Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur

11 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur Yang Unik

Posted on

Keindahan alam Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Dari sabang sampai Merauke, kita bisa menikmati pemandangan alam yang beragam serta adat dan kebudayaan tiap daerah yang berbeda-beda. Hal tersebut menjadi bukit bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi wisata serta kebudayaanya.

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Traveler, kali ini kamu akan diajak untuk menjelajahi tempat wisata di Indonesia khususnya yang berada di daerah Nusa Tenggara Timur. Dimana daerah ini terkenal akan Kawasan perbukitan serta pesisirnya yang khas.

Bahkan, bukan hanya wisatawan dalam negeri saja. Ada banyak wisatawan asing yang sengaja berkunjung ke Indonesia untuk menjelajahi tempat wisata di NTT.

So traveler, sebelum kita benar-benar berkunjung ke NTT, sebaiknya kita ketahui dulu mengenai tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang ada di sana. Berikut adalah beberapa yang paling direkomendasikan, yuk langsung saja simak ulasannya!

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Komodo merupakan hewan langka yang konon sudah ada sejak ribuan tahun lamanya. Hewan tersebut memiliki habitat di Nusa Tenggara, tak heran bila ada beberapa pulau yang dikhususkan untuk tempat tinggal binatang tersebut salah satunya di Taman Nasional Komodo.

Liur Komodo sendiri sangat berbahaya dan mematikan. Sehingga tak sembarangan orang bisa menyentuh apalagi mengganggu mereka. Kalaupun ingin berinteraksi, wisatawan harus ditemani oleh sang pawang.

Nah, Taman Nasional Komodo sendiri merupakan satu diantara 21 Taman Nasional Model yang ada di Indonesia. Sudah berdiri sejak tahun 1980. Berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Karena keunikannya, Taman Nasional ini dinobatkan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO.

Bukan hanya ada satu pulau saja. Namun terdiri dari 3 pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Ada pulau beberapa pulau kecil yang dihuni oleh binatang purbakala tersebut.

Bukan hanya Komodo, wisatawan juga bisa menemukan beberapa hewan lain seperti kuda, rusa, banteng liar, ular, babi hutan, kera, dan berbagai macam jenis burung. Di samping itu, Kawasan perairan Taman Nasional Komodo juga sangat direkomendasikan untuk kamu jelajahi. Dimana terdapat banyak biota laut yang menakjubkan. Untuk melihat lebih jelas bisa dengan diving atau snorkeling.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Hati-hati ya, sebaiknya jangan berinteraksi tanpa ada pengawasan pawang.

Hutan Tandaru

Hutan Tandaru

Tinggal di dalam rumah membuatmu stress? Tentu saja apalagi dalam waktu lama. Nah, untuk menghilang beban stress tersebut kamu harus banget nih menikmati suasana yang menyejukkan lengkap dengan pemandangan alamnya yang indah.

Hutan Tandaru bisa jadi tujuan Nusa Tenggara Timur Wisata paling wajib dikunjungi. Suasana alam serta berbagai spot foto yang kece abis akan memanjakanmu. Lokasi hutannya sudah pasti dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sehingga oksigen pun terasa lebih bersih dan lebih teduh.

Lokasi hutannya sendiri berada di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dengan luas lahan mencapai 87.984.09 hektar. Dan tempat wisata ini adalah perwakilan dari hutan musim semi peluruh dataran rendah yang tersisa di kepulauan Sumba. Di sini juga terdapat beberapa tipe vegetasi diantaranya hutan primer, hutan sekunder yang secara umum adalah jenis hutan musim, lalu padang alang-alang dan semak atau padang rumput serta lahan bekas pertanian masyarakat yang sudah tak digunakan dan ditinggalkan.

Hutan Tandaru pun menyimpan berbagai macam jenis tumbuhan diantaranya tanaman Suren (Toona Sureni), tanaman taduk (Sterculia Foetida), tanaman Kesambi (scheliechera Oleosa), tanaman pulai (Alastonia Scholaris), tanaman asam (Tamarindus Indica), tanaman kemiri (Aleurites Moluccana), tanaman cemara gunung, tanaman lantan dan juga beberapa tanaman jambu hutan.

Selain tanaman, terdapat kurang lebih 87 jenis burung dimana 7 jenis diantranya adalah endemic dari Pulau Sumba seperti Burung kakak tua Cempaka, Burung Julang Sumbang, Burung Punai Sumba, Burung Sikatan Sumba, Kepodang Sungu Sumba, hingga Madu Sumba. Masih tak berhenti sampai di situ saja. Kamu juga bisa menjumpai kurang lebih 57 jenis kupu-kupu yang beberapa diantaranya merupakan endemic dari kepualaun Sumba.

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan tempat wisata ntt yang terkenal akan pesona alamnya yang amat menakjubkan. Bahkan tau nggak sih, kalau danau ini pernah dijadikan objek gambar di mata uang yang kita gunakan, yaitu pecahan 10 ribu rupiah.

Selain keindahan, Kelimutu juga mempunyai keunikan dari warna air danaunya yakni terdapat 3 warna dari 3 danau; Biru, Merah, Putih. Warna-warna tersebut memiliki arti dan makna tersendiri.

Air danau berwarna biru disebut juga Tiwu Nuwa Muri Koo Far berarti tempat berkumpulnya jiwa muda-muda yang telah meninggal. Lalu air danau berwarna merah atau disebut Tiwu Ata Polo berarti tempat berkumpulnya jiwa orang meninggal dan selama hidupnya melakukan kejahatan. Sementara untuk air danau putih yang disebut Timur Ata Mbupu artinya tempat berkumpul jiwa orang tua yang sudah meninggal.

Sampai sekarang, masyarakat setempat yakin bahwa keluarga yang sudah meninggal maka rohnya akan berkumpul di antara ketiga danau tersebut yang berdasarkan pada perilaku sosial.

Karena lokasi danau berada di atas ketinggian maka udara di sekitar danaunya pun masih terasa menyejukkan. Cocok sekali untuk kamu yang ingin menghindari polusi udara kendaraan sejenak. Nah, untuk tiket masuknya sendiri ada beberapa macam dibedakan berdasarkan status wisatawan. Untuk asing 150 ribu per orang, untuk local 5 ribu rupiah saja per orang. Bila membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan, moto 5 ribu per orang dan mobil 10 ribu per orang.

Pulau Mules

Pulau Mules

Hem, aneh nggak sih ada tempat wisata ntt berbentuk pulau bernama Mules? Tapi jangan terkecoh ya, arti mules di sini bukan sakit perut namun berasal dari Bahasa setempat yaitu Cantik. Dari kejauhan pulau ini nampak seperti seorang putri yang tengah tertidur, pemandangan unik yang bisa kita lihat apalagi bila menggunakan kamera drone.

Hamparan bukit batu serta padang rumput yang dipenuhi hewan ternak benar-benar akan membuat siapapun takjub. Ada pula hutan tropis yang dihuni oleh banyak kera, kalau beruntung, kamu bisa melihat dan berinteraksi dengan kera-kera tersebut.

Kondisi lautnya juga tak kalah cantik, kejernihan air laut benar-benar menggoda untuk ditengok. Oleh sebab itulah wisatawan kerap menyempatkan untuk diving atau snorkeling. Berbagai macam hewan laut seperti penyu dan lumba-lumba serta terumbu karang menjadi kekayaan alam bawah laut yang bisa kamu nikmati.

Goa Rangko

Goa Rangko

Ingin mencicipi kolam renang anti mainstream alias beda dari yang lain? Yuk berkunjung ke objek wisata di ntt Goa Rangko, datang ke sini dijamin bisa memberikan pengalaman baru. Lokasi tempat wisata berada di dekat Labuan Bajo, kedalaman goa mencapai 4 meter, sangat alami sebab dihiasi oleh stalagtit dan stalagmite dengan berbagai macam ukuran dan bentuk.

Namun sebenarnya yang paling banyak dicari dari Goa Rangko adalah kolam alami dengan air yang sejuk dan jernih. Lokasinya berada di dalam goa dan dekat dengan pantai, air kolamnya mengandung garam yang katanya sangat menyehatkan badan. Unik banget kan? Kapan lagi kamu bisa berenang di dalam goa? Masih ada lagi pesona dari Goa Rangko yaitu saat sang surya mengintip lewat celah pintu goa, membuat air terlihat lebih berkilau.

Wisatawan yang ingin datang ke Goa Rangko harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 200 ribu sampai 350 ribu rupiah. Biaya sudah termasuk sewa kapal nelayan dengan kapasitas kurang lebih untuk 5 orang.

Pantai Ena Gera

Pantai Ena Gera

Selain pantai pasir putih, Nusa Tenggara Timur juga memiliki pantai pasir hitam yang berada di Nagekeo yaitu Pantai Ena Gera.

Untuk menuju Pantai Ena Gera, anda membutuhkan waktu 2 jam menggunakan kendaraan roda dua apabila berangkat dari Kota Ende.

Tempat ini tergolong unik dibandingkan dengan pantai lainnya di wilayah selatan Kabupaten Nagekeo. Dianggap unik karena dari beberapa pantai yang berada di Kecamatan Mauponggo, hanya pantai ini yang memiliki pasir, sisinya berbatu.

Menurut cerita warga sekitar, konon ada seorang pemilik tanah yang bernama Gera terjebak dalam gua kelelawar. Gera kemudian berhasil keluar dari dalam gua dibantu oleh seekor kutu yang membuat terowongan keluar. Nama ‘Gera’ kemudian digunakan sebagai nama lokasi wisata ini, sedangkan nama ‘Ena’ adalah bahasa daerah masyarakat setempat untuk menyebut pantai, sehingga Ena Gera sama dengan pantai Pantai Gera.

Di sini para wisatawan dapat menikmati kuliner masyarakat, seperti daging gurita, jagung bakar, dan pisang bakar yang dijual dengan harga terjangkau.

Pantai Kota Jogo

Pantai Kota Jogo

Memang ya tak akan ada habisnya kalau kita mau mengeksplor wisata pesisir yang ada di Nagekeo Flores, apalagi yang belum tersentuh alias masih terjaga keasliannya. Seperti Pantai Kota Jogo yang mempunyai pemandangan indah. Bila dari Kota Mbay Nagekeo, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 40 menit berkendara.

Ada pemandangan unik dari batuan karst yang melengkung sampai 8 meter, jadi kelokan yang keren dan instagramable. Ombaknya pun tak terlalu besar, sehingga aman sekali bila kamu ingin membawa anak-anak liburan ke sini. Asalkan selalu dalam pengawasan.

Bagi yang menyukai tempat wisata yang tak terlalu ramai, Pantai Kota Jogo sangat cocok untukmu sebab belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke sini. Kamu bisa menikmati suasana pantai sambil berfoto sepuasnya sebab ada banyak spot foto yang jarang kamu lihat di pantai lainnya.

Sedikit disayangkan kondisi internet di Pantai Kota Jogo sedikit kurang bagus. Jadi wisatawan akan sulit berkomunikasi menggunakan teknologi handphone. Untuk mengantisipasi terjadi apa-apa jangan lupa kabari orang terdekat sebelum kamu liburan ke Pantai Kota Jogo ya.

Taman Laut Pantar

Taman Laut Pantar

Bagi para penikmat alam bawah laut, berkunjung ke Taman Laut Pantar pasti akan terasa dimanjakan. Pariwisata Alor ini memang sangat cocok dijadikan sebagai spot diving. Biarpun tak seterkenal Raja Ampat, namun kalau soal keindahan bisa dibilang sebanding. Bahkan cukup banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke sini hanya untuk melakukan scuba diving.

 Terdapat kurang lebih 26 titik penyelaman yang menawarkan pesona alam bawah laut. So, wisatawan akan merasa puas menyelam di laut lepas. Di samping itu, karena lokasi tempat wisata tak jauh dari pemukiman warga maka Anda bisa melihat bagaimana keseharian penduduk lokal, khususnya yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kolam Bidadari

Kolam Bidadari

Sebuah kolam alami berada di tengah hutan, menyuguhkan pesona alam yang masih sangat terjaga, namanya adalah Kolam Bidadari. Berlokasi di Kokar Kabupaten Alor. Bila berangkat dari pusat kota, Anda akan menempuh perjalanan yang cukup Panjang, jaraknya bisa mencapai 60 km.

Biarpun demikian, Anda tak akan merasa rugi, apalagi kalau sudah benar-benar sampai di lokasi. Anda akan melihat sebuah kolam alami berisi air pegunungan yang sangat bersih, pantulan warna biru dari langit pun semakin mempercantik gradasi warna alam. Permukaan air yang tenang pun membuat wisatawan semakin merasa aman dan nyaman untuk berenang di dalam kolam tersebut.

Air Terjun Siata Mauhalek

Air Terjun Siata Mauhalek

Air Terjun Siata Mauhalek merupakan destinasi wisata ntt yang juga bisa Anda kunjungi. Untuk lebih tepatnya lokasi Air Terjun ini berada di Raiulun, Lasiolat, Belu, Nusa Tenggara Timur. Penamaan tempat wisata tersebut terinspirasi dari pertemuan dua sumber air terjun yakni Siata dan Mauhalek.

Suasana alam yang masih terjaga, kesegaran mata air alami, hingga oksigen yang bersih bisa kita rasakan. Tapi, untuk menikmati itu semua tidaklah mudah sebab wisatawan harus menghabiskan cukup banyak waktu dan pengorbanan. Jarak dari arah timur Kota Atambua kurang lebih 30 km, bisa dilalui lewat Jalan Sumbu Atambua-Weluli dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Atau bila wisatawan berangkat dari pusat ibu kota NTT maka jaraknya mencapai 230 km dengan waktu tempuh 5-6 jam.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum, seperti bus kisaran tarif perjalanan 25 ribu, bisa juga naik ojek yang kisaran tarifnya bisa sampai 50 ribuan.

Pintu gerbang air terjunnya sendiri berada di bibir jalan Sumbu Atambua-Weluli, sehingga cukup memudahkan siapapun untuk menemukan lokasi air terjunnya.

Pantai Loodik

Pantai Loodik

Wisata ke NTT tak lengkap rasanya kalau kamu tak berkunjung ke Pantai Loodik. Tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu eksotis, hamparan pasir putih dan lautan berwarna biru pun menjadi pemandangan sejauh mata memandang.

Duduk bersantai sembari menikmati es kelapa muda dan melihat pemandangan pantai Loodik, benar-benar memberikan efek relaksasi tersendiri, apalagi kalau kamu memang sedang butuh vitamin sea.

Ada hal unik yang bisa kita lihat, dimana terdapat sebuah pondok yang difungsikan sebagai rumah baca bagi masyarakat sekitar dan pengunjung. Pemuda setempat memang sengaja mendirikan pondok ini guna menyebarkan semangat membaca.

Pengelolaan tempat wisata ini pun masih dilakukan oleh para pemuda karang taruna sebab belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Berbagai fasilitas dibuat dengan sederhana namun akan menambah kenyamanan lebih saat berkunjung ke sini.

Itulah 11 tempat wisata di Nusa Tenggara Timur paling unik dan wajib dikunjungi. Bagaimana, unik dan keren banget kan? Bila pandemic sudah berakhir, yuk segera buat itenary wisatamu agar perjalanan liburanmu selama di NTT bisa lebih menyenangkan. Jangan lupa persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama berada di sini dan akan semakin mengasyikan mengajak teman atau kerabat tak ada salah nya. So, happy traveling ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *