Tempat Wisata di Nusa Penida

10 Tempat Wisata di Nusa Penida Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Menjelajahi tempat wisata di Bali dalam rangka liburan memang pilihan tepat. Pasalnya popularitas destinasi wisata di daerah yang memiliki julukan Pulau Seribu Pura ini sudah mendunia. Tak heran saat berada di Bali kita akan melihat banyak wisatawan asing yang asik menghabiskan waktu liburannya. Tak tanggung-tanggung, ada saja yang sampai menyewa villa selama berbulan-bulan.

Tempat WIsata di Nusa Penida

Salah satu daerah wisata yang berada di Kawasan Bali dan juga banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Nusa Penida. Di sini, kamu bisa menjumpai keindahan alam Bali yang begitu khas, mulai dari pantai, pura, hingga air terjun. So traveller, saat liburan ke Bali sangat disarankan untukmu agar bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata di Nusa Penida berikut ini!

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan

Suasana pesisir Bali memang menjadi sorotan utama dan daya tarik wisatawan. Oleh sebab itulah saat di Nusa Penida kamu direkomendasikan untuk mengunjungi beberapa pulau dan pantai, salah satunya adalah Pulau Nusa Lembongan. Saat berkunjung ke wisata Nusa Penida ini, kamu akan dibuat kagum dengan pesona alam pesisir yang begitu indah serta eksotis.

Selain di permukaan, alam bawah laut Nusa Lembongan juga sangat indah sekali. Terumbu karang dan berbagai jenis ikan bisa kamu lihat dengan jelas dengan melakukan snorkelling. Bila beruntung, kamu bisa melihat Manta Rays dan Ikan Mola-Mola. Bila tak mau menyelam, kamu bisa berkeliling pulau, menjelajahi dan menikmati pesona tiap sudutnya menggunakan sepeda motor sewaan.

Baca Juga: Wisata Denpasar

Soal fasilitas pun sudah tak usah diragukan lagi. Sebab berbagai macam fasilitas sudah dikelola dengan baik sehingga akan membuat wisatawan semakin nyaman liburan di Nusa Lembongan. Di samping itu, ada beberapa penginapan yang dibangun di Kawasan pulau. So, untuk traveller yang ingin tinggal lebih lama di pulau ini, kamu bisa menyewa penginapan yang memang sesuai dengan budget traveling mu.

Kelingking Beach

Kelingking Beach

Kelingking Beach Nusa Penida Bali, nama tempat wisatanya sangat unik sekali ya? Alasan dinamakan demikian karena memang bentuk pantai ini mirip seperti jari kelingking manusia bila dilihat dari atas. Lokasinya tersembunyi dan belum banyak yang tau, sehingga terbilang lebih sepi bila dibandingkan dengan pantai lain di Nusa Penida. Namun biarpun begitu, berkunjung ke sini tak akan membuatmu rugi kok! Apalagi bagi yang menyukai ketenangan.

Hamparan pasir putih dan luasnya lautan dengan air yang berwarna jernih kebiruan, terlihat sejauh mata memandang. Pantainya juga dikelilingi oleh tanjung serta beberapa tebing curam, menambah kesan eksotis pada Kelingking Beach. Bila biasanya wisatawan akan menyaksikan pemandangan pantai yang ada di dataran luas maka berbeda dengan pantai satu ini. Dimana letak pantainya justru ada di bawah tebing yang curam. Sehingga wisatawan harus menuruni anak tangga dulu untuk melihat pemandangan pantai dengan sangat jelas.

Ada beberapa spot foto instagramable yang dibuat oleh pihak pengelola tempat wisata yaitu spot ‘’Love Tree’’. Namun di tahun 2018 pohon tersebut sempat rusak, kemungkinan karena sudah tua. Bila spot tersebut sudah tak ada, kamu bisa berfoto di spot lainnya kok seperti Titanic shipwreck, sebuah bamboo yang dibuat mirip seperti perahu, unik sekali!

Sedikit tips saat akan berkunjung ke Kelingking Beach. Pastikan kalau kondisi tubuhmu fit ya, sebab kamu harus haru menuruni anak tangga yang sedikit menguras keringat. Jangan lupa juga untuk membawa kamera agar bisa berfoto sepuasnya di beberapa spot yang instagramable.

Nusa Ceningan

Nusa Ceningan

Nusa Ceningan merupakan destinasi nusa Penida berbentuk pulau kecil. Pulau ini adalah bagian dari tiga gugusan pulau yang ada di Nusa Penida. Bila sedang menjadi tempat liburan, kamu bisa memilih Nusa Ceningan untuk dikunjungi. Sebab selama berada di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menawan dan memang khas Bali banget.

Berbagai macam aktivitas pantai pun bisa dilakukan selama menghabiskan waktu liburan di Nusa Ceningan. Seperti berjemur, menjelajahi bibir pantai hingga berenang. Soal penginapan pun tak usah dikhawatirkan sebab ada banyak sekali penginapan yang dibangun. Kamu bisa menyewanya dalam waktu beberapa hari atau bahkan berbulan-bulan.

Ada salah satu pantai Nusa Penida yang berada pulau ini namanya adalah Secret Beach. Bila ingin snorkelling dan menikmati keindahan alam bawah laut, kamu bisa berkunjung ke pantai tersebut. Namun pastikan kamu membawa perlengkapan snorkelling sendiri ya, apalagi di musim pandemic seperti sekarang. Menggunakan milik pribadi lebih disarankan daripada harus menyewa.

Pantai Atuh

Pantai Atuh

Destinasi Wisata di Nusa Penida memang kebanyakan adalah bertemakan pantai. So, jangan heran bila beberapa tempat yang dianjurkan oleh republic wisata adalah pantai. Kali ini kamu bisa berkunjung ke Pantai Atuh, salah satu pantai cantik tersembunyi yang letaknya berada di bagian tenggara Nusa Penida.

Saat berada di Atuh, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai yang berada di sebuah teluk dengan hamparan pasir putihnya yang bersih. Air lautnya pun jernih dan berwarna kebiruan, berpadu dengan keindahan alam yang sangat menawan. Letak pantai Atuh sendiri bisa dibilang cukup unik sebab diapit oleh dua tebing tinggi. Bila memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa menyempatkan untuk naik ke salah satu tebingnya agar bisa melihat gugusan pulau kecil yang ada di sekitar pantai.

Karena ada banyak bebatuan di dasar laut dan ombak besar yang tak terduga, wisatawan sangat tidak disarankan untuk berenang di perairan Pantai Atuh. Sebagai gantinya, kamu bisa berkeliling untuk menikmati pemandangan pantai sepuasnya. Nah, bagi traveller yang tertarik untuk berkunjung ke Atuh, sangat disarankan berkunjung pada pukul 05.30 pagi. Seba saat itulah kamu akan disambut dengan fenomena matahari terbit yang sangat indah. Letak pantai yang menghadap ke tenggara membuat moment tersebut bisa dinikmati dengan sempurna.

Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug (Broken Beach)

Objek wisata di Nusa Penida Pasih Uug atau dikenal juga dengan sebutan Broken Beach, merupakan wisata pantai yang sangat unik. Sebab di sana terdapat sebuah terowongan tebing dengan air laut mengalir melewatinya. Hal itulah yang menjadi daya tarik Pasih Uug dan mampu menjadi magnet untuk mendatangkan banyak wisatawan. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang tebing berlubang, sangat instagramable sekali.

Biarpun dinamai sebuah Pantai, namun tau nggak sih ternyata Pasih Uug atau Broken Beach ini tidak mempunyai hamparan pasir putih loh, adanya bebatuan, padang rumput dengan semak tebal serta tebing yang cukup terjal. Kalau kamu suka dengan petualangan, kamu bisa sekali melakukan trekking melewati bebatuan tersebut. Cukup ekstrim namun bisa memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Saat berkunjung ke Pasih Uug, wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman agar bisa dengan mudah melewati bebatuan yang ada.

Manta Point Nusa Penida

Manta Point Nusa Penida

Sedang mencari spot snorkling dan diving? Bila iya maka kamu sangat dianjurkan untuk berkunjung ke Manta Point Nusa Penida. Bagi para pecinta Bahari saat mendengar nama Manta Point tentu sudah tak asing lagi, sebab tempat ini memang begitu populer. Lokasinya berada di Tanjung Pandan, cukup dekat dengan bagian ujung barat daya kepulauan Nusa Penida dan termasuk dalam spot penyelaman terjauh di pulau tersebut.

Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut sepuasnya dipandu dengan tour guide yang sudah kamu sewa. Di samping itu, pemandangan alam di daratan pun tak kalah indah kok. Tebing serta bukit kapur yang curam memberikan kesan semakin eksotis pada dataran Mantai Point. Di musim-musim tertentu, terkadang gelombang laut akan besar jadi kamu harus berhati-hati ya.

Bila traveller ingin melakukan snorkling atau diving sangat dianjurkan untuk mengikuti paket wisata agar lebih memudahkanmu. Kamu hanya tinggal menyiapkan fisik saja sebab semua kebutuhan perlengkapan sudah include dengan paket wisata tersebut.

Pantai Diamond

Pantai Diamond

Pantai Diamond merupakan tempat wisata Nusa Penida yang letaknya berada di Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung. Lebih tepatnya ada diantara Pantai Atuh dan Bukit Molenteng. Untuk bisa sampai menuju titik lokasi kamu harus menuruni anak tanggal 25 meter. Sementara bila akses menuju Nusa Penida bisa menggunakan kapal feri atau fastboat dengan lama waktu kurang lebih 45 menit sampai dengan 1 jam.

Suasana di Pantai Diamond terbilang sepi bila dibandingkan dengan beberapa pantai di Nusa Penida yang sebelumnya sudah dipaparkan. Ini karena memang sebelum ada akses jalan berbentuk tangga, Diamond terbilang sulit dilalui. Kalau sekarang sih sudah mudah. Sangat cocok sekali dikunjungi oleh wisatawan yang senang dengan suasana yang lebih tenang.

Eksotisme Diamond Beach bisa dilihat secara langsung oleh mata kepala kita sendiri. Tebing-tebing yang menjulang tinggi, hamparan pasir putih yang bersih hingga air laut kebiruaan nan jernih benar-benar mempesona sekali. Ada pula beberapa tanaman yang tumbuh memberikan sedikit kesejukan di tengah cuaca pantai yang terik.

Siapapun bisa berkunjung ke sini. Namun sebelum datang, pastikan kalau badan mu dalam kondisi sehat ya. Sebab trekking yang harus dilalui terbilang cukup melelahkan. Bawa makanan dan minuman secukupnya juga untuk mengantisipasi kalau di sana tak menemukan pedagangan.

Peguyangan Waterfall

Peguyangan Waterfall

Menjadikan Nusa Penida sebagai tempat liburan memang sangat tepat sekali. Ada banyak tempat-tempat menakjubkan yang bisa membuat siapapun terpukau, seperti Peguyangan Waterfall yang berlokasi di Nusa Penida, Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Sebuah pemandangan unik bisa kamu saksikan seperti tebing yang menjulang, lautan biru yang luas, air terjun, kolam hingga pura untuk tempat bersembahyang pun menjadi daya tarik tersendiri.

Sebuah tangga terbuat dari besi pun dijadikan akses jalan untuk wisatawan agar bisa menuruni tebing yang curam. Karena letak tangga berada persis di pinggir lautan, kamu harus super hati-hati sekali sebab bisa saja tangga tersebut licin. Nah, untuk wisatawan yang ingin masuk ke wisata di Nusa Penida satu ini wajib menggunakan sarung. Kamu bisa menyewanya seharga 10 ribu rupiah saja. Sementara kalau membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan 5 ribu rupiah. Harganya terbilang murah bila dibandingkan dengan pemandangan keren yang bisa kamu nikmati. Di samping melihat view yang indah, bila beruntung kamu juga bisa menyaksikan upacara adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat asli Bali yang memiliki kepercayaan hindu.

Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri

Berkunjung ke Bali tak harus melulu berenang di pantai. Kamu juga bisa loh melakukan wisata religi dengan berkunjung ke pura suci yang ada di sana, sebab Bali sendiri memang dijuluki sebagai pulau seribu pura. Jadi selain pantai sudah pasti di setiap daerahnya akan ada pura di Bangun. Seperti di Nusa Penida, kamu bisa berkunjung ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Sebuah goa unik sebab lokasinya tak terlihat oleh mata di atas tanah datar melainkan tersembunyi dalam sebuah goa.

Letaknya puranya berada di atas ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan memiliki panjang kurang lebih 310 meter. Pura Goa Giri Putri tak pernah sepi dari pengunjung, selain umat hindu yang bersembahyang, banyak juga wisatawan yang sengaja datang untuk melihat keunikan goa tersebut. Suasana di dalam goa sangatlah sakral, sehingga kamu yang masuk ke sana tidak boleh terlalu berisik agar tak mengganggu orang-orang yang sedang bersembahyang.

Di dalam goa ada sumber mata air yang dipercaya memiliki kekuatan alami yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kamu bisa coba mencuci tangan atau membasuh wajah untuk mencoba kesegaran mata air tersebut.

Blue Lagoon Nusa Ceningan

Blue Lagoon Nusa Ceningan

Dan tempat wisata di Nusa Penida Bali yang terakhir adalah Blue Lagoon Nusa Ceningan. Cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan ‘’Summer Vibe’’ khas Bali dengan pemandangan lautannya yang menawan. Blue Lagoon sendiri merupakan sebuah teluk berbatu yang mempunyai air berwarna biru dan jernih lengkap dengan pemandangan indahnya. Apalagi menjelang sore hari, pesona matahari terbenam bisa membuatmu terpana.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi surfing, datang kesini adalah pilihan tepat. Sebab ombaknya cukup besar dan menantang. Namun harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman ya untuk menghindari resiko kecelakaan di air.

Sekarang ini di Kawasan wisata Blue Lagoon Nusa Ceningan sudah banyak dibangun resort yang bisa memberikan fasilitas nyaman selama menghabiskan waktu liburan di sana. So, kamu bisa menyewa resort tersebut untuk beberapa hari bahkan ada juga loh wisatawan yang tinggal dalam waktu berbulan-bulan. Sedikit tips bila ingin sewa resort, pastikan sebelum hari H keberangkatan bahwa ada kamar yang kosong dan kamu sudah membookingnya. Sebab kalau mendadak resiko kehabisan tempat bisa saja terjadi.

Baca Juga: Wisata Buleleng

Sementara itu bagi para backpacker yang memiliki dana terbatas, bisa coba mencari penginapan di luar Kawasan wisata ini. Biasanya beberapa warga Bali ada kok yang menyewakan rumahnya untuk wisatawan dengan harga super murah dan ramah di kantong.

10 tempat wisata di Nusa Penida yang sudah disebutkan di atas masih hanya sebagian saja. Ada banyak destinasi lain yang bisa kamu jelajahi. Kalau memiliki banyak waktu dan uang pun mendukung, kamu bisa tinggal lebih lama di Nusa Penida agar liburanmu semakin puas. Sebaiknya, hindari untuk datang saat musim liburan popularitasnya sudah mendunia.

Oke traveller, selamat berlibur ya! Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan selalu waspada dengan penyebaran virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *