat.

Keunikan seperti ini tidak banyak ada di dunia, di Indonesia sendiri bahkan hanya dapat ditemukan di pulau Komodo dan Lombok. Jadi, wisata ke pantai ini saat berada di Sumatera Utara tentu tak bisa dilewatkan.

Air Terjun Mondrowe

Air Terjun Mondrowe

Kabupaten Nias Selatan juga memiliki objek wisata Air Terjun yang wajib masuk ke dalam daftar kunjungan sobat yaitu Air Terjun Mondrowe. Lokasinya tepat di di Desa Mondrowe, Kecamatan Lahusa.

Air terjun dengan ketinggian mencapai 18 meter ini menawarkan keindahan pemandangan alam yang begitu cantik. Sementara aliran airnya tidak begitu deras segar dan jernih, cocok untuk berenang.

Di air terjun ini juga terdapat bukit yang penuh dengan bebatuan karang, sobat dapat melompat dari ketinggian supaya bisa menceburkan diri ke dalam kolam yang ada di bawah air terjun. Gimana seru bukan?

Air Terjun Gumbu

Air Terjun Gumbu

Satu lagi tempat wisata air terjun alami yang ada di Nias Selatan yakni Air Terjun Gumbu. Air Terjun Gumbu atau lebih dikenal dengan Gumbu Park merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.

Gumbu Park memiliki keindahan dengan tiga tingkatan. Air terjun Gumbu ini masih alami dan asrih ditambah dengan suasana alam serta gemercik air dan kicauan burung melengkapi suasana alam.

Air Terjun Gumbu memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan tiga tingkatan. Konon katanya air terjun Gumbu tidak pernah mengalami keruh ketika diguyur hujan. Keunikan yang dimiliki air terjun Gumbu ini menambah eksotisnya menjadi salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi baik keluarga maupun kelompok rombongan.

Pantai Ladeha

Pantai Ladeha

Objek wisata di Nias Selatan pantai eksotis yang terletak di pesisir barat daya Pulau Nias. ini menjadi primadona karena memiliki pecahan ombak eksotik, tebing karang berbentuk goa dan kolam alami. Pantai Ladeha semakin khas dengan pemandangan sempurna yang terekspos begitu indah.

Berjarak 4 kilometer dari Amandraya, Pantai Ladeha yang berada di Kabupaten Nisel ini sering disebut tujuan favorit lantaran menghadirkan atraksi alam memesona. Di atas lempengan karang, ceruk air laut yang membentuk kolam renang alami jadi atraksi utama. Eksistensi coral menjadikan tempat wisata ini istimewa di mata setiap pengunjungnya. Bagaimana, tertarik menjelah pantai tersembunyi ini?

Merasakan sensasi berendam di kolam alami yang terisi air garam pastinya wajib dilakukan. Airnya yang hijau dengan gradasi warna biru mengisi ceruk begitu menggoda untuk direnangi. Namanya saja benar-benar alami, pasti sobat tau sendiri bagaimana cantiknya kolam tepian pantai ini, kan?

Pantai Rockstar

Pantai Rockstar

Pesona Nias Selatan memang memikat hati siapa saja yang berkunjung, terdapat beberapa pantai yang menyuguhkan gulungan ombak menantang untuk melakukan selancar, salah satunya adalah Pantai Rockstar Desa Hilisataro di Kecamatan Toma.

Meski tidak semenggoda ombak di Pantai Sorake, Pantai Rockstar tetap memiliki kualitas yang tak bisa dianggap remeh. Pemburu ombak yang datang ke Pantai Rockstar tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari mancanegara.

Pantai Baloho

Pantai Baloho

Pantai Baloho yang terletak tidak jauh dari Kota Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara menjadi salah satu tempat wisata di Nias Selatan yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Langkat

Pantai yang berbentuk seperti danau ini berada dalam teluk. Riak airnya tenang lantaran ombak dari laut lepas terhalang batu karang sebelum sampai ke bibir pantai. Selain pasirnya yang putih, juga dikelilingi oleh pepohonan kelapa. Disini sobat dapat menikmati matahari terbenam ditemani secangkir kopi hangat. Gima seru kan!

Situs Megalit Tetegewo

Situs Megalit Tetegewo

Di Nias Selatan Sobat wisata bisa melihat rumah dan peradaban megalitikum yang berusia ribuan tahun masih hidup. Berada di Desa Tetegewo, Sub-Distrik Sidua Ori, Situs Megalith Tetegewo terdiri atas batu-batu besar bersar berbentuk tugu, bundar dan persegi menyerupai meja yang berasal dari Baho, sungai yang terletak 3 km di bawah situs ini berada.

Batu Behu, batu yang berdiri seperti tugu, menandakan sudah pernah membuat pesta besar-besaran. Sedangkan batu menyerupai meja berbentuk bundar merupakan tempat untuk menari pada saat pesta.

Pantai Moale

Pantai Moale

Pantai Moale ini Terletak di desa Hilinamazihono moale, Kecamatan O’O’U, Kabupaten Nias Selatan dan hanya berjarak sekitar 1,5km dari desa Hilinamazihono. Terkenal dengan ombak besar, sepanjang lokasi pantai Moale hingga beberapa ratus meter kearah Barat, sobat bisa menjumpai sebuah Laguna dengan aliran air yang menunjuk ke arah muara sungai .

Tak hanya desiran ombaknya saja yang menarik tapi juga diwarnai dengan rumput – rumput kehijauan dengan bunga – bunga menghiasi tepi pantai. Kepuasan mengunjungi Pantai Moale pun masih banyak lagi.

Ada dua batu besar yang biasa disebut Molai. Jaraknya dari tepi pantai sekitar 50 meter. Diatas batu Molai ini, banyak batu – batu kecil yang unik. Disitu juga sebagai tempat persinggahan bermacam – macam burung.

Itulah beberapa tempat wisata di Nias Selatan yang terbaik paling hits dan ramai pengunjung dari berbagai daerah indonesia.

Tanggapan

0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait