Tempat Wisata Di Pamekasan

16 Rekomendasi Tempat Wisata Di Pamekasan untuk Liburan

Posted on

Tempat Wisata Di Pamekasan – Pamekasan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Madura di selatan, Kabupaten Sampang di barat, dan Kabupaten Sumenep di timur. Pamekasan bisa ditempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari tol Suramadu.

Tempat Wisata di Pamekasan

Saat berkunjung ke Pamekasan, sebaiknya jangan lewatkan juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Pamekasan yang cocok untuk mengisi waktu liburan. Namun bila kamu belum tau tempat mana yang akan dikunjungi, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur Pamekasan.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Saat Anda berada di Pamekasan, sebaiknya pastikan kalau Anda mengunjungi salah satu vihara atau kelenteng. Sebuah kuil dengan gaya arsitektur Cina. Keberadaan Vihara sebagian besarnya sangat dipengaruhi dari India.

Vihara ini termasuk dalam kuil Budhan namun dengan gaya arsitektur berbeda dimana tedapat sebuah patung Bodhisattava Cina. Biarpun sebenarnya daerah Pamekasan Madura ini sangat kental dengan ajaran Islam namun ternyata hal tersebut tak menjadi penghalang berdirinya kuil Avalokitesvara yang berlokasi di Pamekasan Madura Jalan Kabupaten Pamekasan, Teja, Pamekasan, Jawa Timur. Kini, Vihara dijadikan sebagai tempat ibadah umat Buddha Tionghoa, baik oleh masyarakat sekitar atau wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Wisata Jember

Keberadaan Vihara pun menjadi salah satu bukit bahwa Indonesia merupakan negara yang toleransi terharap agama.

Di Indonesia sendiri, Vihara sebenarnya sudah bisa Anda temukan di berbagai kota yang ada di Indonesia, khususnya yang memiliki komunitas etnis Tioghoa. Namun Vihara satu ini berbeda karena memiliki sejarah yang sangat menarik.

Dimana pada awal abad ke 19 ada seorang petani yang berasal dari pulau Madura Utara. Ia secara tidak sengaja menemukan sebuah patung di ladangnya. Lalu diketahuilah bahwa ternyata patung tersebut telah dikirim dari kerjaan Majapahit pada abad ke-13. Namun sayangnya patun tersebut ditinggalkan sebab orang-orang tak mengetahui apa sebenarnya nilai dari patung tersebut.

Kemudian sekitar 1 abad kemudian ada sebuah keluarga etnis tionghoa yang membeli ladang dan menemukan patung yang ternyata sangat mirip seperti yang dipuja oleh umat Budhis Cina. Salah satu patungnya ternyata merupakan Dewi Mercy yang kalau dalam Bahasa sangsekerta dikenal sebagai Avalokitesvara.

Kabar penemuan ini akhirnya menyebar di kalangan komunitas etnis Tionghoa khususnya yang ada di Pulau Madura. Beberapa tahun kemudian mereka membangun sebuah vihara dengan mengadopsi nama Dewi untuk vihara tempat patung tersebut disimpan.

Gua Blaban

Gua Blaban

Wisata Madura Pamekasan selanjutnya adalah wisata Goa yang berada di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar Pamekasan. Menurut warga sekitar goa ini pada awalnya ditemukan oleh seorang perempuan yang merupakan warga setempat bernama Santi.

Dimana awalnya Santi hanya berencana untuk membuat sumur di dekat rumahnya. Namun secara tak sengaja saat ia menggali sumur dengan kedalaman 7 meter, ia terkeju dengan lubang galiannya. Bahkan masyarakat setempat pun merasa terkejut. Dimana di lubang yang telah digali ada sebuah kilau cahaya. Hingga saat ini goa Blabar menjadi populer dan dibuka untuk wisata umum.

Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Pamekasan Madura sangatlah unik, Anda bisa mengangkap keunikan tersebut dari namanya yaitu Api Tak Kunjung Padam. Dimana memang terdapat fenomena sebuah api yang tak pernah padam. Sebenarnya ini bukan sebuah keajaiban mistis sebab api sendiri memang muncul dari dalam tanah dan merupakan fenomena alam yang sudah memiliki ilmu penelitian khusus.

Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Wisata Pamekasan selanjutnya bertemakan pantai yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Sebab termasuk dalam wisata populer yang ada di Pamekasan, namanya adalah Pantai Jumiang. Terletak di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan dan hanya berjarak kurang lebih 12 km dari Kota Pamekasan Tenggara.

Nah, untuk akses menuju pantainya sendiri bisa dibilang cukup baik serta bisa kamu lalui menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Pantai Jumiang berbeda dengan beberapa pantai lain yang ada di Pamekasan sebab letaknya ada di dataran tinggi serta tebing.

Untik bisa menikmati suasana Pantai Jumiang, kamu tak akan dikenakan biaya terlalu mahal kok. Hanya 3 ribu rupiah saja per orang, murah sekali kan?

Bukit Cinta Pamekasan

Bukit Cinta Pamekasan

Bukit Cinta adalah tempat hunting di Pamekasan yang sangat bagus dan terletak di Jl. Lawangan Daya, Kalahan Sentol, Kecamatan Pademayu. Bukit Cinta Pamekasan Madura memiliki berbagai jenis permainan wahana dan merupakan tempat rekreasi yang sangat tepat untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Tujuan yang menarik adalah perbukitan yang dapat dinaiki melalui tangga. Uniknya, tangga dirancang dalam bentuk yang sangat indah dan unik dengan bentuk simbol hati atau cinta. Dari ketinggian di atas bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan alam di sekitar kawasan tersebut dengan jelas. Di belakang perbukitan ada menara khusus, yang berfungsi sebagai wahana permainan flying fox.

Tidak jauh dari pos pengamatan, ada deretan payung yang dirancang dan diatur sedemikian rupa untuk melindungi pengunjung dari panasnya matahari. Namun disamping itu juga sangat menarik untuk digunakan sebagai selfie dan spot foto.

Bukit Cinta juga menyediakan wahana khusus lainnya, yaitu kolam renang atau taman air yang memiliki dua nomor dan dibangun di area yang sama. Masing-masing digunakan untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Khusus untuk kolam anak-anak, dilengkapi dengan slide dalam  bentuk seperti ular, hiu dan sebagainya.

Tebing Waru

Tebing Waru

Jika sebelumnya ada tebing Cinta yang merupakan wisata alam dengan sentuhan tangan manusia yang cantik, tebing waru malah jadi favorit karena lokasinya yang masih natural. Banyak para pencinta fotografi yang datang hanya untuk hunting foto di lokasi menarik di daerah ini. Seperti contohnya adalah keindahan tebing, perkampungan, kerajaan monyet, gua angin, dan juga padang rumput hijau. Bahkan masih banyak tempat menarik lainnya.

Tebing waru ini berada di desa Waru Barat dan Waru timur, daerah ini memang dikenal karena keadaan alam yang masih asri. Jika berkunjung ke wisata alam ini, ada baiknya untuk berkunjung ke segala lokasi menarik lainnya. Anggap saja kerajaan monyet yang merupakan lokasi dimana banyak sekali koloni monyet bersarang. Lokasi unik ini bisa Anda temukan tepat di atas areal bukit Waru.

Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan

Air  terjun di pamekasan yang cukup terkenal adalah Ahatan yang terletak di terletak di desa  Tlontoraja, Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Akses untuk menuju air terjun ini tidaklah mudah.

Banyak panorama indah di sisi kiri dan kanan yang akan membuat Anda puas. Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus berjalan, dan kendaraan Anda harus diparkir di lokasi yang jauh dari air terjun.

Air terjun Ahatan memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran yang cepat, air yang jernih dan dingin. Lokasinya tersembunyi di tengah pepohonan yang membuat Anda terasa segar.

Tidak banyak orang yang mengunjungi lokasi ini karena belum dikelola secara profesional, dan tidak ada fasilitas yang lengkap. Jika Anda ingin mengunjungi obyek wisata ini, Anda harus membawa air minum dan makanan. Akan lebih baik jika Anda datang di musim panas karena akses dapat dilewati lebih mudah.

Sari Laut Rumah Makan Citra

Sari Laut Rumah Makan Citra

Tidak lengkap rasanya jika sudah di Pamekasan tapi tidak merasakan kuliner di tempat ini. Ya, wisata kuliner Pamekasan yang bisa Anda coba adalah Sari Laut Rumah Makan Citra yang terletak di jl. Raya Ambat Km 10. Tempat wisata kuliner ini menyajikan berbagai masakan khas laut yang sangat enak dan lezat ala Pamekasan.

Nah, jika sudah selesai makan, Anda bisa bersantai di beberapa kafe Pamekasan. Salah satu tempat nongkrong di Pamekasan yang sangat nyaman untuk dikunjungi adalah Kafe Mark Us yang terletak di Jalan Bhayangkara. Selain kafe Mark Us adapula Demar Cafe & Resto yang terletak di Jl. Bahagia, Rw. V, Rong Tengah, Kec. Sampang.

Bukit Bukoh Prakong

Bukit Bukoh Prakong

Digadang gadang sebagai objek wisata baru yang tidak kalah terkenal dari bukit Cinta, lokasi ini dikenal karena panorama alam perbukitan yang masih indah dan asri. Deretan pohon hijau dan juga udara sejuk akan menemai waktu kunjungan Anda di bukit ini. Berlokasikan di desa Bajang dan juga biaya tiket masuk yang terjangkau, tidak heran jika bukit Brukoh menjadi favorit kalangan muda yang gemar berswafoto dan hunting lokasi asyik menarik.

Beberapa spot menarik untuk berswafoto juga tersedia untuk Anda akses. Seperti contohnya adalah spot dengan bentuk hati atau lambang love, hingga sebuah lokasi dengan tulisan Bukit Brukoh. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lain seperti hammock, ayunan, atau sekedar bersantai menikmati keindahan alam yang masih asri. Anda bisa berkunjung ke lokasi ini setiap hari mulai pagi hingga sore.

Bukit Kampung Toron

Bukit Kampung Toron

Pada pertengahan tahun 2018, sebuah destinasi wisata dengan sarana menarik diresmikan sebagai tempat rekreasi umum. Bukit ini adalah tempat liburan dengan panorama alam indah dan juga kesejukan alam yang masih asri. Namun pada dasarnya, objek wisata ini menjual keindahan dari kampung bekas tempat orang menambang batu bara. Karena sudah tidak beroperasi lagi, pihak pengelola menyulap keseluruhan daerah sebagai lokasi wisata.

Di sini Anda tidak hanya disuguhkan keindahan alam, tapi juga gambaran kampung tradisional. Terdapat saung saung beratapkan jerami, kolam kecil bekas penambangan, dan juga jembatan jaman dahulu. Meski masih dalam tahap pengembangan, ternyata animo masyarakat tidak surut bahkan semakin meningkat. Anda bisa temukan lokasi ini di desa Blumbungan Kec. Larangan yang berjarak sekitar 5,5 km ke arah utara dari Kota Pamekasan

Air Terjun Bunyanto

Air Terjun Bunyanto

Ingin saksikan air terjun yang masih asri dan punya tampilan unik? Maka jangan sampai Anda melewatkan Air terjun Bunyato yang juga disebut dengan air terjun pengantin. Lokasi wisata ini tampak begitu cantik dengan air jernihnya yang terhempas dari ketinggian yang rendah. Namun struktur dari air terjun itu sendiri membuatnya tampak menarik, karena aliran air yang terpisah pisah berikan tampilan seperti kain putih tipis.

Di sini, Anda bisa berenang dan menikmati kesegaran airnya. Hal ini semakin asyik karena masih belum banyak orang yang tahu lokasi air terjun ini, sehingga memberi kesan yang benar benar asri. Bagi Anda yang tidak bisa berenang pun tidak perlu takut, pasalnya kedung di bagian bawah air terjun ini hanya memiliki kedalaman sekitar 1 meter saja. Ditambah dengan aliran yang cukup tenang, Anda bisa bermain dan juga berswafoto dengan tenang.

Air Terjun Durbugen

Air Terjun Durbugen

Salah satu alasan suatu wisata menjadi hits adalah aksesnya yang mudah. Karena itulah, tidak heran jika Air terjun Durbugen yang ada di Desa Kowel ini kerap jadi sasaran populer bagi pengunjung. Lokasinya yang strategis membuatnya jadi tujuan hilangkan penat.

Di sini Anda bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari bermain air, berendam, bersantai, atau sekedar berfoto di sekitar lokasi. Air terjun ini juga tidak terlalu tinggi, jadi aman untuk berenang di lokasi ini.

Rawa Mangunan

Rawa Mangunan

Objek wisata berbau alam kian hari semakin digemari kalangan muda. Begitu pula dengan Rawa Mangunan yang ada di desa Tanjung kecamatan Pademawu. Yang menjadikan lokasi ini hits adalah hamparan hutan bakau dan wilayah perairan yang cocok untuk spot swafoto dan memancing.

Meski belum dikelola serius oleh pemerintah, namun keindahan rawa dan pemandangan yang indah cukup menjadi kait untuk para wisatawan berkunjung ke lokasi ini.

Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy

Setelah bersenang senang di daerah pantai yang ramai, Batu Kerbuy justru memberi kesan yang berbeda. Pantai ini memiliki hamparan batu karang yang menyebar hingga mencapai 5 hektar. Pesona inilah yang jadi daya tarik pembeda. Adanya batu karang bukan berarti sarana hiburan yang tersedia terbatas.

Justru di sini Anda bisa skuba diving, memancing, bermain air, hingga keliling pantai dengan speed boat. Tertarik? Lokasi ini ada di desa Batu Kerbuy 45 Km dari Pamekasan.

Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Jumiang, lokasi tempat wisata pamekasan yang satu ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Baik pengunjung lokal atau pun luar daerah, mereka tertarik untuk datang menikmati fasilitas wisata yang lengkap.

Anggap saja, pohon hutan Mangrove, spot foto yang bertebaran, gazebo, jembatan pantai, hingga taman bermain. Tidak hanya itu, lokasinya yang hanya 15 menit dari kota Pamekasan juga membuatnya sebagai tujuan wisata hits.

Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Setelah berpanas panas di daerah terbuka, Anda juga bisa menikmati wisata air buatan yang seru di Edu Wisata Selamat Pagi Madura. Tempat liburan ini sebenarnya adalah induk dari Wisata Bukit Cinta. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam wahana kolam renang, area berkuda, dan playground.

Baca Juga: Wisata Pacitan

Selain itu, lokasi wisata ini juga memiliki hiburan atraksi sulap, spot foto yang tersebar di berbagai area, hingga foodcourt untuk menikmati makanan khas pamekasan madura.

Itulah rekomendasi 16 tempat wisata di Pamekasan yang bisa Anda kunjungi untuk liburan bersama keluarga atau teman dekat. Sedikit tips saat Anda akan bewisata, jangan lupa membawa kamera ya! Agar Anda bisa mengabadikan tiap momen wisata saat berada di Pamekasan. Share juga pengalaman liburan Anda melalui media sosial agar orang-orang tau mengenai tempat-tempat yang Anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *