17 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Pacitan adalah salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Lebih tepatnya berlokasi di barat daya Kota Surabaya dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Jawa Tengah. Tempat wisata di Pacitan sangat terkenal akan keindahannya yang mempesona. Seperti wisata goa karst, air terjun dan ada pula pantai memanjang di sepanjang pantai selatan (berbatasan langsung dengan Samudera Hindia).

Tempat Wisata di Pacitan

Bila Anda sedang berencana untuk liburan dengan cara menikmati alam, Pacitan bisa jadi pilihan tepat loh guys. Sebab ada banyak sekali Tempat wisata di Jawa Timur Pacitan yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Misalnya saja Pantai Klayar, salah satu pantai dengan keindahan sangat eksotis berciri khas pantai tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Tak hanya sampai disitu saja, Pacitan juga memiliki sebuah julukan yaitu Kota 1001 Gua. Dimana di kota ini terdapat goa terindah se-Asia Tenggara serta beberapa goa bersejarah.

Penasaran dengan wisata di Pacitan yang paling direkomendasikan? Nah, langsung saja simak ulasan berikut ini ya.

Goa Gong

Goa Gong

Memiliki julukan kota 1001 Goa sehingga destinasi wisata di Pacitan pertama yang harus kita sorot adalah guanya dan inilah goa terindah se-Asia Tenggara. Wahhh, kalau sudah dinobatkan terindah sih wajib banget bisa datang ke sini.

Panjang goanya mencapai 256 meter, batuan stalaktit dan stalakmit menempel di dinding dan langit-langit goa, membuat goa terlihat lebih estetik. Karena terbilang luas maka wisatawan yang ingin melakukan susur goa membutuhkan waktu cukup lama, kisaran 1-2 jam.

Baca Juga: Wisata Ngawi

Yang menjadi daya tarik dari Goa Gong adalah sebuah ruang kristal yang akan membuat Anda terpesona. Dimana Stalakmit dan Stalaktit di goa tersebut konon bisa menimbulkan bunyi-bunyian yang mirip seperti suara gong saat dipukul. Ini juga yang menjadi alasan mengapa dinamakan goa Gong.

Untuk lokasi lebih tepatnya, goa ini berada di Dusun Salam, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sementara untuk tiket masuknya pun terbilang murah, hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Namun belum termasuk biaya senter dan pemandu ya (bila dibutuhkan).

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Selain Goa Gong, ada juga Goa Tabuhan. Pariwisata Pacitan yang lokasinya saling berdekatan, kurang lebih 1 km bila menempuh perjalanan dari Goa Gong. Penamaan goa Tabuhan sendiri berdasarkan dari bunyi yang dihasilkan dari dalam goa. Dimana kerap terdengar bunyi gamelan saat ditabuh.

Goa Tabuhan kerap dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan meditasi serta dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat petilasan sang Pangeran Diponegoro. Sehingga jangan heran kalau Anda sedikit merasakan ada nuansa spiritual yang sangat kental saat Anda berkunjung ke sini.

Lokasi goa ini berada di Tabuang, Warung, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dan untuk harga tiketnya kisaran 5 ribu rupiah sampai dengan 7 ribu rupiah.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Next, setelah melakukan susur goa, selanjutnya kita liburan ke Pantai di Pacitan yuk! Pantai pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Banyu Tibo, berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Masih satu garis dengan Pantai Klayar yang terkenal.

Mengapa dinamakan Banyu Tibo, sebab tepat di pinggir pantai, Anda bisa melihat sebuah air terjun yang mana airnya langsung mengalir ke pantai selatan. Bila dalam Bahasa Jawa arti Banyu Tibo sendiri adalah air jatuh atau air terjun. Selepas puas bermain air di pantai, Anda bisa membilas badan menggunakan air tawar yang ada di air terjun panta. Atau Anda juga bisa sekedar duduk-duduk di atas batu karang sembari menikmati suasana pantai.

Saat perjalanan menuju Banyu Tibo, kamu akan disambut dengan suasana yang sangat asri. Biarpun jalannya naik turun, namun masih terbilang aman dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Biar begitu, untuk antisipasi sebaiknya sih kamu cek kendaraan sebelum berangkat, pastikan bahwa kondisinya sangat fit untuk digunakan jarak jauh.

Pantai Srau

Pantai Srau

Biarpun pantainya tak seterkenal Banyu Tibo, namun tenang saja, obyek wisata di Pacitan satu ini pun mampu menyihir para pengunjung dengan keindahan dan suasana pantainya. So, dijamin kamu nggak akan ragu deh!

Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, kurang lebih bila dari Pacitan, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 25 km. Perjalanan yang Panjang akan terbayarkan dengan suguhan alam yang mempesona.

Dimana ada 3 pantai dengan ciri khas berbeda. Pertama adalah pantai berpasir putih yang halus, Kedua pantai yang kondisi pasirnya lebih kasar dan dikelilingi oleh batuan karang. Sementara yang ketiga pantai tanpa hamparan pasir namun terdapat banyak batu karang. Dengan spot-spot unik tersebut maka sangat rugi bila Anda tak membawa kamera.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kota Pacitan. Anda dapat menempuh perjalanan selama 1.5 jam bila dari pusat Kota Pacitan. Ciri khas Buyutan adalah garis pantai yang Panjang dengan hamparan pasir putih halus.

Di sekitar pantai pun terdapat batu karang yang bila laut sedang pasang maka akan terlihat bagian atasnya. Ada hal menarik lain yang menjadi daya tarik yaitu Watu Nerada, sebuah batu karang dengan bentuk mirip seperti tokoh wayang Batara Narada.

Sungai Maron

Sungai Maron

Wisata di Pacitan Jawa Timur selanjutya adalah sungai yang sangat populer akan keindahannya. Keberadaan sungai ini pun sangatlah penting sebab menjadi sumber mata air serta habitat alami ikan tawar yang biasa dimanfaatkan warga setempat yaitu Desa Dersono dan juga Desa Sendang.

Nama sungainya adalah Sungai Macon, memiliki kedalaman hingga 20 meter. Sangat dalam sekali jadi jangan coba-coba untuk berenang di sungainya ya. Kondisi air sungai yang bersih serta suasana sekitar yang asri membuat wisatawan betah berlama-lama berada di Sungai Macon.

Di sini, Anda bisa melakukan susur sungai dengan naik perahu yang tersedia dan disewakan oleh pihak pengelola.

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Masih dengan nuansa wisata alam bertema air. Tempat wisata di Pacitan yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Watu Karung. Berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Untuk lokasi sih bisa dibilang cukup tersembunyi sehingga Anda harus menempuh perjalanan cukup Panjang.

Biarpun nantinya akan merasa lelah, namun tenang saja semua akan segera terbayarkan saat Anda disambut dengan pemandangan pulau karang serta air laut yang bersih berwarna kehijauan. Area sekitar pantai pun amat sangat terjaga kebersihannya, hamparan pasir putih yang lembut bisa Anda lihat sejauh mata memandang.

Kondisi ombak di pantai ini terbilang cukup kuat. Sehingga akan sangat cocok untuk para peselancar. Bila tak mau bermain air, Anda bisa bersantai di pinggi pantai dengan menikmati aneka sajian kuliner khas setempat yang enak dan lengkap.

Pantai Kasap

Pantai Kasap

Pantai Kasap merupakan pantai di Pacitan yang kerap disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat. Lokasi Kasap berada di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Sesampainya di Kasa, Anda akan disambut dengan keindahan alam pantai yang mempesona.

Bila ingin menikmati pemandangan pantai secara menyeluruh, sangat direkomendasikan untuk menaiki bukit yang ada di samping pantai. Dari atas, Anda dapat melihat gugusan kecil pulau berwarna hijau. Sangat indah sekali bak di Raja Ampat. Apalagi dengan adanya spot gardu pandang yang mirip dengan yang di Raja Ampat.

Pantai Wawaran

Pantai Wawaran

Pantai wawaran adalah tempat wisata di Pacitan Jawa Timur yang terkenal akan menjadi Kawasan tempat jual beli ikan. So, buat yang mau mendapatkan ikan dengan harga super murah, mending datang ke Pantai Wawaran. Ada banyak jenis ikan segar yang bisa kamu pilih.

Di samping itu, Wawaran juga mempunya pemandangan pantai yang patut kamu nikmati. Lagi-lagi hamparan pasir putih dengan air laut kebiruan menjadi pemandangan yang khas. Asiknya lagi, siapapun yang ingin liburan ke Pantai Wawaran tak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis! Wah, kapan lagi bisa liburan gratis? Agar semakin ekonomis, Anda bisa membawa makanan sendiri dan menikmatinya di pinggir pantai bersama teman atau keluarga.

Pantai Kunir

Pantai Kunir

Pantai Kunir, berlokasi di Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro. Untuk akses menuju pantai terbilang cukup sulit, namun bagi Anda yang senang berpetualang tentu hal ini bukan menjadi masalah.

Pantai Kunir tergolong sepi, cocok sekali untuk Anda yang ingin menikmati liburan di tempat yang terlalu ramai dan ingin menenangkan pikiran. Panorama pantai yang sangat indah serta ombaknya yang tak terlalu kencang semakin melengkapi keberadaanmu di pantai.

Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air laut. Atau berjemur dan sekedar menikmati suasana pantai.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan tempat wisata Pacitan yang lokasinya masih berada di sekitar Pantai Klayar. Bahkan untuk jalur retribusinya pun sama dengan Pantai Klayar. Bila Anda ingin mencari suasana berbeda serta tak terlalu ramai, Anda juga bisa mengunjungi Karang Bolong. Biarpun popularitasnya tak setenang Klayar namun untuk soal pemandangan sih tak kalah indah kok.

Pantai Pidakan

Pantai Pidakan

Pantai Pidakan Pacitan sangat terkenal akan kesejukan dan keindahannya. Lokasi pantai berada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakang, bila dari Pacitan jaraknya kurang lebih 50 km.

Keunikan dari Pantai Pidakan yang membedakan dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian material pantainya. Dimana terdiri dari 70 persen batuan yaitu batuan alam. Sementar untuk sisanya adalah hamparan pasir putih. Sehingga jangan heran kalau Anda akan melihat pemandangan batuan alam yang lebih banyak dibandingkan pasir putihnya.

Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh

Selanjutnya adalah Pantai Kali Ulu, berlokasi di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Suasana pantai yang asri benar-benar bisa Anda rasakan, pantainya pun bersih karena masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Di samping itu, Anda juga bisa merasa suasana yang lebih nyaman tanpa dipenuhi banyak orang lalu-lalang.

Bila datang bersama teman-teman, sangat direkomendasikan untuk menikmati waktu liburan di pantai lebih lama. Seperti menginap selama semalam dan mendirikan tenda, ini akan jadi hal menyenangkan. Atau Anda juga bisa sekedar menikmati suasana pantai, bermain voli di atas pasir, piknik cantik dan lain-lain.

Sungai Cokel

Sungai Cokel

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Sungai yang biru ditambah ratusan pohon kelapa di kanan kirinya membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak persis di dekat Pantai Watukarung ini. Ada dua cara untuk menikmati Sungai Cokel ini yang pertama dengan berjalan dan menikmati keindahan sungai dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit. Yang kedua dengan menikmati diatas air dengan mendayung sebuah papan Stand-Up Paddle Board. Tempat wisata yang menarik kan?

Curug Gringsing

Curug Gringsing

Masih belum bosan dengan wisata alam bertemakan air yang ada di Pacitan kan? Sebaiknya sih jangan bosan sebab ada banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Tempat selanjutnya adalah Jurung Gringsing atau biasanya masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Air Terjun Gringsing. Sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo. Tak hanya masuk dalam wisata hits yang ada di sini Pacitan namun keberadaan tempat ini menjadi salah satu lahan penghasilan masyarakat sekitar.

Lokasi yang asri dan deburan air dipadukan dengan indahnya alam hijau. Benar-benar sangat mempesona dan tak membosankan. Cocok sekali dijadikan sebagai tempat pelarian di kala penat atau suntuk dengan berbagai aktivitas harian.

Saat liburan jangan lupa bawa kamera ya agar Anda bisa mendokumentasikan pengalaman liburan.

Hutan Pinus Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo

Selain dikenal sebagai kota goa dan banyak tempat wisata pantainya, Pacitan juga ternyata memiliki destinasi wisata alam Hutan Pinus yang nggak kalah menarik untuk dijelajahi. Dan ini adalah wisata hutan pinus paling populer, yaitu Hutan Pinus Gemaharjo.

Hutannya berada di dataran tinggi yang mempunyai pemandangan indah serta udara yang menyejukkan. Selain itu, ada banyak sekali objek foto yang sangat keren dan kekinian. So, yang pengen foto ala-ala selebgram, bisa nih datang ke Gemaharjo. Misalnya saja seperti spot hammock, gardu pandang yang ada di atas pohon, dan lain-lain.

Lokasi Hutan Pinus Gemaharjo berada di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Pantai Ngandul

Pantai Ngandul

Dan tempat wisata yang terakhir paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah pantai ngandul. Lokasinya agak sedikit tersembunyi sehingga belum banyak orang yang tau tentang keindahan pantai Ngandul ini. Namun karena saat membaca ini Anda sudah tahu maka sebaiknya sih Anda sempatkan untuk berkunjung.

Biarpun tersembunyi, namun pemandangan indah pantai ngandul tak kalah dengan pantai-pantai lain di Pacitan Jawa Timur. Sebenarnya sih saat kita sudah berada di Ngandul, kita tak akan melihat pemandangan seperti pantai pada umumnya. Sebab lebih menyerupai tebing yang menghadap langsung ke laut.

Baca Juga: Wisata Madiun

Hal uniknya lagi, tebing tersebut ternyata mempunyai aliran sungai yang langsung bermuara ke lautan lepas sehingga akan menghasilkan fenomena air terjun mini sangat indah. Bak menemukan harta karun tersembunyi, Anda akan takjub melihat pemandangan di depan mata.

Oke guys, itulah 17 tempat wisata di Pacitan yang paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat ingin liburan. Ada banyak tempat wisata bertemakan alam yang akan membuat Anda merasa nyaman, sejenak melupakan rutinitas harian tak ada salahnya dong? Jangan membiarkan diri Anda stress, mending liburan dulu sejenak yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *