Tempat Wisata di Pandeglang

20 Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Pandeglang tak hanya Pulau Carita yang ikonik dan populer saja. Masih ada wisata-wisata lainnya seperti Pulau Peucang, Mata Air Citaman, Curug Cinoyong, Curug Ciajeung, Pantai Daplangu, Pantai Batu Hideung, Kadujangkung, Tanjung Lesung, dan banyak lainnya.

Objek Wisata Pandeglang Banten

Berikut akan disebutkan apa saja objek wisata di Pandeglang yang direkomendasikan beserta alamatnya. Jadikan salah satu atau banyak diantaranya sebagai destinasi wisata selama di Pandeglang.

Curug Cinoyong

Curug Cinoyong

Jenis wisata yang akan disebutkan pada daftar wisata Pandeglang kali ini adalah deretan air terjun, dan air terjun pertama yang akan dibahas adalah Curug Cinoyong. Curug Cinoyong adalah inspirasi untuk menghabiskan waktu melakukan aktivitas air di tengah alam. Anda yang mampir ke air terjun ini dan siap berbasah-basah ria akan merasakan kesegaran mata air di sana.

Airnya mungkin akan terasa sedikit dingin, karenanya pastikan di awal badan Anda sudah welcome dulu dengan airnya. Jika sudah, ceburkan badan ke air terjun tersebut dan rasakan sensasi segarnya. Curug Cinoyong adalah air terjun yang cukup tinggi dibanding air terjun di Banten pada umumnya.

Untuk bisa menikmatinya, Anda dan siapa saja yang datang bersama Anda harus rela berjalan kaki sekitar setengah kilometer saja untuk bisa sampai. Jangan jadikan jarak antara area parkir dengan lokasi wisata adalah jarak yang melelahkan. Karena sesaat setelah melihat air terjunnya langsung, semua akan terbayarkan.

Curug Ciajeung

Curug Ciajeung

Curug Ciajeung hampir sama dengan Curug Cinoyong, yaitu hadir sebagai air terjun dengan ketinggian di atas rata-rata. Apa yang menjadi daya tarik air terjun di Pandeglang ini adalah pemandangan visualnya.

Anda tak hanya akan disajikan dengan pemandangan air yang terjun dari atas ke bawah saja. Terjunan air ini akan melewati tebing yang telah ditumbuhi banyak tumbuhan.

Karenanya, seakan-akan air akan melewati pepohonan yang ada di sana, bukan melewati sebuah tebing. Karena pemandangannya yang tak biasa, tentu Anda bisa mengandalkan Curug Ciajeung untuk spot foto ekstra keren dan tak biasa. Mungkin seseorang yang menonton hasil fotonya nanti akan mengira Anda sedang berada di luar Pulau Jawa.

Curug Kembar

Curug Kembar

Curug Kembar berada dalam satu kawasan dengan Curug Cinoyong, sebab keduanya sama-sama berada di Desa Cinoyong, salah satu desa di Kabupaten Pandeglang. Lokasi lengkapnya adalah berada di Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Banten.

Tempat wisata Pandeglang ini akan menyuguhkan Anda pemandangan air terjun kembar yang ukurannya sama. Saking jernihnya air yang ada dan saking konsistennya debit air yang turun, airnya justru akan terlihat seperti kain yang sedang digantungkan. Bisakah Anda membayangkannya?

Seperti air terjun pada umumnya, Anda akan merasakan kesejukan ekstra ketika berada di objek wisata di Pandeglang ini. Sebab, selain karena Anda sedang berada di dekat perairan yang dinamis, di sana telah ditumbuhi banyak sekali pepohonan baik yang kecil maupun yang besar. Pepohonan yang membuat suasana di sana semakin menyejukkan meskipun di jam 12 siang.

Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi cukup berbeda dengan tiga air terjun di atas. Tiga air terjun di atas berisikan tebing tinggi dan ada air yang terjun diantaranya. Jika Anda datang ke Curug Leuwi Bumi, bukan tebing tinggi-tinggian yang akan ditemui, melainkan bebatuan dengan sungai kecil di bawahnya.

Ada jembatan-jembatan yang memudahkan wisatawan mengakses seluruh spor tempat wisata di Pandeglang ini. Curug Leuwi Bumi berada di Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang. Tidak sulit menemukan objek wisata di Pandeglang ini karena sudah populer dan cukup besar ukurannya sebagai tempat wisata. Aksesnya sama sekali tak sulit, jadi Anda tak perlu khawatir harus jalan lama dulu untuk sampai ke air terjunnya.

Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai Carita adalah salah satu wisata Pandeglang Banten yang sangat populer. Saking populernya, banyak wisatawan luar Banten yang langsung menyebut Pantai Carita ketika punya rencana berlibur ke Banten.

Sangat bisa dimaklumi, Pantai Carita saja ada sebagai pantai yang sangat cantik dan dihias dengan pasir putih yang bersih. Kebersihan lingkungan pantai terus terjaga sehingga semakin cantik saja pemandangannya.

Ditambah lagi di sekeliling pantai ada banyak pilihan akomodasi, entah itu villa, resort, atau hotel, sehingga memudahkan siapa saja yang ingin staycation di sekitar pantai.

Kalau pantai yang satu ini berada di dekat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Anda yang sebelumnya mampir ke taman nasional ini akan semakin lengkap liburannya jika sekalian mampir ke Pantai Daplangu. Oleh warga sekitar maupun sebagian wisatawan dari luar Banten, Pantai Daplangu sering dijadikan lokasi untuk camping.

Alasannya jelas, sebab pantai ini memang cukup aman untuk dijadikan lokasi berkemah. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa mengambil momen liburan sempurna di pantai ini. Jika Anda tertarik camping di sana atau sekedar mampir untuk liburan, alamatnya adalah di Jalan Taman Nasional Ujung Kulon, Cipunaga, Tunggal Jaya, sumur, Pandeglang, Banten.

Pantai Batu Hideung

Pantai Batu Hideung

Pantai BatuHideung adalah oanta yang dihias dengan karang. Bukan karang besar yang berdiri kokoh seperti Karang Bokor yang ada di Rangkasbitung, melainkan karang yang kecil sampai yang berukuran setengah manusia.

Justru karena karang-karang ini, pantau menjadi tak membosankan untuk dikunjungi. Bibir pantai cukup luas namun tidak mendukung untuk dijadikan aktivitas fisik, sebab jika tidak berhati-hati maka bisa saya terluka karena karang-karang yang ada.

Airnya sangat jernih sehingga akan membuat siapa saja ingin bermain di atasnya. Untuk Anda yang tertarik mampir ke tempat wisata di Pandeglang ini maka datang saja ke alamat Panimbang Tj Jaya, Mekarsari, Panimbang, Pandeglang, Banten.

Pantai Cipenyu

Pantai Cipenyu

Pantai Cipenyu cukup mirip dengan Pantai Batu Hideung namun antara keduanya tetap memiliki perbedaan. Adapun perbedaan dari kedua adalah tujuan yang diinginkan wisatawannya. Pantai Cipenyu lebih cocok dipilih untuk menyaksikan matahari tenggelam. Jika Anda berada di pantai ini memang akan ada pemandangan matahari tenggelam yang menarik dan sayang dilewatkan.

Karena hal ini pula, bisa disimpulkan bahwa itinerary liburan di Banten Anda bisa menjadikan Pantai Cipenyu sebagai destinasi terakhir.

Kesamaan antara keduanya adalah sama-sama dihias dengan karang. Namun, karang-karang yang ada di Pantai Cipenyu ini sifatnya melebar, tidak meninggi. Karenanya, banyak wisatawan yang duduk-duduk di atas karangnya ketika menyaksikan tenggelamnya matahari atau momen sunset.

Pantai Bugel Mega Cemara

Pantai Bugel Mega Cemara

Dari beberapa pantai yang telah disebutkan di atas, Pantai Bugel Cemara memiliki perbedaan yang signifikan. Di saat semua pantai di atas memiliki bibir berupa lahan pasir, justru bibir pantai Bugel Mega Cemara ini telah ditumbuhi rumput. Seperti namanya juga, pantai ini punya pepohonan cemara yang menghias dan menjadikannya semakin ikonik.

Mungkin saat sampai di sana nanti anda kurang bisa mengira bahwa objek wisata Pandeglang yang dikunjungi bukanlah pantai, melainkan sungai atau danau. Wajar jika Anda merasa demikian, sebab memang jika dilihat sekilas tidak seperti pembatas antara laut dan daratan. Di seberang Anda akan melihat daratan lagi yang membuat Anda mengira tidak berada di pantai.  Pantai Bugel Mega Cemara berada di Banyuasih, Cigeulis, Pandeglang, Banten.

Pulau Liwungan

Pulau Liwungan

Jika Anda punya banyak waktu untuk berwisata, maka bisa memilih tempat wisata di Banten seperti Pulau Liwungan. Karena ada sebagai pulau sendiri, untuk menuju kesana Anda harus mengadakan perjalanan ekstra.

Setelah memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia, Anda akan menaiki salah satu perahu yang ada di sana untuk bisa sampai di Pulau Liwungan. Wisata Pandeglang ini terlalu cantik untuk tidak mengabadikan momen ketika berada di sana. Karenanya, jangan sampai Anda lupa mengambil foto atau video sebagai dokumentasi pernah menginjakkan kaki di sana.

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Merupakan tempat wisata Pandeglang yang berupa tanjung, wisata ini berada di Kecamatan Panimbang. Di sana yang bisa dinikmati adalah pemandangan pantai yang sejuk, bersih, dan indah tentunya. Juga sudah disediakan atraksi yang super keren dan tidak norak sehingga Anda dan siapa saja yang ikut Anda bisa berfoto-foto.

Tidak hanya datang untuk menikmati pemandangan pantai saja. bisa makan siang atau makan malam di sana adalah bonusnya. Lakukan aktivitas pantai apa saja yang Anda mau karena keadaan pantai yang memang mendukung.

Kadujangkung

Kadujangkung

Kadujangkung sebenarnya adalah nama desa yang berada di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di Kecamatan Mekarjaya. Namun, apa yang ada di desa ini bisa membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Pandeglang. Selain pemukiman warga, Desa Kadujangkung mempunyai kawasan hutan yang masih alami dan cocok dijadikan spot foto.

Malahan, sesaat sampai di kawasan hutan ini Anda akan mengira seperti pernah dijadikan lokasi syuting. Karena pemandangannya cukup ikonik, siapa saja yang datang kesana mengaku tak menyesal.

Pulau Badul

Pulau Badul

Jika Pulau Liwungan sudah dikunjungi dan Anda masih menginginkan wisata berupa pulau, maka pilih saja Pulau Badul. Pulau Badul adalah salah satu objek wisata Pandeglang yang direkomendasikan. Memang belum ada resort atau akomodasi jenis lain di pulau ini, namun Anda akan betah menikmati bibir pantai yang ada di sana. Bahkan tak menutup kemungkinan bisa dilakukan snorkeling di sekitar sana.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Rangkasbitung

Pantainya berwarna putih karena pasirnya, di tepiannya telah dihias warna biru transparan karena airnya yang sangat jernih. Pulau Badul berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang.

Pulau Peucang

Pulau Peucang

Selain Pulau Badul dan Pulau Liwungan, Anda masih punya satu opsi lagi untuk berlibur tema pulau. Wisata di Pandeglang yang dimaksud ini adalah Pulau Peucang. Di sana Anda bisa melihat surga dunia yang mungkin belum pernah Anda nikmati sebelumya. Sangat indah dan entah kata apalagi yang bisa mendeskripsikannya secara sempurna.

Siapkan kamera Anda karena akan jadi pengabadian momen yang sempurna dan jangan sampai terlewat. Juga siapkan baju pantai terbaik Anda untuk menyempurnakan momen berada di sekitaran pulau ini.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon juga terletak di Pandeglang, sehingga jelas juga masuk dalam daftar tempat wisata di Pandeglang ini. taman nasional ini sudah cukup populer sehingga mungkin sebelum menyimak daftar ini Anda sudah berencana pergi kesana.

Untuk Anda yang belum terlalu kenal dengan wisata di Pandeglang ini, Taman Nasional Ujung Kulon adalah cagar alam untuk ratusan flora dan fauna. Di sana telah ditinggali banyak populasi badak, anjing hutan, owa Jawa, dan banyak binatang lainnya.

Ada banyak wisata yang ada di sekitar taman nasional ini, dan akan tidak sulit untuk menemukannya meskipun Anda berasal dari luar Banten.

Pulau Umang

Pulau Umang

Satu lagi pulau yang bisa dikunjungi selama Anda berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat wisata di Pandeglang ini berwujud pulau yang akan membuat Anda harus naik perahu dulu untuk bisa tiba di sana. Pulau Umang masih cukup sepi untuk skala objek wisata Pandeglang, apalagi jika Anda datang bukan di masa liburan, bisa jadi hanya Anda dan siapa saja yang bersama Anda saja yang menikmati pulau ini.

Pulau Umang berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur. Yang mana padahal, di poin-poin sebelumnya juga banyak tempat wisata Banten Pandeglang yang berada di Kecamatan Sumur. Anda bisa jadikan Pulau Umang sebagai destinasi wisata pembuka atau justru penutupnya.

Turalak Adventure

Turalak Adventure

Tempat wisata di Pandeglang ini berada di Jalan Mandalawangi, Curuglemo, Mandalawangi, Pandeglang. Aktivitas yang ditawarkan dan paling banyak dilakukan wisatawan adalah arung jeram. Sebab memang sungai yang ada di kawasan Turalak ini mendukung untuk aktivitas olahraga air seperti arung jeram.

Olahraga lebih ringan seperti yoga, stretching, jogging juga bisa-bisa saja dilakukan di sekitarnya. Atau mungkin Anda hanya butuh tempat untuk bersantai di pinggiran perairan? Boleh juga datang ke Turalak Adventure. Untuk diketahui, objek wisata Pandeglang ini juga sering dijadikan lokasi outbound.

Kolam Pemandian Cikoromoy

Kolam Pemandian Cikoromoy

Objek wisata di Pandeglang ini berikan Anda kesempatan untuk bisa bersantai dengan banyak aktivitas manusia di sekeliling. Sebab di wisata ini memang bisa dilakukan berbagai aktivitas menyenangkan.

Seperti misalnya menyelam dengan peralatan yang telah disediakan, berenang, maupun naik perahu. Di sekeliling kolam juga telah banyak warung-warung supaya Anda bisa leluasa memilih makan siang atau makan malam di mana. Pasti tidak kehausan atau kelaparan karena banyaknya warung-warung di sekitarnya.

Mata Air Citaman

Mata Air Citaman

Pilih Mata Air Citaman sebagai wisata di Pandeglang berwujud perairan namun tidak jauh dari kota. Di mata air ini Anda bisa berenang, menyelam, naik perahu kecil, atau sekedar bermain air saja.

Tugu Asmaul Husna

Tugu Asmaul Husna

Tugu Asmaul Husna berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kadu Merak, Karangtanjung, Pandeglang, Banten. Jika Anda tidak setuju bahwa destinasi ini adalah salah satu wisata di Pandeglang maka jadikan saja tugu ini sebagai salah satu arah pulang atau arah datang ke wisata-wisata di atas supaya Anda punya cerita pernah lewat di tugu yang ikonik ini.

Tahu tempat wisata di Pandeglang tanpa mampir tidak akan cukup. Datanglah ke Kabupaten Pandeglang yang ada di Banten untuk bisa mampir ke salah satu wisata di atas. Pasti tak menyesal, dan jangan hanya berkunjung ke satu objek wisata saja. Datang ke Pandeglang untuk datang ke satu objek wisata saja akan terasa sayang, karenanya pilih beberapa atau banyak wisata sekaligus untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *