Tempat Wisata di Nusa Ceningan

9 Tempat Wisata Di Nusa Ceningan yang Paling Unik di Bali

Posted on

Bali merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang sudah sangat populer karena tempat wisatanya. Keindahan alam yang tak bisa ditemukan di negara lain menjadikan Bali istimewa. Bukan hanya di kalangan wisatawan dalam negeri namun juga luar negeri. Orang-orang dari berbagai penjuru dunia sengaja melakukan perjalanan ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alam tersebut. Tempat wisata di Bali memang patut diacungi jempol!

Tempat Wisata di Nusa Ceningan

Salah satu daerah di Bali yang bisa kamu kunjungi dan dijadikan tempat pilihan untuk liburan adalah Nusa Ceningan. Sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari 3 gugusan pulau di Nusa Penida. Ada banyak sekali tempat wisata di Nusa Penida yang memiliki keunikan dan bisa membuatmu takjub. Seperti beberapa wisata berikut ini!

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan sebetulnya tidak berada di dalam pulau Nusa Ceningan Bali, namun jaraknya sangat berdekatan jadi masyarakat Bali menjadikannya bagian dari Kawasan wisata Nusa Ceningan. Keindahan alam di pulau kecil ini sangat indah dan membuat siapapun akan merasa terpana. Suasananya jua menenangkan, jauh dari hiruk pikuk kemacetan. Menjelang sore suasana akan semakin romantic ditemani dengan view matahari terbenam.

Baca Juga: Wisata Nusa Lembongan

Sejauh mata memandang kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih serta lautan lepas dengan airnya yang berwarna biru. Ada pulau pemandangan jembatan yang disebut sebagai Yellow Bridge, jembatan yang menjadi penghubung antara Nusa Ceningan dan Lembongan. Kamu bisa naik ke atas jembatan tersebut dan berfoto untuk mengabadikan momen yang mungkin jarang didapatkan.

Di samping itu, pemandangan alam bawah lautnya pun patut kamu nikmati. Caranya tentu saja dengan melakukan snorkelling. Laut yang jernih membuat pandangan dalam air semakin lebih jelas. Kita bisa menjumpai terumbu karang dan beberapa spesies ikan. Sementara bagi yang hanya ingin sekedar menjelajahi pulau, bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau naik sepeda motor sewaan.

Tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di sini? Paling direkomendasikan untuk berkunjung ke Nusa Lembongan adalah saat musim kemarau, antara bulan April sampai dengan Oktober. Dimana cuaca akan cerah dan ombak dalam kondisi yang stabil.

Blue Lagoon

Blue Lagoon Nusa Ceningan

Next, wisata di Ceningan Island selanjutnya adalah Blue Lagoon. Sebuah teluk berbentuk cekungan dengan deretan batuan karang sebagai dekorasi alam yang membuat view nampak indah, serta air yang biru dan jernih. Perlu kamu ketahui juga bahwa Blue Lagoon bukanlah pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan bisa digunakan untuk berjemur. Pemandangan yang akan kamu jumpai selain air laut dan karang adalah tebing setinggi 20 meter yang terlihat begitu eksotis. Untuk bisa berkunjung kesini, kamu tidak akan dikenai biaya sama sekali alias gratis! Namun kamu harus berhati-hati ya, apalagi bila ingin berenang, pastikan kondisi deburan ombaknya sedang dalam kondisi stabil.

Devil’s Tear

Devil’s Tears hill Nusa Lembongan

Pulau Ceningan memang tidak hanya menarik karena keindahannya saja, namun keunikan beberapa tempat wisata wisatanya pun kerap menjadi daya tarik dan kelebihan tersendiri. Seperti Devil’s Tear, keunikan akan nampak pada tebing tinggi yang terus menerus diterjang oleh ombak laut yang sangat ganas. Membuat semburan air mencuat ke atas, menandakan betapa ganas ombak Devil’s Tear. Oleh sebab itulah, wisatawan yang berkunjung ke sini harus berhati-hati apalagi bila membawa anak kecil.  Di samping itu, ternyata Devil’s Tear juga pernah menelan korban beberapa diantaranya adalah wisatawan asing.

Selain semburan air laut yang menjulang tinggi, kamu juga dapat melihat penampakan pelangi akibat semburan tersebut. Nah, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah menjelang matahari terbenam, sebab suasana sekeliling akan semakin romantic. Kamu juga bisa mendapatkan background foto yang cantik yakni perpaduan antara semburan air dan sunset di sore hari.

Nah traveller, ada larangan yang tidak boleh kamu hiraukan saat berkunjung ke sini yaitu dilarang berenang dan mendekati deburan ombak. Kamu cukup menikmati pemandangan Devil’s Tear dari tempat yang sudah disediakan saja agar tetap aman.

Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach merupakan pantai di Nusa Ceningan yang terkenal akan air lautnya yang sebening kristal. Oleh sebab itulah, kegiatan snorkelling kerap diminati oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Atau sekedar berenang dan menikmati pemandangan terumbu karang yang indah. Beberapa spot di Crystal Bay Beach juga merupakan tempat hidupnya ikan mola-mola. Ikan berukuran besar yang berbentuk gepeng, mirip seperti matahari. Biarpun tidak selalu muncul di perairan, namun kamu masih bisa melihat dan berinteraksi dengan ikan tersebut secara langsung bila melakukan snorkling atau diving.

Garis pantainya terbilang cukup panjang, mencapai 1.000 meter dan membentang dari ujung ke ujung. Nah, dengan garis pantai yang panjang tersebut kamu bisa bermain di pinggir pantai sepuasnya. Bahkan mau berjemur untuk tanning pun bisa banget loh. Sementara bagi yang hobi memancing, kamu bisa melakukannya di tengah lautan luas menggunakan perahu yang disewakan oleh nelayan. Atau bisa juga hanya berdiam diri di tebing-tebing sekitar pantai.

Waktu paling sempurna untuk menikmati keindahan pantai adalah di sore hari menjelang matahari terbenam, fenomena senja begitu menawan sekali. Langit yang berwarna kuning keemasan membuat suasana semakin romantis. Beberapa wisatawan ada saja yang sengaja bermalam di Crystal Bay Beach hanya untuk melihat momen tersebut.

Broken Beach

Pasih Uug (Broken Beach)

Wisata Nusa Ceningan Broken Beach atau lebih dikenal dengan nama Pasir Uug merupakan sebuah tebing karang yang menjulang tinggi sekitar 200 meter dan menjorok ke laut. Karena setiap hari selalu terkena abrasi air laut maka mengakibatkan adanya lubang raksasa di tengah tebing tersebut. Itulah yang menjadikan broken beach populer dan kebanyakan wisatawan memang menyukai tempat-tempat yang memiliki keunikan tersendiri.

Keindahan Broken Beach juga menawan dan mengesankan. Kamu bisa mendapatkan spot foto yang super keren dengan latar belakang tebing berlubang serta deburan ombak di bawahnya. Tak heran beberapa pasangan yang mau menikah kerap melakukan prewedding di Broken Beach. Nah, bagi yang ingin menjelajahi Kawasan wisata broken beach kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki. Namun biarpun dinamakan pantai di sini tidak ada pasir putih seperti pantai pada umumnya. Yang ada hanyalah tebing terjal membentang dan menantang. So bagi yang ingin trekking harus menggunakan sepatu yang super safety ya.

Sebagian besar Kawasan perbukitannya pun dipenuhi oleh rumput serta semak hijau yang cukup tebal. Bila sudah puas berfoto dengan latar belakang tebing yang berlubang, kamu bisa coba berfoto di antara rumput serta semak hijaunya juga. Dan akan kurang puas bila sudah datang jauh-jauh ke Broken Beach namun kamu tidak mencari hidden spotnya. Di pantai ini terdapat beberapa spot foto yang bisa dibilang cukup tersembunyi dan tidak semua wisatawan bisa menemukannya, bahkan para pemandu pun sangat jarang mengajak wisatawan spot tersebut. Pemandangan yang akan disuguhkan sebetulnya masih sama yakni tebing dengan lubang raksasa.

Angel Billabong

Angel’s Billabong

Bali memang memiliki banyak tempat yang sangat mempesona dan sangat rugi bila tak dikunjungi, seperti Angel Billabong yang ada di Nusa Penida. Angel sendiri artinya bidadar dan Billabong artinya sungai yang buntu. Hanya sekedar melihat di gambar pun kamu dipastikan akan merasa kagum dengan kecantikan kolam Angel’s Billabong, apalagi bila berkunjung secara langsung? Uniknya kolam lembah Angel Billabong ini terletak agak sedikit tinggi dan dibandingkan bibir pantai lautan lepas, oleh sebab itulah nampak kolamnya seperti menyatu dengan lautan.

Kejernihan air di Angel Billabong patut diacungi jempol. Saking jernihnya, kamu dapat melihat banyak ikan kecil berenang di dalam kolam alami tersebut. Nampak pula lumut yang berada di dasar kolam semakin menambah kesan eksotis Angel Billabong. Ada sebuah dinding batu mengelilingi kolam, konturnya terlihat sangat unik. Sesekali deburan ombak menabrak dinding tersebut. Bila beruntung kamu bisa mengabadikannya melalui lensa kamera, dijamin hasil fotonya akan keren banget.

Hal yang harus diperhatikan adalah cuaca saat kamu berkunjung. Bila saat itu sedang musim hujan maka jangan berani-beraninya berenang. Selain bebatuan agak licin, ombaknya pun cenderung lebih besar dan tentu akan sedikit membahayakan apalagi bila kamu tak bisa berenang. Di samping itu, agar kamu semakin merasa nyaman untuk naik turun saat berada di Angel Billabong sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman serta sandal sebagai ganti bila sepatu terkenal basah. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata unik di Nusa Ceningan satu ini? Kalau tertarik langsung saja rencanakan kapan kamu akan berkunjung.

Kelingking Beach

 

Kelingking Beach

Sebuah tebing berbentuk dinosaur T-Rex, dikelilingi oleh lautan luas yang airnya berwarna biru, sungguh menakjubkan dan bisa membuat betah wisatawan yang berkunjung. Nama tempat wisatanya adalah Kelingking Beach, sangat unik ya? Nusa Ceningan memang tak pernah mengecewakan kalau soal menawarkan wisata yang indah.

Suasana pantainya cenderung lebih sepi bila dibandingkan pantai lain yang ada di Bali, khususnya pantai besar seperti Kuta. Cocok untuk yang tidak menyukai keramaian atau ingin berwisata dengan nyaman tanpa diganggu oleh lalu lalang orang lewat. Di samping itu, daya tarik dari Kelingking Beach sendiri adalah tebingnya yang menjulang tinggi dan berada di atas pantai. Dari titik tersebut, wisatawan dapat melihat tebing menjorok ke lautan sehingga bentuknya terlihat begitu unik. Jangan lupa mengabadikan setiap pemandangan yang kamu lihat menggunakan lensa kamera. Sebab rugi sekali kalau kamu tidak memiliki kenangan gambar saat berlibur ke sini.

Bila sudah merasa puas menikmati pemandangan yang berada di atas puncak, kamu bisa kembali turun dan coba melakukan penjelajahan di sekitar pantainya. Garis pantai Kelingking Beach tak terlalu panjang serta berbatasan langsung dengan tebing. Kamu tak akan terlalu kelelahan bila berkeliling dengan berjalan kaki. Bagi yang ingin berenang di laut dan merasakan kesegaran airnya, kamu harus berhati-hati ya. Sebab ombak di pantai ini terbilang cukup besar.

Dream Beach

Dream Beach

Salah satu yang menjadikan Bali naik popularitasnya di kancah internasional adalah karena ada banyak pantai yang sangat indah. Termasuk beberapa diantaranya yang berada di Nusa Ceningan yaitu Dream Beach. Bagi yang sedang membutuhkan vitamin sea, datang kesini untuk menghabiskan waktu liburan tentu tak ada salahnya.

Dream Beach sendiri merupakan pantai yang cukup populer di Kawasan Nusa Ceningan serta Nusa Lembongan. Sejauh mata memandang kamu bisa melihat hamparan pasir putih sekaligus lautan lepas dengan airnya yang jernih kebiruan, benar-benar indah sekali. Kebersihan di sini pun sangatlah terjaga, tidak ada sampah yang membuat risih, mudah-mudahan akan selalu seperti ini ya. Air laut yang jernih mampu menampakan keindahan alam bawah lautnya. Kalau mau, kamu bisa snorkelling untuk melihat pemandangan alam bawah laut dengan jelas.

Ombak Dream Beach juga tak terlalu besar, masih terbilang aman untuk berenang. Uniknya, di atas pantai tersebut terdapat sebuah restoran yang mempunya infinity pool. Kapan lagi bisa berenang sembari ditemani pemandangan pantai yang indah? By the way, Dream Beach juga cocok loh dijadikan sebagai tempat berbulan madu. So, untuk para pasangan baru bisa banget nih liburan di sini!

Pantai Mushroom Bay

Pantai Mushroom Bay

Tidak cukup hanya dengan berkunjung ke satu pantai saja? Tenang, Nusa Ceningan masih memiliki beberapa pantai lainnya yang memiliki keunikan tersendiri kok. Kali ini kamu bisa berkunjung ke Pantai Mushroom Bay atau dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Sanghyang. Ombak di pantai ini sangatlah tenang, hamparan pasirnya pun begitu bersih dan terasa lembut saat diinjak menggunakan kaki telanjang. Perairan laut Mushroom Bay nampak menawan dengan gradasi warna biru dan hijau. Di samping aman untuk berenang, Mushroom Bay juga bisa dijadikan spot snorkling saat berada di Nusa Ceningan. Kamu bisa coba mencari paket wisata tertentu untuk bisa snorkelling dan menikmati pemandangan alam bawah laut.

Baca Juga: Wisata Badung

Sepanjang bibir pantai pun tak sepi, sebab ada beberapa perahu nelayan yang berlabuh. Ada pula tempat makan mulai dari harga murah sampai mahal, berjajar dan siap menyajikan menu khas pesisir Bali. Berlibur ke Mushroom Bay memang bisa memberikan pengalaman yang berbeda.

Tips Berwisata Ke Nusa Ceningan

Nah traveller karakteristik tiap daerah di Bali biasanya memiliki keunikan dan keistimewaan. Nusa Ceningan sendiri memang dikelilingi oleh lautan lepas, oleh sebab itulah tempat wisata yang ada disini kebanyakan adalah pantai. So republic wisata memiliki sedikit tips agar aktivitas wisatamu semakin nyaman.

Bawalah Sunscreen

Sunscreen atau lotion yang bisa menjadi pelindung kulit dari paparan sinar matahari secara langsung ini sangat penting untuk kamu bawa. Apalagi cuaca di pantai biasanya cenderung panas dan terik sekali. Bila menyengat langsung ke kulit akan cukup membahayakan.

Menyewa Penginapan Sebelum Hari H Keberangkatan

Karena Nusa Ceningan adalah sebuah pulau kecil maka penginapannya pun akan terbatas. Jadi bila ingin memutuskan menginap kamu harus mencari penginapan dan menyewanya sebelum hari-H keberangkatan.

Menyewa Tour Guide

Tour guide itu sebenarnya bisa dibilang penting atau tidak, tergantung kebutuhanmu. Bila ingin mengurangi resiko tersesat atau salah pilih tempat kamu bisa mengandalkan jasa tour guide di Bali yang memang sudah berpengalaman dan mengenai secara detail bagaimana kondisi tempat wisatanya, akses jalannya serta fasilitas pendukung lainnya.

Itulah sekilas pembahasan mengenai 9 tempat wisata di Nusa Ceningan yang paling unik di Bali. Jadi, kapan nih mau berlibur ke sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *