Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat

15 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat (NTB) Yang Eksotis

Posted on

Kalau menjelajahi tempat wisata di Indonesia memang nggak akan ada habisnya. Negara kita yang berbentuk kepulauan ini, menyimpan daya tarik wisata dari sabang sampai Merauke. Bahkan beberapa daerah diantaranya mampu menarik perhatian wisatawan asing, salah satu daerahnya adalah tempat wisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

Bukan cuma Bali yang punya wisata alam eksotis tapi NTB juga menyimpan banyak wisata alam bak surga dunia. Nah, berikut adalah 15 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang dijamin bikin kamu males pulang alias akan betah banget deh. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Kepulauan Gili

Kepulauan Gili

Saat berada di NTB tak lengkap rasanya kalau tak berkunjung ke Kepulauan Gili. Tempat wisata satu ini sudah terkenal sejak tahun 1980-an dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun asing.

Gili sendiri terdiri dari 3 pulau yang mana masing-masing pulau memiliki daya tarik tersendiri. Pertama ada pulau Gili Trawangan yaitu pulau terbesar dan terjauh dari pemukiman masyarakat, namun tenang saja karena sesampainya di Gili Trawangan kamu akan disambut dengan fasilitas mewah bak surga dunia seperti hotel, cafe, restoran, dan lain-lain.

Pulau kedua adalah Gili Meno, pulau terkecil yang biasa dijadikan pilihan wisatawan untuk berbulan madu. Sebab suasana di sini terbilang lebih tenang, sementara untuk lokasinya sendiri berada di tengah-tengah alias tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga dengan pusat pemukiman. Lalu pulau terakhir adalah Gili Air, lokasinya lebih dekat dengan pemukiman penduduk. Sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati pantai tropis bersama rombongan.

Di Gili juga sangat minim polusi udara sebab masyarakatnya memiliki gaya hidup sehat dan terbilang sederhana. Suasananya pun sangat tenang, wisatawan akan merasa betah berlama-lama liburan di disini.

Selamat liburan di Kepulauan Gili wisatawan sudah tak perlu khawatir apalagi kalau soal fasilitas. Ada banyak pilihan penginapan, restoran, tempat ibadah, warung-warung kecil, tempat berbelanja, dan yang lain-lain. So, untuk kebutuhan dasar selama liburan disana sih dijamin pasti akan terpenuhi.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Next, tempat wisata ntb selanjutnya selalu dijadikan pilihan wisata utama untuk para penikmat ketinggian alias yang punya hobi mendaki. Yaitu Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang memiliki ketinggian hingga 3.726 Mdpl. Sehingga sudah bisa dipastikan untuk bisa mencapai puncak kamu harus menguras keringat.

Bagi yang pernah mendaki Rinjani pasti tahu betapa beratnya medan pendakian. Namun tenang saja, rasa lelah akan segera terbayarkan saat kamu melihat bentang alam rinjani. Mulai dari hutan hujan pegunungan rendah, savana yang luas lengkap dengan edelweisnya, danau, air terjun, hingga hutan hujan pegunungan tinggi. Sementara kalau sudah berada di puncak, kamu pun akan semakin takjub dengan melihat pemandangan kaki langit yang luas tanpa batas. Apalagi Rinjani ini termasuk dalam seven summits gunung Indonesia, so buat hikerholic wajib banget bisa sampai puncak!

Tapi ingat ya, kalau mau mendaki ke Rinjani sebaiknya datang secara berkelompok apalagi kalau kamu masih pemula. Persiapkan juga perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan. Terutama makanan dan minuman secukupnya, tenda, pakaian hangat dan penerangan.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan tempat wisata di nusa tenggara barat yang masih berada di Kawasan Gunung Rinjani. Saat mendaki ke Rinjani rasanya tak akan lengkap kalau tidak singgah di Danau Segara Anak. Sebuah danau kawah yang lokasinya berada di ketinggian 2.000 Mdpl dengan luas mencapai 1.100 ha dan kedalaman 230 m.

Untuk bisa sampai dan menikmati air danaunya, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih selama 9 jam. Memang akan sangat melelahkan, namun juga sangat memuaskan kalau sudah benar-benar sampai di depan danaunya. Apalagi pemandangan alam sekitar danau yang memang menakjubkan. Tak jauh dari danau, ada sumber mata air panas dengan tingkatan berbeda-beda. Kalau punya waktu cukup banyak, cobalah untuk berendam untuk melemaskan otot-otot yang lelah karena berjalan seharian.

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Bila tidak berani mendaki puncak Rinjani karena ketinggiannya, mungkin Gunung Tambora bisa menjadi alternatif pendakian selama kamu berada di NTB. Sebab dibandingkan Rinjani, ketinggian Tambora lebih rendah yaitu 2.851 Mdpl.

Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat ini mempunyai julukan sebagai the Greatest Crater in Indonesia atau gunung dengan kawah terbesar di Indonesia. Dimana lebar kawahnya mencapai 7 km, dengan keliling 18 km dan kedalaman 800 m. Alasan lain mengapa Tambora wajib sekali ditaklukan para penikmat ketinggian tentu saja karena keindahan alamnya. Di sepanjang bibir kawah Tambora, wisatawan bisa menikmati pemandangan hamparan padang pasir dan edelweiss, tanaman yang hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu saja.

Hikingholic yang memang ingin benar-benar sampai puncak sebaiknya persiapkan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama pendakian ya. Sangat disarankan juga untuk menginap minimal 1 malam agar tidak terlalu kelelahan.

Pink Beach atau Pantai Tangsi

Pink Beach atau Pantai Tangsi

Berada di ujung timur pulau Lombok, Pantai Tangsi mempunyai keunikan yang jarang ditemukan di pantai mana pun. Dimana warna pasirnya adalah pink sehingga kebanyakan orang menyebutkan Pink Beach.

Sebenarnya, warna dasar dari pasir pantai Tangsi adalah putih namun karena pasirnya bercampur dengan butiran terumbu karang berwarna merah sehingga membuat warna pink tersebut muncul.

Di samping itu, air laut pantai ini masih sangat jernih dan bersih. Keindahan pesona pantai semakin terpancar dari warna air laut yang biru, pasir pink dan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Bak surga dunia, dijamin untuk para pantai lovers liburan ke objek wisata di nbt satu ini sangat tepat sekali. Tiap sudut pantai pun bisa sangat memanjakan kamera, kamu bisa mengambil gambar yang instagramable banget deh pokoknya.

Selagi berada di Tangsi, jangan lewatkan juga untuk snorkeling atau diving ya. Kapan lagi bisa melihat keindahan alam bawah laut dengan sangat jelas sekali?

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Wisata NTB Air Terjun Tiu Kelep sempat viral saat 40 turis asing terjebak karena gempa. Namun di samping itu, sebenarnya Tiu Kelep sih memang pantas viral karena faktor lain yaitu keindahan alamnya. Tempat wisata ini masih sangat alami, jarang sekali ada warung bahkan tempat mandi untuk membilas atau sekedar berganti pakaian pun masih belum ada. So, kamu yang datang ke sini harus benar-benar menjaga alam Tiu Kelep, jangan meninggalkan apapun kecuali kenangan.

Agar bisa sampai di hadapan air terjunnya, wisatawan harus trekking dulu kurang lebih 30 menit dari pintu masuk utama. Jalur yang akan dilalui pun terbilang tidak mudah sebab jalannya masih tanah dan bebatuan. Siapapun yang melewati jalur menuju Tiu Kelep harus sangat berhati-hati.

Perjalanan tentu saja akan menguras keringat dan kamu akan kelelahan, namun rasa lelah akan cepat tergantikan dengan kesegaran air terjun dan pemandangan alam menyegarkan.

Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko

Buat pantai lovers mengunjung NTB memang akan sangat dimanjakan sekali. Sebab objek wisata NTB yang menarik perhatian adalah pantai-pantainya. Termasuk Bangko-Bangko yang ramai dikunjungi oleh para peselancar. Ombaknya sangat mendukung untuk menguji adrenaline, ganas namun tetap aman bila berselancar dilakukan oleh profesional. Di samping itu, keindahan pasir putih pun terhampar di sepanjang pantai. Semakin terlihat indah dengan adanya perahu nelayan yang berjajar warna-warni.

Bagi yang mau berselancar, sebaiknya pilih waktu terbaik ya. Sekitar bulan Mei sampai Oktober, dimana pada bulan tersebut kondisi ombak cukup mendukung.

Pantai Mawun

Pantai Mawun

Pantai Mawun merupakan wisata di ntb selanjutnya yang juga akan memanjakan para pecinta pantai. Lagi-lagi pesona pantai yang ada di NTB memang bisa membuat siapapun terpesona, termasuk oleh keindahan alam Pantai Mawun.

Hamparan pasir putih hingga air laut yang jernih menjadi hal utama yang akan bisa dilihat dan dinikmati oleh para pengunjung. Berjemur di bawah terik matahari sembari memandangi pemandangan alam pun adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan juga tak kalah indahnya dengan pantai di NTB yang lain. Air laut yang jernih, langit biru, serta ombak yang tenang cocok sekali dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Di samping itu cerita legenda Tanjung Aan juga menjadi daya tarik tersendiri. Konon Tanjung Aan merupakan tempat asal dari Putri Mandalika, seorang putri berparas cantik asal Tanjung Biru yang berhasil menyelamatkan kerajaan dengan mengajukan diri sebagai Nyale. Legenda tersebut sudah melekat di telinga masyarakat dan menjadi cerita turun-temurun.

Benang Stokel & Benang Kelambu Waterfall

Benang Stokel & Benang Kelambu Waterfall

Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu adalah wisata alam air terjun yang berlokasi di sebelah utara Kabupaten Lombok Tengah. Lebih tepatnya berlokasi di bawah kaki gunung Rinjani, bila dari airport biasanya wisatawan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 60 menit menggunakan mobil dan 30 menit menggunakan motor.

Pesona air terjun plus keindahan alam sekelilingnya mampu menarik perhatian banyak wisatawan lokal dan asing. Air terjun muncul diantara tebing yang ditumbuhi oleh tanaman hijau, lalu jatuh di kolam air alami, sangat cantik dan indah. Udara nya pun masih bersih, mampu memanjakan paru-paru kita karena menghirup oksigen tanpa polusi.

Untuk menikmati Benang Stokel dan Kelambu, wisatawan harus berjalan melewati hutan dengan kondisi jalan yang masih tanah. Kalau dibutuhkan, kamu bisa menyewa local guide namun tiket masuk dengan guide dan tanpa guide akan berbeda ya.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berlokasi di Lombok Timur, lebih tepatnya di Kecamatan Jerowaru. Bila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari kota Mataram kemungkinan kamu akan menghabiskan waktu perjalanan selama 3 jam. Garis pantai dengan hamparan pasir putih yang menghadap laut lepas membuat Tanjung Ringgit semakin memesona bak Mutiara terpendam. Air lautnya pun terlihat bergradasi warna-warni alami, dipengaruhi oleh warna-warna alam.

Tanjung Ringgit juga mempunyai sesuatu yang khas yaitu bukit batu karang yang pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan Jepang. Hingga saat ini kamu bisa menemukan 2 meriam peninggalan masa penjajahan.

Pulau Satonda

Pulau Satonda

Traveller, kalau sedang berada di NTB dan berkunjung ke Dompu, tak lengkap bila tak menyambangi Satonda. Sebuah pulau legenda yang terkenal akan Gunung Tambora dan keindahan Pantai Lakey.

Di Satonda juga terdapat danau berair asin yang langka. Karena airnya asin sehingga membuat tingkat kebasaannya pun tinggi bila dibandingkan air laut secara umum. Bila kamu tertarik berkunjung ke Satonda, kamu bisa menyeberang dari Labuan Kenanga dengan lama perjalanan kurang lebih 15 menit.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Sama dengan kebanyakan pantai pada umumnya yang ada di Sumbawa, Selong belanak juga adalah pantai yang memiliki garis pantai yang Panjang. Sementara yang membuat menarik adalah bagian bawah laut berkontur pasir sampai jarak 15 m dari bibir pantai. Pemandangan air lautnya kebiruan dan sangat jernih, hampara pasir pun terlihat makin sempurna dengan balutan bukit hijau yang mengeliling pantai.

Ada hal menarik lain yang bisa kamu temukan saat berada di Selong Belanak. Yaitu laut pantai yang memiliki 2 jenis ombak, bagian barat pantai berombak besar dan bagian lainnya berombak sedang. Karena hal tersebutlah membuat wisatawan bisa lebih berhati-hati saat akan bermain selancar.

Sade Village

Sade Village

Sade Village merupakan sebuah desa tradisional yang berada di NTB Lombok, terkenal akan gubuk anyaman yang menjulang tinggi serta perdagangan tekstil dan pertunjukan jalanan. Di sini, wisatawan bisa melihat seperti apa sih tradisi atau kegiatan warga desa yang telah dilakukan sejak jaman dahulu.

Biarpun telah hidup diera kemajuan teknologi, namun warga setempat masih tetap menghormati dan menjunjung tinggi adat. Terlihat dari perilaku dan rumah-rumah yang dibangun.

Rumah warga desa menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan. Dimana bangunan tradisional ini terbuat dari ijuk atau ilalang kering, bagian tembok dari anyaman bambu. Sementara untuk lantainya dibiarkan saja beralas tanah. Uniknya, warga biasa mengepel lantai rumah menggunakan kotoran sapi atau kerbau. Kamu mungkin akan merasa jijik namun ternyata hal ini memiliki manfaat.

Dimana pengolesan lantai menggunakan kotoran ternyata bisa memberikan kehangatan dan menjauhkan dari serangga kecil seperti nyamuk. Uniknya biarpun sudah diolesi kotoran, saat masuk ke dalam rumah malah tidak tercium aroma aneh yang menyengat.

Para wanita di Desa ini juga sangat mahir menenun dan hasil tenunnya bisa kamu beli. Produksinya dilakukan secara tradisional yang bisa kamu lihat secara langsung. Datang ke sini tidak akan membuatmu rugi, malah kamu akan merasa semakin kaya sebab ternyata Indonesia memiliki ragam budaya yang sangat unik di setiap daerahnya.

Gili Nanggu

Gili Nanggu

Trio gili tak hanya Trawangan, Meno dan Air saja. Ternyata tak jauh dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid terdapat Gili lain yang juga sangat memesona yaitu Gili Nanggu. Untuk bisa sampai di sana, kamu harus menyebrang laut dengan titik awal di Pantai Sekotong.

Deretan perahu nelayan siap mengantarmu untuk menuju Gili Nanggu. Bahkan kamu juga bisa sekaligus menyewa perlengkapan snorkeling, beberapa warung pun dengan sengaja menjual remahan roti untuk makanan ikan.

Nusa Tenggara Barat memang tak pernah ada habisnya menyuguhkan pesona alam yang dimiliki. Tak heran bila kepulauan ini menjadi yang paling direkomendasikan untuk siapapun bila ingin liburan atau berbulan madu.

Itulah 15 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang akan membuatmu terpesona. Yuk langsung saja rencanakan waktu liburanmu ke sini, dijamin kamu akan betah kalau sudah sampai di NTB!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *